You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Bagi manajeman untuk dapat mengendalikan sesuatu instansi lebih baik salah
satunya dengan proses yang sistematis untuk menilai efektivitas dan efesiensi. Efisiensi
adalah sebuah konsep yang mencerminkan perbandingan terbaik antara usaha dengan
hasilnya. (Gie : 1985)
Efektivitas sebenarnya ditentukan dengan menetapkan sampai sejauuh mana
manajeman mewujudkan tujuan yang harus dicapai sedangkan efisiensi diukur
berdasarkan jumlah komponen yang digunakan untuk mewujudkan hasil yang dicapai.
Masing-masing orang dapat memandang manajemen sesuai dengan cara pandang
mereka. Walaupun berbeda dalam cara pandang, namun konsep manajemen tetap
mengacup ada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
Efektivitas dan efisiensi sangat berkaitan erat dan didalam manajeman sangat di
perlukan. Yang terpenting dalam manajemen karena mengacu pada hubunganan tara
keluaran dan masukkan (output/input).

1

4. Manfaat Semoga makala ini dapat berguna bagi penulis dan pembaca. Sederhananya.  Menjelaskan kepada pembaca tentang manajeman sebagai suatu ilmu dan seni.  Menjelaskan kepada pembaca tentang manajeman sebagai profesi. Rumusan Masalah  Apakah yang dimaksud efisiensi dan efektivitas?  Bagaimana manajeman sebagai proses kegiatan?  Manajemen Sebagai Profesi  Manajemen Sebagai Suatu Ilmu dan Seni  Manajemen Sebagai Kumpulan Orang untuk Mencapai Tujuan 1.1. BAB II PEMBAHASAN 2. efisiensi berarti mengerjakan sesuatu dengan benar (doing things right). efisiensi menunjukkan kemampuan organisasi dalam menggunakan sumber daya dengan benar dan tidak ada pemborosan. Pengertian Efisiensi dan Efektivitas Efisiensi merupakan bagian yang terpenting dalam manajemen karena mengacu pada hubunganan tara keluaran dan masukkan (output/input). 1.3.  Menjelaskan kepada pembaca tentang manajeman sebagai proses kegiatan. Untuk para remaja akan menyadari baik buruknya meniru cara berpakaian budaya asing. Menurut Drucker.2. sedangkan efektif adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things).  Menjelaskan kepada pembaca tentang manajeman tujuan sekumpul orang.1. 2 . Tujuan  Menjelaskan kepada pembaca tentang efisiensi dan efektivitas manajeman.

2. melaksanakan serta mengkoordinasi yang direncanakan sampai dengan kegiatan mengawasi atau mengendalikan kegiatan yang dilaksanakan agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Proses manajemen yang dimaksud.2. akan tetapi bagaimana tujuan itu bias dicapai dengan cara efektif dan efisien. 3 . dan pengendalian. Dengan demikian antara efektivitas dan efisiensi itu saling terkait. Proses pembuatan rencana dan konsep alternative langkah-langkah untuk mencapai tujuan. Karena itu penyebutan manajemen disini adalah proses ditemukannya peluang-peluang yang menguntungkan. namun konsep manajemen tetap mengacup ada perencanaan. Organisasi yang mencapai suatu kesuksesan adalah organisasi yang mampu menciptakan secara bersama-sama tingkat efisiensi dan efektivitas yang tinggi.Sedangkan efektivitas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai sasaran-sasaran (hasilakhir) yang telah ditetapkan secara tepat. melaksanakan rencana dan langkah-langkah tersebut sampai pada upaya mengadakan pengawasan. Walaupun berbeda dalam cara pandang. Manajemen diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dimulai dari kegiatan merencanakan. juga dalam arti suatu rangkaian kegiatan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan bantuan orang lain. pengarahan. Masing-masing orang dapat memandang manajemen sesuai dengan cara pandang mereka. Pencapaian hasil akhir yang sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan dan ukuran maupun standar yang berlaku mencermin akan suatu organisasi tersebut telah memperhatikan efektifitas operasionalnya. Manajemen Sebagai Proses Kegiatan Sebagai suatu proses kegiatan. pengorganisasian. Organisasi tidak hanya dituntut mengejar tujuan semata.

faktor yang cukup yang menentukan keberhasilannya adalah kekuatan pribadi kreatif yang dimiliki.4. Seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan tertentu akan memperoleh status dan insentif manakala mereka terlibat dalam organisasi. Manajemen Sebagai Suatu Ilmu dan Seni Upaya pencapaian tujuan dengan pendekatan (approach) menjelaskan fenomen ada ngejala manajemen serta mentransformasikan dan mengidentifikasi proses manajemen berdasarkan kaidah ilmiah. Sehingga mereka yang bekerja dalam organisasi dengan menggunakan keahliannya dikelompokkan dalam kelompok manajemen 4 .2. namun juga berhubungan dengan manusia. Dalam pelaksanaan kegiatan. Dalam penerapannya manajemen memerlukan pendekatan dari bidang ilmu yang lainnya. b. Prinsip dan konsep manajemen dapat dipelajari b. c. perasaan. d. Manajemen sebagai senidiartikan sebagai pendekatan pencapaian tujuan yang lebih banyak dipengaruhi oleh kekuatan pribadi. Kesuksesan dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat paramanajer. Manajemen Sebagai Profesi Penekanan utama dalam penyebutan manajemen sebagai profesi adalah pada kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau manajer dengan menggunakan keahlian tertentu. 2. dan karakter pelaku-pelaku manajemen terutama dari unsur manajer atau pimpinan. Dalam proses pencapaian tujuan sering kali melibatkan unsure naluri (instinct). bakat. Objek dan sarana manajemen untuk mencapai tujuan sebagian adalah elemen-elemen yang bersifat materi.3. ciri-cirinya yaitu: a. Proses manajemen tidak hanya berkaitan dengan masalah kebendaan. c. Decision making dapat didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah. dan intelektual. Manajemen sebagai suatu ilmu memiliki ciri-ciri sebagai berikut : a.

Didalam manajeman itu sendiri ada proses efisiensi dan efektivitas.professional. kedua inilah yang diperlukan di 5 .5. Manajemen Sebagai Kumpulan Orang untuk Mencapai Tujuan Setiap kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara kooperatif dalam organisasi disebut sebagai aktivitas manajemen. BAB III PENUTUP .Kolektifitas orang-orang tersebut bergabung dalam suatu organisasi dan dipimin oleh seorang pemimpin (manajer) yang bertanggung jawab penuh atas upaya pencapaian tujuan secara efisien dan efektif.1. Kesimpulan Bagi manajeman untuk dapat mengendalikan sesuatu instansi lebih baik salah satunya dengan proses yang sistematis untuk menilai efektivitas dan efesiensi. Profesionalis memanajemen dikategorikan kedalam suatu profesi yang memang membutuhkan suatu keahlian tertentu dan diakui posisi dan keahliannya oleh masyarakat. 2.

Manajeman ada sebagai profesi.manajeman. sesuatu ilmu dan seni dan sekumpulan orang yang menjadikan manajeman tujuan utama. 6 . sebagai proses kegiatan.

00 WITA.html/ diunduh 7 Maret 2015 pukul 15.blogspot.DAFTAR PUTAKA Rindayah. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.com/2012/04/efisiensi-dan-efektivitas-manajemen. 2003. Hanafi. 7 . Pengantar Manajeman. http://bagusprostyle.