You are on page 1of 4

INPUT OUTPUT

MENGGUNAKAN PERINTAH PENCETAKKAN:
- WRITE
- WRITELN
ADALAH PERINTAH YANG BERGUNA UNTUK MENCETAK KATAKATA ATAU VARIABEL KELAYAR KOMPUTER
CONTOH PENULISAN :
WRITE (‘LAGI MAKAN’);
WRITELN (‘LAGI TIDUR’);
CONTOH PADA PROGRAM :
PROGRAM CETAK1;
BEGIN
WRITE (‘SEDANG MAKAN NASI’);
END.

PROGRAM CETAK2;
BEGIN
WRITE (‘SEDANG MAIN’);
WRITELN(‘SEDANG TIDUR’);
................;
................;
END.
UNTUK MENAMPILKAN TEKAN TOMBOL ALT-F5 DARI EDIT
WINDOW

BILA INGIN MENCETAK KATA HARUS TERLETAK DIANTARA TANDA PETIK ‘. BEGIN WRITELN (A). TAPI UNTUK VARIABEL TIDAK PERLU TANDA PETIK .. ) . SEHINGGA HASIL CETAKKAN BERIKUTNYA AKAN BERADA DISAMPINGNYA WRITELN SETELAH MELAKUKAN PENCETAKKAN MAKA KURSOR AKAN DILETAKKAN DIBAWAH KEDUA PERINTAH MENCETAK TERSEBUT DAPAT DIPAKAI UNTUK MENCETAK VARIABEL CONTOH : PROGRAM CETAK3. END.. MAKA HASILNYA AKAN DICETAK ANGKA 2000 KESIMPULAN: . ( .NOTE: WRITE HASIL DARI PROSES SETELAH MENCETAK KATA YANG DIBERIKAN. CONST A:INTEGER = 2000.’.UNTUK SETIAP PEMAKAIAN WRITE ATAU WRITELN HARUS DIAKHIRI TITIK KOMA .SEGALA SESUATU YANG HENDAK DICETAK HARUS DILETAKKAN DIANTARA TANDA KURUNG . MAKA KURSOR AKAN DILETAKKAN DISAMPING HASIL CETAKKAN.

A).. . VAR A:INTEGER. VAR2. VAR3. YAITU PEMASUKAN STNDAR INPUT ATAU KEYBOARD YANG DIAKHIRI “ENTER” SEDANGKAN READ TIDAK MAU MENERIMA PERINTAH ENTER CONTOH PENULISAN : READ( VAR1. END.READ . WRITELN(‘ANGKA YANG BARU SAJA ADALAH:’. ). PROGRAM CETAK4. READ ( A ).READLN TIDAK ADA PERBEDAAN YANG JELAS UNTUK KEDUA PERINTAH STATEMENT TERSEBUT PERBEDAAN BARU AKAN JELAS PADA OPERASI FILE READLN AKAN MENERIMA PEMASUKAN PADA STANDAR.. BEGIN WRITE(‘MASUKKAN SEMBARANG ANGKA:’). MAKA JIKA PROGRAM TERSEBUT DIEKSEKUSI AKAN MUNCUL DILAYAR DENGAN KURSOR BERKEDIP.MENGGUNAKAN PERINTAH MASUKAN : . ARTINYA KURSOR MEMINTA SEBUAH NILAI UNTUK DIMASUKKAN SILAHKAN MASUKKAN SEMBARANG NILAI BULAT DAN TEKAN “ENTER” KEMUDIAN .

WRITELN( ‘KAMU’. WRITELN(‘SELAMAT BELAJAR ‘. BEGIN WRITE (‘MASUKKAN NAMA ANDA:’).BILA DIBERIKAN KARAKTER MAKA AKAN TIMBUL KESALAHAN JIKA DILIHAT DI LAYAR MONITOR MAKA NILAI TERSEBUT TERCETAK DILAYAR BERSAMA KATA-KATA YANG TERDAPAT PADA PERINTAH “WRITELN” CONTOH (STRING): PROGRAM CETAK5.UMUR). . PROGRAM CETAK6. END.NAMA). BEGIN WRITE(‘INPUT NAMA KITA & UMUR’). END. VAR NAMA:STRING. VAR UMUR :REAL. UMUR).’UMUR’. NAMA: STRING. READLN (NAMA. READ (NAMA).NAMA.