You are on page 1of 15

MENGHADAPI UJIAN / SEMESTER

DISUSUN OLEH :
KELOMPOK XI
1. SAHRU RIZAL

09020001

2. ALI ROHIM

08020347

3. BAHARUDDIN

08020090

4. ADILA

10020125

5. RINO SUNTORO

10020029

6. KHOIRUL MUAWANAH

09020191

7. SUHARNO

10020095

yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada kami. Kami menyadari bahwa makalah ini perlu disempurnakan. 2 . Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun akan menjadi masukan yang berharga untuk penyusunan makalah selanjutnya. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Menghadapi Ujian / Semester“.SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT.

............. i KATA PENGANTAR................................................................................................................................. iii 3 .........................................................Pringsewu.............. Desember 2011 Kelompok XI DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL.. ii DAFTAR ISI............................................................

.................BAB I PENDAHULUAN A..................................................... Mengatasi Kecemasan Saat Ujian... Kesimpulan................. 8 DAFTAR PUSTAKA 4 ........................................ 2 B....................................................................................................... 1 BAB II PEMBAHASAN A..................... Tips Menghadapi Ujian............. 5 BAB III PENUTUP A.............. Latar Belakang......

5 .

Ada pula yang senang menjelang ujian. Ada yang dihadapi dengan kegelisahan memikirkan apakah dia bisa menjalaninya dengan baik ataukah tidak.BAB I PENDAHULUAN A. sebagai seorang mahasiswa yang baik harus menunjukkan kesungguhan dalam mempersiapkannya. ia akan turun panggung dengan kehinaan” ini menandakan bahwa persiapan menjadi sesuatu yang sangat penting. Terlepas dari alasan-alasan tersebut. Ada yang merespon biasa-biasa saja dengan kondisi ini karena menganggap bahwa UAS merupakan sesuatu yang tidak telalu istimewa toh setiap semester kita selalu berjumpa dengan itu. Berbagai reaksipun muncul saat menjelang ujian akhir semester ini. William Shakespeare pernah berkata “Barangsiapa naik panggung tanpa persiapan. Latar Belakang Ujian Akhir Semester. 1 . terutama untuk mahasiswa rantau karena ini berarti waktu liburan semesterpun juga semakin dekat sehingga pulang ke kampung halaman yang dirindupun akan segera tiba. sebuah tahapan perjalanan yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa dalam masa studinya di Kampus.

Kita boleh hafal 100% semua detail pelajaran. Dibawah ini.BAB II PEMBAHASAN A. tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihafal itu. telah dirangkum tips mensiasati UJIAN dengan cara yang bijak. minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari. selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran. Jadi sebelum menghafal. 2 . Padahal itu kembali pada persiapan dan sikap kita dalam proses belajar. 1. yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. 2. Tips Menghadapi Ujian Banyak hal dan persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat kita SIAP (paling tidak lebih terkonsentrasi) dalam menghadapi ujian. Seringkali banyaknya materi pelajaran dijadikan alasan oleh sebagian orang untuk menyatakan bahwa UJIAN itu SULIT. Belajar itu memahami bukan sekedar menghafal Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham.

Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama. Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. hijau. 3.Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita. supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca (ditulis) ulang. mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. biru. Tapi biasanya. Sebenarnya ini bisa disiasati. Hafalkan kata-kata kunci Kadang. jingga. nila dan ungu. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan. artinya merah. 3 . kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU. kuning. Misal. 5. 4.

6. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru. biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Tips terakhir adalah metode jitu agar cepat dan luwes dalam 4 . Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk. 7. coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. 8. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Bangun suasana belajar yang nyaman Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Selain menjawab soal-soal latihan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Kalau materi jawaban tidak ada di buku. Pada setiap akhir bab pelajaran. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif. cobalah tanya ke guru. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Latih sendiri kemampuan kita. bisa belajar bareng dengan teman. maksimal lima orang. Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Bentuk Kelompok Belajar Kalau lagi bosan belajar sendiri.

tapi jangan lupa untuk istirahat. 11.memahami topik suatu pelajaran adalah dengan ditulis ulang. Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan. setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. kita dapat belajar lebih terkonsentrasi dan terprogram. Dengan dilakukannya hal tersebut. Tentunya akan lebih baik bila upaya itu dilakukan jauh-jauh hari. Kalau di kelas. jangan langsung tutup buku. 10. percuma saja memaksakan diri. badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. Kalau pikiran sudah suntuk. Ini tentunya akan menambah tingkat penguasaan kita terhadap materi pelajaran. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Kalau belum puas. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. karena pada saat kita menulis otak kita tidak sekedar merekam tetapi juga turut menggambarkan/implementasi suatu pokok bahasan. cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Mengikuti Bimbingan Belajar / Les di luar sekolah Hal ini dapat dilakukan bila kita mempunyai dana yang cukup. Belajar boleh kencang. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. minimal 6 bulan sebelum menghadapi UJIAN. Sediakan waktu untuk istirahat. 9. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Setelah istirahat. 5 . Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat.

Akan tetapi. Berdo’a sebelum dan sesudah belajar Satu dari yang terpenting bagi kita. hal itu dapat semakin menambah spirit kita dalam belajar. B. Anda mungkin mempunyai rasa cemas yang berlebihan jika Anda menjawab YA pada empat atau lebih dari pertanyaan berikut ini: 1. 3. Ketika belajar untuk menghadapi ujian. Merasa sedikit cemas ketika menghadapi ujian sebenarnya adalah normal. Untuk memantapkan niat dan kemauan belajar kita tentunya jangan sampai melupakan Do’a. Berdo’a akan membuat kita menjadi orang yang bersyukur. rasa cemas yang berlebihan juga mungkin akan menghambat kinerja Anda dalam ujian. saya menemukan banyak hal yang mengganggu perhatian saya. 2. pusing. Ketika mengikuti ujian. 6 . adalah NIAT. Saya merasa sulit memulai belajar untuk ujian. 4. Karena apapun usaha yang kita lakukan akan lebih berarti bila disertai DO’A. Bahkan sedikit rasa cemas dapat mendorong semangat belajar Anda dan menjaga Anda tetap termotivasi. dan otot terasa tegang. Di samping itu. dan membuat hati terasa lebih lapang. Bagaimanapun. tidak peduli seberapa keras saya belajar. Anda mungkin akan sulit belajar dan mengingat materi kuliah yang akan diujikan. Anda mungkin sulit menunjukkan apa yang telah Anda ketahui dalam ujian itu. sakit perut. sulit bernafas. rasa cemas yang berlebihan dapat mengganggu belajar Anda. Mengatasi Kecemasan Saat Ujian Kecemasan ujian adalah rasa cemas yang berlebihan ketika menghadapi ujian. saya merasa tidak sehat secara fisik: saya merasa tangan saya berkeringat. Saya merasa akan mendapat nilai jelek dalam ujian itu.12.

dan bukan rasa cemas yang berlebihan. Ini bisa membantu. Masuklah ke ruang ujian dengan kondisi cukup istirahat dan makan cukup. 10. Ketika mengerjakan soal ujian. saya dapat mengingat informasi yang tidak dapat saya ingat ketika mengerjakan soal ujian. Gunakan teknik belajar untuk dapat menguasai materi kuliah yang akan diujikan secara kognitif. cara mengatasi kecemasan ujian Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum. Hindari makanan yang kurang bergizi. Tetaplah dengan rencana belajar Anda. Ikuti rencana belajar yang sudah Anda buat untuk menghadapi ujian tersebut. Kembangkan kebiasaan belajar yang baik. saya sulit menata fikiran saya. 7. Jangan panic meskipun seandainya ujian itu ternyata sulit.” 8. Tetaplah santai selama ujian berlangsung. Menarik nafas pelan-pelan dan dalam-dalam. Ketika mengerjakan ujian. Anggaplah ujian itu sebagai suatu kesempatan untuk menunjukkan seberapa jauh Anda telah belajar.5. dan sesudah ujian untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian. Makanlah makanan ringan dan bergizi sebelum ujian. Fikirkan keberhasilan. Ketika mengerjakan ujian. Pusatkan perhatian pada pernyataan positif seperti “Saya dapat mengerjakan ini. saya merasa sulit memahami petunjuk dan pertanyaannya.” 5. 3. bukan kegagalan. 4. Tetaplah bersikap positif ketika Anda belajar. 7 . Penguasan ihni akan membantu Anda mendekati ujian dengan rasa percaya diri. Sesudah ujian selesai. saya merasa fikiran saya melayang ke hal-hal lain. saya sering merasakan “fikiran kosong. selama. Ketika mengerjakan ujian. Saya biasanya dapat nilai lebih jelek pada ujian daripada nilai saya pada tugas dan makalah. 9. Tidurlah dengan cukup di malam menjelang ujian. 6. 1. 2.

Alihkan perhatian dan usaha Anda pada tugas dan ujian baru yang akan datang. Jangan mempedulikan mahasiswa lain yang menyelesaikan ujian lebih dulu daripada Anda.6. Trapkan pengetahuan ini ketika Anda mengikuti ujian berikutnya. 8 . Tak ada lagi yang dapat Anda lakukan sampai hasil ujian itu dikembalikan kepada Anda. Anda perlu mengendalikan rasa cemas Anda yang berlebihan. Belajarlah dari kesalahan dan keberhasilan Anda. analisalah hasil itu untuk mengetahui di mana kekurangan dan kelebihan Anda dalam ujian tersebut. 8. Ketika hasil ujian itu dikembalikan kepada Anda. lupakanlah ujian itu untuk sementara. Gunakan waktu yang Anda perlukan untuk berusaha sebaik mungkin. Untuk dapat menunjukkan apa yang Anda kuasai. 7. Sesudah menyelesaikan ujian itu dan menyerahkan jawaban Anda. Untuk berhasil dalam ujian. Anda harus menguasai materi ujian itu.

Bangun suasana belajar yang nyaman 7. Untuk melihat tingkat pencapaian tujuan pendidikan. memiliki kecerdasan. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang mulia ini disusunlah kurikulum yang merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan. pengendalian diri. serta memiliki keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Mencatat pokok-pokok pelajaran 4. Belajar itu memahami bukan sekedar menghafal 2. berkepribadian. Pilih waktu belajar yang tepat 6. berakhlak mulia. isi. Untuk menghadapi ujian akhir semester maka dibutuhkan suatu kesiapan diri dari setiap pelajar. diperlukan suatu bentuk evaluasi.BAB III PENUTUP A. dan bahan dan metode pembelajaran. Hafalkan kata-kata kunci 5. Berikut adalah tips untuk menghadapi ujian : 1. Kesimpulan Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan di setiap negara. Ujian Akhir Semester. sebuah tahapan perjalanan yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa dalam masa studinya di Kampus. Membaca adalah kunci belajar 3. Kurikulum digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Bentuk Kelompok Belajar 9 . Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi anak agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan.

php/untuk-siswa-a-mahasiswa/37-trampilbelajar/54-mengatasi-kecemasan-ujian 10 . Mengikuti Bimbingan Belajar / Les di luar sekolah 12. 9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari 10. 11.com/2009/02/menghadapi-ujian-dengan-lebih-baik.net/index. Sediakan waktu untuk istirahat. Berdo’a sebelum dan sesudah belajar DAFTAR PUSTAKA http://www.8. Latih sendiri kemampuan kita.dukonbesar.html http://pendidikanislam.