You are on page 1of 5

TUGAS III

Analisis Perbandingan Konsep Adult Learning Malcolm Knowles dan Konsep Valchev
DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH
KAJIAN ANDRAGOGI

Dosen :
Dr. Ayi Olim, M.Pd
Dr. Jajat S. Ardiwinata, M.Pd

Oleh :
Yuka Martlisda Anwika
Nim : 1402141
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014

Richard A. teori belajar. Konsep Valchev (Non-Formal Education Trainer’s Manual) tidak hanya menjelaskan pembelajaran orang dewasa. Konsep yang dikemukakan oleh Malcolm Knowles. dewasa untuk berkelanjutan bahwa konsep belajar pembelajaran orang dewasa dapat dengan didasarkan pada teori belajar yang beberapa asumsi-asumsi orang berbeda-beda. Swanson (The Adult Learner) berisi tentang konsep pembelajaran orang dewasa atau andragogi secara keseluruhan yang dimulai dari sejarah. Adapun analisis perbandingan konsep adult learning Malcolm Knowles dengan konsep Adul Learning Valchev dijabarkan dalam tabel sebagai berikut: No 1 Konsep Konsep Malcolm Knowles. namun juga menjelaskan tentang pendidikan nonformal secara keseluruhan. 2. Elwood F. baik tentang pelatih dan metode-metode interaktif yang digunakan agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Konsep Malcolm Knowles Konsep Valchev Adult Elwood F. teori pengajaran hingga praktek dan aplikasi andragogi dalam proses pembelajaran. Assumptions. Holton III.Analisis Perbandingan Konsep Adult Learning Malcolm Knowles dan Konsep Valchev 1. and Manual) Konsep (The Adult Learner) Perspectives) Konsep andragogi dijabarkan oleh Konsep andragogi yang Konsep Valchev tentang andragogi Knowles tidak hanya pembelajaran dijabarkan lebih ke pembelajaran menjabarkan yang diperuntukkan untuk orang orang dewasa belajar tetapi juga sebagai secara seni dan ilmu dalam belajar. Konsep yang dikemukakan oleh Malcolm Knowles (Adult Learning : Theories. and Perspectives) tentang andragogi berisi tentang sejarah teori pendidikan orang dewasa. (Non-Formal Education Trainer’s Learning Swanson Assumptions. . definisi yang dijabarkan. (Adult Learning : Theories. Holton III. asumsi dan perspektif dalam pendidikan orang dewasa. 3. konsep andragogi. Richard A.

Kaya akan pengalaman 2. Peserta didik pragmatis yang berusaha meningkatkan 3.2 Asumsi dewasa belajar. dan menjadi pengalaman. asumsi peranan pembelajaran yang aktif. peranan pengalaman yang pada masalah. dikemukakan tidak hanya dari belajarnya didasarkan pada bahwa yaitu meliputi. berkembang dan menjadi sumber belajar juga difokuskan pada belajar. Asumsi belajar yang dikemukakan Asumsi belajar belajar oleh Knowles dalam andragogi. mereka Mengatur untuk kinerja pembelajaran . serta Dan asumsi lainnya ditambahkan berpusat pada oleh Dirkx. ksiapan belajar dan dengan penggunaan metode yang bertanggungjawab atas keputusan orientasi belajar yang berpusat interaktif akan memotivasi peserta sendiri. kesiapan belajar untuk motivasi peserta didik untuk bekal dalam bekerja atau untuk belajar. namun asmusi didik (orang dewasa) untuk belajar. yang Dalam konsep Valchev. kebutuhan orientasi masalah. Orientasi pada masalah. konsep diri sudah konsep mandiri dan diri. Keaktifan peserta didik yang beragam. peserta belajar didik. menarik. yaitu: 1. Lavin dan Paladin (1995) sebagai asumsi pendukung.

Dorongan dan memelihara diri lebih terarah 3. Ketentuan untuk penemuan makna kegiatan pribadi untuk ide-ide dan acara 5. simpel dan dapat 1. Keterbukaan dan kepercayaan . berpusat pada subjek.3 Teori belajar sendiri. orang dewasa adalah sebagai berikut: menyenangkan. mudah diterapkan • Sesuai dengan kebutuhan • Menarik • Partisipasi dalam Bekerjasama pendidikan sendiri subjektivitas pembelajaran 2. Pendekatan dan penemuan diri 4. Keterlibatan aktif peserta didik Sesuai dengan pengetahuan & dimengerti oleh peserta didik. Menghormati dan penerimaan bagi pelajar menilai perbedaan dan belajar • behavioris. meliputi : didasarkan pada teori belajar yang sebagai teori belajar orang dewasa behavioris. 4. berbeda. Perasaan diri yang kuat Malcolm Knowles dalam andragogi Empat pokok teori belajar dalam Valchev mengemukakan bahwa teori atau pembelajaran orang dewasa andragogi memandang bahwa atau pembelajaran belajar pembelajaran orang dewasa andragogi orang dewasa. Adapun prinsip-prinsip andragogi Prinsip adalah: • Yang • dipelajari teori belajar humanis. dijelaskan bahwa pembelajaran prinsip-prinsip belajar pembelajaran nilai • andragogi menggunakan teori dan saling toleransi ambiguitas 2. yaitu. kognitif dan konstruktivis. dalam pengalaman mewujudkan Berpusat pada masalah seharihari • Praktis. yang Valchev mengemukakan bahwa mempunyai dilaksanakan dengan menarik. seperti dengan pengaplikasiannya dalam konstruktivis dan berpusat pada belajar proses pembelajaran yang menarik peserta didik 4 Prinsip dan aktif.

pembelajaran Proses pembelajaran yang pembelajaran dikemukakan lebih proses dilakukan dan dapat pengembangan berguna bagi dilaksanakan pengetahuan. role play dan lain-lain. problem solving. .menghargai 3. yang aktif dan interaktif bagi peserta yang aktif didik dengan menggunakan metode dalam kerja kelompok. diskusi. lebih pembelajaran mengarah andragogi Dalam ke proses dari proses pembelajaran. Izin untuk konfrontasi 4. dan keterampilan peserta didik Valchev dengan mengarah pada penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan menyenangkan. pembelajaran. dan dapat dirasakan manfaatnya pembelajaran oleh menarik. brainstorming. Valchev menambahkan prinsip lainnya yaitu: penggunaan metode aktif yang berbeda dari pembelajaran. menggunakan kerja kelompok dan pekerjaan proyek sebagai dasar 5 Proses Proses pembelajaran yang dikemukakan oleh Knowles andragogi. penyediaan berbagai kegiatan untuk belajar. keahlian. Bantuan pada titik kebutuhan.