You are on page 1of 4

SOP TEORI

MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN 4
PERSALINAN SUNGSANG DENGAN TEKNIK BRACHT

Disusun Oleh :
VINA OKTIARINA
NIM. 153015251

PROGRAM D4 KEBIDANAN (PENDIDIK)
POLITEKNIK KARYA HUSADA JAKARTA
TAHUN 2012

SOP PEMBELAJARAN TEORI DI KELAS MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN 4 TOPIK PERSALINAN SUNGSANG DENGAN TEKNIK BRACHT 1. Ya… pasti saudara yang pernah menemukan atau menolong persalinan pada letak sungsang sudah dapat membayangkan seperti apa prosesnya…. Itulah tadi pengalaman yang sangat berharga yang dialami oleh saudara (sebut namanya). sebelum saya masuk kedalam materi akan lebih baik jika saudara terfokus pada saya dan materi dan tidak perlu mencatat karena saya sudah mempersiapkan hand out untuk saudara baca.. Tentunya dalam menanganinya diperlukan keterampilan khusus.) Semoga kita dalam keadaan lebih baik dan selalu bersemangat untuk menambah ilmu kebidanan kita. (2 menit) Baik terima kasih…. Wb Bagaimana kabar saudara semua sore hari ini? Masih semangat untuk mengikuti perkuliahan kita sampai nanti tepat jam …. ( jam berapa kita mau selesai…. Kita kontrak waktu ya…. coba saudara-saudara ungkapkan apa yang saudara temukan pada saat itu ……(tunjuk salah satu dan biarkan mengungkapkannya) ……. Oleh karenanya hari ini saya siapkan untuk mempelajari persalinan arsip kita tidak perlu . L (Link With Previous Session) (menampilkan gambar kehamilan letak sungsang).. Baik akan kita lanjutkan…. Ok.. (sebutkan namanya)…. 2. dan jika ada yang belum mengetahuinya kita coba dengarkan pengalaman dari saudara kita yang sudah bercumbu dengan persalinan…. G (Get Ettentions) Assalamu’alaikum Wr. Apa yang ada dalam benak saudara-saudara sekalian tentang gambar ini. Materi pertemuan kita kali ini akan membahas tentang persalinan sungsang...

Menjelaskan kembali tujuan pendokumentasian dengan benar sesuai hand out. Menjelaskan definisi dokumentasi secara benar sesuai dengan hand out. Sehubungan dengan hal itu pagi ini kita akan mempelajari tentang konsep dokumentasi. Pengantar Dokumentasi Proses Keperawatan. Demikian pula jika sistem rekam medik suatu rumah sakit sudah menggunakan perangkat komputer tentunya pendokumentasian akan jauh lebih mudah dan hemat. (sembil menunjukkan OPS lewat multimedia power point) 4. S (Structure) Untuk mencapai Objektif Perilaku Siswa (OPS) tersebut. 2006 : Hal 99-100 . 3.sampai menumpuk seperti ini. Menguraikan dan memahami tentang prinsip-prinsip pendokumentasian dengan benar sesuai yang terdapat pada hand out. 2001: Hal 1-7 2. dkk. 3. Definisi Dokumentasi 2. 4. 2. Manfaat Dokumentasi Adapu referensi yang ibu gunakan sebagai acuan dalam penyampaian materi ini adalah sbb: 1. Hidayat AA. 50 Tahun IBI Bidan Menyongsong Masa Depan. Sofyan M. O (Objective) Tujuan yang ingin dicapai dalam pertemuan kali ini diharapkan saudara mampu untuk : 1. Prinsip Pendokumentasian 4. Jakarta : PP IBI. Menguraikan secara tepat manfaat dokumentasi sesuai dengan hand out. kita akan membahas topik-topik sbb: 1. dimana saudara harus mencatat semua asuhan yang telah saudara berikan. Dalam mata kuliah Askeb. Jakarta : EGC. Tujuan Pendokumentasian 3.

Lawinoto L. 2000 : Hal 1. MSc.2.3. Yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan kepada klien agar lebih optimal. S (Stimulate) Pendokumentasian yang tercatat dengan menggunakan sistem yang baik dapat membantu kita dalam mencari informasi tentang perkembangan penyakit pasien. 5.5. Jakarta : RS St Carolus. . Modul Dokumentasi Kebidanan.6 Selama proses pembelajaran nanti akan dilaksanakan ceramah ilustratif serta diskusi kelompok dan pada akhir pertemuan akan diadakan kuis.