You are on page 1of 16

FILUM

PLATYHELMINTHES DAN ARTHROPODA
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 3
1.YUYUN SULASTRI
2.LIA MUSTIKA. P
3.KARMILA
4.AGUNG
5.REZA
KELAS : X. 5
SMA NEGERI 1 GANTUNG

. helminthes= cacing. ξ Seksi Acoelomata  kelompok hewan yang pertama memperlihatkan pembentukan lapisan dasar ke tiga yaitu mesodermis. platy= pipih.PLATYHELMINTHES ξ Yunani. ξ Terdiri atas 4 kelas:Turbelaria. ξ Filum yang paling primitif di antara semua fila Bilateral.Trematoda dan Cestoda. Monogenea.

4. Tubuh simetri bilateral. 3. Lapisan otot tumbuh dengan baik. atau tidak ada. tubuh pipih dorso-ventral. terdiri atas mulut. mesodermis dan endodermis. Epidermis/ektodermis lunak dan bercilia pada Turbelaria. rongga tubuh tidak ada. rongga pencernaan yang bercabang atau tidak. Sistem pencernaan tidak lengkap. . namun tertutup kutikula dan mempunyai alat penghisap eksternal dan/atau kait pada Trematoda dan Cestoda. rongga di antara dinding tubuh dan organ dalam berisi mesenkhim (jaringan mesodermis). tidak mempunyai ruas-ruas sejati. dinding tubuh terdiri atas 3 lapis yaitu ektodermis. anus tidak ada.Ciri-ciri khas Platyhelminthes 1. 2.

sistem peredaran darah dan pernapasan tidak ada. 6. . telur menetas menjadi satu atau beberapa stadia larva.Rangka.Reproduksi seksual dan pada beberapa jenis aseksual. 7. atau perkembangan langsung. sistem ekskresi adalah protonephridia. telur dibungkus sel kuning telur dan cangkang. umumnya monoecious. pembuahan di dalam.Ciri-ciri khas Platyhelminthes (lanjutan) 5.Sistem syaraf terdiri atas sepasang ganglia anterior atau cincin syaraf yang berhubungan dengan 1-3 pasang benang syaraf longitudinal.

.Cara Berkembang Biak Anggota filum ini umumnya berkembang biak secara aseksual dan seksual. tetapi telah mengembangkan diri sehingga tidak melakukan pembuahan sendiri. yaitu langsung (telur menetas menjadi cacing kecil tetapi menyerupai cacing dewasa) dan tidak langsung (melalui bentuk larva yang bersilia). Umumnya cacing ini monoecious. Perkembangan cacing ini ada dua macam.

KELAS TURBELARIA .

.KELAS MONOGENEA - Ektoparasit pada ikan laut dan ikan air tawar. & averterbrata lain. amphibi.2–0. reptil.5 mm. alat penempel posterior  opisthaptor. - Berukuran 0. Satu inang  monogenea.

KELAS CESTODA ovari uterus scolex testes kelenjar kuning telur penghisap leher scolex di dalam dinding usus lubang genital proglotid uterus .

3. Tidak mempunyai epidermis tetapi kutikula. sebagai inang perantara  Sub Kelas Aspidogastrea dan Digenea. Terdapat pada usus. Mempunyai sistem pencernaan. 2. Umumnya mempunyai pengisap. . hati atau paru-paru manusia maupun ternak. 5.KELAS TREMATODA 1. Endoparasit pada siput dan udang. Telurnya dapat ditemukan pada tinja inang . 4.

Arthropoda berarti hewan yang mempunyai kaki beruas-ruas . Jadi.Hampir 90% dari seluruh jenis hewan yang hidup di bumi adalah Arthropoda Arthropoda berasal dari kata arthros yang berarti sendi atau ruas dan podos yang berarti kaki.

CIRI UMUM :  Triploblastik selomata  Memiliki tubuh dan kaki beruas – ruas  Simetri Bilateral (kepala. perut (abdomen) { sefalothoraks }  Memiliki Eksoskeleton (rangka luar) dari zat kitin  Dapat mengalami pergantian kulit (eksdisis/molting)  Bernafas dengan trakea . dada (thoraks). insang . paru-paru buku. bahkan seluruh permukaan tubuhnya  Reproduksi seksual dan aseksual (partenogenesis) .

Insecta / Hexapoda 2. Chilopoda 5.Klasifikasi Berdasarkan perbedaan struktur tubuhnya Arthropoda dibagi menjadi 5 kelas : 1. Crustacea 3. Arachnida 4. Diplopoda  .

Insecta / Hexapoda Apterygota (tidak bersayap) • Ametabola • Mulut Penggigit Lepidoptera Siphonoptera Insecta Endopterygota Pterygota (bersayap) Eksopterygota Hymenoptera Coleoptera Odonata Isoptera Ortopthera Homoptera .

Contoh INSECTA .

Crustacea .

TERIMA KASIH… Selamat Menyaksikan Tayangan Berikut: Platyhelminthes .