BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Selama berabad-abad, fotografi telah menjadi salah satu

kegemaran masyarakat luas. Mulai dari fotografi sangat sederhana dengan media kamera digital biasa atau kamera handphone, sampai fotografi professional dengan menggunakan kamera-kamera canggih yang membutuhkan teknik dan keahlian khusus sang pemakai. Melalui sebuah foto, kita dapat berkeliling dunia, melihat tempat-tempat dan orang-orang yang belum pernah kita temui. Fotografi juga dapat mengembangkan kekreatifitasan kita dalam hal komposisi bidang, warna, dan lain lain. Dewasa ini, jenis kamera sudah semakin banyak dan beragam dengan kebutuhan manusia. Mulai dari kamera serius seperti SLR (single lens reflex) sampai kamera yang lebih playful macam Toy Camera (plastic camera). Kamera-kamera tersebut memiliki fitur-fitur dan keunggulan masing-masing. Dengan dibuatnya karya tulis ini, penulis ingin memberitahukan kepada pembaca tentang ilmu-ilmu dan pengetahuan mengenai fotografi yang kian hari semakin menarik dan berkembang. Dan juga menjelaskan kepada pembaca berbagai jenis kamera dan kegunaan serta

keunggulannya, sehingga pembaca tidak salah memilih kamera yang tidak sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

1

1.2 Perumusan Masalah 1. Apakah fotografi itu sulit? 2. Apakah menjadi seorang Fotografer dapat menjamin kehidupan seseorang? 3. Bagaimana cara memotret dengan benar? 4. Bagaimana cara kerja sebuah kamera?

1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penulis membuat karya tulis ini antara lain: a Memperbanyak dan memperkaya pengetahuan akan ilmu fotografi. b Mengetahui pekerjaan seorang Fotografer. c Mengetahui cara memotret dengan benar. d Mengetahui cara kerja sebuah kamera.

1.4 Manfaat Penelitian 1.4.1 Bagi Penulis a Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional dan ujian sekolah bidang Bahasa Indonesia. b Melatih kemampuan dalam menulis sebuah karya tulis. c Mempelajari dan memperdalam ilmu fotografi.

2

1.4.2 Bagi Pembaca a Mengerti dan mendapat informasi tentang fotografi. b Mengetahui jenis-jenis kamera. c Mengerti cara kerja kamera. d Mengerti cara mendapatkan hasil foto yang baik.

1.4.3 Bagi Penulis lain a Dapat melengkapi informasi yang dibutuhkan. b Sebagai perbandingan dengan hasil yang telah dicapai. c Memberikan inspirasi dalam pembuatan karya tulis.

1.5 Sistematika Penulisan Karya tulis ini terdiri dari halaman judul, lembar pengesahan yang berisi mengenai pengesahan karya tulis ini, selanjutnya tercantum juga kata pengantar dan diikuti oleh daftar isi. Pada bagian pembuka, yaitu Bab I, terdiri dari 5 bagian yaitu: Latar Belakang Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian dan Sistematika Penulisan. Dalam Bab II, penulis akan membahas tentang pengertian fotografi dan istilah-istilah dalam fotografi, pengertian kamera dan juga jenis-jenis kamera.

3

Pada Bab III, penulis akan menjelaskan metode-metode yang dipakai penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini, yakni dengan metode pustaka dan metode wawancara/angket. Di Bab IV, penulis akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tercantum pada perumusan masalah. Pada Bab terahkir yaitu Bab V, penulis menuliskan penutup yang berisikan kesimpulan dan saran. Dan pada lembar yang terakhir terdapat pula daftar pustaka yang telah disusun secara abjad serta lampiran berupa salah satu angket yang dibuat oleh penulis dan artikel tentang hakikat fotografi.

4

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful