You are on page 1of 20

“ILMU FISIKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM”

Oleh :
Husnul Apriani
145090301111031
Jurusan Fisika

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Fisika (Bahasa Yunani: φυσικός (physikos), “alamiah”, dan φύσις (physis), “Alam”) adalah
sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas.
Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.
Fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yangsangat beragam, mulai dari
partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi
alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
Sejarah fisika dimulai pada tahun sekitar 2400 SM, ketika kebudayaan
Harappan menggunakan suatu benda untuk memperkirakan dan menghitung sudut bintang di
angkasa. Sejak saat itu fisika terus berkembang sampai ke level sekarang. Perkembangan ini tidak
hanya membawa perubahan di dalam bidang dunia benda, matematika dan filosofi namun juga,
melalui teknologi, membawa perubahan ke dunia sosial masyarakat. Revolusi ilmu yang
berlangsung terjadi pada sekitar tahun 1600 dapat dikatakan menjadi batas antara pemikiran purba
dan lahirnya fisika klasik. Dan akhirnya berlanjut ke tahun 1900 yang menandakan mulai
berlangsungnya era baru yaitu era fisika modern. Di era ini ilmuwan tidak melihat adanya
penyempurnaan di bidang ilmu pengetahuan, pertanyaan demi pertanyaan terus bermunculan tanpa
henti, dari luasnya galaksi, sifat alami dari kondisi vakum sampai lingkungan subatomik. Daftar
persoalan dimana fisikawan harus pecahkan terus bertambah dari waktu ke waktu.
Pada awal abad 17, Galileo membuka penggunaan eksperimen untuk memastikan kebenaran
teori fisika, yang merupakan kunci dari metode sains.
Galileo memformulasikan dan berhasil mengetes beberapa hasil dari dinamika
mekanik, terutama Hukum Inert. Pada 1687, Isaac Newton menerbitkan Filosofi Natural Prinsip
Matematika, memberikan penjelasan yang jelas dan teori fisika yang sukses: Hukum gerak Newton,
yang merupakan sumber dari mekanika klasik; dan Hukum Gravitasi Newton, yang menjelaskan
gaya dasar gravitasi. Kedua teori ini cocok dalam eksperimen. Prinsipia juga memasukan beberapa
teori dalam dinamika fluid. Mekanika klasik dikembangkan besar-besaran oleh Joseph-Louis de
Lagrange, William Rowan Hamilton, dan lainnya, yang menciptakan formula, prinsip, dan hasil
baru. Hukum Gravitas memulai bidang astrofisika, yang menggambarkan fenomena astronomi
menggunakan teori fisika.

fisika. Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang didalamnya banyak ayat yang mengisyaratkan tentang perintah dan manfaat terhadap pengembangan ilmu dan teknologi. Untuk mengetahuin Fisika dan Al-quran 2.3 Tujuan 1. dan lain-lain. Daniel Bernoulli menggunakan argumen statistika dalam mekanika klasik untuk menurunkan hasil termodinamika. dan banyak lainnya. dan kitab suci. yaitu alam. Dalam hal ini manusia dituntut untuk mempelajari.2 Rumusan Masalah 1. Pada 1733. Bagaimana hubungan teori Fisika dengan Ayat Al-Qur’an? 3. memikirkan. Al-Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammmad SAW sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia. Alam sebagai objek kajian ilmu selanjutnya melahirkan disiplin ilmu kimia. manusia. Untuk mengetahui Fisika dalam islam 3. memulai bidang mekanika statistik. Pada 1798. astronomi. 1. Untuk mengetahui hubungan teori Fisika dengan ayat Al-Qur’an BAB II PEMBAHASAN . Benjamin Thompson mempertunjukkan konversi kerja mekanika ke dalam panas. merenungkan. termodinamika dikembangkan oleh Robert Boyle. dan menghayati ayat-ayat Allah yang tersirat dan tersurat dalam Al-Quran. Pengertian Fisika dalam Al-Qur’an? 2. antropologi fisik. kedokteran. Thomas Young. menelaah. farmasi. matematika. Bagaimana Fisika dalam Islam? 3. dalam bentuk panas dan juga dalam energi mekanika. biologi. dan pada 1847 James Joule menyatakan hukum konservasi energi. Di dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat Allah SWT yang menjelaskan objek kajian ilmu.Sejak abad 18 dan seterusnya.

proses pembekuan air menjadi es sampai kepada reaksi nuklir di dalam suatu reaktor nuklir. jika air yang didinginkan akan membeku berupa es. . kimia. Dan air jika di didihkan akan mengembun menjadi air.1 Pengertian Fisika dan Al-Quran Fisika dalam Bahasa Yunani adalah physikos artinya alamiah dan physis artinya Alam fisika adalah ilmu tentangalam dalam makna yang terluas. sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material. Seperti : bunyi cahaya. Sedangkan mengenai pengetahuan tentang fisika ini membantu orang dalam memahami peristiwa-peristiwa fisika dari yang sederhana sampai yang rumit. dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. Dunia kehidupan umat manusia sekarang ialah dunia fisika. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. misalnya dari pembakaran kayu. dan elektromagnetika.2. mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuankosmos.geologi. Melalui fisika orang dapat memahami perubahan-perubahan yang terjadi pada zat di sekitarnya.termodinamika. teknik nuklir. Ada wilayah luas penelitan yang beririsan antara fisika dan matematika. Fisika adalah ilmu yang mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. karena setiap ilmu alam lainnya (biologi. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material. Memanfaatkan reaksi-reaksi yang berguna dan mencegah reaksi-reaksi yang merugikan. perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Sifat semacam ini sering disebut sebagai hukum fisika. tergantung pada faktor yang mempengaruhinya. seperti hukum kekekalan energi. gelombang magnet. Misalnya. dll. yang dapat dijelaskan oleh ilmu fisika seperti mekanika kuantum. es bila dipanaskan akan mencair berupa air. kimia adalah ilmu tentang molekul dan zat kimia yang dibentuknya. yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika. Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam. Teorifisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis. Contoh. Fisika sering disebut sebagai "ilmu paling mendasar". yakni fisika matematis. Namun. Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Sifat suatu zat kimia ditentukan oleh sifat molekul yang membentuknya. dan lain-lain) mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum fisika. Karena perkembangan fisika dewasa ini sangat pesat dan dapat mempengaruhi kehidupan umat di bumi.teknik kelistrikan. Kemudian perubahan fisika hanya bersifat sementara saja.

3 Hubungan teori Fisika dengan Ayat Al-Qur’an 2. Belajar fisika berarti belajar mengenal Tuhan Alloh SWT melalui ciptaanNya yang tersebar di alam semesta. sehingga dilalimkan oleh bangsa-bangsa pada saat itu. kalau tuhan mau maka itu kecil bagiNya. Taurot. dan sabar. Tapi Tuhan Alloh SWT maha pengasih dan penyayang. Fisika adalah ilmu yang mempelajari kitab yang tersirat dalam alam semesta. Jadilah maka jadi (kun fayakun). Injil. 2. Nabi Muhamma adalah pemimpin besar dunia terakhir dalam kerosulan dari keturunan Nabi Ismail anak Nabi Ibrohim dan siti hajar yang sederhana. dan Al-Quran) yang diturunkan dari yang ghoib (Alloh SWT) untuk pedoman hidup manusia sampai di akhir jaman. Sedangkan belajar Al-Quran mempelajari setiap kejadian manusia dan alam semesta dari sebelum adanya manusia sampai tidak ada manusia lagi di dunia ini untu dipergunakan sebagai contoh atau permisalan dalam menggali ilmu pengetahuan sehingga dapat menentukan suatu keputusan yang benar dan baaik. 2. serta pembantu nabi Ibrohim AS. Al-Quran adalah salah satu dari empat kitab(Zabur.Al-Quran merupakan kitab suci umat islam yang dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan yang didalamnya banyak ayat yang mengisyaratkan tentang perintah dan manfaat terhadap pengembangan ilmu dan teknologi.2 Fisika dalam Islam Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta (keseluruan) yang berkonsentrasikan pada gerak. Al-Quran adalah kitab yang tertulis.1 Penciptaan yang Berpasang-Pasangan . taat.3. Al-Quran adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di alam semesta yang disampaikan secara berangsurangsur oleh malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW. dari Tuhan Alloh SWT ditulis di pohonpohon dan lainnya yang bisa ditulisi sampai sekarang dapat ditulis diatas kertas dan dijilid bagus untuk dipelihara dan diamalkan hingga akhir jaman. Al-Quran adalah kitab yang sangat terjaga dari keasliannya sehingga baik dipergunakan sebagai pedoman hidup dan yang terakhir. yang tidak diakui oleh keturunan dari istri pertama Nabi Ibrohim AS.

di saat Al Qur'an diturunkan."Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya. Fakta ini dinyatakan dalam sebuah sumber ilmiah sebagaimana berikut: "…setiap partikel memiliki anti-partikel dengan muatan yang berlawanan … … dan hubungan ketidakpastian mengatakan kepada kita bahwa penciptaan berpasangan dan pemusnahan berpasangan terjadi di dalam vakum di setiap saat. Anti-materi memiliki sifat-sifat yang berlawanan dengan materi. Paul Dirac. ungkapan "maupun dari apa yang tidak mereka ketahui" dalam ayat di atas memiliki cakupan yang lebih luas. yang menyatakan bahwa materi diciptakan secara berpasangan. Jelas bahwa fakta ini tak mungkin diketahui secara ilmiah pada abad ke-7. kita diberitahu sebagai berikut: . elektron anti-materi bermuatan positif. melainkan dibawa oleh meteormeteor melalui ledakan bintang-bintang di luar angkasa." (Al Qur'an. menyatakan bahwa materi berpasangan dengan lawan jenisnya: anti-materi. baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." Semua ini menunjukkan bahwa unsur besi tidak terbentuk di Bumi. atau jantan dan betina. dianugerahi Hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1933. Dalam Surat Al Hadiid. dan kemudian "dikirim ke bumi".2 Rahasia Besi Besi adalah salah satu unsur yang dinyatakan secara jelas dalam Al Qur'an. Kini. 36:36) Meskipun gagasan tentang "pasangan" umumnya bermakna laki-laki dan perempuan. persis sebagaimana dinyatakan dalam ayat tersebut. Ilmuwan Inggris. dan protonnya bermuatan negatif. Misalnya. yang disebut "parité". 2. Penemuan ini. berbeda dengan materi. cakupan makna lain dari ayat tersebut telah terungkap. di setiap tempat.3. yang berarti "besi".

yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat. Semua ini menunjukkan bahwa logam besi tidak terbentuk di bumi melainkan kiriman dari bintangbintang yang meledak di ruang angkasa melalui meteor-meteor dan "diturunkan ke bumi". . Akan tetapi sistem tata surya kita tidak memiliki struktur yang cocok untuk menghasilkan besi secara mandiri. meteormeteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan mereka bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa. Ketika jumlah besi telah melampaui batas tertentu dalam sebuah bintang.." (Al Qur'an.persis seperti dinyatakan dalam ayat tersebut: Jelaslah bahwa fakta ini tidak dapat diketahui secara ilmiah pada abad ke-7 ketika Al Qur'an diturunkan.. dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut "nova" atau "supernova". Besi hanya dapat dibuat dan dihasilkan dalam bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari. bintang tersebut tidak mampu lagi menanggungnya. dapat diartikan secara kiasan untuk menjelaskan bahwa besi diciptakan untuk memberi manfaat bagi manusia. Akibat dari ledakan ini."…Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia . 57:25) Kata "anzalnaa" yang berarti "kami turunkan" khusus digunakan untuk besi dalam ayat ini. Ini dikarenakan penemuan astronomi modern telah mengungkap bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar. kita akan menyadari bahwa ayat ini memiliki keajaiban ilmiah yang sangat penting. Logam berat di alam semesta dibuat dan dihasilkan dalam inti bintang-bintang raksasa. Tapi ketika kita mempertimbangkan makna harfiah kata ini. yakni "secara bendawi diturunkan dari langit"..

Al Qur'an telah berisi informasi tentang waktu yang bersifat relatif! Sejumlah ayat yang mengulas hal ini berbunyi: "Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan." (Al Qur'an.3. Sebelumnya. padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. secara terbuka membuktikan fakta ini dengan teori relativitas. Dalam sejarah manusia.2." (Al Qur'an. 70:4) Dalam sejumlah ayat disebutkan bahwa manusia merasakan waktu secara berbeda. Ilmuwan besar.3 Relativitas Waktu Kini. dan bahwa terkadang manusia dapat merasakan waktu sangat singkat sebagai sesuatu yang lama: . dan waktu dapat berubah tergantung keadaannya. manusia belumlah mengetahui bahwa waktu adalah sebuah konsep yang relatif. Hal ini telah diungkapkan melalui teori relativitas waktu Einstein di tahun-tahun awal abad ke-20. relativitas waktu adalah fakta yang terbukti secara ilmiah. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu. 22:47) "Dia mengatur urusan dari langit ke bumi. kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." (Al Qur'an. Ia menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. Albert Einstein. 32:5) "Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. Tapi ada perkecualian. tak seorang pun mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas sebelumnya.

terutama sekali karena teori-teorinya mengenai tiori kosmologi. menerangkan tentang konsep Gaya dalam Hukum Gravitasi dan Hukum Gerak. Kemudian dilanjutkan oleh Albert Einstein (1879-1955) dengan Teori Relativitasnya yang terbagi atas Relativitas Khusus (1905) dan Relativitas Umum (1907). sehingga menjadi sebuah singularitas di pusat lubang hitam (black hole). kalau kamu sesungguhnya mengetahui'. 23:122-114) Fakta bahwa relativitas waktu disebutkan dengan sangat jelas dalam Al Qur'an. CH. FRS (lahir di Oxford. Stephen Hawking dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum.“ . yang mulai diturunkan pada tahun 610 M.' Allah berfirman: 'Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja. Dan yang terakhir adalah Stephen William Hawking. Britania Raya. gravitasi kuantum. 8 Januari 1942). dan tulisan-tulisan topnya di mana ia membicarakan teori-teori dan kosmologinya secara umum."Allah bertanya: 'Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?' Mereka menjawab: 'Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari.3. 2. CBE. Berdasarkan teori Roger Penrose : “Bintang yang telah kehabisan bahan bakarnya akan runtuh akibat gravitasinya sendiri dan menjadi sebuah titik kecil dengan rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga. lubang hitam.4 Teori Lubang Cacing Raksasa di dunia ilmu fisika yang pertama adalah Isaac Newton (1642-1727) dengan bukunya : Philosophia Naturalis Principia Mathematica. beliau dikenal sebagai ahli fisika teoritis. maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. adalah bukti lain bahwa Al Qur'an adalah Kitab Suci. Dr." (Al Qur'an.

bisa pergi ke masa lalu dan ke masa depan. karena rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga akan menghasilkan besaran yang tidak dapat diramalkan. penciptaan alam semesta dimulai dari sebuah singularitas dengan rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga. masa depan dan kiamat (dalam waktu maya) menurut Hawking “telah ada dan sudah selesai” sejak diciptakannya alam semesta. Peristiwa ini disebut Dentuman Besar (Big Bang). padahal tahap-tahap pengembangan jagat raya dimulai dari situ. sebulan. seminggu. besok. dan sampai sekarang alam semesta ini masih terus mengembang hingga mencapai radius maksimum sebelum akhirnya mengalami Keruntuhan Besar (kiamat) menuju singularitas yang kacau dan tak teratur. tidak bisa melompat ke masa lalu atau masa depan. maka teori relativitas itu juga tidak bisa dipakai pada semua tahapnya. Hal ini bermakna. Di sini kita harus menggunakan mekanika kuantum. pada kondisi waktu maya (waktu Tuhan) melalui “lubang cacing” kita bisa pergi ke waktu manapun dalam riwayat bumi. Pada kondisi waktu nyata (waktu manusia) waktu hanya bisa berjalan maju dengan laju tetap. Dalam kondisi singularitas awal jagat raya.Dengan cara membalik prosesnya. Menurut Hawking. Selain itu melalui “lubang cacing” kita bisa pergi ke manapun di seluruh alam semesta dengan seketika. . Teori Relativitas. maka diperoleh teori berikut : Lebih dari 15 milyar tahun yang lalu. Menurut Hawking bila kita tidak bisa menggunakan teori relativitas pada awal penciptaan “jagat raya”. meledak dan mengembang. menuju nanti. Penggunaan mekanika kuantum pada alam semesta akan menghasilkan alam semesta “tanpa pangkal ujung” karena adanya waktu maya dan ruang kuantum. setahun lagi dan seterusnya.

sesuai dengan teori Stephen Hawking. bisa memasuki waktu maya (waktu Allah) maka manusia melalui “lubang cacing” bisa pergi ke masa depan yaitu masa kiamat dan sesudahnya. Dalam bahasa ilmu kalam : “Tinta takdir yang jumlahnya lebih banyak daripada seluruh air yang ada di tujuh samudera di bumi telah habis dituliskan diLauhul Mahfudz pada awal penciptaan. manusia dengan waktu nyatanya tidak bisa menjangkau masa depan (dan masa silam). sewaktu menjalani Isra’ dan Mi’raj. neraka dan shiroth serta bisa melihat surga kemudian kembali ke masa kini. seperti yang terjadi pada Nabi Muhammad SAW. Nasim Fauzi.Jadi dalam pandangan Hawking takdir itu tidak bisa diubah.” Menurut Dr. Tetapi bila manusia dengan kekuasaan Allah. . sudah jadi sejak diciptakannya. bisa melihat masa kebangkitan.M. H. tidak tersisa lagi (tinta) untuk menuliskan perubahannya barang setetes.

sama logisnya dengan Teori Menerobos Garis Tengah Jagat Raya namun meskipun begitu.M. . (yaitu) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal . teori Hawking. Nasim Fauzi. (QS. tidak semuanya bisa kita terima dengan mentah-mentah. Sebagaimana firman Allah : Dan Sesungguhnya Muhammad Telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain. seperti yang diutarakan oleh Dr.Dari sinilah Rasulullah SAW diperjalankan oleh Allah SWT ke langit. . harus diingat bahwa perjalanan tersebut adalah perjalanan . H. An Najm / 53:13-15) Nampaknya dalam mengungkap Perjalanan Isra. Seandainya benar. Teori Hawking dengan “Lubang Cacing”-nya. Rasulullah diperjalankan Allah melalui “lubang cacing” semesta.

Dan dengan mengambil teladan peristiwa Isra. Manusia sekarang. . dan pada akhirnya kembali ke masa ketika itu (saat pulang). yakni menuju ke tempat yang kelak dipersiapkan bagi umat manusia. Manusia dengan kekuasaan Allah. semua kejadian di masa depan. kita bisa ambil kesimpulan : 1. Hal ini semakin mempertegas. dapat melakukan perjalanan lintas alam. tetapi mustahil bisa dikunjungi oleh makhluk masa depan. Manusia yang melakukan perjalanan ke masa depan. tidak akan kembali kepada masa silam (mungkin sebagaimana terjadi pada Para Pemuda Kahfi). hanya dipengaruhi oleh kejadian di masa sebelumnya. berangkat menuju surga. 2. di masa mendatang (surga).lintas alam. Rasulullah dari masa ketika itu (saat pergi). untuk kemudian kembali kepada waktu normal. 3. namun masih pada ruang dimensi alam yang sama. ada kemungkinan dikunjungi makhluk masa silam.

Adz Dzaariyaat (51): 1-5] Bahan dasar tubuh malaikat masih menjadi misteri yang belum terungkap sepenuhnya. Yaitu. Kemudian membagi-bagi urusan. dan partikel Graviton terkait dengan gaya gravitasi alam semesta. clue-nya mengarah kepada cahaya. Demi partikel-partikel yang berukuran sangat kecil. sejumlah ilmuwan muslim menengarai. Yang membawa beban sangat berat. partikel Boson Madya membentuk gaya nuklir lemah. secara sains. partikel Gluon pembentuk gaya nuklir kuat. Sebagaimana kita ketahui. Lalu berdinamika dengan begitu mudah.2. Ada beberapa hal yang menyebabkan kita layak ‘mencurigai’ adanya keterkaitan itu. Akan tetapi. yakni dzarrah alias partikel-partikel quantum yang lebih mendasar. bisa mengarah kepada sesuatu yang lebih generik ketimbang cahaya. [QS. partikel Foton atau cahaya sebagai pembentuk gaya elektromagnetik.5 Teori tentang Malaikat Agus Mustofa mencoba menerangkan sosok dari Malaikat. Meskipun. dipandang dari sudut ilmu fisika. partikel-partikel quantum itu menjadi media menjalarnya empat gaya dasar alam semesta. ada keterkaitan sangat erat antara malaikat dengan partikel-partikel quantum tersebut. . Sungguh yang dijanjikan kepadamu pasti benar. Terkait dengan bahan dasar malaikat itu.3.

3. Partikel-partikel quantum yang sangat kecil itu di dalam Al Qur’an diistilahkan sebagaidzarrah. dimensi ruang dan waktu mengalami dilatasi relatif ter hadap waktu manusia. Partikel-partikel quantum itu ternyata bukan hanya foton. Kehilangan salah satu gaya. . yang setara dengannya. melainkan ada yang disebut gluon. Atau. Dalam ilmu Fisika Modern. tak mungkin ada interaksi antar atom. Tak ada foton. yang ketika mereka bergerak dengan kecepatannya. Dan kemudian menjadi nama salah satu surat Adz Dzaariyaat yang bermakna ‘partikel-partikel sangat kecil atau sangat halus’. 2. Masing-masing bertanggung jawab atas gaya-gaya dasar yang menyebabkan alam semesta bisa eksis. 4. boson madya. akan menyebabkan runtuhnya alam semesta. Sehingga. Maka. Tanpa ada boson madya. bicara tentang cahaya sama dengan berbicara tentang foton. sangat dimungkinkan bahan dasar tubuh malaikat adalah cahaya.1. tak mungkin ada inti atom. cahaya berasal dari partikel quantum bernama foton yang tidak memiliki massa dan muatan listrik sehingga menjadi sedemikian ringan dan netral tak terpengaruh muatan listrik. dan graviton. Tanpa ada gluon. Dan tak ada graviton. seperti bintang. tak mungkin ada benda-benda langit. galaksi dan planet. tak akan ada partikel-partikel sub atomik. Malaikat digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kecepatan sangat tinggi.

boson madya. Dimana dengan bertumpu pada keempat gaya dasar alam semesta itulah segala peristiwa ini terjadi. Partikel Graviton membawa pesan untuk menyampaikan gaya gravitasi yang menyebabkan terbentuknya ruang dan waktu. melainkan juga gluon. 7. partikel-partikel quantum itu di dalam Fisika dikenal sebagai partikelmessenger alias partikel utusan. Maka. sampai pada benda-benda dan peristiwa sehari-hari yang berskala sedang. Fungsinya adalah menyampaikan pesan berupa medan gaya. Gluon dan Foton. Dan paling ujung dari semua penyAtuan itu adalah sesaat setelah terjadinya big bang dimana semua gaya-gaya dasar alam semesta itu masih berupa gaya gravitasi yang diwakili oleh graviton.5. Sebelum kemunculan foton. Atau. berdasarkan informasi atau perintah yang dibawa oleh para partikel utusan itu. maka kemunculan partikel foton adalah yang paling akhir dibandingkan dengan partikel-partikel quantum lainnya. tidak menutup kemungkinan bahan dasar penciptaan tubuh malaikat itu adalah dari partikel-partikel quantum itu. Jadi. dikenal sebagai era gaya-gaya electroweak yang menjadi representasi penyatuan antara gaya nuklir lemah yang diwakili boson madya dengan elektromagnetik yang diwakili foton. ‘sesuatu’ yang menjadi kesatuan partikel-partikel quantum tersebut. Mulai dari sesaat setelah big bang dimana segala eksistensi alam semesta ini diadakan bersamaan dengan partikel-partikel messenger tersebut. molekuler. semuanya berfluktuasi membentuk ruang dan waktu. bukan hanya foton. Semuanya bertumpu pada peran messenger . boson madya. dan gluon yang mewakili gaya nuklir kuat. Jika dirunut sejarahnya. partikel Boson Madya. Sampai sekarang semua gaya itu masih terus bekerja untuk menjaga eksistensi alam semesta dengan segala peristiwa yang terjadi di dalamnya. membawa pesan bagi terbentuknya materi dan energi secara bertahap pada skala sub atomik. dan graviton. Kemudian. 6. Yang menarik. yang menghasilkan gaya-gaya dasar alam semesta. Sedangkan. materi dan energi. Dan sebelum electroweak itu. dikenal sebagai era bersatunya antara foton. yang kemudian dikenal sebagai higgs boson ataupun partikel Tuhan.

Ukurannya sangat halus. jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian. Berdasar pada runtut berpikir di atas.” (Hadits Riwayat Muslim) . berkata Abdu: Telah mengkhabarkan kepada kami. Catatan Penambahan : 1. sehingga diungkapkan dengan kalimat sumpah yang menegaskan: wadz dzaariyaati dzarwan – demi partikel yang halus. sehalus-halusnya. bahkan penghancuran atas segala benda dan peristiwa yang terjadi di dalam alam semesta.particles alias partikel-partikel utusan yang membawa pesan penciptaan dan pemeliharaan.! Wallahu a’lam bissawab. Bagaimanakah karakter partikel yang halus itu? Adalah partikel-partikel yang mampu membawa ‘beban berat’.. dengan para malaikat yang juga bertugas sebagai utusan – messenger – bagi terselenggaranya drama kolosal alam semesta sebagai makhluk Allah. Sang Maha Raja. yakni membawa medan gaya yang sangat besar berupa gaya gravitasi. sebagaimana yang dibawa oleh partikel-partikel quantum. gaya nuklir dan gaya elektromagnetik. Malaikat dalam Hadits ‫عحزدعثعن ا عمعحزمعد نبعن عرارفعع عوععنبعد نبعن عحعمنيعد عق اعل ععنبرد أعنخعبعرعن ا و عق اعل انبعن عرارفعع عحزدعثعن ا ععنبعد الزرززارق أعنخعبعرعن ا عمنععمرر ععنن الززنهرريي ععنن ععنرعوعة ععنن‬ ‫صعف علعكنم‬ ‫صزلا ى ازلع عععلنيره عوعسلزعم عخرلعقنت انلعمعلرئعكعة رمنن عنروعر عوعخرلعق انلعج ازن رمنن عم اررعج رمنن عن اعر عوعخرلعق آعدعم رمزم ا عو ر‬ ‫عع ارئعشعة عق اعلنت عق اعل عرعسروعل ازلر ع‬ Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi’ dan Abdu bin Humaid. Rentetan ayat di atas memberikan gambaran tentang adanya partikel-partikel sangat halus yang memiliki karakter seperti messenger particles. sedangkan Ibnu Rafi’ berkata: Telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri dari Urwah dari Aisyah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya. Penguasa jagat semesta. maka tak bisa dimungkiri ada kemiripan yang luar biasa antara partikel-partikel quantum sebagai messenger antar benda dan peristiwa.

Kemudian Untuk menemukan konsep teori antara Islam dan fisika. dia memberi definisi tentang fisika adalah telaah atau kajian atas berbagai objek yang sifat nya dapat di tangkap oleh indra atau yang bersifat materi atau bergerak . 2. Beberapa nama tokoh-tokoh dalam islam di bidang Fisika . kita perlu memandang hubungannya dari perspektif konsep Islam berdasarkan ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an sebagai pedoman serta pembandingan tentang alam yang dipandang secara keseluruhan dan dalam matriksnya tersendiri. Al-Kindi nama lengkapnya Abu Yusuf Ya’cub Ibn Ishak Al-Kindi. . Al-Farabi dalam bidang sains.BAB IV KESIMPULAN Fisika dalam Bahasa Yunani adalah physikos artinya alamiah dan physis artinya Alam fisika adalah ilmu tentangalam dalam makna yang terluas. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam.antara lain: 1. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Ar-Razi nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad Ibn Zakaria Ar-Razi (abad ke-9) oleh serjana barat lebih di kenal sebagai rhazes atau rasis seoarang doktor dan ahli kimia dalam bidang kimia 3. mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuankosmos.

pdf+ilmu+pengetahuan+dan+alquran (diakses 12 Juni 2015) http://id.shiar-islam.I) http://www.Com (diakses 16 Juni 2015) Google .M.id/index. Djodi Dkk.htm (diakses 15 Juni 2015) http://ipa.com/viewer?a=v&q=cache:XAW8RdbGGKkJ:f. S.Drs.sch. Geogle.php?option=com_content&view=article&id=17:info (diakses 15 Juni 2015) https://docs.Ag.harunyahya.DAFTAR PUSTAKA Mas’ud. http//www. Perkembangan Fisika Dari Persfektif Ilmu Alamiah Modern.ac.Pd.. Com (diakses 16 Juni 2015) Buku Teks Pendidikan Agama Islam (Furqon Syarief Hidayatulloh.staff. 1993 Google. Ibnu H.com/doc2. Ilmu Alamiah Dasar.google. 1998 Harlim.id/artikel/alquran1. http/www. Ilmu Alamiah Dasar.Google.smpn1randudongkal.org/wiki/Fisika (diakses 14 Juni 2015) .ugm.wikipedia. Bandung: CV Pustaka Setia. Ilmu Alamiah Dasar.(diakses 14 Juni 2015) adikusumo. Ujung Pandang: Graha Guru.com/id/books/9312/KEAJAIBAN_AL_QUR%92AN/chapter/10317 (diakses 13 Juni 2015) http://id.