You are on page 1of 12

ANALYSIS PROFILE

DOSEN : Drs. DWI WINARNO, MM.

VISI DAN MISI :
Visi dan Misi SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto
Visi dan Misi SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto merupakan
upaya SKPD menerjemahkan, mengimplementasi dan mengoperasionalkan Visi dan Misi
Kepala Daerah sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi SKPD Dinas Pekerjaan Umum
Pengairan Kabupaten Mojokerto. Oleh Karena itu Kinerja penyelenggaraan urusan SKPD
akan sangat mempengaruhi kinerja pemerintahan daerah dan KDH selama masa
kepemimpinanya.
Berdasarkan Peraturan Bupati Mojokerto Nomor 51 Tahun 2008 tanggal 31 Desember
2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi dan Tata Kerja Dinas
Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto, pada bagian kelima pasal 10 ayat (1)
dan (2), pasal 11 ayat (1),(2) dan (3) dijelaskan sebagai berikut :
Dari visi ini dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :
1.
2.
3.
4.
5.

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat;
Mewujudkan SDM dan masyarakat Kabupaten Mojokerto yang berkualitas;
Meningkatkan mutu pelayanan publik dan penegakan supremasi hukum;
Mewujudkan Infrastruktur Sarana Prasarana yang Berkelanjutan; dan
Meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan yang berkaitan dengan
visi dan misi (khususnya misi 4) Kepala Daerah tersebut adalah : “Mewujudkan
Infrastruktur
Pengairan
yang
berkelanjutan” melalui
berbagai
upaya
pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana bidang infrastruktur sesuai
dengan tupoksi SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto.
Berdasarkan uraian tersebut di atas maka visi pembangunan sesuai dengan tupoksi
SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto adalah: “Pembangunan
Infrastruktur Pengairan ke PU – an yang layak guna mendukung pertumbuhan
sosial ekonomi masyarakat “
Makna utama dari Visi SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto
tersebut di atas:
Pembangunan Infrastruktur Pengairan ke PU-an yang layak adalah terwujudnya
pembangunan infrastruktur Pengairan ke PU-an meliputi sarana prasarana: Drainase,
Irigasi, Jaringan Air Bersih yang memenuhi standar.
Guna mendukung pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat : Infrastruktur
Pengairan ke PU-an yang terbangun dapat berfungsi secara baik dan memberikan
manfaat kepada masyarakat yang berdampak pada pertumbuhan sosial dan ekonomi
masyarakat.
Agar tercapai Visi yang diuraikan diatas maka perlu ditetapkan misi dari SKPD Dinas
Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto yakni:

1

Selanjutnya dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto. sebagai berikut: Tabel 2. 2. Perencanaan. Sanitasi. Sanitasi. Evaluasi dan Pelaporan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan 2 .Melaksanakan Pembangunan Infrastruktur Irigasi. Air Minum dan Penataan bangunan dan lingkungan Melaksanakan Pembinaan Penyediaan jasa pemborongan dan Konsultansi Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur Melaksanakan pembinaan Sumber Daya Aparatur Melaksanakan tugas administrasi Dinas TUGAS POKOK DAN FUNGSI Dinas PEKERJAAN UMUM PENGAIRAN Kabupaten Mojokerto dibentuk dengan Berdasarkan Peraturan Bupati Mojokerto Nomor 51 Tahun 2008 tanggal 31 Desember 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto. 5. 4. drainase. Pengawasan dan Pengendalian teknis di bidang pekerjaan umum pengairan yang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati. maka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto membawahi Sekretariat. Melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan bidang pekerjaan umum pengairan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati. 3. Perumusan kebijaksanaan teknis pembangunan dan pengelolaan.    KEPALA DINAS SEKRETARIS Sub Bagian Perencanaan. Empat Bidang. 8 UPT dan Kelompok jabatan fungsional. 2. 6. Secara deskriptif. Air Minum dan Penataan bangunan dan lingkungan Sarana dan Prasarana Wilayah Kabupaten Mojokerto Fungsi 1. 4. Pengelolaan Tata Usaha untuk kelancaran Tugas dan Fungsi Dinas pekerjaan umum pengairan Kabupaten Mojokerto. 3. pemberian bimbingan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati. Drainase dan Jaringan Air Bersih 1. drainase. Pembinaan dan bimbingan teknis pekerjaan umum pengairan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati. 2. Melaksanakan pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air Melaksanakan pembangunan infrastruktur Irigasi. yang dipimpin seorang Kepala Dinas dengan tupoksi. rancangan Struktur Organisasi Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto yang akan diajukan ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1. 5.1: Tugas Pokok dan Fungsi DPU Pengairan Kabupaten Mojokerto Tugas Pokok Membantu Bupati dalam melaksanakan kewenangan otonomi daerah di bidang Irigasi. pembinaan umum.

mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Bidang Pekerjaan Umum Pengairan serta merumuskan kebijakan teknis di Bidang Kesekretariatan. setiap elemen struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut: 1. Pemetaan dan Perencanaan Seksi Pembangunan dan Peningkatan Sarana Prasarana Seksi Pemeliharaan Aset 5. menyelia. mengorganisasikan. BIDANG TATA BANGUNAN    Seksi Survey. mengarahkan. BIDANG BANJIR    Seksi Pengendalian Banjir Seksi Pengawasan Seksi Drainase 1. Banjir dan Tata Bangunan. UPT. merencanakan program.3. mengkoordinasikan. membina. Bina Manfaat. Rincian Tugas 3 . BIDANG BINA MANFAAT    Seksi Pengendalian dan Pemanfaatan Aset Seksi Irigasi Pedesaan Seksi Bimbingan dan Penyuluhan 6. BIDANG OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN    Seksi Operasi Seksi Rehabilitasi Seksi Hidrologi 4. mengatur. Pengairan 2. mengendalikan. serta Teknik Penyehatan dan Air Bersih dan Teknologi dan Jasa Konstruksi. Operasional dan Pemeliharaan. Kelompok Jabatan Fungsional Jabaran tugas pokok dan fungsi. KEPALA DINAS Rumusan Tugas: Merumuskan kebijakan. berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.

12) Melakukan pembinaan dan pengembangan pegawai melaksanakan tugas jabatan sesuai ketentuan yang berlaku. pengembangan karier serta teladan dan motivator bagi masyarakat. penyelenggaraan pemerintahan. 3) Menyusun Rencana Strategis Dinas berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mojokerto dan Kebijakan Kepala Daerah serta masukan dari masyarakat umum. LSM dan kalangan akademisi untuk meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan. Penyehatan lingkungan dan air bersih agar tersedianya sarana dan prasarana. drainase. Air Minum dan Penataan bangunan dan lingkungan Sarana dan Prasarana. provinsi dan pihak-pihak terkait guna menjalin kerja sama yang baik dalam pelaksanaan tugas. 15) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah sebagai wujud pertanggungjawaban peiaksanaan tugas dan sebagai bahan masukan bagi 4 . Sanitasi. lembaga pemerintah pusat. LKPJ. agar bawahan mampu 13) Menyelia peiaksanaan tugas bawahan agar tugas-tugas dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dan terwujudnya efektifitas dan efisiensi organisasi 14) Mengevaluasi peiaksanaan tugas dinas dan kinerja bawahan guna menemukan permasalahan yang ada sekaligus pemecahannya sehingga hasilnya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan berdasarkan rencana dan realisasi sebagai dasar kebijakan selanjutnya. 8) Menyusun dan menetapkan LAKIP. 4) Menyusun Rencana Kerja Tahunan berdasarkan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas serta masukan dari komponen masyarakat. 9) Melakukan koordinasi tugas dinas dengan instansi. 6) Merencanakan. 7) Melakukan pembangunan dan pengelolaan prasanana pengairan. LPPD. 10) Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau tidak diminta dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di bidang pekerjaan umum pengairan. 11) Membina dan memotivasi sekretaris dan para kepala Bidang dan bawahan lainnya melalui pendekatan kemanusiaan.1) Mengkoordinasikan penyusunan rencana / program kerja Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dengan memberi petunjuk dan arahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas 2) Merumuskan sasaran kebijakan teknis di bidang Pekerjaan Umum Pengairan yang meliputi bidang Irigasi. 5) Mengkoordinasikan dan mengendalikan serta mengawasi pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Pekerjaan Umum. untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas. pengawasan melekat. menetapkan dan mengawasi penerimaan dan pendapatan Daerah dibidang pekerjaan umum pengairan berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). menasihati dan pelatihan teknis untuk peningkatan produktifitas kerja. laporan kinerja keuangan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan pertanggungjawaban.

atasan. kepegawaian dan umum. tepat dan lancar. 13) Melakukan konsultasi dan pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga 5 . 6) Mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk penyempurnaan lebih lanjut. Umum dan Kepegawaian. Keuangan dan Perlengkapan. kinerja bawahan berdasarkan rencana dan realisasi melalui rapat. keuangan. 2) Mengkoordinasikan penyusunan rencana/program kerja Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dengan memberi petunjuk dan arahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas. 2. berdasarkan peraturan perundang-undangan yang belaku sebagai pedoman kerja. mengkoordinasikan. mengarahkan. mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Ketatausahaan serta merumuskan kebijakan teknis di Bidang Kesekretariatan.data dan evakuasi. 7) Melakukan pembinaan dan pengembangan pegawai agar bawahan mampu melaksanakan tugas jabatan sesuai ketentuan yang berlaku. 16) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya agar tercipta kelancaran dalam peiaksanaan tugas. 9) Mengendalikan pelaksanaan layanan administrasi umum kepada semua unsur yang ada pada Dinas agar tercipta pelayanan administrasi yang cepat. 11) Mengevaluasi pelaksanaan tugas kesekretariatan meliputi program. diskusi dan sesuai dengan hasil yang telah dilaksanakan untuk mengetahui permasaiahan dan mencari solusinya sebagai dasar kebijakan selanjutnya. Perencanaan. Rincian Tugas: 1) Merencanakan langkah-langkah operasional sekretariat berdasarkan rencana kerja Dinas dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada agar tersedia perencanaan yang partisispatif dan akomodatif. 4) Melaksanakan pengelolaan administrasi pada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan. 8) Menyelia pelaksanaan tugas bawahan agar tugas-tugas dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dan terwujudnya efektifitas dan efisiensi organisasi. menyelia. Evaluasi dan Pelaporan. 5) Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidangnya berdasarkan ketentuan yang berlaku. 10) Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui bimbingan dan arahan sesuai dengan permasaiahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 12) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada Kepala Dinas sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan sebagai bahan masukan bagi atasan. SEKRETARIS DINAS Rumusan Tugas: Merencanakan program. 3) Melaksanakan kebijakan teknis dibidang Pekerjaan Umum Pengairan dibidang administrasi.

6) Menyusun laporan hasil pemantauan / monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana. peningkatan. dan pelaporan kinerja lainnya untuk bahan pertanggungjawaban. 15) Melakukan penyimpanan pemeliharaan dokumen dan surat yang berkaitan dengan Sub Bagian Perencanaan. program dan anggaran dinas. KEPALA BIDANG TATA BANGUNAN Rumusan Tugas: Menyusun program. LPPD. 4) Mengontrol pengolahan dan analisis data di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto. 13) Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi terkait atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. memeriksa. LKPJ. Evaluasi dan Pelaporan. 2) Menyusun rencana pengembangan. revisi DPA-SKPD menjadi DPA perubahan untu terkendalinya pelaksanaan anggaran yang akuntabel dan tepat sasaran. 7) Melakukan penyajian data dan informasi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dalam bentuk statistik dan visualisasi lainnya. 12) Melakukan ppenyusunan laporan AKIP. mengecek. memberi petunjuk. LAKIP. 14) Memberikan layanan humas kepada instansi / pihak terkait secara transparan dan akurat untuk kelancaran pelaksanaan tugas. kinerja keuangan.1. 8) Menyusun petunjuk teknis pengumpulan data dan pengolahan data sebagai bahan penyusunan rencana dan program di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan. 10) Menyusun alokasi anggaran. evaluasi dan pelaporan yang meliputi koordinasi pengumpulan dan pengolahan data. 11) Memberikan layanan humas kepada instansi / pihak terkait secara transparan dan akurat untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Rincian Tugas: 1) Menyusun rencana dan program kerja tahunan Sub Bagian Perencanaan. 16) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 2. mengontrol pelaksanakan kegiatan perencanaan. 6 . rehabilitasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana bidang pekerjaan umum. Evaluasi dan Pelaporan. 14) Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui bimbingan dan arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.terkait untukmendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. kinerja Dinas. program dan anggaran Dinas. penyusunan petunjuk teknis perencanaan dan pelaporan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang belaku sebagai pedoman kerja. 3) Mengecek pengumpulan data dari bidang-bidang di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto. LKPJ. 9) Menghimpun bahan usulan rencana dan program kegiatan dari masing-masing bidang di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan. 5) Memantau/memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan rencana. membimbing. 15) Mengkoordinasikan penyusunan laporan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Mojokerto berupa pengawasan melekat. dan laporan kinerja dinas sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan. LPPD.

13) Mengontrol penggunaan perlengkapan dinas.16) Membuat laporan Sub Bagian Perencanaan. mengecek. 5) Mengawasi dan mengarahkan bawahan dalam melaksanakan tugas. 11) Melaksanakan pengadaan perlengkapan. Evaluasi dan Pelaporan. 6) Mengevaluasi pelaksanaan anggaran rutin. 9) Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka pelaksanaan tugas. 15) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 7) Mengontrol penyusunan laporan keuangan setiap bulan dan tahun agar tersedia data pertanggungjawaban yang akurat. inventarisasi dan usul penghapusan barang perlengkapan. Rincian Tugas: 1) Menyusun program kerja / rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan berdasarkan hasil evaluasi tahun sebelumnya agar tercipta kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas. KEUANGAN DAN TATA USAHA Rumusan Tugas: Menyusun program.3. 10) Mempersiapkan bahan evaluasi laporan pelaksanaan rencana. pendistribusian. 3) Merencanakan dan mengelola anggaran rutin. pertanggungjawaban. 8) Memverifikasi anggaran penerimaan dan pengeluaran dinas sesuai dengan data keuangan yang ada agar terwujud pengelolaan keuangan yang akuntabel. program dan anggaran rutin dinas. 14) Menyusun laporan Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan. memeriksa. penyimpanan. mengontrol pelaksanakan kegiatan administrasi keuangan dan perlengkapan yang meliputi penyusunan anggaran. 2) Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui bimbingan dan arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masmg-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 2. BAG. 2. serta pelaksanaan tugas dinas lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan agar dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan. inventarisasi barang dan laporan keuangan dan perlengkapan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang belaku sebagai pedoman kerja. pembukuan. membimbing. KEPALA SUB. memberi petunjuk. KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN 7 . 4) Mempersiapkan bahan dan menyusun dan / atau mengoreksi rencana anggaran pendapatan belanja dinas agar terwujud pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. penggunaan. 17) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 12) Menyusun petunjuk teknis pengelolaan perlengkapan dinas.2. perawatan.

Karis / Karsu. bulanan. budaya kerja. 8) Melaksanakan kegiatan pengelolaan surta-surat masuk dan keluar agar terarah dan terkendali. triwulan dan tahunan serta pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dan sesuai dengan sumber data yang ada agar dipergunakan sebagai bahan masukan atasan. 6) Mengotrol dan merekapitulasi daftar hadir pegawai sesuai data absensi harian agar tersedia data bagi pembinaan disiplin pegawai. Askes dan Bapertarum agar tersedia data usulan yang valid. 16) Membuat laporan waskat. mengontrol pelaksanakan kegiatan administrasi umum dan kepegawaian yang meliputi penyusunan petunjuk teknis persuratan dan kearsipan. maupun arsip statis agar mudah dan cepat ditemukan apabila dibutuhkan. dan laporan umum dan kepegawaian berdasarkan peraturan perundangundangan yang belaku sebagai pedoman kerja. 13) Membimbing pengaturan rapat. memberi petunjuk.Rumusan Tugas: Menyusun rencana dan program. pengolahan data kepegawaian. cut! dan model C pegawai serta penetapan angka kredit pejabat fungsional dan DP3 agar tercipta tertib administrasi kepegawaian. keprotokoler. Rincian Tugas: 1) Menyusun program kerja / rencana kegiatan Sub Bagian Kepegawaian dan umum berdasarkan langkah-langkah operasional dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman agar tercipta kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas. 11) Mengecek pemeliharaan. 5) Mempersiapkan administrasi pelaksanaan sumpah dan pelantikan jabatan. teknis maupun fungsional agar pengusulan tepat waktu dan dijadikan sebagai data masukan kebutuhan diklat lebih lanjut. membimbing. usul pengangkatan dalam jabatan struktural. 8 . 2) Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas. 12) Mengecek pengaturan penggunaan fasilitas rapat. 10) Merencanakan dan melaksanakan pengelolaan perlengkapan kantor untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas. 14) Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. memeriksa. 3) Mengontrol pengumpilan dan pelaporan data dalam rangka penyusunan OUK. kebersihan. 9) Melaksanakan dan mengecek kegiatan pengelolaan arsip baik arsip aktif. in aktif. 7) Melakukan penyusunan dan pengusulan diktat pegawai baik diktat struktural. mengecek. pertemuan dan upacara. 17) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. keindahan dan keamanan kantor. 15) Melakukan penyimpanan pemeliharaan dokumen dan surat yang berkaitan dengan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. pensiun. ketertiban. 4) Menyusun dan / atau mengoreksi bahan usul kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala pegawai sesuai periode yang telah ditetapkan agar kenaikan pangkat dan gaji berkala dilakukan tepat waktu. penerimaan tamu dan protokol dinas. pengusulan Karpeg.

dan sumber air lainnya. 7) Menyusun konsep kebijakan pembinaan dan pelaksanaan teknis dibidang pengairan untuk digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan. pemetaan dan perencanaan. Rincian Tugas: 1) Merencanakan langkah-langkah operasional Bidang Pengairan berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahunan sebelumnya dan sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman dan pengendalian dalam pelaksanaan.3. 10) Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kinerja bawahan berdasarkan rencana dan realisasi sebagai dasar kebijakan selanjutnya. 11) Membuat rekomendasi perijinan bidang pengairan untuk mengatur pengembangan dan pemanfaatan sumber daya air dengan memperhatikan kelestariannya. 14) Mengkoordinasikan penyusunan laporan Bidang Pengairan berupa laporan bulanan. 13) Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatandengan unit / instansi atau lembaga lain terkait agar tercipta kerja sama yang baik. mengkoordinasikan mengarahkan.irigasi air permukaan dan irigasi air tanah untuk mengatasi kekeringan dan bencana banjir. triwulan dan tahunan serta hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan. 3) Melaksanakan kebijakan teknis di bidang Pengairan. 5) Melakukan pembinaan dan pengembangan pegawai agar bawahan mampu melaksanakan tugas jabatan sesuai ketentuan yang beriaku. KEPALA BINA MANFAAT Rumusan Tugas: Menyusun rencana dan program. 8) Membuat laporan pelaksanaan kegiatan bidang pengairan untuk digunakansebagai bahan informasi tentang keberhasilan pembangunan bidang pengairan sekaligus bahan evaluasi bagi atasan. mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Pengairan serta merumuskan kebijakan teknis di Bidang survey. dan pengembangan dan konservasi sumber daya air berdasarkan peraturan perundangundangan yang belaku sebagai pedoman kerja. 9) Menyelia pelaksanaan tugas bawahan agar tugas-tugas dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dan terwujudnya efektifitas dan efisiensi organisasi. 4) Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masingagar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 15) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya agar tercapai kelancaran pelaksanaan tugas. pengamanan pantai. pengelolaan sarana dan prasarana pengairan. menyelia. 9 . pengembangan. 6) Merencanakan dan melaksanakan pengendalian bencana banjir dan erosi. 2) Mengkoordinasikan penyusunan rencana/program kerja Bidang Pengairan dengan memberi petunjuk dan arahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas. pengendalian sungai. 12) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas / kegiatan kepada Kepala Dinas sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

3) Menyusun rencana induk pengembangan bidang pengairan sebagai pedoman dalam sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. 2) Membagi tugas dan memberi arahan kepada Staf / JFU untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan bidangnya. 16) Menyusun laporan Seksi survey. 6) Memeriksa hasil kerja bawahan agar terhindar dari kesalahan demi tercapainya keberhasilan dalam pelaksanaan tugas. memeriksa. pemetaan dan perencanaan pengairan yang meliputi penyusunan program. 10 . pemetaan dan perencanaan. 13) Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/mstansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Rincian Tugas: 1) Menyusun rencana dan program kerja tahunan Seksi survey. danau. pemetaan dan perencanaan sesuai ketentuan yang berlaku sehingga dapat dipakai sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas. 14) Melakukan monitoring dan penyelesaian temuan bidang pengairan untuk mewujudkan koordinasi dan memperbaiki kinerja bidang pengairan. pelaksanaan kegiatan. 8) Menyusun petunjuk teknis program survey. KEPALA SEKSI PEMANFAATAN DAN PENGENDALIAN ASET Rumusan Tugas: Menyusun program. 5) Membimbing pelaksanaan tugas staf/JFU agar melaksanakan tugas dengan baik dan benar. 12) Melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan bidang pengairan untuk identifikasi masalah dan menemukan solusinya bagi pengembangan pengairan.000 ha. monitoring. 9) Melaksanakan kegiatan survey.1. pemeliharaan dan rehabilitasi pada sungai. mengecek. waduk dan pantai sesuai ketentuan yang berlaku agar tersedia hasil survey. memberi petunjuk.3. membimbing. pengendalian dan pengembangan potensi pengairan. pemetaan dan rencanaan pengairan demi keberhasilan pembangunan pengairan di Kabupaten Mojokerto. 15) Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan arsip dokumen dan surat yang berkaitan dengan tugas Seksi survey. 4) Menyusun rencana kerja bidang pengairan untuk digunakan sebagai acuan perencanaan. pemetaan dan perencanaan pengairan yang meliputi sumber daya air sungai dan air tanah. mengontrol pelaksanakan kegiatan survey. petunjuk teknis. sistem irigasi primer dan sekunder yang luasnya kurang dari 1. pemetaan dan perencanaan. pemetaan dan perencanaan. pemetaan dan perencanaan. 10) Mengumpulkan dan menyusun data base pengairan untuk bahan perencanaan dan pengembangan pengairan. 7) Mempersiapkan bahan evaluasi laporan pelaksanaan rencana dan program survey. evaluasi dan pelaporan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja. pengelolaan kawasan lindung sumber daya air sungai dan air tanah. 17) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan mapun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. pemetaan dan perencanaan. 11) Mempersiapkan bahan evaluasi laporan pelaksanaan rencana dan program survey.

4) Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana sungai. 7) Melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan untuk mendapatkan hasil pembangunan konstruksi yang optimal sesuai yang direncanakan. pantai sumber daya air lainnya. 13) Konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 3) Menyusun rencana teknik kegiatan pembangunan dan pengendalian sungai. peningkatan. 15) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan mapun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5) Membimbing pelaksanaan tugas staf/JFU agar melaksanakan tugas dengan baik dan benar. 12) Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan arsip dokumen dan surat yang berkaitan dengan tugas Seksi pengendalian sungai.2. pantai sumber daya air lainnya. pantai dan sumber daya air lainnya yang meliputi penyusunan program. pantai sumber daya air lainnya. memberi petunjuk. mengecek. 8) Memeriksa hasil kerja bawahan agar terhindar dari kesalahan demi tercapainya keberhasilan dalam pelaksanaan tugas. 11) Mempersiapkan bahan evaluasi laporan pelaksanaan rencana dan program pengendalian sungai. 9) Mempersiapkan bahan evaluasi laporan pelaksanaan rencana dan program pengendalian sungai. pantai dan sumber air lainnya. KEPALA SEKSI IRIGASI PEDESAAN DAN BIMBINGAN PENYULUHAN Rumusan Tugas: Menyusun program. 2) Membagi tugas dan memberi arahan kepada Staf/JFU untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan bidangnya. pantai dan sumber air lainnya untuk pedoman pelaksanaan pembangunan. TUGAS MATA KULIAH 11 . rnembimbing. Rincian Tugas: 1) Menyusun rencana dan program kerja tahunan Seksi pengendalian sungai.3. pelaksanaan kegiatan. 10) Menyusun petunjuk teknis program pengendalian sungai. petunjuk teknis. pantai dan bangunan pengairan lainnya untuk menunjang kebutuhan masyarakat. pantai dan sumber daya air lainnya. rehabilitasi sarana dan prasarana irigasi. memeriksa. pantai dan sumber daya air lainnya. mengontrol pelaksanakan kegiatan pengendalian sungai. 14) Menyusun laporan Seksi pengendalian sungai. pengendalian sungai. pantai dan sumber daya air lainnya. evaluasi dan pelaporan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang belaku sebagai pedoman kerja. 6) Melaksanakan kegiatan pembangunan. monitoring.

MANAJEMEN STRATEGI ANALYSIS PROFILE INSTANSI NAMA : ANDY HERMAWAN NIM : 13023107 PROGRAM STUDI PASCASARJANA S2 MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS GAJAYANA MALANG 2014 12 .