You are on page 1of 8

BAB I

PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang

Kunci spinner ( kunci pas ) digunakan untuk mengencangkan dan melepas
baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau kepala baut
dan mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring.
Fungsi kunci spinner ( kunci pas )
Kunci spinner ( kunci pas ) yaitu : Alat bantu kerja yang penggunaannya
selalu menggunakan tenaga tangan manusia. alat tersebut di gunakan sebagai
alat bantu dalam dunia oto-motif.Biasanya berupa kunci yang biasa di gunakan
untuk membantu pekerjaan otomotif.
Kontruksi kunci spinner ( kunci pas )
Terdapat beberapa tipe kunci jika ditinjau pada umumnya,sifatnya kaku dan
harus tahan korosi.

.sebagai alat bantu dalam dunia oto-motif dan mudah untuk di bawa.2 BAGIAN-BAGIAN kunci spinner ( kunci pas ) a. Gambar kunci spinner ( kunci pas ) 2.Bahan kunci spinner ( kunci pas ) Di buat dari bahan yang disesuaikan dengan macam bahan yang akan di buat dan kekerasannya. kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 15 terhadap tangkainya.bahan-bahan yang digunakan untuk kunci d. b.MATERIAL YANG COCOK Dari pembuatan kunci spinner ( kunci pas ) Kunci spinner ( kunci pas )dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome Vanadium.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.Tangkai pemegang tangkai yang berfungsi untuk tempat pemegang saat proses berlangsung.1 PENGERTIAN spinner ( kunci pas ) Kunci spinner ( kunci pas ) adalah:alat yang di gunakan untuk membuka dan memasang baut dan mur pada ukuran tertentu.pembuka ban mur Memasang dan membuka jenis – jenis baut dan mur c.

Dengan sifat ini.Sudut 15 terhadap tangkainya.Berwarna putuh cemerlang dan lunak .Gambar.Paduan Chrome Vanadium Material chrome : chrome merupakan logam tahan korosi (tahan karat) dan dapat dipoles menjadi mengkilat. Gambar. kromium (krom) Sifat paduan chrome vanadium : .

.Tahan korosi terhadap larutan basa. Penempaan tertutup mati karena logam menekan 2 benda mati DIES Dies untuk tempa drop terbuat dari baja di keraskan.asam sulfat dan asam klorida juga ai garam.Memiliki kemampuan fisineutron yang rendah PROSES PEMBENTUKANNYA BAHAN DAN BENTUK - - Logam apapun dapat di tempa asalkan kosong cukup panas ( 60% dari temperatur lelah ) Ukuran khas untuk rentang mati tertutup tergantung pada komleksitas Bagian yang tersisa dengan permukaan yang baik dan sifat mekanik.baja cor atau bisa juga terbuat dari besi cor dingin. meskipun dingin menempa dapat melakukan bahkan lebih baik Bagian kompleks dapat di bentuk dengan menggunakan serangkaian menempa mati dengan meningkatkan tingkat detail Rancangan ( lancip ) sudut harus dimasukan untuk memungkinkan penghapusan mudah bagian Gambar.. .

Stroke tekan tunggal .Alternatifnya adalah untuk menekan cetakan bersama-sama menggunakan tekanan hidrolik Gambar.Penempaan dies tertutup mati Sebuah stroke tekan tunggal meremas kosong ke mati untuk membentuk bagian.bagian bawah dies akan menggambarkan bentuk bagian atas produk sedangkan bagian atas akan memberikan kesan atau gambaran permukaan atas produk Gambar.Dies Dibuat berpasangan.

Cetakan yang telah terpisah Sirip atau flash dari logam yang terbentuk disekitar penempaan ditampilkan pada kunci pas yang ditandai f.Setelah cetakan telah memisahkan bagian. Kelebihan . Gambar.bagian ( produk ) yang sudah dicetak dapat dikeluarkan segera menggunakan pin ejectore.Tahan korosi Kekurangan - Membuka baut sangat berisiko .Getas .Flash dipotong di lain mesin yang disubut perspemangkasan Kekurangan dan kelebihan kunci pas atauspanner.

- Kepala baut bisa slek karena tidak semua kepala baut yang kena kunci spinner .