You are on page 1of 10

ADULTHOOD AND

ELDERLY

jumlah lansia yang dapat bertahan sampai usia ini bertambah banyak Masa dewasa akhir merupakan masa-masa penurunan fungsi tubuh dan psikologis yang cukup besar Kondisi fisik secara umum mengalami penurunan.PENGERTIAN        Masa ini biasanya merupakan fase terakhir dalam kehidupan manusia Usia = di atas 60 tahun Disebut juga golden age/lansia Dari tahun ke tahun. meskipun ada orang-orang yang tetap sehat dan kuat di masa ini Kualitas layanan medis meningkatkan usia harapan hidup pada masyarakat modern  jumlah lansia sehat bertambah .

.

jaringan ikat pada kulit dan ligamen sendi sudah mulai longgar sehingga kulit mulai keriput dan tubuh agak membungkuk  Mulai terjadi pengambilan kalsium dari tulang (osteoporosis) dari beberapa orang karena penurunan kemampuan menyerap kalsium dari makanan  Pengelihatan dan pendengaran mengalami penurunan  tidak sepeka dulu lagi. mulai membutuhkan kacamata ganda untuk meningkatkan kualitas pengelihatan  Jika mendapat kecelakaan.PERKEMBANGAN FISIK  Pada usia ini. tubuh sudah tidak terlalu lentur untuk dapat memulihkan diri dalam waktu yang singkat . kondisi tubuh biasanya sudah menurun.

saudara.PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS Banyak waktu untuk berpikir mengenai kehidupan dan kegiatan yang telah dilakukan  pada masa tua. banyak yang mulai berpikir mengenai kematian Kematian teman. dan pasangan hidup dapat menimbulkan depresi yang mendalam pada kalangan lansia Membutuhkan perawatan dan penanganan yang lebih dari pihak keluarga .

perawatan kesehatan dan peningkatan kualitas kehidupan merupakan hal yang penting untuk para lansia . orang tua dengan kesehatan yang baik cenderung lebih merasa bahagia dalam menjalani kehidupannya • Mulai ada persiapan untuk ‘kehidupan akan datang’ setelah kematian  biasa dilakukan oleh orang-orang pada usia ini • Biasanya lebih akrab dengan anak dan cucu dibanding masa sebelumnya. yakni ketika mereka sibuk bekerja • Pada masa ini.• Pada masa ini.

Perubahan mental pada lansia Kemampuan belajar: kurang terampil mempelajari peralatan baru. karena tidak dapat segera menyesuaikan dengan pengalaman sebelumnya Reasoning/penalaran: semakin lama untuk mengambil keputusan Kreativitas: kemampuan berpikir kreatif berkurang dibanding individu yang lebih muda Memory: mudah melupakan informasi baru Recall: membutuhkan pedoman untuk membantu kemampuan mengingat .

Reminiscing: semakin sering mengenang masa lalu Vocabulary: kemunduran dalam perbendaharaan kata sangat sedikit Mental rigidity: terjadi karena lansia lebih lama mempelajari hal yang baru atau disebabkan keyakinan mereka bahwa nilai dan cara yang dilakukan di masa lalu lebih baik daripada saat ini .

pasti memiliki kebijaksanaan (wisdom) .Tugas Psikologik Geriatrik Menurut Erik Erikson         Lansia = tahap kedelapan Tugas : integritas ego dan berupaya menghilangkan putus asa dan kekecewaan Sebagian besar individu di tahap ini merasa tidak ‘dibutuhkan’ Merasa tidak berguna secara biologis Mencemaskan penyakit yang diderita Memikirkan tentang kematian Mengenang masa lalu Lansia yang mampu menerima kenyataan tentang kematian.

Gejala: afek depresi. sosial dan biologis. sering merasa bersalah. perilaku katatonik. mudah lelah. gejala negatif  Gangguan delusi: kematian pasangan. penyakit medis. finansial yang tidak baik. ide bunuh diri. pesimis. kehilangan minat.Masalah Psikologi pada Lansia  Depresi: penyebabnya merupakan gabungan antara faktor psikologis. konsentrasi berkurang. gangguan pengelihatan/pendengaran  Gangguan kecemasan: gangguan panik. gangguan makan  Skizophrenia Gejala: Halusinasi. kurang percaya diri. alur pikir yang terputus. obsasif kompulsif . fobia. isolasi sosial. gangguan tidur.