HUBUNGAN ETIKA-ILMU

filsafat moral
(ILMU)

kode etik

sistem nilai
1

PENDAHULUAN
DIMANA ETIKA LENGKET DENGAN ILMU? DUA PANDANGAN ttg ILMU:
BEBAS NILAI (nilai diri dlm ilmu sendiri) TIDAK BEBAS NILAI

BEBAS MENGANDUNG MAKNA:
I. II.

KEMUNGKINAN UNTUK MEMILIH KEMAMPUAN/HAK UNTUK MENENTUKAN SUBYEK SENDIRI

2

FASE EMPIRIS RASIONAL
Aristoteles mengatakan bhw ilmu itu tak mengabdi kepada pihak lain. Ilmu digulati oleh manusia demi ilmu itu sendiri. Primum vivere, deinde philosophari yang artinya kira-kira: berjuang dulu untuk hidup, barulah boleh berfilsafah Menurut faham Yunani, bentuk tertinggi dari ilmu adalah kebijaksanaan. Bersama itu terlihat suatu sikap etika.
3

empiris rasional eksperimental rasional
etika dan politik berjalan erat Kebijaksanaan politik →negara ilmu adalah sekedar apa yang dicapai; ilmu tak dirasakan sebagai suatu tantangan. Baru sejak abad ke-17 ilmu giat dikembangkan di Eropa; empiris rasional mulai bergeser ke fase eksperimental rasional.

4

FAHAM PRAGMATIS
Tujuan ilmu: untuk kemajuan, perkembangan ekonomi dan teknik, kemewahan hidup, kekayaan, kebahagiaan manusia, menemukan harta-harta ciptaan Tuhan. kebenaran itu inti etika ilmu kebenaran itu ditentukan oleh derajat penerapan praktis dari ilmu kebenaran merupakan suatu ide yang berlandaskan efek-efeknya yang praktis

5

LOGOS DAN ETHOS
Apa daya tarik ilmu bagi ilmuwan? Van Peursen: menunjukkan pada sifat ilmu yang tak akan selesai. Hasrat manusia - ingin tahu segalanya Martin Heidegger: manusia itu memiliki logos, logos - kata kerja legein yang artinya berbicara sampai membaca; kemudian diluaskan menjadi memperhatikan, menyimak, mengumpulkan makna, menyimpan dalam batin, berhenti untuk menyadari.

6

BERHENTI - ENDAPAN SIKAP TUTUP MULUT - MENDENGAR
ethos ini dapat berarti penghentian, rumah, tempat tinggal, endapan sikap. arti logos selanjutnya: sikap hidup yang menyadari sesuatu, sikap yang mengutamakan tutup mulut untuk berusaha mendengar, dg mengorbankan bicara lebih Karl Jasper menulis bahwa ilmu adalah usaha manusia untuk mendengarkan jawaban-jawaban yang keluar dari dunia yang dihuninya

……… DISINILAH ETIKA LENGKET DGN ILMU ………
7

FAKTA, KEPERCAYAAN, KEBENARAN
FAKTA: sesuatu yg ada. Fakta bersifat keras kepala KEPERCAYAAN: perkembangan mental yg terus menerus dari amuba sampai homo sapiens. Persepsi, ingatan dan harapan adalah perasaan yg berbedabeda KEBENARAN, merupakan hubungan antara kepercayaan dg satu fakta atau lebih. Bila hubungan itu tidak ada, maka kepercayaan itu adalah salah.

8

KEBENARAN KEILMUAN
1. 2. 3. 4. 5.

KEBENARAN TERTINGGI (THE ULTIMATE TRUTH/REVEALED TRUTH) – AGAMA KEBENARAN POLITIK – keb. Berasal dari autoritas tertentu KEBENARAN INTUISI (INTUITIVE TRUTH) KEBENARAN EMPIRIS (EMPIRICAL TRUTH/OBSERVED TRUTH) KEBENARAN ILMIAH (SCIENTIFIC TRUTH)

9

ETIKA DALAM LANDASAN ILMU
LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU ONTOLOGIS APA? EPISTEMOLOGI S BAGAIMANA AKSIOLOGIS MENGAPA/ UNTUK APA? TUJUAN/NILAI
10

REALITAS

METODOLOGI

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful