You are on page 1of 26

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Pengertian phpMyAdmin
phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa
pemrograman PHP yang

digunakan

administrasi MySQL melalui Jejaring
phpMyAdmin

mendukung

untuk

Jagat

berbagai

menangani

Jembar (World

operasi

Wide

MySQL,

Web).

diantaranya

(mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks,
pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).
Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan
dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line)
untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data
(database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data.
Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk
menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena
seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.
Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk
mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin.
Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel,
mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris
perintahnya.
phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL
yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan
alamat http://localhost/phpmyadmin,

maka

akan

muncul

halaman

phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data
baru, dan mengelolanya.

1.2 Fitur - fitur phpMyAdmin

1

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa
pemrograman PHP, adapun fitur atau mafaat dari phpMyAdmin adalah
sebagai berikut :
1. Menelusuri dan drop basisdata (database), tabel, pandangan (view),
bidang (fields) dan indeks.
2. Membuat, menyalin, drop, dan mengubah nama basis data, tabel, kolom
dan indeks.
3. Pemeliharaan server, basis data dan tabel, dengan server konfigurasi.
4. Melaksanakan, mengedit dan penunjuk pernyataan-sql, bahkan batch5.
6.
7.
8.

queries.
Mengelola pengguna mysql dan hak istimewa.
Mengelola prosedur penyimpanan.
impor data dari csv dan sql.
Ekspor data ke berbagai format: csv, sql, xml, pdf, iso / iec 26300

- opendocument text dan spreadsheet, word, excel, lateks dan lain-lain.
9. Membuat grafik pdf dari tampilan basis data anda.
10. Membuat kompleks query menggunakan query-by-example.
11. Pencarian global dalam basis data.
12. Transformasi data disimpan ke dalam format yang menggunakan satu set
fungsi

yang

telah

ditetapkan,

seperti

data atau download-link.

BAB II
DESKRIPSI KERJA

2

menampilkan

data blob-

Bukalah web browser dan akses http://localhost Gambar 2. Setelah database telah dibuat praktikan akan mengisi database tersebut dengan tabel dengan nama testimonial dan banyaknya field sebanyak 4. kemudian klik go. Klik pada phpMyAdmin masukkan username dan pasword. 3 .Pada bab ini praktikan harus mengaktifkan dulu PHPTriad melalui Start menu program. Berikut langkah – langkah yang dilakukan praktikan dalam mengaplikasikan program : 1.1 Cara Membuka PhpMyAdmin 2. kemudian melalui Aphace Console aktifkan Apache dan juga aktifkan MySQL. Kemudian buka internet browser Google Chrome. lalu klik login Gambar 2.3 Tampilan Awal PhpMyAdmin 4. Buat database denga nama ‘babyshop’ kemudian klik tombol create Gambar 2. Akan keluar tampilan awal phpMyAdmin Gambar 2.4 Pembuatan Database 5.2 Login pada phpMyAdmin 3.

7 Beberapa Perintah Pada PhpMyAdmin 8.6 Daftar Field pada Tabel 7.5 Pembuatan Tabel 6. Ketikkan nama field dan tipenya seperti pada gambar dibawah ini Gambar 2. Klik tombol insert masukkan data pada kolom value lalu klik go jika sudah selesai mengisi data Gambar 2. Kemudian klik save lalu terlihat tabel yang telah dibuat Gambar 2.8 Memasukkan Data 9. Kemudian akan terlihat hasil isian data 4 .Gambar 2.

11. 5 .Gambar 2. selanjutnya praktikan akan membuat sebuah database pada phpMyAdmin yang berjudul ‘babyshop’ yang memuat tiga buah tabel yang akan diberi nama : testimonial. kemudian melalui Aphace Console aktifkan Apache dan juga aktifkan MySQL.9 Isian Data 10. Ulangi langkah 5 – 9 dengan nama tabel yang berbeda. Praktikan harus mengaktifkan dulu PHPTriad melalui Start menu program. baju_perempuan. BAB III PEMBAHASAN Setelah memahami konsep phpMyAdmin diatas. dan baju_lakilaki. Manipulasi tabel jika masih terjadi kekurangan pada tabel yang telah dibuat. Kemudian buka internet browser Google Chrome lalu akses http://localhost.

Gambar 3.pertama klik pada phpMyAdmin masukkan username dan pasword.1 Cara Membuka PhpMyAdmin Untuk masuk pada phpMyAdmin. praktikan akan membuat database dengan menggunakan phpMyAdmin.Gambar 3.2 Login pada phpMyAdmin Akan keluar tampilan awal phpMyAdmin seperti pada gambar dibawah ini dan praktikan siap untuk membuat database yang diinginkan. lalu klik login.3 Tampilan Awal PhpMyAdmin Pada gambar diatas merupakan tampilan awal phpMyAdmin. pembuatan database 6 . Gambar 3.

praktikan dapat memasukkan nama table sesuai keinginan praktikan. akantetapi praktikan tidak boleh menggunakan spasi. praktikan dapat memisahkan kalimatnya dengan menggunakan ( _ ).seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 3. Praktikan mengisikan beberapa field yang dibutuhkan pada pembuatan tabel testimonial. setelah praktikan yakin maka praktikan dapat melanjutkannya dengan perintah GO. Gambar 3.tapi kali ini praktikan hanya menggunakan satu kata untuk pembuatan nama database yaitu ‘babyshop’. kemudian keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini. 7 . gambar diatas adalah perintah membuat table.4 Pembuatan Database Dengan munculnya gambar tersebut berarti praktikan telah berhasil membuat database.5 Pembuatan Tabel Testimonial Setelah tabel berhasil dibuat.dengan menggunakan phpMyAdmin lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan mysql karena membuat database dengan menggunakan php tidak perlu mengetikkan semua syntaxnya. membuat database menggunakan phpMyAdmin praktikan dapat menuliskan nama database sesuai keinginan praktikan. dan memasukkan jumlah kolom yang praktikan inginkan pada saat membuat table. Kali ini praktikan membuat table testimonial yang memiliki 4 kolom didalamnya. Setelah praktikan selesai menuliskan nama database maka praktikan dapat melanjutkan dengan klik create.

Maka akan muncul gambar sebagai berikut : 8 .6 Daftar Field Pada Tabel Tabel testimonial berisi empat buah field yaitu ‘Nama’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 30 karakter. Field ‘Pesan’ dengan type data text dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 100 karakter. Field ‘Email’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 30 karakter serta menggunakan kunci primer / primary key. Field ‘Website’ menggunakan kunci primer karena website seseorang itu tidak mungkin ada yang sama.Field ‘Website’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 20 karakter dan menggunakan type data null artinya data ini boleh kosong serta menggunakan kunci primer / primary key. Field ‘Email’ menggunakan kunci primer karena email seseorang itu tidak mungkin ada yang sama.Gambar 3. Semua field yang yang ada pada tabel testimonial menggunakan not null kecuali field website. Setelah praktikan mengisi semua field maka praktikan dapat melanjutkannya dengan klik save.

Pada pembuatan tabel testimonial berikut data – data yang dibutuhkan praktikan : Gambar 3.8 Memasukkan Data Setelah praktikan selesai memasukkan semua data klik tombol go untuk menyelesaikan perintah.7 Hasil Penginputan Field Untuk mengisi data pada tabel digunakan perintah insert pada phpMyAdmin.Gambar 3. maka praktikan dapat melanjutkannya seperti gambar berikut : 9 . dengan perintah ini praktikan dapat menginputkan data yang telah dimiliki oleh praktikan.

10 Menu Browse Apabila praktikan ingin menambahkan data pada table maka praktikan dapat menambah data baru dengan cara klik insert new room pada bagian bawah sebelah kiri.Gambar 3. Maka akan muncul gambar sebagai berikut. setelah di klik maka akan muncul gambar sebagai berikut : 10 . maka pengisian data berhasil dilakukan. Selanjutnya praktikan dapat melihat data yang telah praktikan isi dalam bentuk table dengan cara klik browse.9 Isian Data Dengan munculnya gambar diatas. Gambar 3.

untuk menampilkan table maka praktikan dapat mengklik testimonial.11 Tampilan Pengisian Data Gambar 3.13 Tampilan Isi Tabel 11 . kemudian klik BROWSE maka akan muncul tampilan table seperti gambar berikut : Gambar 3.12 Tampilan Setelah Pengisian Data Pada gambar diatas adalah hasil dari pengisian data.Gambar 3.

sama-sama menghapus dan mengubah. yang dilingkari warna merah adalah perintah untuk menghapus dan mengubah. tapi praktikan cukup mengubah pada baris mana yang terjadi kesalahan dengan cara klik gambar pensil pada baris yang ingin praktikan ubah. Sedangkan silang pada gambar yang dilingkari warna merah adalah gambar untuk menghapus baris pada tabel.14 tetapi tidak sepenuhnya sama. pada kali ini gambar yang muncul hanyalah bagian baris yang ingin praktikan ubah.14 Rincian Isi Tabel Pada gambar diatas. maka akan muncul gambar baris yang praktian ingin ubah. maka praktikan dapat memilih dengan cara klik kolom kecil pada baris kemudian praktikan dapat memilih ingin di hapus atau di ubag. maka praktikan tidak perlu menghapus table kemudian membuat tabel yang baru. jika praktikan ingin mengubah 2 baris maka nanti akan ada 2 baris yang akan diubah.Gambar 3. apabila praktikan salah memasukkan data pada table lalu praktikan ingin mengubahnya. Berbeda dengan dambar yang dilingkari warna biru. Maka akan muncul gambar pengisian data seperti gambar 3. akan tetapi pada gambar yang dilingkari biru itu untuk menghapus atau mengubah beberapa baris sesuai keinginan praktikan. secara fungsi sama. misalnya praktikan ingin mengubah atau menghapus 2 baris. 12 .

Kali ini praktikan membuat table baju_lakilaki yang memiliki 4 kolom didalamnya. kemudian keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini.Gambar 3.17 Daftar Field Pada Tabel Tabel baju_lakilaki berisi empat buah field yaitu ‘Kode’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 10 karakter 13 . praktikan dapat memasukkan nama table sesuai keinginan praktikan. Gambar 3. dan memasukkan jumlah kolom yang praktikan inginkan pada saat membuat table.Gambar dibawah adalah perintah membuat table. Praktikan mengisikan beberapa field yang dibutuhkan pada pembuatan tabel baju_lakilaki.15 Tampilan Tabel Pada Database Untuk membuat tabel ke dua yang diberi nama ‘baju_lakilaki’ klik pada bagian babyshop.16 Pembuatan Tabel Baju_lakilaki Setelah tabel berhasil dibuat. Gambar 3. setelah praktikan yakin maka praktikan dapat melanjutkannya dengan perintah go.

Setelah praktikan mengisi semua field maka praktikan dapat melanjutkannya dengan klik save. Field ‘Nama_baju’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 50. Field ‘kode’ menggunakan kunci primer karena kode pada sebuah baju tidak mungkin ada yang sama. Field ‘Harga’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 20 karakter. dengan perintah ini praktikan dapat menginputkan data yang telah dimiliki oleh praktikan.M. Pada pembuatan tabel baju_lakilaki berikut data – data yang dibutuhkan praktikan : 14 . Maka akan muncul gambar sebagai berikut : Gambar 3. Field ‘Ukuran’ dengan type data enum dan panjang karakter data yang dapat dimasukkan adalah S.serta menggunakan kunci primer / primary key.L dan XL.18 Hasil Penginputan Field Untuk mengisi data pada tabel digunakan perintah insert pada phpMyAdmin.

Maka akan muncul gambar sebagai berikut.Gambar 3. maka praktikan dapat melanjutkannya seperti gambar berikut : Gambar 3. Selanjutnya praktikan dapat melihat data yang telah praktikan isi dalam bentuk table dengan cara klik structure.19 Memasukkan Data Setelah praktikan selesai memasukkan semua data klik tombol go untuk menyelesaikan perintah. 15 . maka pengisian data berhasil dilakukan.20 Isian Data Dengan munculnya gambar diatas.

23 Penambahan Field No 16 .22 Penambahan Field Pada praktikum kali ini praktikan akan menambahkan field di awal tabel. Setelah praktiakn selesai memasukan nama field dan type data kemudian klik save untuk menyimpan tabel yang baju_lakilaki yang baru.Gambar 3.21 Menu Sructure Apabila praktikan ingin menambahkan field pada table yang telah dibuat yaitu dengan perintah add. yaitu dengan tambahan field di awal tabel. ‘At Beginning of Table’ menambahkan field di awal tabel dan ‘after’ menambahkan field setelah nama_field yang dikehendaki oleh praktikan. ‘At End of Table’ menambahkan field di akhir tabel. Gambar 2. Gambar 2. yaitu menambahkan field no yang bertipe data integer dan karakter maksimal yang dapat di masukkan adalah 2 karakter serta menggunakan kunci primer / primary key.

25 Penambahan Data Selanjutnya praktikan memasukan data pada field ‘No’ pada tabel baju_lakilaki. Gambar 2. Gambar 2.Setelah tabel berhasil disimpan maka struktur tabel baju_lakilaki yang baru seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 2.26 Penambahan Data No 17 .24 Struktur Tabel Baru Untuk menambahkan data ‘No’ pada tabel yang telah di perbaharui klik browse lalu centang di bagian lingkaran merah lalu klik pada bagian lingkaran biru.

dan memasukkan jumlah kolom yang praktikan inginkan pada saat membuat table. Kali ini praktikan membuat table baju_perempuan yang memiliki 4 kolom didalamnya.28 Pembuatan Tabel Baju_perempuan Setelah tabel berhasil dibuat. Praktikan mengisikan beberapa field yang dibutuhkan pada pembuatan tabel baju_perempuan. praktikan dapat memasukkan nama table sesuai keinginan praktikan.Setelah praktikan selesai memasukkan semua data klik tombol go untuk menyelesaikan perintah. Gambar dibawah adalah perintah membuat table. Gambar 3. maka secara otomatis isi tabel baju_lakilaki telah ter update seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 2. kemudian keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini. 18 . setelah praktikan yakin maka praktikan dapat melanjutkannya dengan perintah go.27 Hasil Update Tabel Untuk membuat tabel ke tiga yang diberi nama ‘baju_perempuan’ klik pada bagian babyshop.

Field ‘Harga’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 20 karakter.L dan XL.30 Hasil Penginputan Field 19 . Setelah praktikan mengisi semua field maka praktikan dapat melanjutkannya dengan klik save. Field ‘Ukuran’ dengan type data enum dan panjang karakter data yang dapat dimasukkan adalah S. Field ‘Nama_baju’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 50.M.29 Daftar Field Pada Tabel Tabel baju_perempuan berisi empat buah field yaitu ‘Kode’ dengan type data varchar dan panjang karakter yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 10 karakter serta menggunakan kunci primer / primary key. Maka akan muncul gambar sebagai berikut : Gambar 3.Gambar 3. Field ‘kode’ menggunakan kunci primer karena kode pada sebuah baju tidak mungkin ada yang sama.

32 Isian Data Dengan munculnya gambar diatas.31 Memasukkan Data Setelah praktikan selesai memasukkan semua data klik tombol go untuk menyelesaikan perintah. Pada pembuatan tabel baju_perempuan berikut data – data yang dibutuhkan praktikan : Gambar 3. dengan perintah ini praktikan dapat menginputkan data yang telah dimiliki oleh praktikan.Untuk mengisi data pada tabel digunakan perintah insert pada phpMyAdmin. Maka akan muncul gambar sebagai berikut. 20 . maka pengisian data berhasil dilakukan. Selanjutnya praktikan dapat melihat data yang telah praktikan isi dalam bentuk table dengan cara klik browse. maka praktikan dapat melanjutkannya seperti gambar berikut : Gambar 3.

klik pada nama tabel sehingga terbuka halaman tabel lalu klik pada tab export seperti pada gambar dibawah ini : 21 . Untuk mengekspor database klik tab export sehingga terbuka halaman database.33 Menu Browse Untuk mengetahui tabel yang ada pada database ‘babyshop’ cukup klik babyshop lalu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 3.34 Tabel Pada Database Babyshop Database yang baik adalah database yang mangijinkan portabilitas dalam pemindahan artikel.Gambar 3. Sementara itu jika ingin mengekspor tabel saja. Maksud prortabilitas adalah user bisa mengekspor sql statemant yang mendefinisikan struktur tabelnya sekarang.sehingga nantinya hasil ekspor disa digunakan (diimpor) di database lainnya agar tercipta database atau tabel di tempat lainnnya yang strukturnya sama persis.

Gambar 3.36 Ekspor File Kemudian setelah file dibuka maka akan menghasilkan file seperti pada gambar dibawah ini Gambar 3. pilih extensi file none lalu klik go.35 Mengeksport Tabel Jika akan mengekspor tabel centang pada bagian save as file . Kemudian akan otomatis ter download pada google chrome seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 3.37 Hasil Ekspor File Sebelumnya praktikan telah membuat database baru dengan nama babyshop1. hasil ekspor file tabel baju_lakilaki kemudian akan di impor kan ke 22 .

lalu go untuk mengakhiri perintah.dalam database babyshop1 dengan langkah – langkah klik tab impor kemudian klik pada chose file lalu akan keluar tampilan sebagai berikut : Gambar 3.38 Langkah Mengimpor File Pilih file dengan nama ‘baju_lakilaki’ klik open. klik pada tab drop kemudian akan muncul pesan 23 . Tabel akan berhasil di impor pada database babyshop1 seperti pada gambar dibawah ini : Gambar 3.39 Hasil Impor Tabel Kemudian praktikan akan menghapus database babyshop1 dengan menggunakan perintah drop.

40 Drop Database Database akan terhapus. Gamabar 3.41 Hasil Drop BAB IV PENUTUP 24 . klik ok jika benar – benar sudah yakin untuk menghapus database yang telah dibuat.seperti pada gambar dibawah ini. kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut : Gambar 3.

sehingga praktikan bisa lebih bebas dalam berkreativitas khususnya dalam rancangan pembuatan web yang akan dilakukan. 25 . DAFTAR PUSTAKA Hakim. 2. Praktikan dapat menggunakan berbagai macam fungsi yang telah diajarkan dari praktikum pertama. Praktikan dapat membuat database menggunakan phpMyAdmin tentang babyshop. Yogyakarta.2011. 3. Modul Praktikum Basis Data.F.Dari berbagai hal yang telah dilakukan oleh praktikan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1. Maafaat database yang telah praktikan buat yaitu untuk bahan membuat web tentang online shop dalam penjualan perlengkapan bayi.

2014.03]. [Online].Agung .akusukses. Tersedia : http://www. 26 . Cara Membuat Database & Tabel di phpMyAdmin. 12.com/php/cara-membuat-database-tabeltable-di-phpmyadmin/ [6 Juni 2015.