You are on page 1of 6

TUGAS DASAR MANAJEMEN AGRIBISNIS

Disusun Oleh :
Aldiansyar Mugia Utomo

150610140031

AGRIBISNIS
KELAS A
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN

Perusahaan. suatu organisasi yang didalamnya sudah terstruktur dengan rapi dan teratur di mana setiap anggota mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. organisasi informal tidak terstruktur dengan rapi seperti organisasi formal. Sekumpulan orang yang mendaki gunung. Universitas. dan lain-lain.ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL 1. Organisasi Formal Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Arisan. OSIS. dan lain-lain. Perbedaan Organisasi Formal dan Informal Organisasi formal merupakan suatu organisasi yang terdiri dari hubunganhubungan dan jabatan-jabatan. Tidak bertumpu pada pengendalian manajemen seperti pada organisasi formal . A. Sekolah. Organisasi Informal Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. tidak kaku atau luwes atau fleksibel karena organisasi informal lebih mengarahkan hubungan pribadi dari bawahan ke atasan di luar organisasi. Sekumpulan orang yang bersepeda. Selain itu organisasi formal juga memuat aturan dan regulasi yang diterapkan secara formal dan mengatur fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi. Contoh : BEM. Berbanding terbalik dengan organisasi formal. 2.

2.B. Dan biasanya bila atasan tersebut menyukai hobi memelihara burung maka otomatis para bawahan-bawahannya pun mengikuti hobi atasannya yaitu membeli dan memelihara burung. Rapat dan menghadapi klien misalnya dapat membuat kedua belah pihak menjadi jenuh. Sebagai Alat Penyalur Hobi Hobi yang kita sukai bisa kita salurkan di organisasi informal ini seperti mendaki gunung. Manfaat Organisasi Informal 1. kepenatan yang didapat dari tempat kerja bisa dihilangkan sejenak. dan lain-lain. bisa saja membahas sepakbola atau juga hal-hal lainnya. Sebagai Alat Komunikasi Tambahan Pada saat sedang bekerja di suatu perusahaan atau instansi. bersepeda. komunikasi yang terjalin antara bawahan dengan atasan terlihat sangat kaku. Misalnya dengan membuat acara makan bersama di suatu café. serius dan yang diobrolkan hanya masalah pekerjaan saja. Bisa Menghilangkan Kepenatan Sejenak Dengan organisasi informal ini. 3. Dengan adanya organisasi informal ini komunikasi antara bawahan dan atasan tidak melulu membahas tentang pekerjaan. mengajak unit-unit yang ada di tempat kerja untuk bersepeda. berkunjung ke tempat rekreasi dan sebagainya. .

Integrasi Integrasi dalam suatu organisasi yaitu menyatukan keinginan karyawan and kepentingan perusahan agar tercipta kerja sama yang memberikan kepuasan. Simplifikasi Simplifikasi merupakan penerapan yang terorganisisir daripada akal sehat untuk menemukan cara-cara yang lebih baik dan lebih mudah dalam menjalankan suatu tugas. Pengintegrasian ini sangat penting karena merupakan salah satu kunci untuk mencapai hasil yang baik bagi suatu perusahaan dan semua pihak didalamnya. DAN MEKANISME DALAM SUATU ORGANISASI 1. 3. Contoh : Misalnya tujuan umum suatu perusahaan yang poin-poinnya begitu banyak disederhanakan menjadi tujuan khusus dengan sasaran yang lebih jelas dan dibuat lebih rasional . Misalnya tujuan umum dibuat disederhanakan menjadi tujuan khusus dengan sasaran lebih jelas atau tujuan dibuat lebih rasional. SINKRONISASI. Contoh : Atasan atau pemimpin suatu perusahaan melakukan komunikasi yang harmonis dengan karyawan dan juga memberikan motivasi untuk menciptakan integrasi yang kokoh dan kerjasama yang produktif. Contoh : Atasan mendelegasikan tugasnya kepada bawahan dengan arahan-arahan tertentu terkait dengan tugas tersebut. Tanpa adanya koordinasi bisa saja seluruh sumber daya bergerak secara egois atau sesuai dengan kepentingannya dan juga belum tentu untuk mencapai tujuan bersama. Dengan kata lain dengan adanya koordinasi dapat mengarahkan seluruh sumber daya ke arah tujuan bersama. SIMPLIKASI.DEFINISI KOORDINASI. sederhana dan dapat dikerjakan. 2. Koordinasi Koordinasi merupakan tali pengikat dalam organisasi dan manajemen yang menghubungkan seluruh sumber daya yang ada dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama. INTEGRASI. Hal tersebut dapat dilakukan antara lain dengan membuat program-program yang dibuat realistik.

Mekanisme Mekanisme adalah cara kerja suatu organisasi dalam mencapai tujuan bersama dengan cara saling menyesuaikan. . Sinkronisasi akan menurunkan tugas-tugas yang saling tumpang tindih sehingga menurunkan duplikasi kegiatan. Sinkronisasi Sinkronisasi dalah suatu usaha untuk menyesuaikan. Adanya kejelasan pembagian tugas merupakan petunjuk pelaksanaan sinkronisasi. menyelaraskan kegiatankegiatan. Contoh : Komputer pribadi milik atasan ter-sinkron dengan komputer-komputer milik pegawainya juga atau misalnya komputer pribadi milik atasan tersebut berfungsi sebagai server penerima info dari komputer-komputer pegawainya 5. bahkan meniadakan kegiatan yang tidak perlu dan diatur demi tujuan bersama. serta pembentukan tim atau badan koordinasi suatu kegiatan. supervisi langsung. standarisasi keterampilan kerja.4. tindakan-tindakan pada unit-unit sehingga diperoleh keserasian dalam pelaksanaan tugas atau kerja. standarisasi prosedur kerja. standarisasi keluaran kerja.

2013.com/7iqu561jfnsd/integrasi-dalam-perusahaan/. Permatasari.org/1970/01/pengertian-definisi-dan-arti-organisasiorganisasi-formal-dan-informal-belajar-online-lewat-internet-ilmumanajemen. Dilihat pada 5 April 2015. 2011. dilihat pada 5 April 2015. Anonim.html.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Dita. Pengertian. Integrasi Dalam Perusahaan.com/2014/03/kissme-dalam-koordinasi. KISSme Dalam Koordinasi. 2014.html.indonesian- publichealth. Maya. Nur. Fungsi Koordinasi Dalam Sebuah Organisasi. 2012. http://politik. Definisi dan Arti Organisasi Formal dan Informal. .organisasi.kompasiana. Dilihat Pada 5 April 2015.com/2013/06/10/fungsi-koordinasi-dalam-sebuahorganisasi-567462.html. https://prezi. http://www. Dilihat pada 5 April 2015. http://www.