You are on page 1of 8

Materi Ajar

Konsep Dasar Kerajinan Tekstil
A. Prinsip-Prinsip Seni
Tidak semua produk yang berbahan utama tekstil bisa disebut sebagai karya
seni, sebab
perwujudannya harus memenuhi prinsip-prinsip berikut:
a. Unity (kesatuan), suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis,
harus merupakan
kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan
sempurna.
b. Complexity (kerumitan), suatu benda yang memiliki nilai estetis pada
dasarnya tidaklah
sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu
dengan kerumitan
tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling
menyeimbangkan
c. Intensity (kesungguhan), suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai
estetis
bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang
menonjol dalam
penampilannya. Nilai itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau
duka, suram atau
ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.
B. Pengertian Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau
memakai tekstil sebagai bahan utama.
C. Jenis Kerajinan Tekstil
Jenis produk kriya tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu: benda hias
dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya. Jenis produk yang termasuk
pada benda hias contohnya: hiasan dinding,sarung bantal kursi, produk
kerajinan tekstil yang termasuk benda pakai diantaranya: bad cover,sarung
bantal, tirai, tutup aqua galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup
tudung saji, dll.
D. Desain Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud
secara maksimal
apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil. Desain
merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain
merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan
atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai
suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan

By decorative trims. yaitu membentuk detail hiasan tertentu pada busana disini biasanya dilakukan dengan membuat jahitan/setikan pada kain/tekstil. Untuk mendapatkan suatu produk kerajinan tekstil yang baik memerlukan sebuah perencanaan yang didalamnya terdapat kesatuan antara bahan yang digunakan dengan fungsi serta jenis benda yang dibuat.tertentu yang berupa susunan dari garis. Decorative Design (garnitur) Decorative Design (garnitur) adalah sentuhan/perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan efek visual memperindah penampilan. warna. By decorative trims. By the color and pattern. bentuk. yaitu: By the color and pattern. Dalam hal ini terdapat dua macam desain. secara tidak langsung juga berfungsi sebagai decorative design. atau saling bertentangan yang menghasilkan nilai estetis pada benda tersebut. By construction details. dan bentuknya. Cnth :: Quilting Smocking Shiring Pintucks c. yaitu structural design (desain struktur) dan decorative design(desain hiasan) a. yaitu teknik yang biasanya berupa tempelan kain diatas permukaan kain dengan menambahkan unsur pelengkap lain pada permukaan kain. Cnth :Buttons (kancing) Lace (renda) Braids (kepang) Fringe(susur/ekorkuda) Pembuatan produk kerajinan tekstil dilakukan dengan cara menentukan jenis benda apa yang akan dibuat (benda hias atau benda pakai). berlawanan. bentuk. membuat desain produk. Contoh deesain struktur: gambaran suatu benda yang akan dibuat dilengkapi dengan keterangan ukuran. Contoh :Batik Tapis Tapestry Songket b. warna. (Davis dalam Mila Karmila. By construction dedtails. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada di lingkungan kita. membuat desain hiasan pada . Suatu desain yang baik akan memperlihatkan susunan yang teratur dari bahan-bahan yang dipergunakan sehingga menghasilkan suatu benda yang indah dan dapat dipergunakan. warna. Terdapat tiga cara dalam menyusun decorative desain. dan tekstur dari suatu benda baik berupa benda yang mempunyai ruang maupun gambaran dari suatu benda. Garnitur bisa sebagai unsure dekoratif/hiasan atau sebagai unsur fungsional. b. kerumitan dalam pengerjaannya yaitu perpaduan yang seimbang. yaitu warna dan motif yang tersusun dalam suatu bahan tekstil pada busana. dan tekstur. Structural Design (desain struktur) Structural Design (desain struktur) adalah susunan dari garis. 2006: 27) a.

alat-alat menjahit.fungsi benda. perusahaan dapat menarik pelanggan . Bahan pelengkap yang umumnya digunakan adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat alam ataupun polyester seperti kain pelapis/pengeras. Alat utama terdiri dari: mesin jahit.lilin bakar. fungsi dari benda tersebut. E. kain satin. tali koor. Penggunaan bahan pelengkap pun sama dengan bahan utama yaitu harus disesuaikan dengan jenis benda yang dibuat. Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat. Terdapat kain flanel polos dan kain flannel bermotif. pemidangan.  Secara umum bahan utama yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil adalah bahan tekstil yang tebuat dari serat alam atau serat polyester baik itu berupa kain tenun. Alat yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: alat utama dan alat penunjang. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan pelanggan mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaikbaiknya. Adapun alat penunjang terdiri dari: mata itik.serta teknik yang akan digunakan. Melalui pelayanan prima.1. pita ukur. benang nylon.  Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan pelengkap memiliki fungsi memperindah atau menyempurnakan tampilan benda yang dibuat. dan pita.produk. contoh bahan-bahan tekstil yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kriya tekstil adalah kain katun. Contoh produk kerajinan flanel: Gantungan kunci. pita dan retsluiting. menyiapkan bahan dan alat serta langkah kerja pembuatan produk kerajinan tekstil. kain flanel. kain furing. Mengenal Kain Flanel Kain flanel (felt) adalah jenis kain dibuat dari serat wol tanpa ditenun. ataupun berupa benang/tali. jarum T dan lain-lain. F.1 Pelayanan Prima Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan. lem. busa pelapis. benang katun. Kain flanel termasuk salah satu bahan utama yang dipakai dalam kerajinan tekstil. kempa. Bingkai foto A. yaitu: bahan utama dan bahan pelengkap. rajut. Replika kue .gunting. Bahan dan Alat Pembuatan Produk Kerajinan Tekstil Bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil diklasifikasikan menjadi dua bagian. renda. dakron. papan landasan dan lain-lain. serta teknik pembuatan yang digunakan.

yaituAttitude (sikap). telah dikembangkan konsep total quality management (TQM). yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perusahaan. keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi. Konsep Attitude (Sikap) Calon pembeli/pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pelayan/petugas yang ada di toko/perusahaan sehingga kepuasan pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan kepada orang lain. attention (perhatian) dan action (tindakan). Pelayanan prima dikembangkan berdasarkan konsep A3. Untuk menunjang pelaksanaan playanan prima. antara lain seperti berikut ini. Pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk. disertai senyum ramah Sikap sopan santun Melayani dengan memuaskan Mendengarkan saran.baru dan perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama. a) Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi Hal-hal yang dapat mendukung penampilan serasi  Penampilan serasi dengan cara berhias  Penampilan serasi dengan cara berbusana  Penampilan serasi dengan ekspresi wajah b) Pelayanan dengan berpikir positif Cara berpikir positif dalam melayani pembeli  Tidak mencari atau memanfaatkan kelemahan pembeli  Tidak bersikap apriori terhadap pembeli  Melayani pembeli secara terhormat c) Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai        Tutur bahasa baik. (sumber: Kewirausahaan Mediatmo: 2004) a. yaitu system manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar kebutuhan. pendapat dan kritikan pembeli Mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli Mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli Bersikap konsisten dalam melayani pembeli .

b. c. a) Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan  Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya  Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli  Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli  Berusaha mewujudkan kebutuhan pembeli dengan cepat b) Mengamati perilaku pelanggan Ketika sedang mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan. Konsep attention Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention adalah sebagai berikut. penjual harus mengadakan pengamatan terhadap segala perilaku pelanggan dalam hal berikut ini.  Body language  Body movement  Motive pembeli c) Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan    Mendengarkan dan mencatat kebutuhan pembeli Menjelaskan kembali setiap pesanan Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli  Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli  Menghargai setiap pendapat dan saran yag diajukan pembeli  Memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa yang dipesannya. Konsep Action a) Pencatatan pesanan adalah sebagai berikut  Memberi kemudahan kepada pembeli/pelanggan  Mempercepat pelayanan  Menghindari kesalahan sekecil mungkin  Memudahkan dalam pencarian dan pengambilan barang b) Pencatatan kebutuhan pelanggan .

baik langsung maupun tidak langsung. c) Penegasan kembali kebutuhan pelanggan  Barang yang telah dicatat. ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan pelayanan. Promosi a.  Menanyakan penggunaan alat pembungkusan barang  Menanyakan cara pengiriman barang yang dikehendaki pembeli  Menegaskan cara pembayaran (cash. b. Tujuan Promosi a) Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen . merek. dan jenis pesanan. Promosi merupakan salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen.2 Promosi 2. credit. ukuran. (sumber: Kewirausahaan Mediatmo: 2004) A. Pengertian Promosi Promosi yaitu kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. sebaiknya pelayanan atau penjual mendengarkan memahami kebutuhan para pelanggan para pelanggan dan membuat daftar kebutuhan dengan mengelompokkan sesuai dengan kegunaan.Untuk memberikan pelayanan yag baik. dengan cek) d) Mewujudkan kebutuhan pelanggan e) Menyatakan terimakasih dengan harapan pelanggan kembali Hal-hal yang dapat dilakukan dengan harapan pelanggan kembali untuk membeli barang jasa diataranya adalah sebagai berikut:   Pernyataan terimakasih kepada setiap pelangga Pemberian bonus kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar  Pemberian potongan harga  Pemberian hadiah pada waktu-waktu tertentu kepada pelanggan.

efektif dan tepat sasaran.b) Mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar. Sasaran promosi Secara terperinci dapat disebutkan bahwa sasaran dari promosi adalah sebagai berikut a) Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk b) Para pembeli/pelanggan produk dari perusahaan tersebut c) Para pemakai produk pada waktu sekarang d) Masyarakat yang mempunyai daya beli e) Para distributor dan para agen yang menjual produknya f) Pemerintah yang memerlukan produk dari pengusaha yang bersangkutan g) Mereka yang mempunyai kekuasaan dan ia dapat memerintahkan untuk membelinya Apabila promosi dapat dilakukan secara baik. a) Meningkatnya omset penjulan produk b) Mengingatkan para pembeli tentang barang yang akan dibeli c) Membentuk produk motives dan patronage motives d) Produk menjadi lebih terkenal . maka diharapkan dapat memberikan keuntungan. serta mengingatkan konsumen akan manfaat produk c) Untuk menarik konsumen merek lain yang bersaing dengan produk yang sedang dipromosikan d) Mempertahankan merek produk perusahaan c. yang berupa berikut ini.

Bauran promosi adalah promosi yang dilakukan dengan membaurkan empat alat penting dalam promosi yaitu advertensi. sales promotion dan publicity. berupa hadiah atau pemerian secara Cuma-Cuma 6) Advertensi di luar ruma berupa yaitu papan reklame Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan di dalam memilih jenis media yang digunakan yaitu sebagai berikut: . a) Advertensi (periklanan) Bedasarkan macam media yang digunakan. striker dan lain-lain 4) Kiriman langsung yaitu berupa barang cetakan yang dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli 5) Advertensi khusus yaitu segala macam barang. maka advertensidibedakan menjadi berikut: 1) Advertensi Cetak yaitu berupa iklan surat kabar dan majalah 2) Advertensi Elektronik yaitu berupa iklan melalui radio dan televisi 3) Transit advertising yaitu berupa bulletin.personal selling. Merencanakan Bentuk Promosi Bentuk promosi yang paling efektif dilakukan saat ini adalah bauran promosi.e) Meningkatnya produksi perusahaan f) Meningkatnya laba perusahaan d. poster.