You are on page 1of 18

PROGRAM KERJA KETUA (OSNH

)
1. Membantu Bapak Pimpinan Pondok dalam menjalankan proses
pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Haramain.
2. Mengadakan perkumpulan rutin sekali Seminggu.
3. Mengontrol Setiap Bagian.
4. Menegur pengurus OSNH yang melakukan kesalahan dengan
bijaksana.
5. Berkonsultasi dengan Bapak Pimpinan Pondok melalui Pengasuhan
santri dan pembimbing.
6. Mengontrol Perogram kerja setiap bagian yang terlaksana maupun
yang belum terlaksana.
7. Membantu bagian-bagian lain dalam menjalankan tugas.
8. Mengontrol setiap kamar bilamana perlu.
9. Mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh bagian yang lain.
10. Menyediakan kotak usul, kritik dan saran bagi santri untuk pengurus
OSNH.
11. Mengontrol dan membangunkan pengurus Organisasi untuk
melaksanakan Shalat Jama’ah setiap waktu Shalat.
12. Mengecek buku administrasi tiap-tiap bagian sekali seninggu.
13. Mencatat dan menetapkan data pelanggaran anggota Organisasi ke
dewan Pelindung sewaktu-waktu.
14. Bangun terlebih dahulu dari seluruh santri dan pengurus OSNH.
15. Mengadakan kerja bakti bagi pengurus OSNH setiap sekali seminggu.

10. Berkonsultasi dengan bagian lain bilamana perlu. PROGRAM KERJA BAGIAN SEKRETARIS 1. Mengadakan Kursus Computer bagi santri yang berminat 13. Mengadakan Computer tetap. 2. 4. 7. 11. Membuat papan nama bagi pengurus OSNH dengan menggunakan kokart. Untuk kemaslahatan OSNH. 17. 3. Membantu bagian-bagian lain bilamana perlu. 9. Membuatkan buku catatan khusus bagi setiap bagian.16. . Mencatat dan membukukan keluar masuknya surat. Mencatat kejadian kejadian penting yang berkaitan dengan OSNH. 8. 12. Menggunakan komputer sesuai dengan keperluan pengurus Organisasi 5. Mengadakan Studi banding dan Studi tour bila mana perlu. Membuat anggaran untuk membeli alat-alat Organisasi atau Kesekertariatan 6. Memberi ceramah dua minggu sekali. Membuat kartu pelajar bagi pengurus OSNH. Mencatat usulan-usulan yang masuk diseiap perkumpulan pengurus OSNH. Melarang santri yang masuk ruang Computer kecuali yang berkepentingan.

Mengatur uang perizinan. 5. Berkonsultasi dengan ketua OSNH. Memintakkan anggaran bagian-bagian yang memerlukan anggaran. 4. Melaporkan keluar masuknya uang disetiap perkumpulan OSNH. Buku perizinan pulang b. Memberikan sumbangan kepada pengurus rayonbilamana perlu. 6. 2. Mengontrol bolis malam 5. 7. Buku perzinan ke pasar c. Mengontrol keuangan tiap-tiap bagian sebulan sekali 3. Membuat pembukuan-pembukuan sebagai berikut: a. Mencatat keluar masuknya uang Organisasi. Bertanggung jawab atas keamanan pondok. 2. 8. Menindak santri yang melanggar disiplin bagian keamanan 7. Berkonsultasi dengan pengurus OSNH dan dewan asatidz 6. 9. 3. Berkocnsultasi dengan bagian lain bilamana perlu. PROGRAM KERJA BAGIAN KEAMANAN 1. Menegur pengurus rayon yang lalai dalam tugas 8. Buku pelanggaran disiplin . Melaporkan keuangan OSNH kepada Santri bila mana perlu. Mengadakan memeriksan rambut dan sandal sebulan sekali 4.PROGRAM KERJA BAGIAN BENDAHARA 1. Bertangguang jawab atas keluar masuknya uang. Mewajibkan santri memasukkan baju dan kaos dikala berpakaian 9.

Melarang santri memakai kaos dan treningdikala memakai sarung 19. Mewajibkan santri memakai kaos dan celana pada waktu tidur 22. . 4.d. Mewajibkan bolis malam sholat berjam’ah kecuali sholat subuh 18. Bangun lebih dulu dari mudabbir 11. Menganjurkan seluruh santriwati untuk shalat sunnat dhuha dan Rawatib. Mewajibkan bagi santri untuk membayar uang perizinan ke pasar sebelum pergi ke pasar dengan uang pas 16. Melarang santri memakai celana pendek kecuali pada tempat dan waktu tertentu 20. Mewajibkan santriwati membaca amalan-amalan dan menjaga kebersihan Masjid. 3. Mewajibkan bolis mencuci arco setiap sore 14. Buku pencukuran 10. Mewajibkan seluruh anggota rayon yang bersangkutan untuk mengganti cebokan dikala hilang dan rusak PROGRAM KERJA BAGIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN 1. Mengadakan kursus tilawah dua kali seminggu. Medirikan anggota yang terlambat ke masjid atau ke lapangan 12. Buku catatan penting e. 2. Mengadakan latihan muhadlarah dua kali seminggu. 5. Mengadakan morning puzzle sekali seminggu. Menaruh cebokan dan tempat sabun pada setiap kamar mandi 21. Menyediakan konsumsi bulis malam 17. Mewajibkan santri tidur di kamar masing-masing 13. Melarang bolis malam keluar tanpa seizing bagian keamanan 15.

Menindak santriwati yang menggunakan pakaian seragam lewat dari jam tiga sore 11. 9. Membuat grafik pelanggaran satu kali dalam sebulan . Melarang santriwati membawa buku ke Masjid kecuali Al-Qur’an pada waktu shalat. 10. Menindak santriwati yang mandi menjelang shalat kecuali dalam keadaan darurat. Mengaktifkan jilbab pelanggaran bagian ta’lim 19.6. Bekerjasama dengan bagian bahasa untuk menyetel Qiro’ah menjelang waktu shalat 16. 8. 7. Mengadakan Lomba Pidato satu kali dalam satu periode 14. Mewajibkan seluruh santriwati untuk berpakaian rapi sebelum menuju ke Masjid. 15. Menindak santriwati yang menaruh Al-Qur’an di sembarang tempat 18. Mewajibkan santriwati menggunakan seragam lengkap ke sekolah 12. Menindak santriwati yang tidur di Masjid 13. Menindak Santriwati yang menyalahgunakan perizinan. Mewajibkan santriwati yang ma’zuroh (haid) untuk memakai pita merah dan wajib melapor ke bagian pendidikan dan pengajaran (ta’lim) 17. Mewajibkan santriwati mengaji 15 menit sebelum belajar pada ahad dan senin malam dibawah bimbingan wali kelas .

25. Mengharuskan santriwati membaca Hizib dan Al-barzanji setiap malam Jum’at 22. Menganjurkan santriwati untuk bersadaqah satu kali seminggu 27. Memperingati hari-hari besar Islam 21. Memberi mufrodat atau vocabularies setiap hari kecuali hari selasa. Membentuk Jam’iatul Qura’ 30. Melaksanakan shalat sunat Tasbih minimal satu kali dalam satu periode 23. Menindak santriwati yang memakai pakaian shalat di luar waktu shalat 26. dan hari-hari besar dengan pengklasifikasian kosa kata khususnya santriwati baru . Mengadakan pengajian dua kali seminggu setelah shalat Ashar 24. jum’at.20. Hizib dan Al- Barzanji 28. Mewajibkan santriwati untuk memiliki Al-Qur’an. Bekerjasama dengan bagian-bagian lain PROGRAM KERJA BAGIAN BAHASA 1. Mengaktifkan kartu puasa bagi santriwati yang berpuasa 29. Mengkaji Hadits minimal satu kali semingu setelah shalat Maghrib. Mewajibkan santriwati untuk menghafal juz amma 31.

11. muhadatsah. Mengadakan pemutaran film yang mendidik sewaktu-waktu 16. Bekerja sama dengan bagian penerbitan dalam menerbitkan mading bahasa Arab dan Inggris dua kali dalam satu periode . Mengadakan lomba kosakata sewaktu-waktu 12. 4. . Mengadakan lomba mengarang dalam bahasa arab dan inggris 14. 10. Bekerjasama dengan bagian-bagian lain. Mengadakan “Smart Contest” dan “Language Show” minimal satu kali dalam satu periode. Mengadakan perbaikan bahasa 3. 5. 6. Pengkaderisasian tutor mufrodat. Bertanggung jawab atas alat-alat penerangan 15. 9. Menindak santriwati yang melanggar peraturan bagian bahasa. Mengadakan evaluasi mufrodat dan vocabularies bagi seluruh santriwati satu kali sebulan 7. Mewajibkan seluruh santriwati memiliki buku panduan bahasa. Mengadakan pemutaran kaset secara terjadwal 13. dan tutor kursus bahasa Arab dan Inggris. 8. Merawat dan menambah pamflet mufrodat dan vocabularies untuk benda-benda yang ada di sekitar pondok. Mengadakan kursus bahasa Inggris dan Arab.2.

Membuat kartu tanda bersih bagi santriwati yang piket pagi dan malam serta di tandatangani apabila lingkungan sudah bersih. 2.PROGRAM KERJA BAGIAN KEBERSIHAN 1. Mewajibkan anggota setiap kamar dan kelas untuk memiliki alat-alat kebersihan dan merawatnya. Mewajibkan santriwati menulis nama pada kerah pakaian masingmasing. 10. 9. rambut dan lemari sewaktu-waktu. Membantu Pimpinan Pondok dalam hal kebersihan. Berkonsultasi dengan pembimbing bagian kebersihan. 6. 8. 7. 14. Mengadakan perkumpulan dengan bagian kebersihan rayon sekali seminggu. 13. Mengadakan bazar sewaktu-waktu. Menindak santriwati yang menaikkan alas kaki ke dalam kamar .30 WITA kecuali yang basah. Mengadakan pemeriksaan kuku. 12. 4. 3. Memberi sangsi pada santriwati yang melanggar peraturan bagian kebersihan. Menyita pakaian yang dijemur lebih dari pukul 17. 11. Bertanggung jawab atas kebersihan pondok serta menjaga inventaris bagian kebersihan. Menganjurkan seluruh santriwati untuk menjemur alat tidur sekali seminggu. Mengadakan lomba kebersihan antar rayon dan kelas sewaktuwaktu. 5.

Memungut biaya dalam pembuatan kartu anggota perpustakaan dari santriwati sebesar Rp 3. Menindak santriwati yang membuang pembalut di sembarang tempat 16.500 8. PROGRAM KERJA BAGIAN PERPUSTAKAAN 1. Mendata. Mengadakan penambahan buku perpustakaan . Mewajibkan santriwati untuk menggunakan kartu anggota perpustakan sewaktu mengunjungi dan meminjam buku perpustakaan 7.15. Bekerja sama dengan pengurus laboratorium komputer untuk mengadakan digital library 9. dan mengkoordinir buku-buku perpustakaan 3. Mengadakan razia buku sewaktu-waktu 4. Mewajibkan seluruh santriwati untuk menjadi anggota perpustakaan 2. Menindak santriwati yang melanggar tata tertib bagian perpustakaan 5. Mengadakan bedah buku minimal satu kali dalam tiga bulan 10. mengklasifikasi. Mengubah tata ruang sewaktu-waktu 6. Menindak santriwati yang tidak piket dan mendendanya sebesar 10000 dan 20000 untuk OSNH/orang 17. Mengadakan kunjungan ke Perpustakaan luar sewaktu-waktu 11. Bekerja sama dengan bagian-bagian lain.

Mengadakan perkumpulan dengan pembimbing sewaktu-waktu 14. Mengadakan panggung hiburan minimal satu kali dalam satu periode 3. dan menambah pralatan bagian kesenian . Mengadakan gerakan wakaf buku bagi alumni 20. 19. 18. Menindak anggota yang terlambat mengembalikan buku dan dikenakan denda sebesar Rp 1. Mengadakan kursus-kursus dan mengevaluasinya sewaktu-waktu 2. Mengklasifikasikan buku-buku perpustskaan yang di baca di luar dan di dalam perpustakaan. Menindak santriwati yang memakai peralatan bagaian kesenian tanpa izin 5. Mendata buku-buku sumbangan dari santriwati. Menyediakan buku-buku yang membahas masalah kewanitaan dan kesehatan 16. Merawat.000 per hari 13.12. Mendata santriwati yang sering berkunjung ke perpustakaan dan memberikan penghargaan. Bekerjasama dengan bagian-bagian lain PROGRAM KERJA BAGIAN KESENIAN 1. 17. Menganjurkan santriwati untuk mengikuti kegiatan-kegiatan bagian kesenian 4. Mewajibkan bagi santriwati yang menghilangkan buku atau merusaknya untuk mengganti seharga buku tersebut 15.

. Mewajibkan santriwati yang sakit dan ingin pulang supaya minta izin melalui bagian kesehatan pusat. 4. 5. Kasidah. marching band dan lain-lain ) 11. Melengkapi peralatan-peralatan bagian kesehatan. Mengadakan perlombaan antar santriwati sewaktu-waktu 7. Menyediakan obat-obatan bagi santriwati yang sakit. Mengkoordinir santriwati yang sakit. 12. Berkonsultasi dengan pembimbing dan bekerjasama dengan bagianbagian lain. 6. 7. 3. Menindak santriwati yang berpura-pura sakit. Mengadakan penyuluhan kesehatan minimal satu kali dalam satu periode. 9. Teater. Memungut iuran bagi santriwati sebesar Rp 35. 8. Mendatangkan Seniman untuk menambah wawasan 10. Mengumpulkan karya seni santriwati dan mengadakan pameran minimal dua kali dalam satu periode. 2. PROGRAM KERJA BAGIAN KESEHATAN 1. Membuat apotik hidup.6. 8. Menyaksikan karya seni di luar pondok bila dipandang perlu. Menindak anggota kursus yang tidak hadir. Mars. Membentuk komunitas seni ( Nasyid.000 pertahun.

5. Menginventarisasi barang-barang olahraga. Membantu Pimpinan Pondok dalam hal olahraga.00 WITA. Membolehkan santriwati mencuci pada kamis malam setelah shalat isya’ maksimal sampai pukul 22. Mengadakan lari dua kali seminggu yakni hari selasa pagi dan senin sore serta senam pada Jum’at pagi. Mengadakan latihan khusus bagi bagian kesehatan 12. 3. 4. Berkonsultasi dengan pembibimbing. Mewajibkan santriwati yang piket pagi untuk mengambilkan nasi bagi santriwati yang sakit tiga kali sehari 13. 11. 10. 6. Mengadakan perlombaan sewaktu-waktu. . Menganjurkan santriwati untuk berbekam 14. Pengadaan buku refrensi kesehatan 16. PROGRAM KERJA BAGIAN OLAHRAGA 1. Berusaha melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.9. Bekerjasama dengan bagian dapur dalam pengadaan makanan khusus bagi santriwati yang sakit 15. Menindak santriwati yang menggunakan peralatan bagian olahraga tanpa seizin bagian olahraga. Bekerja sama dengan bagian-bagian lain. 2.

5. 11. Memperjelas kepentingan tamu dan menyelesaikanya 4. Menghubungi dewan riayah apabila ada tamu yang menginap 3. Mewajibkan santriwati memakai pakaian olahraga pada waktu olahraga. Memberikan sanksi bagi santriwati yang melanggar disiplin bagian olahraga. Menganjurkan santriwati untuk mengikuti seluruh kursus-kursus bagian olahraga. 10. Mengharuskan bagi pengunjung untuk menyerahkan kartu pengunjung dan surat rekomendasi bagi santri putra ke bagian penerimaan tamu . 8. Mengkoordinir dan mendata tamu yang datang ke Pondok 2. Melarang santriwati duduk di ruang tamu kecuali yang piket dan memilki kepentingan 6.7. PROGRAM KERJA BAGIAN PENERIMAAN TAMU 1. Berkonsultasi dengan pembimbing untuk menambah wawasan dalam hal olahraga. Bekerja sama dengan bagian-bagian lain. 9. mewajibkan santriwati memakai sepatu dan jilbab putih pada saat lari 12. Melarang tamu laki-laki masuk ke dalam kamar santriwati kecuali dalam keadaan darurat. Menyediakan alat-alat olahraga pada hari libur 13.

Membuat tata tertib bagian tamu 16. Menyediakan jilbab bagi tamu wanita yang tidak mengenakan jilbab 13. 14. Bekerja sama dengan bagian–bagian lain.00-18.7. Berkonsultasi dengan pembimbing dalam hal penerimaan tamu 12. Menyediakan kotak kritik dan saran untuk tamu dan santriwati 11.00 WITA . Melengkapi sarana dan prasarana bagian penerimaan tamu 8.1000 9.00-18. Mendenda santriwati yang orang tuanya tidak menyerahkan kartu pengunjung sebesar Rp. Mewajibkan santriwati untuk mengenakan cadar dan sarung tangan bila berkunjung ke putra 15. Tata tertib bagian tamu v Tamu harap lapor ke penerimaan tamu v Tamu laki-laki harap menunggu diruang tamu v Tamu laki-laki dilarang masuk kamar santriwati v Tamu harap menyerahkan kartu pengunjung v Waktu berkunjung dari jam 15.00 WITA kecuali hari jum’at dari jam 09. Menyediakan kartu rekomendasi bagi santriwati yang berkunjung ke putra dan mewajibkannya melapor ke bagian penerimaan tamu 10. Memungut biaya dari santriwati dalam pembuatan kartu pengunjung sebesar Rp 3500.

2. Melarag santriwati berebutan mengambil nasi 3. Menindak santriwati yang memakai alat-alat dapur tanpa seizin bagian dapur 5. 4. Melarang santriwati mengambil nasi satu piring berdua 2. 6. Memeriksa alat makan santriwati sewaktu-waktu 11. 7. Mewajibkan santriwati untuk memiliki peralatan makan. Membantu ibu dapur sewaktu-waktu. Mewajibkan santriwati memiliki kartu makan 9. Melarang sanrtiwati ribut waktu ambil nasi . TATA TERTIB BAGIAN DAPUR 1. Membatasi waktu makan. Membuat tata tertib dapur dan menindak santriwati yang melanggar tata tertib dapur 3. Mewajibkan santriwati makan tiga kali sehari 10. Bekerja sama dengan bagian-bagian lain. Menyediakan lauk daging dua kali seminggu. Menindak santriwati yang menaruh alat makan di sembarang tempat 12. Menindak santriwati yang membuang nasi 8.PROGRAM KERJA BAGIAN DAPUR 1.

30 Malam: 19.30 10. .30 Siang : 12. sangga inti dan coordinator gerakan pramuka. Mewajibkan seluruh santriwati untuk menggunakan seragam pramuka dengan atribut lengkap setiap kali latihan pramuka.00-10. Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkenaan dengan kepramukaan. JADWAL WAKTU MAKAN Pagi : 07. Mewajibkan setiap Binpas untuk membuat jadwal latihan rutin kepramukaan. Berusaha meningkatkan kreativitas. 2.40-13.15-20. dan kualitas kepramukaan santriwati. aktivitas. Mengadakan perkemahan rutin setiap satu kali dalam periode. 7. 3. 6.00-07. 5. Membentuk regu. Mengadakan latihan pramuka setiap hari minggu dan diluar pondok bila dipandang perlu. 4. Melarang santriwati masuk dapur kecuali bagian dapur.4.00 PROGRAM KERJA BAGIAN PRAMUKA 1.

Membuat jadwal latihan kepramukaan 11. 2. Mengadakan kerjasama dengan gugus depan yang lain. 10. Mengadakan pengisian SKU setiap hari Jum’at dan pelantikan kenaikan Tingkat sewaktu-waktu 13. 16. . Mengadakan lomba perkemahan tingkat Provinsi 15. Menerbitkan mading raksasa minimal sekali dalam satu periode. Mengadakan pentas kreasi pramuka satu kali dalam satu periode 14. Membentuk team mading “Catatan dari Kampung Damai” dan mengadakan penambahan anggota bila diperlukan. PROGRAM KERJA BAGIAN PENERBITAN 1. 4. 9. Bekerja sama dengan bagian bagian lain. Menerbitkan mading CDKD (Catatan dari Kampung Damai) minimal sekali dalam dua minggu. 17. Mewajibkan santriwati memiliki buku Saku dan SKU 12. 3. Mengadakan rapat redaksi satu kali seminggu. Mengadakan upacara pembukaan dan penutupan latihan pramuka dengan menggunakan tiga bahasa. Berusaha menghadiri setiap undangan kepramukaan.8. Menindak santriwati yang melanggar peraturan bagian pramuka.

Menyalurkan bakat santriwati dalam hal tulis menulis 10. Menindak santriwati yang memasuki ruangan sepengetahuan bagian penerbitan 8. Pengadaan etalase Koran 9. Bekerjasama dengan bagian-bagian lain redaksi tanpa .5. Mengadakan lomba tulis-menulis antar santriwati satu kali dalam Satu periode 7. 6. Membuat ID Card untuk team CDKD (Catatan dari Kampung Damai).