You are on page 1of 19

Sejarah Pasar Johar Semarang dimulai lebih dari seabad yang lalu.

Pada tahun
1860 terdapat pasar yang menempati bagian timur alun-alun ini dipagari oleh
deretan pohon johar ditepi jalan. Dari sinilah nama Pasar johar itu lahir. Lokasi
pasar ini disebelah barat pasar Semarang yang disebut seagai Pasar Pedamaran,
dan berdekatan pula dengan penjara sehingga menjadi tempat menanti orang
yang menengok kerabat dan kenalan yang dipenjara. Pasar Johar menjadi
semakin ramai dan memerlukan perluasan ruang. Setelah melalui proses
pengkajian, akhirnya diadakan perluasan Pasar Johar dengan menebang pohon
johar dan membangun los baru. Sampai dengan saat pasar ini masih dimiliki oleh
pertikelir (swasta). Pada tahun 1931 itu gedung penjara tua yang terletak
didekat pasar johar dibongkar sehubungan dengan rencana pemerintah kota
untuk mendirikan Pasar Central modern. Pasar Central lantas memang didirikan
dengan tujuan mempersatukan fungsi lima pasar yang telah ada, yaitu pasar
johar, pasar pedamaran, pasar beteng, pasar jurnatan dan pasar pekojan.
Adapun tapak pasar yang akan direncanakan melihat tapak pasar pedamaran,
pasar johar, ditambah tapak rumah penjara, beberapa toko, sebagian halaman
Kanjengan dan sebagian alun-alun.
Bangunan Pasar ini terdiri dari empat blok bangunan yang disatukan oleh gang
selebar 8.00 meter. Orientasi bangunan kearah timur. Pasar Johar merupakan
bangunan dua lantai hanya pada bagian tepi, sedangkan bagian tengah berupa
void. Sisi melintang bangunan terdiri dari enam buah trafe, dan sisi membujur
memiliki empat buah trafe. Pondasi dari batu, struktur dari beton bertulang,
dengan sistem cendawan pada kolom-kolom. Kolom memiliki modul 6.00 meter
dengan penampang berupa persegi delapan. Kolom seperti ini dinamakan
kontruksi jamur (mushroom). Atap berupa atap datar terbuat dari beton. Pada
bagian tertentu dari atap, diadakan peninggian sebagai lubang udara. Bangunan
ini memenuhi tapak yang tersedia, sehingga tidak terdapat halaman ataupun
ruang terbuka. Hal ini sesuai dengan prinsip Thomas Karsten yaitu efisien ruang.
Disebelah utara Pasar Johar terdapat Pasar Yaik Permai yang dibangun
belakangan; sebelah timur terdapat SCJ (Shoping Center Johar) yang selesai
tahun 1994; dan sebelah selatan terdapat Kali Semarang.

Pada tahun 1933 dibuatlah usulan rancangan pertama oleh Ir. Thomas Karsten,
yang bentuk dasarnya menyerupai Pasar Jatingaleh dengan ukuran lebih besar.
Pada tahap ini terdapat susunan atap datar beton dengan bagian tertinggi
berada di pusat. Bagian kulit dibuat bertingkat, mengingat harga tanah yang
sudah tinggi dikawasan tersebut. Namun demikian rancangan tersebut diubah
pada tiga tahun berikutnya dengan tujuan untuk mengadakan efisiensi. Karena
belum memenuhi keinginan, maka rencangan inipun diubah kembali dengan
gagasan konstruksi cendawa kembali dimunculkan. Rencana yang terakhir inilah
yang jadi dibangun. Konon kabarnya pasar johar pernah tersohor sebagai pasar
yang terbesar dan tercantik di asia tenggara. Pada tahun 1960-an pernah
diadakan perubahan berupa penempelan dinding tambahanpada sekeliling
pasar. Hal ini menyebabkan tampilan arsitektur tidak serasi serta sistem
penghawaan yang kurang lancar. Tambahan ini sekarang sudah dibongkar
kembali.

Kebakaran diduga berawal dari salah satu kios pakaian. PU No. Sabtu (9/5). Warga masyarakat menyebut di sepanjang Jalan Agus Salim untuk menyaksikan peristiwa tersebut. yang terbakar Sabtu malam. KOMPAS — Suplai kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Semarang dan sekitarnya sempat tersendat pasca terbakarnya Pasar Johar di Kota Semarang. Mobil pemadam kebakaran terus dikerahkan untuk memadamkan api yang belum terlihat mereda kobarannya. Jawa Tengah.12/ KPTS/1985. sebagian besar komoditas di .Definisi Hidran adalah suatu alat yang dilengkapi dengan slang ( fire hose ) dan mulut pancar ( nozzle ) untuk mengalirkan air bertekanan yang digunakan untuk keperluan pemadaman kebakaran.00 WIB. Pasalnya. Adzan mulai berkumandang sekitar pukul 23.Kumandang adzan dari Masjid Agung Semarang mengiringi proses pemadaman Pasar Johar Semarang. kebakaran yang melanda bangunan pasar yang sebagian merupakan benda cagar budaya tersebut terjadi sekitar pukul 20. Men. APAR Adalah Suatu alat berupa tabung yang diisi dengan media yang dapat mengatasi serta memadam kebakaran pada awal terjadinya api Semarang (ANTARA News) . Bangunan lantai satu pasar tersebut dihuni sebagian besar oleh pedagang pakaian. Belum diketahui penyebab awal kebakaran. Ref : Kep. sementara lantai dua dihuni para pedagang buku.00 WIB dari masjid yang tidak jauh dari pasar yang pernah dinobatkan sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini. Berdasarkan informasi di lokasi. Pasar yang dibangun tahun 1937 te SEMARANG. Para pedagang pasar berlantai dua tersebut masih tampak sibuk menyelamatkan barang dagangannya.

Endang (52) yang berjualan sayur dalam partai besar sempat merasa khawatir pelanggannya akan pergi setelah pasar terbakar. ribuan pedagang yang memiliki kios dan lapak mencari kepastian tentang pemindahan lokasi mereka berjualan. Mereka membawa fotokopi surat izin membuka lapak (dasaran). Saat ini pedagang yang jumlahnya mencapai 4. Pendataan dilakukan perwakilan kelompok berdasarkan lokasi berjualan mereka. sebagai lokasi pasar darurat hingga Lebaran pada akhir Juli nanti. Robert. Mereka berharap memperoleh tempat berjualan di sekitar Johar. Para pedagang korban kebakaran Pasar Johar yang mulai kembali beraktivitas berharap perekonomian mereka kembali pulih. Sejumlah pedagang korban terbakarnya Pasar Johar berharap pemerintah kota tidak menempatkan mereka jauh dari lokasi Pasar Johar. jika memakan waktu lama lebih dari sebulan. pedagang konveksi. antara lain sisi selatan. Pasar Bulu. Pasar Kobong. Eko. kartu tanda penduduk." kata Tohirin. dan barat. syarat itu harus dipenuhi agar pengaturan relokasi berjalan tertib dan tidak ada yang terlewatkan. antara lain Pasar Peterongan. mengatakan. yaitu di sepanjang Jalan Agus Salim dan sekitarnya. . Harapan pedagang Ada beberapa tempat relokasi pedagang yang rencananya disiapkan. salah satu perwakilan dari kelompok pedagang. kini dia mulai dihubungi beberapa pembelinya yang menanyakan apakah sudah dapat memenuhi pesanan.917 orang masih menunggu proses relokasi yang diawali dengan pendataan ulang berdasarkan lokasi berjualan. dan kartu keluarga untuk mendapatkan lapak di lokasi yang baru. dan tanah di belakang Masjid Agung Jawa Tengah. mengatakan. Salah satu pengurus paguyuban Pasar Johar. Namun.pasar-pasar tradisional di Kota Semarang dan sekitarnya disuplai dari Pasar Johar yang merupakan pasar induk. Selasa (12/5). relokasi akan merepotkan karena mereka akan kehilangan pendapatan sehari-hari. utara. Ini pendataan awal pedagang yang memiliki lapak dan kios yang sah. Sejak pagi. Tohirin. "Sampai sekarang belum tahu posisi dan lokasi yang berjualan akan di mana saja.

"Kami menghendaki sementara diperbolehkan berjualan di sepanjang Jalan Agus Salim. Ninik. sayuran. Selama menunggu pasar darurat. http://print. kembali berjualan setelah terpaksa berhenti selama tiga hari. Pemerintah Kota Semarang juga sudah berkomunikasi dengan perbankan untuk meminta keringanan bagi para pedagang yang menjadi nasabah bank.mengemukakan. dan kentang di luar bangunan pasar. dan keperluan bahan pokok yang memerlukan tempat di sekitar pasar. Terkait pencegahan kebakaran. para pedagang dapat menempati lokasi di gedung parkir Pasar Johar. Komunikasi telah dilakukan dengan Bank Jateng dan dalam waktu singkat juga dengan bank-bank lain. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah meminta wali kota Semarang menata kembali manajemen pasar di seluruh Kota Semarang. jalan untuk umum dialihkan supaya jalan di depan Pasar Johar untuk berjualan. ." kata Robert. Sementara di antara puing sisa kebakaran. cabai. sejumlah pedagang mulai beraktivitas di sepanjang Jalan Pedamaran. Penataan pasar agar dikaji kembali. Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Triyoto mengungkapkan. pedagang yang segera berjualan lagi adalah pedagang aksesori. Menurut Ninik. termasuk mengkaji ulang ketersediaan alat pemadam kebakaran yang tersedia di sejumlah pasar. tidak ada pilihan selain kembali beraktivitas untuk menghidupi keluarganya. dan Pasar Sampangan. di Pasar Bulu. buah. pegadang tahu.com/baca/2015/05/12/4-917-Pedagang-Pasar-Johar-TungguProses-Relokasi Proses pemadaman Pasar Johar Semarang berlangsung dengan cukup seru. Tak hanya Semarang. Kalau perlu.kompas. wilayah lain pun turut dilibatkan dalam pemadaman kebakaran di pasar tradisional terbesar di Asean ini. Penetapan lokasi akan dilakukan dengan pengundian. Mereka mulai menggelar dagangan berupa sayur. daging. Pasar Rejosari. termasuk bekerja sama dengan instansi terkait dalam masalah penataan kabel-kabel aliran listrik di kios dan los di pasar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun. Minggu (10/5/2015) dini hari. Petugas pemadam bahkan beberapa kali harus mengisi ulang truk tangki yang digunakan menyemprotkan air ke bangunan yang terbakar.00 WIB. diperbantukan untuk mengatasi kebakaran Pasar Johar.Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dari daerah yang terdekat dengan Kota Semarang. terlihat ikut berupaya memadamkan kobaran api bersama dinas kebakaran setempat. Selain itu. Kendal. Berdasarkan pantauan di lokasi kebakaran di Semarang. Kebakaran diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik itu diketahui pertama kali dari salah satu kios pakaian. puluhan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah dari beberapa daerah juga diperbantukan di lokasi kebakaran. Jawa Tengah. Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana yang ditemui di lokasi kebakaran membenarkan bahwa dirinya sudah menginstruksikan BPBD di daerah terdekat dengan Kota Semarang untuk ikut membantu proses pemadaman. terjadi Sabtu (9/5) sekitar pukul 20. Kudus. dan Pati." katanya saat kebakaran masih berlangsung. "Saya sudah kontak beberapa BPBD untuk membantu. Embusan angin yang cukup kencang menyulitkan puluhan petugas dalam memadamkan kebakaran Pasar Johar. kebakaran di Pasar Johar yang merupakan bangunan cagar budaya tersebut. . kalau diperlukan akan ditambah dari daerah lain. Jenis barang dagangan seperti pakaian dan buku. satu kendaraan beserta petugas pemadam kebakaran dari masing-masing Pemerintah Kabupaten Demak. juga mempercepat api menjalar ke seluruh bangunan pasar terbesar di Kota Semarang itu.

" katanya di lokasi kejadian di Semarang.Hidran di sekitar Pasar Johar Semarang tidak berfungsi saat kebakaran melanda pasar terbesar di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu. proses pemadaman kebakaran yang terjadi mulai Sabtu (9/5) malam tersebut. pemkot akan menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari. Ribuan kios ludes dalam kebakaran yang juga menghanguskan Pasar Yaik yang berada di sebelah baratnya. bisa bertambah kalau api tidak segera padam.ID. Mereka .Bangunan lantai I pasar tersebut digunakan oleh sebagian besar oleh pedagang pakaian. Hendrar belum bisa menyebutkan kerugian yang terjadi dalam peristiwa yang menghanguskan sekitar lima ribu kios tersebut. Puluhan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang terus bertugas memadamkan api sejak hari Sabtu hingga malam ini. juga dibantu oleh kendaraan pemadam kebakaran dari wilayah di sekitar Semarang.CO. "Hidran tidak berfungsi. "Proses penghitungan kerugian masih akan dilakukan sambil menunggu pendataan.00 WIB api masih membakar pasar yang terdapat 1. http://kabar24.com/read/20150510/78/431719/pasar-joharsemarang-terbakar-begini-serunya-proses-pemadaman REPUBLIKA. Pasar Johar Semarang terbakar pada Sabtu (9/5) malam." katanya. Menurut dia. Ahad (10/5) dini hari. Petugas juga memperoleh pasokan air dari Kali Semarang. Selanjutnya." kata Hendrar. sedangkan lantai II dihuni para pedagang buku. kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. "Jumlah tersebut masih sementara.000 pedagang dengan nilai transaksi uang mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah per hari. Kebakaran dahsyat menghanguskan pasar Johar dan Yaik Semarang sejak hari Sabtu (9/5/2015) lalu. Hingga pukul 02. Setidaknya 100 tangki air sudah dikerahkan untuk usaha memadamkan api yang sampai saat ini diperkirakan masih menyala.bisnis. SEMARANG -.

Meski hidran yang dikelola PDAM itu tidak maksimal. kebakaran . Jakarta . dinas pemadam kebakaran memanfaatkan air sungai di dekat lokasi. Dalam proses pemadaman hari Sabtu malam lalu. "Kondisi terlihat dari sini api sudah habis. "Sebagai pasar tradisional terbesar di Jawa Tengah sekaligus cagar budaya yang menyimpan banyak sejarah perjalanan bangsa.com." kata Sumarsono." terang Sumarsono. "Titik tertentu hidran memadai. Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang kepada detikcom. sedangkan hidran tidak bisa digunakan maksimal karena di titik tertentu debit airnya tidak mencukupi. 1. Berikut 5 fakta terkait kebakaran pasar yang disebut-sebut pernah menjadi pasar terbaik seAsia Tenggara itu. Untuk proses pemadaman yang masih berlangsung hingga hari ini.Penyebab kebakaran Pasar Johar yang merupakan pasar tradisional terbesar di Semarang. Yang tidak bisa itu mungkin hidrannya debit airnya kurang. Senin (11/5/2015). Selain itu Dinas Pemadam Kebakaran dari kota lain juga ikut membantu saat api berkobar besar Liputan6. namun pihak PDAM membantu dengan mengerahkan tangki-tangki air sebagai suplai. indikatornya dari tidak ada asap. Pasar Johar merupakan pasar terbesar (2229649) di Jawa Tengah. petugas pemadam dibagi dalam tiga shift yang satu shift-nya terdiri dari 35 personel. Jawa Tengah pada Sabtu 9 Mei lalu hingga kini belum terungkap. Bahkan pasar ini sebagai cagar budaya yang banyak menyimpan sejarah. Tapi kita diperintah siaga lima hari di sini. ada empat titik hidran bisa suplai.juga disiagakan hingga lima hari ke depan untuk antisipasi titik api yang kembali membesar. Pasar Bersejarah dan Terbesar di Jawa Tengah Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyatakan. Tadi juga ada laporan warga yang masih melihat api.

IKAPPI menilai Pemerintah Kota Semarang mengabaikan perlindungan baik secara aktif maupun pasif. saat ini masih ada titik api yang tertutup reruntuhan dan bisa membesar jika terkena angin. 2. Dugaan kerugian akibat kebakaran mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Namun penilaian objektif baru akan disampaikan setelah ada hasil penelusuran tim investigasi. Minggu 10 Mei 2015. di Pasar Johar terdapat lebih dari 8. Namun kami pastikan bahwa kerugian yang timbul tidak kecil tentunya. upaya pemadaman api dilakukan dengan membatasi bagian terluar agar tidak merambat ke bangunan lain. "Hitungan kami sementara ini kerugian (kebakaran Pasar Johar) mencapai lebih dari Rp 3 triliun." ujar Miftahudin dalam keterangan tertulis. saat ini masih terdapat sejumlah titik api di bagian dalam Pasar Johar dan Yaik Permai. Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 3 Triliun Lebih Sekjen DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Miftahudin mengatakan.Pasar Johar harus ditangani secara serius. Kita doakan saja yang terbaik. Menurut Iwan." kata Iwan.000 pedagang yang menjadi korban kebakaran. DPP IKAPPI meminta Pemerintah Kota Semarang segera mengambil langkah untuk melakukan recovery kepada pedagang secara cepat. Data itu sendiri akan diverifikasi oleh tim investigasi kami. Menurut Miftahudin. jika tidak ada hujan api baru bisa dinyatakan benar-benar padam total dalam waktu hingga 7 hari. Penyebabnya. Diperkirakan 7 Hari Api Baru Padam Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Iwan Budi Setyawan memperkirakan." ucap Wakil Sekjen DPP IKAPPI Miftahudin dalam keterangan tertulis. Akibatnya. Minggu 10 Mei 2015. Lantaran itulah. Relokasi ke Lahan Milik Masjid Agung Semarang . "Ini mungkin bisa sampai 5 hari atau seminggu. Hal ini agar nasib para pedagang di Pasar Johar tidak semakin terpuruk. kecuali nanti malam hujan.

Badan Pengelola Masjid Agung Semarang menawarkan areal seluas 3. Hal itu menyebabkan pemadaman api saat masih kecil terlambat. saya tawarkan agar para pedagang direlokasi di tanah wakaf Banda MAS.5 hektare secara gratis." kata Ali Mufiz selaku juru bicara. "Iya. Jawa Tengah. kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik dari sebuah kios pakaian anak-anak di bangunan blok A1 lantai 1. Hendrar mengatakan.Para pedagang Pasar Johar dan Pasar Yaik yang menjadi korban kebakaran akan segera direlokasi ke lahan seluas 3. Bahkan ada bantuan kendaraan pemadam kebakaran dari wilayah sekitar Semarang. Semarang.Kobaran api melalap ratusan kios di Pasar Induk Johar Semarang. Walikota Semarang Hendrar Prihadi memutuskan hal itu setelah bertemu dengan Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jateng Ali Mufiz. di sebelah MAJT.5 hektare sebagai lokasi sementara. Kendati demikian. Sabtu. Hidran Tidak Berfungsi Dalam rapat Muspida plus Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu.co. ternyata hidran tidak berfungsi. Menurut keterangan saksi mata. Walikota Semarang juga menerima laporan bahwa hidran atau pipa yang terhubung ke sumber air di sekitar Pasar Johar ternyata tidak berfungsi." ujar Hendrar usai rapat. .id . Ketua Yayasan Masjid Baiturachman Imam Syafii dan Sekretaris Badan Pengelola Masjid Agung Semarang Khammad Maksum Alhafiz. Juga disampaikan sumbangan dari BP MAJT. Minggu 10 Mei 2015. 9 Mei 2015 malam. Yayasan Masjid Bairurrahman. Minggu 10 Mei 2015. Semarang. "Sebagai rasa empati dan solidaritas. . Yayasan MAS serta H Hasan Thoha Putra untuk korban kebakaran Pasar Johar sebesar Rp 175 juta. Jawa Tengah. VIVA. Dalam pertemuan tersebut. Lahan tersebut adalah tanah wakaf Banda Masjid Agung Semarang (MAS) yang terletak di sebelah masjid tersebut. proses pemadaman api sudah berlangsung sangat baik.

45 WIB. "Saat itu. saksi mata yang merupakan pedagang jam di Johar mengatakan. Salah satu ikon Kota Semarang yang juga bangunan cagar budaya itu sekarang tinggal puing-puing gosong setelah si jago merah melalap bangunan pasar pada Sabtu. Murtiningrum. "Saya langsung minta tolong kepada warga yang lain untuk membantu memadamkan. Walikota Semarang Hendrar Prihadi tengah menghadiri resepsi HUT ke-468 Kota Semarang di Lapangan Tri Lomba Juang Mugas." kata Murtiningrum di Semarang.45 WIB. Saat Pasar Johar terbakar. tapi tiba-tiba saya lihat kios 'Pada Suka' yang jualan pakaian anak-anak muncul asap hitam. Hingga puluhan petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang datang ke lokasi. Spontan Hendrar meninggalkan lokasi acara setelah . belum diketahui adanya korban jiwa dalam kebakaran ini. api yang membakar pasar induk yang telah berusia satu abad ini masih belum bisa dipadamkan. mengaku langsung melapor ke polisi setelah melihat api. Puluhan petugas kepolisian dan warga masih sibuk memadamkan api. Teguh langsung berteriak minta tolong dan melaporkannya kepada pihak kepolisian. 9 Mei 2015. kebesaran dan kemegahan Pasar Johar kini tinggal cerita.Teguh Tri Wahono. Setelah pemadam datang. "Beberapa menit kemudian mobil pemadam kebakaran datang dan berusaha memadamkan api. Namun kerugian materiil yang diakibatkan diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Minggu (10/5/2015). Begitu juga para pedagang terus berlarian mengamankan dagangan mereka yang belum terlalap api. Untuk sementara. Diduga Akibat Korsleting Listrik Namun. saya hendak menutup kios. api pertama kali terlihat di sebuah kios pakaian anak-anak bernama "Pada Suka" sekitar pukul 20. ia langsung menunjukkan kios yang terbakar untuk dipadamkan lebih dulu. Seketika itu." ungkapnya." ujarnya. Kobaran api terlihat menjilat bangunan pasar sejak pukul 20. Hingga saat ini. Seorang pedagang.

menampung sementara para pedagang yang menjadi korban di Pasar Higienis Rejosari. Bahkan pada pukul 23. api terus membesar dan semakin tak terkendali.mendapat informasi tentang kebakaran tersebut. "Api itu dari korsleting listrik kios pakaian. Ia pun langsung memimpin upaya pemadaman api.35 WIB. Dugaan sementara. Tapi. timur." beber Burhanudin. Sementara para pedagang sibuk menyelamatkan barang dagangan mereka. yang berada di sebelah Pasar Johar. puluhan mobil pemadam kebakaran gagal menghentikan laju si jago merah yang sudah mulai menjilati Pasar Yaik. Namun aksi mereka berhasil dipergoki warga dan polisi. "Hasil pemeriksaan sementara di TKP diduga korsleting listrik di bagian tengah Pasar Johar lantai dua." ujar Murtiningrum. . terdengar letupan-letupan kecil. dua penjarah berusaha memanfaatkan situasi ini untuk mencuri barang dagangan. "Pakai air apapun. api yang sebelumnya berhasil dilokalisir tiba-tiba kembali membesar. sumber kebakaran berasal dari arus pendek atau korsleting listrik. Keduanya pun langsung diamankan ke atas truk Satdalmas Polrestabes Semarang untuk menghindari amukan warga. Hidran Tidak Berfungsi Di tengah upaya keras petugas pemadam kebakaran memadamkan api dan kesibukan para pedagang mengamankan barang dagangan mereka. Walikota Hendrar terus mengomandoni petugas pemadam kebakaran. Walikota Hendrar mengatakan. Di sela-sela kobaran api. Namun bukannya mengecil. Hal serupa diungkapkan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin. Sisi barat. Kebakaran ini merupakan yang terbesar yang pernah terjadi di Pasar Johar. Kerahkan semua kekuatan. dan selatan bangunan pasar terbakar." ucap Hendrar memberi semangat pada petugas.

"Biar semua dikoordinasikan oleh Dinas Pasar.000 pedagang itu. jika tempatnya kurang. Pemerintah Kota Semarang menetapkan masa tanggap darurat penanganan kebakaran Pasar Johar selama 14 hari. itu harus segera diatasi. Walikota Hendrar meminta semua pihak menjaga dan mengendalikan diri. proses pemadaman api sudah berlangsung sangat baik. Hingga Minggu. Akibat kebakaran. kecuali nanti malam hujan. Namun Kombes Pol Burhanudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Nah. sudah final di Pasar Ikan Higienis Rejosari. Walikota Semarang menerima laporan bahwa hidran atau pipa yang terhubung ke sumber air di sekitar Pasar Johar ternyata tidak berfungsi. sementara lantai dua dihuni para pedagang buku. Ia meminta para pedagang bersabar." kata Hendrar usai rapat. "Iya. Jika tidak ada hujan deras. Bahkan ada bantuan kendaraan pemadam kebakaran dari wilayah sekitar Semarang. diperkirakan api yang membakar Pasar Johar akan benar-benar padam dalam waktu 7 hari. api masih membara di Pasar Johar. ia menyatakan siap memfasilitasi semua kebutuhan para pedagang agar bisa berjualan lagi. "Bahan baku air juga tidak kekurangan karena langsung menyedot dari Kali Berok atau Kali Semarang." lanjut Hendrar. di mana lantai satu pasar digunakan oleh sebagian besar pedagang pakaian. banyak kuli gendong yang bermalam atau tidur di pasar yang dihuni 1. Di pasar yang terdiri dari 2 lantai itu." jelas dia. Kondisi ini menyebabkan pemadaman api saat masih kecil terlambat. ternyata hidran tidak berfungsi. Kendati demikian. Dalam rapat Muspida plus Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)." ujar Hendrar. Kita . 10 Mei 2015. "Ini mungkin bisa (padam total) sampai lima hari atau seminggu. Dalam masa itu. "Nanti kita cari solusi permodalan bersama-sama. Di sisa akhir masa jabatannya. diperkirakan kerugian lebih dari Rp 100 miliar. dia memastikan. "Untuk penampungan pedagang." tandas Hendrar.

Termasuk puluhan pedagang yang terhenyak kaget melihat sejumlah dagangannya dilalap si jago merah. Kecamatan Semarang Tengah ini sekitar pukul 20. meninjau Pasar Johar Semarang dan Pasar Yaik.id. (Sun/Ans) http://news. Semarang: Wali kota Semarang. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Kuat dugaan. Namun." kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Iwan Budi Setyawan. Kios saudara saya kios pakaian. Namum. Bahkan. ia dan saudaranya yang memiliki kios berbeda turut menjadi korban keganasan si jago merah. api berasal dari salah satu ruko pakaian di tengah pasar. . "Saya dikabari. 9 Mei 2015 malam.co. kebakaran pasar tradisional terbesar di Semarang terus membesar dan membuat panik ratusan pedagang. Minggu (10/5/2015) dini hari. Teguh. salah satu pedagang pakaian mengaku kaget melihat dagangannya sudah hangus terbakar. kebakaran terjadi di pasar di Kelurahan Kauman. Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA co. Saat ini. di atasnya ada kios buku. saya datang api sudah besar.id . Dengan cepat api melalap ratusan ruko yang berada di kawasan padat pedagang tersebut.com/read/2229619/akhir-riwayat-pasar-johar-dikota-semarang VIVA.liputan6. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apakah ada korban dalam kebakaran itu.Kebakaran besar menghanguskan Pasar Induk Johar. besarnya kobaran api serta banyaknya barang yang mudah terbakar di sejumlah ruko membuat api cepat melebar dengan dahsyat." kata Teguh di lokasi kejadian. Sabtu. Jawa Tengah. ratusan warga terlihat berdatangan untuk melihat lebih dekat kobaran api yang membakar pasar tertua di Semarang ini.00 WIB. Puluhan mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Semarang telah tiba di lokasi untuk menjinakkan api. Metrotvnews.doakan saja yang terbaik.com. Kota Semarang. Hendrar Prihadi.

com/read/2015/05/10/124303/pasar-joharkebakaran-walkot-semarang-perintahkan-turunkan-seluruh-damkar Semarang . Saat ini ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran Kota Semarang. Jawa Tengah semakin membesar. Sementara para pedagang yang setiap harinya berjualan di pasar tersebut masih berusaha mengamankan barang dagangan mereka di sepanjang jalan dan hotel setempat. Untuk memadamkan api yang melalap pasar Johar. Hingga kini api masih berkorbar di semua bagian pasar Johar dan pasar Yaik. Namun belakangan api makin merembet dan menghanguskan pasar Yaik yang berada persis di sebelah pasar Johar. Ditambahkan Hendi saat ini yang paling penting ialah berusaha memadamkan api.Hendi sapaan akrabnya terlihat sedih ketika melihat api hampir membumihanguskan dua pasar itu. Api yang diketahui berasal dari bagian utara pasar mulai merembet ke pemukiman warga di samping timur pasar." pungkas dia. Ia mengaku kaget mendengar kebakaran yang menimpa pasar terbesar di Kota Semarang itu. Demak.metrotvnews. Selain itu juga diduga karena barang-barang yang ada di dalam pasar merupakan barang yang mudah terbakar seperti buku. ." kata Hendi ditemui di lokasi. sedangkan pedagang sementara akan diungsikan di kawasan yang bisa terjangkau. api hanya membakar di Pasar Johar pada Sabtu (9/5/2015) sekira pukul 21. "Sudah berkoordinasi supaya mengerahkan semua mobil pemadam kebakaran.Kebakaran yang melanda Pasar Johar Semarang. "Agar mampu memadamkan api yang semakin besar.00. pemadam kebakaran Kota Semarang sudah menerjunkan 16 pemadam dengan dibantu mobil pemadam dari Kabupaten Semarang. http://jateng. Sebelumnya. hampir dua lantai pasar tersebut hangus terbakar. Hembusan angin memicu membesarnya api. Sabtu (9/5). pakaian dan plastik. sambil menunggu kordinasi lebih lanjut dengan dinas terkait. Pati dan Kota Kendal.

stagnasi atau terhentinya usaha. Data menunjukkan kejadian kebakaran yang menimpa bangunan perumahan/pemukiman penduduk pada umumnya terbakar habis karena menggunakan bahan/elemen yang mudah terbakar.beritasatu."Anginnya besar.html Analisis Kebakaran di Pasar Johar. Basarna dan Polda kota Semarang. . Hingga saat ini para tim gabungan tersebut masih berusaha memadamkan api dibantu warga setempat. Sedangkan pada bangunan gedung dengan rangka beton masih meninggalkan sisa rangka fisik. Bahkan di hutan. BPBD. Bahaya kebakaran bisa terjadi dan akan terjadi kapan saja. perumahan. Seluruh mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan bantuan dari tim gabungan dikerahkan untuk memadamkan api seperti dari PDAM.com/nasional/272620-kebakaran-pasar-joharmakin-meluas. Bankom Polrestabes Semarang. Kota Semarang Kebakaran merupakan bencana yang lebih banyak disebabkan oleh kelalaian manusia (human error) dengan dampak kerugian harta benda. di dalamnya pakaian sama plastik. ujar Heri. terhambatnya perekonomian dan pemerintahan bahkan korban jiwa. dimana saja. Api jadi membesar dan sampai merembet ke kampung". (Galeri foto: Pasar Johar Semarang Terbakar) http://www. kantor-kantor dan gedung tinggi.

Namun. Kebakaran di Pasar Johar pada Sabtu. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Semarang melakukan penelitian yang hasilnya akan dikeluarkan dua hari lagi. Kebakaran ini telah mencapai kerugian sebanyak 3 triliun rupiah dan menghanguskan dagangan dari 7.45 WIB Baru-baru ini. terjadi korsleting listrik di toko kain Padasuka yang terletak di gedung A1. 9 Mei 2015 pukul 20. 9 Mei 2015 pukul 20. Apa penyebab kebakaran di Pasar Johar? Menurut dugaan sementara yang diketahui dari seorang saksi yang merupakan penjaga malam Pasar Johar. Pak Sarip. ada juga yang menduga bahwa Pasar Johar dibakar secara sengaja.000 pedagang. Beliau awalnya mencium bau sangit yang ternyata berasal dari toko tersebut.Gambar 1. api sudah menjalar ke selatan hingga ke pasar buah dan Pasar Yaik. telah terjadi kebakaran di Pasar Johar yang terletak di pusat kota Semarang. Untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Kejadian ini terjadi pada Sabtu.1.45. Kelurahan Kauman. Dalam waktu singkat. tepatnya di Kecamatan Semarang Tengah. namun toko sudah dalam keadaan tutup. .

sangat menyayangkan tidak adanya pemeriksaan rutin pada instalasi listrik dan hidran di Pasar Johar. yang mestinya bisa digunakan di saat saat darurat terutama sebagai penyedia air untuk memadamkan kebakaran. api masih saja membesar dan merambat.2. Akibatnya. ternyata tak berfungsi. Pemadaman pun dilakukan tanpa hydrant tapi menggunakan pasokan air dari tangki-tangki truk pemadam dan juga mengambil air di kali Mberok yang baunya tidak enak. Hal ini memperlambat kerja para pemadam kebakaran sehingga api tak kunjung padam. memasang garis polisi dilokasi kebakaran Pasar Johar Semarang. Ganjar Pranowo. Penyebabnya. Gubernur Jawa Tengah. jika tidak ada hujan api baru bisa dinyatakan benar-benar padam total dalam waktu hingga 7 hari. hanya ada satu hidran yang dapat difungsikan. saat ini masih ada titik api yang tertutup reruntuhan dan bisa membesar jika terkena angin. hidran di sekitar Pasar Johar.Gambar 1. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Iwan Budi Setyawan memperkirakan. Mengapa hidran tidak menyala? Dari belasan hidran yang ada di kawasan Pasar Johar. Ditambah lagi. Tim Labfor Mabes Polri dan Tim Inafis dari Polrestabes Semarang. saat ini masih terdapat sejumlah titik api di bagian dalam Pasar Johar dan Yaik Permai. Upaya pemadaman api dilakukan dengan membatasi bagian terluar agar tidak merambat ke bangunan lain. Bahan yang mudah terbakar dan angin kencang membuat api cepat merambat hingga ke Pasar Yaik Permai. Hingga enam jam. .

5. ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rusaknya hidran. Pergi ke panel hidran terdekat dan pecahkan kaca bertanda "Break Glass Here. Siapkan jalan keluar darurat sebagai jalur evakuasi. Apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas. Periksa alat-alat pemadam kebakaran seperti hidran. 8. Pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan (dengan isolasi) di 6. kayu). apar. Hindari peralatan dan bahan yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak. Pencegahan yang seharusnya dilakukan antara lain: 1. Tempatkan bahan-bahan yang mudah terbakar pada ruangan khusus. tetapi oleh seluruh pedagang. rumah. dll apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. jangan letakkan lilin dekat bahan yang mudah terbakar 7." . Bahan-bahan yang mudah terbakar tidak ditempatkan bercampur dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi kebakaran. Periksa instalasi listrik secara berkala. Hindari penggunaan peralatan listrik melebihi beban kapasitas meter listrik.Namun kegigihan petugas pemadam kebakaran mulai membuahkan hasil dan api kini tersisa di bagian dalam. Apabila terdapat kabel rapuh. 9. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh penjaga Pasar Johar saja. Pada saat lampu padam. 4. Apabila ada 3. sambungan atau stop kontak yang aus atau tidak rapat jangan digunakan dan segera ganti dengan yang baru. jangan digunakan lagi dan ganti dengan yang baru. kain. Namun. Untuk menanggulangi apabila sudah timbul api dan belum ada tim pemadam kebakaran. seharusnya sudah dilakukan antisipasi mengingat Pasar Johar merupakan pusat perdagangan terbesar di Jawa Tengah. Tidak berfungsinya hidran di Pasar Johar belum diketahui secara pasti. antara lain:    Copotnya kopling atau patok pada hidran Arus listrik yang terputus sehingga hidran tidak dapat berjalan maksimal Buruknya kualitas hidran dalam negeri Bagaimana seharusnya penanganan kebakaran Pasar Johar? Sebelum membahas mengenai penanganan kebakaran di Pasar Johar. 2. (kasur. komponen yang rusak. Perhatikan kondisi tungku atau kompor bagi pedagang yang memasak. maka yang dapat dilakukan antara lain: 1.

beri tahu situasinya kepada pihak keamanan dan mulai prosedur evakuasi. Jelaskan situasinya bila petugas pemadam kebakaran tiba. tutup pintu menuju ke lokasi kebakaran. 5. . Berusaha memadamkan api menggunakan APAR. (Catatan: selang kebakaran hanya boleh digunakan oleh pihak pemadam kebakaran).2. 4. Beri tahu pihak keamanan dan informasikan lokasi kebakaran. 3. Jika tidak dapat dipadamkan.