You are on page 1of 7

Soal PG Pembebasan Irian Barat

1. Salah satu faktor yang melatarbelakangi upaya pembebasan Irian Barat adalah ...
a. Belanda mengingkari hasil KMB
b. Irian Barat memiliki kekayaan berlimpah dibanding pulau lainnya
c. Indonesia mendapat dukungan internasional
d. Amerika Serikat Belanda agar tetap tinggal di Irian

2. Bentuk perjuangan diplomasi yang dilakuka pemerintah Indonesia untuk
membebaskan Irian Barat adalah ....
a. Meminta dukungan dari negara-negara di Asia dan Afrika
b. Melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan-perusahaan milik Belanda
c. Membentuk komando Mandala yang bermarkas di Makasar
d. Mengadakan pemutusan hubungan diplomatik dengan pemerintah Belanda

3. Perusahaan-perusahaan milik Belanda yang ada di Indonesia diambil alih oleh
pemerintah RI, tindakan tersebut merupakan perjuangan melalui jalur ...
a. diplomasi

c. Konfrontasi politik

b. ekonomi

d. Konsolidasi

4. Pemerintah RI membentuk pemerintahan sementara Irian Barat di kota ...
a. Soaseu

c. Makasar

b. Ambon

d. Jayapura

5. Trikora dikumandangkan oleh presiden Sukarno ketikan menyampaikan pidatonya
di ....
a. Jakarta

c. Bandung

b. Makasar

d. Yogyakarta

UNICEF c. Merasa satu bangsa dan saudara 8. PBB tidak mau membantu Indonesia d.. Mendapat dukungan dari dunia internasional c..... a. Infiltrasi c. PBB menyelenggarakan Perjanjian New York yang ditandatangani pada tanggal . sebab .6. Eksploitasi d. Diplomasi b. Oleh karena itu atas jasa-jasanya beliau mendapat penghargaan sebagai pahlawan .. a. a.. Pernyataan berikut merupakan tahapan operasi militer yang dilaksanakan oleh Komando Mandala untuk membebaskan Irian Barat.. kecuali . 15 Agustus 1964 10.. Ampera b. Badan PBB yang membantu Indonesia dalam penyelesaian Irian Barat adalah . 15 Agustus 1963 b. 15 Agustus 1962 d. Para sukarelawan berbondong-bondong ke Irian Barat untuk membebaskannya dari penjajahan Belanda. Dwikora d. Konsolidasi 7. Laksamana Yos Sudarso dan Kapten Wiratno gugur dalam pertempuran di Laut Aru. Dalam upaya menyelesaikan konflik Indonesia – Belanda masalah Irian Barat. 15 Agustus 1961 c. Trikora c.UNCI d. Belanda merupakan penjajah yang paling rakus b. Revolusi 9. KTN b. a. a. UNTEA ..

3.11. 14 Desember 1961 d. 10 Desember 1961 c. 2. A. Pencanangan Trikora dalam rapat umum di kota Yogyakarta D. Tri Komando Rakyat dicetuskan oleh … a. 19 Desember 1961 b. 3. dan 4 13. Jenderal A. 2. 2. Pidato Presiden Soekarno di depan Majelis Umum PBB B. Nasution 12. 1. Pembentukan pasukan sukarelawan yang di namakan Resimen Cakrawirawa C. dan 3 d. Trikora diumumkan pada tanggal … . 1 dan 2 c. 22 Desember 1961 14. a. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini! 1) Diplomasi 2) Konfrontasi politik 3) Konfrontasi ekonomi 4) Konfrontasi militer Usaha pemerintah Republik Indonesia untuk merebut kembali Irian Barat ditunjukkan pada nomor … a. 1. dan 4 b. Upaya untuk membebaskan Irian Barat dari kekuasaan Belanda ditandai dengan …. Presiden Sukarno c.H. Letjen Soeharto b. Tenggelamnya KRI Macan Tutul oleh Angkatan Laut Belanda . Letjen Ahmad Yani d.

Seorang diplomat Amerika Serikat yang diutus untuk membantu menyelenggarakan permasalahan Irian Barat antara Indonesia dan Belanda adalah… 2. Indonesia menyatakan pembubaran Uni Indonesia. Berdasarkan hasil persetujuan New York. Ellsworth Bunker 2. 4. Berikut ini merupakan peranan konfrontasi militer bagi perjuangan dipomasi Indonesia dalam membebaskan Irian Barat dari kekuasaan konolian Belanda. Kabinet yang memegang pemerintahan Indonesia yang pertama kali membawa masalah Irian Barat Ke dalam siding Majelis Umum PBB adalah…… 2. Membuktikan keunggulan militer Indonesia dibanding dengan militer Belanda 4. Untuk mengalangi upaya diplomasi Indonesia dalam forum PBB. Pemutusan hubungan diplomatik dengan Kerajaan Belanda. Menyakinkan PBB bahwa masalah Irian Barat merupakan masalah intern Indonesia dan Belanda 1. Tugas Komando Mandala Pembebasan Irian Barat sebagai pelaksanaan dari Trikora..Belanda. Tahap infiltrasi . Yogyakarta 6. pemerintah UNTEA akhirnya menerahkan Irian Barat kepada pemerintah Indonesia paa tanggal… 3. 1 mei 1963 3. 6. antara lain… 5. Salah satu isi Tri Komando Rakyat adalah… 10. tindakan yang dilakukan Belanda adalah… Kunci Jawaban 1. Kegagalan pemerintah Indonesia dalam perjuangan melalui jalur konfrontasi politik dan ekonomi 5. Isi pokok Bunker Planning antara lain… Kunci Jawaban : 1. Tindakan yang dilakukan oleh pemerintah RI sejak ketegangan Indonesia dengan Belanda mengenai Irian Barat semakin memuncak adalah…. 3. kecuali… 4. Bentuk konfrontasi politik yang dilakukan pemerintah di Indonesia dalam perjuangan pengembalian Irian Barat antara lain… 9. Presiden Soekarno mengeluarkan Tri komando Rakyat dalam suatu rapat raksasa di…. Penyebab kegagalan diplomasi Indonesia dalam forum PBB dalam perjuangan pembebasan Irian Barat adalah… 8. Latar belakang perjuangan pembebasan Irian Barat melalui jalur diplomasi adalah… 5. Bentuk Konfrontasi politik yang pertama kali dilakukan pemerintah Indonesia setelah mengalami kegagalan perjuangan pengembalian Irian Barat melalui perundingan langsung denga Belanda adalah… 3. Natsir 2. 4.Soal Isian Pembebasan Irian Barat 1. Menyelenggarakan operasi militer untuk membebaskan Irian Barat 5. Tahap yang direncanakan Komando mandala dalam perjuangan mengembalikan Irian Barat yang berupa penyusupan pasukan kedaerah tertentu guna menciptakan daerah bebas de facto adalah… 7.

Raja yang dijuluki Pangerang Sabrang Lor ialah … a. pemerasan b. dan … yang diperintah oleh … a. Pati Unus 7.7. Pada tahun 1755 Mataram Islam terpecah menjadi dua kerajaan. Kibarkan sang merah putih di irian barat 10. Sultan Agung d. Indonesia membatalkan hasil KMB secara sepihak 9. Aceh d. Kerajaan Aceh mengalami masa keemasannya pada masa pemerintahan … a. Penyebaran agama Islam di Indonesia masuk melalui jalur… a. Sultan Trenggono c. Raja yang diberikan julukan “Ayam Jantan dari Timur” adalah … a. Surakarta. Perjanjian Giyanti d. Pakubuwono. Sultan Hasanuddin b. Mataram Islam d. Sultan Iskandar Muda b. Pakubuwono. Perjanjian yang membagi Kerajaan Mataram Islam menjadi dua adalah … a. Surakarta. peperangan c. Surakarta. perdagangan d. penindasan 2. Rotterdam b. Hamengkubuwono. Sultan Ageng Tirtayasa b. Perjanjian Bongaya 5. Kerajaan di Indonesia yang merupakan kerajaan Islam pertama adalah … a. Mangkunegaran. Kutai b. Demak b. Pakubuwono d. Yogyakarta. Samudra Pasai 3. Hamengkubuwono c. Belanda menyerahkan irian barat melalui badan pemerintahan PBB. Pakubuwono. Demak c. Ali Mughayat Syah b. Sutawijaya c. Perjanjian Siak b. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah … a. Kasuhunan Hamengkubuwono 9. Sultan Trenggono 4. Sultan Malik Al Saleh d. Notterdam d. Vrederburg 10. Benteng yang dibangun oleh Belanda di Makassar adalah … a. yaitu … yang diperintah oleh …. Adanya dukungan terhadap belanda dari Negara-negara sekutunya yang tergabung dalam blok barat 8. Sultan Hasanuddin Raja pertama Kerajaan Banten adalah… c. Yogyakarta. Perjanjian Saragosa c. a. Amsterdam c. Sultan Iskandar Muda 8. Sultan Ali Mughayat Syah c. Raden Patah d. Sultan Baabullah . Banten 6. Pajang c. Hamengkubuwono b. Surakarta. Soal Kerajaan Islam di Indonesia 1. Raden Patah d.

Sultan Ageng Tirtayasa Masa keemasan Kerajaan Ternate terjadi 16. Laksamana 12. Dalam masyarakat Aceh.. Hassanudin 20. Demak sebagai kerajaan Islam terbesar di Nusantara merasa dirugikan sehingga melakukan serangan ke Malaka dipimpin oleh. terdapat golongan bangsawan yaitu … dan pemuka agama yaitu … a.. Pati Unus d. Perjanjian Salatiga c. dan berdiri kerajaan Mataram yang bercorak Islam di Yogyakarta. Sultan Ageng Tirtayasa c. Teuku. Hadiwijaya c. Raden Benowo d. dipimpin oleh. Tengku c. Spanyol dan Portugis 17. Sultan Hadiwijaya b. Salah satu sumber dari Cina yang menceritakan mengenai kerajaan Islam di Indonesia ialah … a. Sultan Khairun b. Belanda dan Mataram Islam b. a. Perjanjian yang ditandatangani oleh Raden Mas Said sekaligus mengakhiri Kerajaan Mataram Islam adalah… a. Fa Shien b.. Ia berasal dari … a. Makassar dan Belanda d. Sultan Baabullah d.. Kerajaan Pajang dipindahkan ke Mataram pada tahun 1586. Belanda mendarat di Banten tahun 1596 .11. Berakhirlah riwayat kearajaan Pajang. Ibnu Batuta merupakan tokoh yang menguraikan perkembangan agama Islam di Indonesia. Ki Ageng Pamenahan 19. a.. Ma Huan d. Arab d. Eropa c. Portugis dan Belanda Perjanjian Saragosa merupakan perjanjian c. Perjanjian Bongaya 14.. Laksamana. Cina 15. Sultan Agung d. I-Tsing c. Sutawijaya b. Raja Mataram Islam yang berani menentang Belanda sekaligus membawa Mataram Islam mencapai puncak kejayaannya adalah… a. antara … a. Perjanjian Giyanti d. Tengku. Malaka b.. Sultan Iskandar Muda c.. Teuku d. pada masa pemerintahan … a. Kubilai Khan 18. Tengku. Perjanjian Saragosa b. Yang memindahkan Pajang ke Mataram adalah. Tengku b. Ketika Malaka dikuasai Portugis. Sultan Ibrahim 13. Sultan Hasanuddin c. Joko Tingkir b.

Vasco de Gama Cornelis de houtman c. Alfonso d’Albuquarque J.a. Maulana Malik Ibrahim b.P. Sunan Giri Sunan Gunung Jati c. b. Sultan Agung . dari Demak ke Pajang ialah … a. Coen 21. Sultan Sutawijaya Tokoh yang memindahkan Kerajaan Demak c. d. d. Sultan Hadiwijaya b. Fatahillah d. di Cirebon adalah… a. Sunan Ampel Nama wali yang menyebarkan agama Islam 22.