You are on page 1of 11

Abstrak

Latar Belakang: Sebuah instrumen terpisah rumit orthograde penafsiran endodontik
gigi molar rahang atas dengan periodontitis apikal.

Metode: Gigi dirawat menggunakan teknik mikro yang digunakan mikroskop
operasi, ultrasonik, mikro-instrumentasi dan trioksida mineral agregat sebagai
bahan akar-end pengisian.

Hasil: Penyembuhan jelas pada 12 bulan ulasan janji.

Kesimpulan: teknik Microsurgical telah secara signifikan meningkatkan hasil untuk
penyembuhan lesi periapikal bila dibandingkan dengan pendekatan tradisional
untuk operasi endodontik. Tingkat keberhasilan telah terbukti sebanding dengan
pengobatan konvensional orthograde.

Singkatan:
MTA
trioksida mineral agregat

Pengenalan
Primer endodontik pengobatan untuk gigi dengan periodontitis apikal umumnya
merupakan prosedur yang handal dan sukses di mana tujuan pengobatan adalah
untuk menghilangkan infection.1 intra-radikuler Namun, prognosis untuk kasus
pengobatan dengan lesi periapikal mungkin lebih rendah, terutama ketika
kesalahan prosedural telah terjadi sebagai penghapusan bakteri dari saluran
mungkin belum possible.2,3 Strindberg ditemukan bahwa pemisahan instrumen
dalam saluran akar mengurangi significantly.4 tingkat keberhasilan Baru-baru ini,
dengan peningkatan penggunaan mikroskop operasi, ada telah hasil yang lebih baik
untuk kemungkinan menghapus instrumen retak dari akar canals.5 penulis ini juga
melaporkan bahwa ada frekuensi yang lebih tinggi dari instrumen terpisah di kanal
melengkung. Namun, Souter dan Messer melaporkan bahwa komplikasi yang lebih
sering dikaitkan dengan penghapusan file terpisah dari ketiga apikal saluran

Dua program antibiotik (Amoksisilin 500 mg. terutama ultrasonik yang memungkinkan sudut reseksi dangkal dan persiapan miring minimal yang menghemat bone. tds. laporan terbaru menunjukkan bahwa hasil pengobatan untuk mundur dan orthograde penafsiran saluran akar similar.8 kortikal trioksida Mineral agregat (MTA) telah diusulkan sebagai akar-end bahan mengisi yang paling tepat sebagai in vivo studi telah menunjukkan bahwa MTA memiliki bio-induktif properti dalam kaitannya dengan tulang. Penggunaan rutin mikroskop operasi telah menganjurkan sebagai kelainan pada saluran apikal seperti kanal lateral. 20 kapsul) telah diresepkan yang telah memungkinkan resolusi gejala. Kemajuan lebih lanjut telah memasukkan penggunaan rutin instrumentasi mikro.7 Ada banyak kemajuan dalam bidang bedah endodontik mana sekarang harus dianggap sebagai technique.melengkung dan direkomendasikan bahwa penghapusan file tidak harus rutin attempted.1%) bila dibandingkan dengan gigi diobati dengan teknik tradisional (44.8 apikal tradisional telah terbukti secara signifikan lebih tinggi dengan teknik bedah mikro (91. 13 Tujuan dari artikel ini adalah untuk melaporkan kasus pengobatan ulang bedah dari molar rahang atas dengan file terpisah di ketiga apikal saluran mesiobuccal memanfaatkan teknik bedah mikro. Riwayat medisnya adalah non-iuran. penggunaan MTA tidak menjamin keberhasilan klinis dan tidak dapat mengatasi kekurangan dalam penyembuhan Lengkap preparation.8 mikro Para penulis ini mendefinisikan mikro sebagai 'prosedur pembedahan pada struktur yang sangat kecil dan kompleks dengan mikroskop operasi. Pada pemeriksaan klinis.9-11 Chong et al. Anehnya. Pemeriksaan radiografi mengungkapkan bahwa gigi telah akar diisi .12 Namun. gigi masih sedikit lembut dengan perkusi dan ekstensif dipulihkan dengan amalgam dan kacaionomer semen. melaporkan tingkat keberhasilan 92% dalam studi prospektif menggunakan teknik bedah mikro dan MTA sebagai ujung akar mengisi material.6 Menariknya karena itu. tanah genting antara kanal dan kanal yang tidak diobati dapat lebih baik divisualisasikan. Laporan kasus Seorang wanita 62 tahun dirujuk untuk perawatan endodontik hak maxillary molar pertama sebagai pasien ini mengalami sakit parah setelah perbaikan dari puncak retak dengan kaca-ionomer semen (Gambar 1). dentin dan sementum regeneration.2%). untuk gigi dengan komplikasi iatrogenik. pencarian PubMed mengungkapkan tidak ada laporan lain seperti koreksi bedah instrumen terpisah dalam literatur.

periapikal radiografi dari maxillary molar pertama menggunakan teknik pergeseran tabung mesial mana radiolusen periapikal terkait dengan akar bukal lebih penting. Anestesi dilakukan dengan bukal dan infiltrasi palatal dari 4% Articaine dengan 1: 100 000 Adrenalin (SEPTODONT. pilihan kedua penafsiran orthograde itu tidak dianggap sebagai pilihan pengobatan yang layak meskipun keuntungan pendekatan ini akan di identifikasi mungkin dan instrumentasi dari kanal mesiobuccal kedua (MB2).dan ada radiolusensi periapikal terkait dengan akar bukal. Diagnosis periodontitis apikal gejala terkait dengan sebelumnya akar diisi gigi yang memiliki file terpisah dibuat. menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi untuk operasi apikal mikro sebanding dengan pendekatan orthograde. gambar Gambar 3. Untuk alasan ini. Pasien ingin mempertahankan gigi yang dianggap restorable dan dibuat sadar akan risiko yang gigi rentan terhadap kerusakan di masa depan dan patah. Tiga pilihan pengobatan dibahas dengan pasien. Jaringan yang terkena yang dibasahi dengan saline steril sepanjang . Gigi telah awalnya akar diisi 15 tahun sebelumnya. Karena penelitian terbaru. Sebuah ketebalan flap penuh dibesarkan dengan # 15 pisau bedah pisau untuk membuat flap persegi panjang. Sebuah file terpisah tercatat di kanal mesiobuccal (Gambar 2 dan 3). Persyaratan untuk restorasi definitif dengan mahkota dijelaskan sekali hasil penyembuhan yang menguntungkan telah ditentukan. gambar Gambar 2. restorasi perbaikan kaca-ionomer dari titik puncak distobuccal sebelumnya retak berdekatan dengan restorasi amalgam yang luas jelas. Prancis) atas apeks gigi molar rahang atas dan gigi yang berdekatan dengan melibatkan situs bedah seluruh. periapikal radiografi dari maxillary molar pertama di mana file terpisah jelas dalam kanal mesiobuccal. Ekstraksi dan penempatan implan dianggap karena tingkat kehilangan gigi sebelum dan komplikasi endodontik terkait dengan instrumen terpisah. opsi ini juga dibahas. gambar Gambar 1.

Supresson. USA) dalam unit P5 (Satalec. gambar Gambar 4. USA). Swiss) dalam handpiece lurus. Sebuah kekosongan dalam getah perca tampak jelas di root distobuccal. Sekitar 3 mm dari ujung akar direseksi pada 90 ° terhadap sumbu panjang termasuk mesiobuccal file retak dan akar distobuccal. Penilaian cacat tulang dilakukan setelah osteotomy itu dilakukan yang diikuti oleh kuretase dari jaringan granulasi meradang.prosedur pembedahan untuk menghindari dehidrasi dari tulang dan jaringan lunak. Ballaigues. Merignac. Bellevue. Reseksi ini dilakukan dengan hati-hati dengan pembesaran (× 16) dan pencahayaan menggunakan mikroskop operasi (OPMI Pico: Carl Zeiss GmbH bedah. Juga. Posisi apeks diperkirakan dan tulang telah dihapus dengan ISO ukuran 18 bur steril (Dentsply Maillefer. kekosongan dalam getah perca di kanal distobuccal mudah divisualisasikan. Setelah retraksi flap. Oberkochen. Sebuah mikro-cermin digunakan untuk menguji akarend yang diperiksa untuk kehadiran celah (Gambar 4). Persiapan akar-end dilakukan di bawah pembesaran (× 16) menggunakan tips ultrasonically bertenaga (tips bedah ProUltra. Pascal Co. Ballaigues. Jerman). Produk korosif di kanal mesiobuccal dengan pewarnaan dari tanah genting dan kanal yang tidak diobati kedua dapat dilihat. Akar-akhir persiapan rongga tiga foramina apikal siap dengan persiapan ultrasonik. Dentsply. Ketiga persiapan dilakukan dengan menggunakan jumlah berlebihan pendingin larutan garam steril. gambar Gambar 5. Rongga ujung akar diperiksa (× 16) untuk memeriksa bahwa rongga kanal yang bersih. Akar-end reseksi dilakukan dengan ukuran 14 steril meruncing bur pecah-pecah (Dentsply Maillefer. . Oklahoma. lagi menggunakan garam steril berlebihan sebagai pendingin. Hemostasis diperoleh dengan bantuan pelet kapas mengandung rasemat epinefrin hidroklorida (Racellets. Swiss) dalam handpiece lurus dengan saline steril berlebihan menggunakan sapuan kuas cahaya. Prancis) dengan kedalaman 3 mm (Gambar 5) . Produk korosif yang berhubungan dengan paparan dari file stainless steel yang dicatat di kanal mesiobuccal dan adanya tanah genting dan kanal mesiobuccal kedua terisi juga mengungkapkan (Gambar 4). tulang bukal dinilai dan tidak ada perforasi pelat kortikal jelas. WA.

CA. Catatan steker MTA kanal mesiobuccal kedua. Dentsply Tulsa Gigi. . G. New Jersey. Ketika rongga akar-end dipenuhi. termasuk nyeri pada perkusi gigi. Bagian menunjukkan granuloma buruk dikemas yang berisi infiltrat inflamasi dicampur dengan komponen sel plasma terkemuka dan fokus pembentukan mikro-abses. Sebuah radiografi periapikal menunjukkan hasil penyembuhan yang menguntungkan (Gambar 8). USA) digunakan untuk membentuk colokan MTA untuk membantu dalam mengisi apikal. USA). Johnson & Johnson. Somerville. Perawatan pasca operasi dijelaskan dan ibuprofen 400 mg direkomendasikan untuk analgesia. WI. USA) lampiran ke sumber air tekanan rendah dikompresi. Laporan patologi mencatat spesimen terdiri dari beberapa spesimen mulai dari 5 × 3 × 2 mm sampai 1 × 1 × 1 mm. gambar Gambar 6. adanya pembengkakan atau fistula atau tanda-tanda mobilitas gigi. TN. Situs bedah kemudian ditutup dengan jahitan 5/0 (Ethicon. Concord. MTA (Proroot. USA) ditempatkan dengan instrumen plastik datar dan dikemas ke tempat dengan micro-plugger (EP1LB. Sebuah rontgen periapikal pasca operasi diambil sebagai dasar untuk diperiksa radiologi (Gambar 7). Kualitas teknis operasi periapikal serta kualitas segel apikal dan koronal merupakan penentu prognosis penting dari operasi periapikal sukses sehingga ditindak lanjuti diperlukan. Blok Lee (Tap Pastics. Tidak ada tanah genting jelas. San Rafael. radiografi diambil segera setelah MTA ditempatkan dan sebelum luka ditutup. pelet kapas Racellet telah dihapus dan permukaan akhir potong akar dibersihkan dengan pelet kapas dibasahi dengan saline steril (Gambar 6). Racine. Tiga persiapan rongga ujung akar diisi dengan abu-abu MTA. Jahitan telah dihapus setelah empat hari. Pasien disarankan untuk memiliki gigi definitif dipulihkan dengan mahkota. USA).Ujung akar dikeringkan dengan Stropko (produk Vista Gigi. Tanda-tanda klinis penyembuhan adalah kurangnya gejala. Sebuah tinjauan janji dijadwalkan selama 12 bulan.5 mm. 0. Hartzell & Son. gambar Gambar 7. Diagnosis dikonfirmasi sebagai granuloma periapikal. MTA dicampur sesuai dengan petunjuk pabrik dan konsistensi sehingga materi dapat dengan mudah ditempatkan ke kanal. CA.

Von Arx juga menemukan 76% dari akar mesiobuccal direseksi memiliki dua kanal dan tanah genting.15 kemomekanis memadai Hal ini lebih mungkin bahwa kehadiran MB2 tidak diobati adalah penentu utama pada hasil dan gigi tetap tinggal diam selama periode waktu 15 tahun. Dalam penelitian tersebut.16 Oleh karena itu. morfologi saluran akar kompleks akar mesiobuccal merupakan pertimbangan penting untuk operasi apikal gigi molar rahang atas.18 atas juga.14 Oleh karena itu.17. dua kanal yang berbeda dicatat tanpa tanah genting (Gambar 6) konsisten dengan studies.12 mm reseksi. MTA digunakan (Gambar 6) sebagai bahan ini menyediakan segel apikal yang lebih baik dari bahan akar-end pengisian lain sehubungan dengan biokompatibilitas. adalah menarik bahwa gejala dikembangkan segera setelah perbaikan dari puncak retak yang mungkin telah memungkinkan masuknya bakteri dalam akar diisi gigi yang telah asimtomatik selama 15 tahun. pemeriksaan endoskopi menunjukkan bahwa tidak ada isthmuses dipenuhi. bio-induktif properti dan dari pewarna dan bakteri kebocoran studies. Jelas. terutama jika pemisahan terjadi setelah preparation. Diskusi Kebocoran koronal dianggap sebagai penentu utama pada endodontik penyembuhan outcome. Namun. radiografi diambil pada 12-bulan pertemuan lanjutan. menekankan kesulitan instrumentasi orthograde dan mengisi akar isthmuses. kanal aksesori.18 kanal Dalam laporan saat ini. Setelah ultrasonik persiapan rongga ujung akar (Gambar 5). Perbaikan periapikal dan penyembuhan tulang yang jelas.17 Selanjutnya.gambar Gambar 8. Penelitian telah menunjukkan tingginya insiden kanal MB2 (80%) di mana anatomi yang rumit oleh isthmuses. isthmuses kanal yang sering tidak jelas sampai setelah 3. kehadiran file terpisah di kanal telah terbukti tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil.11. delta apikal dan loops. tanah genting dan kanal mesiobuccal kedua diamati dengan mikroskop operasi (× 16) pada 3 mm reseksi perkiraan akar mesiobuccal (Gambar 4).64 mm reseksi itu performed. Degerness dan Bowles diperiksa penentuan anatomi tingkat akar reseksi mesiobuccal di geraham rahang atas dan menemukan bahwa 80% dari kanal lateral yang tersingkir ketika 3. sejumlah faktor mungkin telah menyumbang kegagalan pengisian akar dan periodontitis apikal persisten.12 .

mikro-instrumentasi dan MTA sebagai akar-end bahan pengisi berhubungan dengan hasil yang lebih baik untuk pengobatan mirip dengan orthograde retreatments. meskipun Rud et al. Pengurangan sudut bevel mengurangi jumlah tubulus dentin terbuka dan kompromi berikutnya ke Visualisasi seal.Seperti yang dinyatakan sebelumnya. Penyebab utama kegagalan dalam kanal kosong adalah baik cakupan apikal dentin-ikatan 'longgar' atau tidak lengkap dari akar dan jika kehadiran kanal aksesori juga noted. Teknik ultrasonik ini menghilangkan bevel besar yang diperlukan dengan teknik tradisional untuk akses dengan burs rotary. Penyembuhan jelas pada 12 bulan ulasan janji.19 bubur Mengingat teknik ikatan dentin yang digunakan dalam kasus ini. Kasus ini melibatkan pengobatan untuk gigi molar rahang atas di mana penafsiran orthograde rumit oleh file terpisah dipertahankan dalam ketiga apikal kanal. penghapusan bakteri dari kanal adalah tujuan utama dari perawatan endodontik. ini sepertinya mengusulkan penyembuhan yang dapat terjadi jika zona apikal dapat diandalkan disegel. khasiat segel apikal telah dilaporkan sebagai faktor yang paling penting dalam hasil prognosis untuk surgery. menunjukkan nilai teknik ini untuk pasien berharap untuk mempertahankan gigi mereka. melaporkan penyembuhan pada dua sampai empat tahun tindak lanjut dari 551 akar terinfeksi apikal disegel dengan bonding agent dentin memanfaatkan mikroskop operasi dengan penyembuhan tulang lengkap terjadi di 92% dari kasuskasus dimana pengisian akar diperluas ke puncak dan 81% penyembuhan ketika akar itu tidak diobati dan berisi nekrotik remnants. ultrasonik.19 Memang.22 apikal dan akses ke foramen apikal lebih palatal terletak lebih mudah ketika ada minimal untuk ada persiapan bevel dari akar tip. Sebuah hasil osteotomy kecil di healing21 lebih cepat dan sedikit rasa sakit pasca operasi dan swelling. Prognosis secara langsung berkaitan dengan kualitas segel apikal dan komplikasi yang timbul dari isthmuses dan kanal yang tidak diobati tambahan telah dibahas. Masalah ini sebagian besar belum terselesaikan dalam literatur.8 Blok Lee membantu dalam penempatan MTA dalam persiapan rongga apikal untuk memastikan seal.8 Ukuran ini diperlukan untuk mengakomodasi 3 mm ujung ultrasonik. penempatan plug MTA di kanal yang tidak diobati akan tampak bertentangan dengan pemikiran ini. .23 memadai Ringkasan Teknik mikro yang menggunakan mikroskop operasi. Oleh karena itu.20 apikal Keuntungan dari teknik bedah mikro memanfaatkan ultrasonik adalah bahwa ukuran osteotomy dapat dikurangi menjadi hanya 3 sampai 4 mm.

Gulabivala K. 41: 1026-1046. Hasil dari perawatan saluran akar sekunder: review sistematis literatur. Mann V. Hasil dari endodontik penafsiran: 2 tahun follow-up. J Endod 2005. Int Endod J 2005. 38: 112-123. Gasgliani MM. Rahbaran S. Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (744K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 6 3 Gorni FG. PubMed. J Endod 2004. CrossRef. Sequiera P. Int Endod J 2007. 5 Suter B. Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (1456K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 21 6 Souter NJ. Pengaruh karakteristik studi pada probabilitas keberhasilan.Referensi 1 Ng YL. 40: 921-939. Acta Odontol Scand 1956. Lussi A. 31: 450-452. . Mann V. 30: 1-4. Hasil dari perawatan saluran akar primer: review sistematis literatur-Part 2. Ketergantungan dari hasil terapi pulpa pada faktor-faktor-an tertentu studi analisis berdasarkan pemeriksaan tindak lanjut radiograghic dan klinis. Gulabivala K. Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (387K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 22 2 Ng YL. Komplikasi yang terkait dengan penghapusan file yang retak menggunakan teknik ultrasonik. Web of Science® Kali Dikutip: 28 4 Strindberg LZ. 14: 1-175. Int Endod J 2008. Probabilitas menghapus instrumen retak dari saluran akar. Lewsey J. Messer HH.

Somerman MJ. Kim S. CAS. Kvist T. Miller DA. Int Endod J 2003. Hudson MB. J Endod 2003. modern dan praktek: tinjauan. CrossRef. Sebuah studi klinis prospektif trioksida mineral agregat dan IRM bila digunakan akar-end pengisian bahan dalam operasi endodontik. CrossRef. periapikal respon jaringan dan sementum regenerasi dengan amalgam. Int Endod J 2008. Direct Link: . Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (197K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 2 8 Kim S. Reit C. PubMed. J Endod 1997. Berry JE. Web of Science® Kali Dikutip: 47 11 Baek SH. 36: 520-526. Cementoblasts mempertahankan ekspresi osteocalcin di hadapan trioksida mineral agregat. Web of Science® Kali Dikutip: 51 9 Torabinejad M. SuperEBA dan MTA sebagai bahan mengisi akar-end. 32: 601-623. konsep operasi endodontik Kratchman S. J Endod 2006. Web of Science® Kali Dikutip: 32 12 Chong BS. CrossRef. J Endod 2005.CrossRef. 23: 225-228. PubMed. Web of Science® Kali Dikutip: 154 10 Thomson TS. 41: 807-813. PubMed. Sebuah studi pendahuluan pada feasability teknis dan hasil perawatan saluran akar retrograde. Kirkwood KL. Abedi HR. Web of Science® Kali Dikutip: 23 7 Jonasson P. Pitt Ford TR. CrossRef. 29: 407412. PubMed. McKendry DJ. Penilaian histologis triodide mineral aggreagateas akar-end materi mengisi monyet. Plenk H Jr. 31: 444-449. PubMed. Kariyawasam SP. Pitt Ford TR.

Web of Science® Kali Dikutip: 28 16 Somma F. Int Endod J 2008. Grande NM. Rahbaran S. Web of Science® Kali Dikutip: 31 14 Ng YL. Mann V. Parashos P. Hasil dari perawatan saluran akar primer: review sistematis literatur-Part 2. Dampak instrumen fraktur pada hasil perawatan endodontik. Int Endod J 2005. J Endod 2005. penentuan anatomi dari tingkat akar reseksi mesiobuccal di geraham rahang atas. Fuss Z. Akar morfologi saluran akar mesiobuccal dari gigi geraham pertama rahang: analisis tomografi mikro-dihitung. Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (207K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 2 17 Degerness R. Schwartz-Arad D. 32: 412-416. Lewsey J. 34: 1182-1186. J Endod 2006. Messer HH.AbstractFull Pasal (HTML) PDF (142K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 59 13 Tsesis saya. CrossRef. Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (744K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 29 15 Spili P. Plotino G. evaluasi retrospektif dari bedah endodontik pengobatan: tradisional dibandingkan teknik modern. 41: 6-31. PubMed. 42: 165-174. Leoni D. Web of Science® kali Dikutip: 4 18 von Arx T. Frekuensi dan jenis isthmuses kanal di geraham pertama yang dideteksi oleh pemeriksaan endoskopi selama operasi periradikuler. PubMed. 31: 845-850. PubMed. . CrossRef. Bowles W. 38: 160-168. Rosen E. Pengaruh faktor klinis. CrossRef. J Endod 2008. Gulabivala K. Plasscheart A. Int Endod J 2009.

23: 535541. Int J Dent 1991. CrossRef. J Endod 1997. 41: 33-42. PubMed. CAS. manajemen bedah kegagalan endodontik. PubMed. Pengaruh isi saluran akar pada penyembuhan gigi dengan dentin-bertulang resin komposit segel retrograde. Halse A. Munksgaard EC. Indikasi dan hasil pengobatan. Rud V.Direct Link: AbstractFull Pasal (HTML) PDF (557K) rujukanTelusur dari Science® Kali Dikutip: 14 19 Rud J. Grung B. CAS . Web of Science® Kali Dikutip: 15 20 Molven O.