You are on page 1of 7

Daftar Isi

Kepercayaan dan penilaian
sosial.................................................................................

Pengertian

kepercayaan...................................................................................
Pengertian kepercayaan menurut para
ahli....................................................

Perceiving our social
world.........................................................................................

Priming................................................................................................
............
Perceiving & Interpreting
Events..............................................................................
Belief
Perseverance.................................................................................................

.
Constructing Memories of Ourselves and Our

Worlds.............................................
Memories are not
copies.........................................................................................

Judging our social world

Intuisi...................................................................................................

...........
Prosopagnosia.....................................................................................

..........
OverConvidence..........................................................................................
..

..... ............................................. Bias konfirmasi.. Kepercayaan dan penilaian sosial Pengertian kepercayaan Kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain di mana kita memiliki keyakinan padanya Pengertian kepercayaan menurut para ahli Ba dan Pavlov (2002) kepercayaan sebagai penilaian hubunganseseorang dengan orang lain yang akan melakukan transaksi tertentu sesuai dengan harapan dalam sebuah lingkungan yang penuh dengan ketidak pastian Morgan & hunt (1994) kepercayaan terjadi ketika seseorang yakin dengan realibilitas dan integritas dari orang yang di percaya .....................................................

hari berikutnya Anda mungkin menemukandiri Anda membesarkan yang "pengontrol pola . Priming Cat dasar Priming adalah proses dimana suatu rangsangan diberikan mengaktifkan jalur mental. aturan dan suasana hati kita. misalnya kemiskinan. yang merupakan kondisi dimana akses ke itemtertentu dari informasi dalam memori ditingkatkan sebagai akibat pajananterbaru stimulus terkait. dan terjadi tanpa kesadaran kita Prosesini menghasilkan efek priming.Dalam psikologi sosial kepercayaan tentang penyebab suatu kejadian atau keadaan. Diantaranya di jelaskan dengan teori atribusi yang di kembangkan oleh heider (1958) Kita membangun persepsi sosial dan kepercayaan seperti  Penafsiran dan memory mengenai suatu peristiwa yang kita asumsikan   sendiri Menilai suatu peristiwa dengan Intuisi kita . Tidak disengaja. tidak terlihat . setelah dilihat dokumenter padapengendalian penerbangan di TV. Menurut grant setelah melewati berbagai studi dan penelitian selama bertahuntahun di peroleh suatu hal yang semakin jelas bahwa memori tidak sama dengan metafora yang disebut kaum awam. Mengkonstruksi penafsiran dan memori ( perceiving our social world) Kita tidak merespon sebuah kenyataan sebagaimana sebuah kenyataan tapi merespon sebuah kenyataan sebagaimana yang kita bangunnya.  Memory kita adalah sebuah sistem asosiasi dan priming adalah aktivasi  dari sebuah asoasiasi-asosiasi tertentu. Kebanyakan informasi sosial yang kita dapatkan di proses scara otomatis. Sebagai contoh. sehingga meningkatkan kemampuan untuk memproses rangsanganselanjutnya terkait dengan rangsangan priming dalam beberapa cara. Menjelaskan suatu peristiwa dan terkadang menghubung-hubungkan  peristiwa tersebut dengan situasi lainnya atau dengan seseorang Mengharapkan suatu peristiwa prakonsepsi dan harapan tentang orang lain untuk dapat menolong dan membimbing prilaku mreka.

setelah menyaksikan sebuah peristiwa & menerima informasi yang salah akan menghasilkan sebuah kesalahan mengenai hal itu hal itu. bahasa kami adalahdengan kata lain fungsi dari bahasa yang kita dengar diri kita sendiri dansementara ini tidak mengherankan. dan terbentuk dengan adanya . Mengambil ini sedikitlebih jauh.Priming mempengaruhi semua aspek perilaku kita. kenangan kita sebenarnya terbentuk ketika kita memanggilnya .rekayasa perangkat lunak"dalam diskusi dengan rekan Anda di tempat kerja. yang merupakan apa yang disiplin psikolinguistikberkaitan dengan.Relevansi untuk desain interaksi Perceiving & Interpreting Events Sebuah eksperimen menanamkan sebuah penilaian dan gagasan yang salah dalam pikiran seseorang setelah mereka diberikan sebuah informasi . Eksperimen ini membuktikan bahwa penilaian sebelum fakta dapat membiaskan persepsi kita penilaian setelah fakta dapat membiaskan ingatan kita. Belief Perseverance (Mempercayai kegigihan) Kegigihan adalah konsep awal dan dasar dari sebuah keyakinan yang didiskreditkan. Ini adalah salah satu penjelasan mengapa sebuah keyakina terkadang masih dapat bertahan. Constructing Memories of Ourselves and Our Worlds (Membangun kenangan dan dunia diri sendiri) Efek Kesalahan Informasi : Penerimaan "Informasi yang salah " ke dalam memori seseorang. Dokumenter padapengendalian penerbangan yang prima Anda dalam bahwa jejak memori darikonsep "kegiatan pengendalian" adalah sangat diakses. penggunaan bahasa pada gilirannya memiliki pengaruh padapembentukan konsep. • Jauh dari fakta tentang masa lalu. SyntacticPriming adalah kecenderungan untuk menggunakan struktur sintaksis yangparalel dengan struktur kalimat yang telah kita dengar baru-baru ini: Seorangpembicara yang baru saja mendengar kalimat dalam suara pasif kemudianlebih cenderung menggunakan konstruksi pasif sendiri. masih menarik bahwa primingbertanggung jawab untuk efek untuk sebagian besar. Sebagai contoh.

intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil. Sebagai rekonstruksi pengalaman kita tergantung pada pribadi dan sikap kita saat ini. Memories are not copies (kenangan tidak disalin) pengalaman yang kita ingat. hal mana menunjang kesuksesan mereka. adalah bentuk dari rekonstruksi. seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku.pengaruh yang kuat oleh sikap dan perasaan kita pegang pada saat memanggil kembali memori tersebut. Menilai sebuah dunia sosial (Judging our social world) Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. membuat diri kita terlihat lebih baik. Ternyata. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Manusia cenderung lebih mengingat peristiwa –peristiwa yang menyenangkan dan mreka anggap lebih baik. Atau misalnya. "Kenangan direkonstruksi”. Kita bisa merevisi sejarah kita sendiri & lakukan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Tidak jarang. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat. ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Misalnya saja. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak buku-buku mengenai kiat-kiat sukses selalu memasukkan strategi mempertajam intuisi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran.Sampai saat ini dipercaya bahwa intuisi yang baik dan tajam adalah syarat agar seseorang dapat sukses dalam bisnis. di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicaricarinya selama bertahun-tahun. .

Novum Organum. Dalam strategi tersebut disertakan juga pengenalan terhadap ciri sekunder seperti pakaian. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut. walaupun beberapa orang mencoba mengatasinya dengan strategi pengenalan terhadap beberapa ciri wajah satu per satu. Bagian otak yang berhubungan dengan prosopagnosia adalah fusiform gyrus]Fusiform GyrusBelum banyak terapi yang dikembangkan untuk kelainan ini. meskipun pada masa itu istilah bias konfirmasi belum diketahui. penderita juga akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. yang merujuk pada ketidakmampuan untuk mengenali wajah akibat kerusakan parah pada bagian occipital dan temporal lobe dalam otak. warna rambut. walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Francis Bacon pernah menyinggung secara tidak langsung mengenai kesalahan pemikiran ini dalam esainya. Istilah prosopagnosia pertama kali dicetuskan oleh Joachim Bodamer pada tahun 1947. Ia menceritakan mengenai seorang pengunjung di sebuah kuil Romawi yang sebelumnya juga pernah diceritakan oleh Cicero. dan suara. Untuk menghindari over-confidence adalah menyadari dengan baik kemampuan apa yang ada dalam diri sehingga dapat menerima tugas-tugas yang sesuai dengan skill atau keahliannya. Overconfidence Over-confidence adalah suatu kondisi di mana seseorang yakin dia bisa melakukan sesuatu padahal sebenarnya dirinya tidak mampu melakukan. Orang Romawi bercerita mengenai kehebatan dewa-dewa mereka agar pengunjung tersebut terkesan dan kemudian memperlihatkan sebuah gambar beberapa pelaut yang selamat dari . Beberapa orang juga menggunakan istilah prosophenosia.Prosopagnosia adalah kelainan dalam mempersepsi wajah yang membuat orang yang mengalaminya akan sulit mengenali wajah termasuk wajahnya sendiri. bentuk badan. Karena wajah berfungsi sebagai ciri yang penting untuk melakukan identifikasi dalam ingatan. Bias konfirmasi adalah suatu kecenderungan bagi orang-orang untuk mencari bukti-bukti yang mendukung pendapat atau kepercayaannya serta mengabaikan bukti-bukti yang menyatakan sebaliknya. Kesalahan pemikiran ini menyebabkan penarikan kesimpulan yang salah dan merintangi pembelajaran yang efektif.

. "Di mana gambar mereka yang sudah berdoa tapi tetap tenggelam?" Dalam sebuah percobaan yang dilakukan oleh Dan Ariely dan rekan-rekannya. Menyikapi hal tersebut. Dan menyimpulkan bahwa ekspektasi seseorang dapat mempengaruhi persepsinya. Sementara itu. sang pengunjung bertanya.kecelakaan kapal karena rajin berdoa. ketika tidak diberitahu mengenai cuka mereka lebih menyukai bir tersebut. memberitahu sekelompok orang bahwa segelas bir telah dicampur dengan cuka balsamik membuat sebagian besar dari mereka tidak menyukai bir tersebut.