You are on page 1of 11

LATIHAN TPP ILMU RESEP

1. Sifat dari suspensi deflokulasi adalah :
a. Sedimentasi terjadi secara cepat
b. Sedimen yang terbentuk sukar terdispersi kembali
c. Wujud suspensi kurang menarik
d. Partikel merupakan agregat bebas
e. Mudah didispersikan
2. Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi stabilitas suspensi, kecuali..
a. Ukuran partikel
d.Jumlah partikel
b. Kekentalan
e. Sifat muatan partikel
c. Pengadukan
3. Salah satu upaya untuk menurunkan kecepatan pengendapan pada suspensi, adalah
dengan....
a. Meningkatkan ukuran partikel
d. Menambah jumlah partikel
b. Menurunkan viskositas
e. Semua jawaban benar
c. Menurunkan ukuran partikel
4. Bahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan viskositas suspensi disebut
a. Emulgator
d. koloid
b. Suspending agent
e. structured vehicle
c. Surfaktan
5. Contoh bahan pensuspensi (suspending agent) dari alam adalah sebagai berikut .....
a. chondrus
d. veegum
b. tragacanth
e. semua jawaban benar
c. acasia
6. CMC – Natrium merupakan suspending agent yang termasuk golongan ...........
a. Gom
d.Tragacanth
b. Bukan gom
e. Organic polimer
c. Derifat cellulosa
7. Metode pembuatan suspensi dengan menambahkan serbuk obat tanpa dilarutkan terlebih
dahulu disebut metode .......
a. Dispersi
d. Pengurangan ukuran partikel
b. Presifitasi
e. Deflokulasi
c. Flokulasi
8. Saturatio yang gas karbon dioksidanya lewat jenuh disebut .......
a. Netralisasi
d. Sirupus
b. Saturatio
e. Elixir
c. Effervescent
9. Sediaan berupa larutan steril, jernih, dan isotonis, yang digunakan untuk membersihkan mata
adalah sediaan ......
a. Guttae ophtalmicae
d. Douche
b. Litus oris
e. Collyrium
c. Gargarisma
10. Guttae ophtalmicae adalah larutan yang digunakan untuk.....
a. Mata
d. Tenggorokan
b. Hidung
e. Bibir
c. Telinga
11. Lavement atau clysma adalah larutan yang penggunaanya melalui......
a. Anus
d. Mulut
b. Vagina
e. Telinga
c. Mata
12. Globula termasuk jenis sediaan ......
a. Kaplet
d. Kapsul keras
b. Granul
e. Spansule
c. Kapsul lunak

.. Dermatol d.. Salep putih termasuk golongan dasar salep .. Unguentum c.. Eter c. a.. Eter . Carbophol 934 b... ZnO . Semua jawaban benar c. Zat di bawah ini yang termasuk suspending agent sintesis golongan organik polimer. Untuk mencegah kebocoran pada capsul gelatin cangkang keras berisi cairan. Gel 20. Dapat dicuci dengan air b.. Talk c. Ekstrak chinae e... Higroskopik 18. Bahan pengikat kering yang paling efektif untuk pembuatan tablet cetak langsung adalah . Minyak – alcohol 23.. Membuat pH sama dengan air mata b..... CMC e. Sediaan bermasa lembek berupa suspensi yang dibuat dari zarah kecil senyawa organik...13. Makin kecil nilai HLB suatu emulgtor. a. Gelatin 15. Bentonit 17. Emulgator lemah c.. Liquiritae radix c. a.. Menjaga sterilitas d. a... 10 – 30 e. Mengurangi rasa sakit e. Pasta e..... Bahan di bawah ini yang berfungsi sebagai pengikat pada pembuatan pil adalah. Cream d.alcohol e....... Tablet hipodermik d..... a...... Ekstrak rhei b. bagian.. Tablet effervescent c. > 1000 c.... Jenis tablet yang mempunyai efek depot/depo di bawah ini adalah . masing-masing terbungkus dan saling terserap oleh cairan tersebut . Hidrokarbon d. Air – alcohol d.. Tablet sublingual b. adalah untuk . Cellulose e. maka berarti emulgator tersebut makin bersifat . Ekstrak strikhni d.. 100 – 1000 b. bila mengandung... HPMC c.. Larut dalam pelarut polar c. Linimenta b.. a.. Selulose mikrokristal b. Tablet bucal 16..... Corigens action e. 30 – 100 21. Pernyataan “ sukar larut” dalam farmakope adalah berarti jumlah bagian pelarut yang diperlukan untuk melarutkan satu bagian zat terlarut adalah antara.. Veegum d.alcohol b.. Menjaga stabilitas pH c. Remedium adjuvant b.. a. Mencapai stabilitas optimum 24. a. Obat yang dimaksudkan untuk menunjang kerja bahan obat utama dalam suatu resep disebut. Hidrofil e... Adeps lanae e. Larut dalam air e. Formalin b. Ekstrak gentian 14. maka penutupan capsul menurut Farmakope Indonesia edisi IV dilakukan dengan mengoleskan . a. Aceton ... adalah . Emulgator kuat b. Remedium cardinal 22.. 1 – 10 d..... Tujuan ditambahkannya larutan dapar dalam sediaan tetes mata.. a.. HPMC c. Constituens d.. a. Tylose d. Serbuk tabur yang diayak dengan Pengayak bernomor 44. a. Lipofil d. Serat 19. Tablet implantasi e..

Kurang dari 1 bagian c. Padat d. Kering 29. Resep yang ditulis oleh dokter disebut juga... 20 0C e. 140C – 300 C 0 0 c. umumnya berisi granula. a. Formulae medicae 36. Salah semua c.. Semua jawaban benar c. Pulvis subtilisimus artinya adalah . b/b d.. disebut.. artinya suhu di ruangan tersebut harus diatur menjadi . b/v e.. Pada pengisian kapsul pati cangkang keras dengan mesin. C dan B benar c. Formulaae magistralis d. a. 30 sampai 100 bagian d. penambahan bahan pembasah pada massa serbuk. Aqua bidestilata e. Formulae officinalis e. Capsule c. Jika tidak ditentukan lain. B & C Benar c. Manufacturing e... Kecuali dinyatakan lain. alamat dan nonor izin praktek dokter b. a. A dan C benar b... a.. > 400C 0 0 b. suhu pengukuran menurut Farmakope Indonesia edisi IV adalah a. Serbuk sangat halus b. dokter gigi atau dokter hewan yang diberi izin berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Obat disimpan pada suhu kamar terkendali. Permintaan tertulis dari dokter. 30 0C b... Hidrofobik b.. biasa dilakukan pada bahan aktif yang bersifat . yang ditujukan pada apoteker untuk menyediakan obat-obatan disebut . A & B Benar b... Tanda R/ pada bagian kiri setiap penulis resep c. Tearleshard b.. Resep d.... Air Reverse Osmosis 27. A & C Benar c. Tanda tangan / paraf pada kertas resep . yang dimasud dengan air oleh Farmakope Indonesia adalah a... Formulae medica e.... 8 C – 15 C e. Air suling d... 25 0C 28. Hidrofilik e. a. Exp date 31. Daluarsa d. Semua jawaban benar c. Globula 26.. Kapsul lunak yang bekerja secara long acting. a. v/v 33. Semua jawaban benar c... a. Berikut ini merupakan syarat kelengkapan resep kecuali . -20C – 00C d. Waktu yang menunjukkan batas akhir obat masih memenuhi syarat baku disebut. Semua salah 34. “ Mudah Larut” memiliki arti jumlah bagian pelarut yang diperlukan untuk melarutkan satu bagian zat sesuai dengan perbandingan . Soft kapsul d.. A & C benar b. Remedium cardinal b. Nama. a... Air minum (aqua communis) b. Serbuk halus d. 10 sampai 30 bagian e.25. Spansule e.. Jumlah gram zat dalam 100 ml larutan dalam bentuk prosentase ditulis : a.. B dan C benar c. Serbuk agak kasar 30. Remedium cardinal 35. 15 0C d. Serbuk agak halus e. 1 sampai 10 bagian b. 30 C – 40 C 32. a.

24/n C. Adeps lanae & kuning telur B. Antidotum d. Berikut ini adalah faktor yang memengaruhi stabilitas suspensi. Chondrus & bentonit 48. Peristiwa zat terlarut yang mempunyai kelarutan lebih besar dari zat utama disebut … A. Statim 38.. Bahan dasar kapsul C. Sehari dua kali satu sendok teh setelah makan c. Sehari tiga kali satu sendok teh sebelum makan d. Salep Penutup C. Tween & Span D.. Salting in . Inscription b. Sehari tiga kali satu sendok teh setelah makan e. Urgent e. Dibuatkan salinannya 40. Jumlah partikel 45.. Cairan E. Salep endodermic E.. Pembentukan kompleks B. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang merusak cangkang kapsul. Kelarutan C. A. Protein & Span C. Salep serap 44.. kecuali … A. Bila dalam resep tertulis “iter atau iteratea” artinya resep tersebut dapat/harus . Mengandung alkohol 43. Untuk penderita/pasien yang memerlukan pengobatan segera maka dokter dapat memberi tanda pada resepnya sebagai berikut. umur dan alamatnya 37. Sabun alkali & tween 46. Kekentalan E. Senyawa ammonium kuartener B. Protein & lesitin E.. 16/n + 1 E. a.. Invocation b. Dibuatkan copy resepnya d. disebut …. Signature e. Ukuran partikel D. Periculum in mora c. Sehari satu kali satu sendok teh setelah makan 41. Penyimpanan yang salah B. Salep di mana bahan obatnya menembus ke dalam kulit tetapi tidak melalui kulit dan terabsorpsi sebagian. Diulang e. Serbuk 42. Bentonit & adeps lanae E. 12/n + 2 D. Emulgator alam yang berasal dari hewan di bawah ini adalah … A.. a. Salep epidermic D. kecuali . Zat higroskopis D. Salep B. a.. Sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi disebut … A. 16/n + 2 47. Singkatan latin dalam resep “ tdd cth I pc” artinya :.. Tidak ada jawaban yang benar c. Salting out D. Apabila dalam resep tidak terdapat obat antibiotika dan signa pemakaiannya dalam jam.d. Emulgator yang bersifat nonionik adalah … A. Chondrus & CMC C.. Campuran Eutecticum E. A. Solubilisasi C. Nama apoteker penanggung jawab e. Salep diadermic B.. 24/n + 1 B. Larutan D. maka cara untuk menghitung frekuensi pemakaian seharinya adalah dengan rumus …. Semua benar b. Subscription 39. Tablet C. Sifat pertikel B. Ordinary c. Sehari dua kali satu sendok teh sebelum makan b. Kuning telur & agar D. a. Inscription d.. Nama pasien. Cosolvency E. Berikut adalah istilah aturan pakai obat yang tertulis dalam resep….. kecuali … A.

Panas mempertinggi kelarutan D. Panas tidak mempengaruhi kelarutan C.49. Agak sukar larut 53. Penyerapan lebih cepat dan lebih sempurna D. kecuali … A. Praktis dalam pengangkutan E. Isotonis B. Riboflavin + nikotinamidum E. Larutan encer C. Larutan yang digunakan pada daerah rongga mulut dan tenggorokan. Penambahan larutan jenuh NaCI pada larutan yang mengandung minyak atsiri C. Guttae oris D. Saturasi 54. Suspensi B. Periculum in mora B. Panas mempengaruhi warna larutan 55. Netralisasi E. Whiskering E. Isoosmosis C. Picking C. Gargarisma . Larut E. Emulsi C. disebut … A. Caping B. Pediculum in mora E. Di bawah ini adalah keuntungan sediaan larutan kecuali … A. Pamol sirup mengandung bahan obat dan bahan tambahan yang memiliki bau dan rasa yang enak. Hipotonis E. Peniculum in mona C. menggunakan campuran air dan etanol sebagai pelarut. Panas akan mengurangi kelarutan E. maka … A. Binding D. Minyak atsiri + larutan jenuh NaCI B. Leluasa dalam menentukan dosis B. Iodium dilarutkan dalam larutan KI D. Sediaan tersebut termasuk sediaan cair … A. Pehiculum in mora D. Cocok digunakan anak-anak C. Penambahan NaCMC pada larutan yang mengandung chloramphenicol 56. Luminal + air + gliserin C. Panas menyebabkan pengendapan pada larutan B. Larutan pekat 57. Sukar larut B. Larutan mata + dapar D. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan tablet adalah sebagai berikut. maka menurut FI kelarutan Acetaminophen termasuk bahan yang … A. KI + NaI 59. Luminal yang dilarutkan dalam air dan gliserin E. Dapat digunakan untuk yang sukar menelan 52. Pada reaksi endoterm ketika melarutkan suatu zat. Collutoria B. Polishing 50. Contoh peristiwa cosolvensi … A. “PIM” adalah singkatan bahasa Latin dari … A. Tekanan osmosa 58. Larutan E. B12 B. Litus oris E. Sifat sediaan yang dapat menyebabkan plasmolisa adalah … A. Peristiwa salting in terjadi pada … A. Mudah larut D. adalah … A. Untuk melarutkan 1 bagian Acetaminophen dibutuhkan air sebanyak 70 bagian. Hipertonis D. Larutan lewat jenuh D. Collunaria C. Praktis sukar larut C. Larutan yang memiliki kadar yang tepat sama dengan maksimal kelarutan zat. Penambahan niasinamida pada vit. Larutan jenuh B. Perinulum in mora 51. Elixir D.

diformulasikan dalam bentuk tablet .. a... CMC c.. a.. Parafin solidum e.. Kecuali dinyatakan lain. Antibiotika tertentu untuk anak-anak . Pernyataan yang tidak sesuai untuk methosol – 1500 adalah..5 c..... Bentonit b. Magnesium stearat d... Dihubungkan dgn menggunakan elektroda dan lampu b.. Menarik cairan jaringan b. Dosis yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan orang sakit adalah. CMC d. 1 d.. 4 b. Penghancur 64... Gargarisma 63. tipe w/o e. Manakah pernyataan yang salah dalam cara membedakan tipe emulsi secara konduktivitas listrik . 2 e.bahan yang dapat digunakan sebagai basis suppositoria adalah.. Bukal b. Dosis insiasi 61.... Mengiritasi d. adalah . jam a.. Chondrus c. Gliserin b.... Kelemahan PEG sebagai basis suppositoria.. Kunyah c... a. Dengan kawat dan sumber listrik d. Emulgator e... Picking d.. a. Dihubungkan secara seri c. Sering bocor e. c.. Cetylalcohol c.. Ketidakseragaman warna pada pembuatan tablet disebut . Inositol e. Dosis pemeliharaan e. Aqua pro Injectio d. Hisap 70. a. Guttae oris e. a.. Gelatin b... Presertative 65.. a. adalah …. Antioksidan b. Corrigens odoris e Emulgator... Algin e.. Supaya massa tablet tidak melekat pada cetakan perlu ditambahkan .. Dosis lazim b. Lampu nyala bila elektroda dicelupkan. Sediaan di bawah ini diberi tanda “hanya untuk dikumur tidak boleh ditelan”. Pensuspensi b.. Pellet e.60. Span dan tween c. Coa buta 68.. a. Mudah tengik 69. Litus oris d. Butter d. Asam askarbonat adalam emulsi berfungsi sebagai a. Collutorium b. Collunarium c.. Binding 72... Mottling e. Waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan tablet bukal dalam desintegrator. Dosis lethal c.adalah . Bahan-bahan di bawah ini yang termasuk lemak coklat sintetis adalah . Pencahar d.. Sediaan dibawah ini jika dimasukkan ke dalam air akan mengalami peristiwa tiksotrofi a.. Laktosa 71. Amylum e. tipe w/o 66. a. Capping b.. Corrugens saporis d.... Collunarium c. a. 3 . Acasia 62. Larutan d. Oleum cacao 67. Lampu mati bila elektroda dicelupkan. Carbophol b. Dosis maksimum d... Tidak bercampur dengan cairan eksresi c. Crumbling c.

Tablet d. Guttae oris b. sediaan di bawah ini dimaksudkan untuk kumur-kumur kecuali a. a.. Guttae opthalmicae c.. Otoguttae b. digunakan sebagai pedoman umum disebut : . Sediaan di bawah ini yang mempunyai syarat tonisitas. A dan B benar b.. Oleum anisi d... 500 miligram 92. adalah sediaan . a.. Digenta d.. Gargle d. Capsul 76... Penggunaan gom akasia sebanyak 1/3 bagian minyak lemaknya dalam pembuatan emulsi. 15 % gula dalam 100 bagian air 91. Gargarisma e. 300 – 500 miligram b.. dapat melarutkan pelidol seberat : a. Guttae Oris b. maka dibuat sediaan ... berlaku untuk minyak .. 75 % Gula dalam 100 bagian air c.. 1.... Guttae auriculares b. Oleum arachidis b. gargarisma 79. Douche e. Cendofenicol c. a.... Guttae oris d.. Untuk menghindari rasa dan bau tidak enak dari bahan baku obat..... Syrup e. Collutorio e. e. Oleum iecoris aseli c.. 25% gula dalam 100 bagian air d. Litus oris c. a.. 700 miligram d. a. a. Daktarin e.. Oleum cacao 74. 35 % gula dalam 100 bagian air e.73. Nebula 80. A dan C benar c.. Oleum ricini e. 300 miligram f. PEG 77. Takaran pemberian yang dapat diberikan kepada orang dewasa untuk pemakaian sekali dan sehari tanpa membahayakan.. Adepslanae d. Bioplacenton b. tidak mengikat. Enema d. 65 % gula dalam 100 bagian air b. Larutan cuci mulut c. 000 miligram c. Guttae nasals 75. 10 gram vaselin. Epithema c. Dasar salep yang juga dapat berfungsi sebagi emolien adalah. a. Sirupus simplek adalah larutan yang mengandung. Obat dengan nama dagang di bawah ini yang berbentuk gel adalah .. Vaselin e... Yang dikenal dengan istilah larutan irigasi adalah . Chloramphecort-H 78.

sirop pewangi c. b. tingtur b. dosis maksimal dosis letal e. eliksir odoris aromatika d. 93. h.a. dosis terapi dosis lazim c. corigensia e. Sediaan yang mengandung bahan obat dan bahan tambahan tertentu sehingga mempunyai bau dan rasa yang sedap disebut : a. d. dosis g. aqua aromatica .

97. digerus. binder d. 95. digerus terakhir dengan etanol sekitar 20 tetes untuk tiap gram. c. f. lubrican f. jika dipanaskan dalam mortir panas perlu dipanaskan dilebur dalam cawan di atas e. 98. dilarutkan dalam dasar salep. mengandung ferrosi sulfas mengandung camphor dan menthol mengandung oleum ciaoi e.f. gerus sampai kering dengan SL d. direbus b. digerus-tuang c. lalu digerus sampai penangas air/uap homogen dengan dasar salep 9 . Bahan tambahan yang berfungsi untuk memberikan daya adhesi pada massa serbuk tablet sewaktu granulasi serta menambah daya kohesi pada bahan pengisi. Bahan a. dilarut dengan bantuan sedikit etanol d. tetesi etanol q. digerus dengan etanol q. e. diluent c. b. digerus halus dengan etanol dan SL e. kemudian dikeringkan dengan Lactosum. . d. glidan e. diayak dahulu. g. . 94. desintegran b. Cara mengerjakan camphora dalam pulvis adalah sebagai berikut : a. dikemas dalam blister disimpan dalam wadah plastik/gelas 96.s. obat yang larut dalam dasar salep paling tepat jika dikerjakan dengan cara : dilarut dalam dasar salep d. dilarutkan air panas lalu dimasukkan bagian yang larutnya saja dilarutkan air sebanyak mungkin lalu disaring f. barulah dicampur dengan bahan lainnya b. Supaya kapsul tidak rusak. disebut : a. diganti dengan ekiskatusnya dalam jumlah setara c. maka sebaiknya hindarkan hal-hal di bawah ini. digerus sampai kering dengan SL a. c. kecuali : a. Cara melarutkan natrium bikarbonat yang benar adalah: a. b.s.

b. a. f.h. kloral hidras e. b. Kepanjangan dan arti dari a. a. 99.f. adalah : a. alternis horis. ante humectan. vaselin album . sebelum satu jam Untuk meninggikan titik lebur lemak coklat digunakan bahan tambahan : parafin solid c. sebelum dibasahi 100. c. sebelum jam makan ante humectan. d. e. selang satu jam alternis horis. jangan dibasahi ante horae. adeps lanae cetaceum d.

g.f. . h.