You are on page 1of 9

Tugas

Pemodelan dan Komputasi
Analisis Sayap Pesawat menggunakan Software Autodesk
Inventor 2013

Disusun Oleh :
Nama

: Ali Ashar Rj

NIM

: 11/313532/TK/37936

TEKNIK MESIN
JURUSAN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2013

Material utama pesawat adalah Kayu Balsa. Panjang sayap pesawat adalah 2200 mm dan lebar 340 mm. .Model 3D Pesawat Pesawat didesain menggunakan software autodesk inventor 2013. Pertimbangan menggunakan Kayu Balsa karena material yang ringan dan mudah dibentuk. Tipe airfoil yang digunakan adalah NACA 2412.

Jadi roket tetap dapat terangkat ke atas meskipun tidak ada udara. Sesuai dengan asas Bernoulli . yang berarti laju aliran udara pada sisi bagian atas pesawat (v2) lebih besar daripada sisi bagian bawah sayap (v1). berbeda dengan roket yang terangkat ke atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan roket dengan roket itu sendiri. pesawat terbang tidak dapat terangkat jika tidak ada udara. sebagai reaksinya gas mendorong roket ke atas.Hukum Bernoulli tentang aliran dan tekanan udara Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yangmelalui sayap pesawat tersebut. dan sisi bagian atas yang lebih melengkung dari pada sisi bagian bawahnya. Garis arus pada sisi bagaian atas lebih rapat daripada sisi bagian bawahnya. Roket menyemburkan gas ke belakang (ke bawah). Gambar di bawah adalah bentuk penampang sayap yang disebut dengan aerofoil. Penampang sayap pesawat terbang mempunyai bagian belakang yang lebih tajam dari pada bagian depan.

Tekanan pada sisi bagian atas pesawat (p2) lebih kecil daripada sisi bagian bawah pesawat (p1) karena laju udara lebih besar. dengan ρ adalah massa jenis Asumsi Tekanan bawah pesawat = 50 pa Tekanan diatas pesawat adalah = 30 pa Untuk ultimate strength dari kayu balsa adalah . . dengan A merupakan luas penampang total sayap jika nilai p1 – p2 dari persamaan gaya angkat diperoleh . Beda tekanan p1 – p2 menghasilkan gaya angkat sebesar: . udara.

.

Analisis Finite Element menggunakan Autodesk Inventor Karena di inventor tidak ada kayu balsa material yang kita pilih adalah wood ( cherry ). Tekanan yang bekerja pada pesawat. Material yang sama sama ringan. Untuk tekanan bagian atas = 30 pa dan untuk bagian bawah = 50 pa . Posisi fix yang kita pilih adalah di bagian tengah sayap karena bagian ini terhubung dan menyatu dengan badan pesawat dan dibaut.

Hasil analisis Finite element method Untuk von misses stress .

Untuk principal stress Untuk displacement .

kompasiana.com/forum/aerodynamics-76/9536433-1-4scale-schneider-cup-airfoil.net/yuesbi/eDU.net/Transportasi/bgmn-pesawat%20bisa %20terbang%28aryo%29%20-%20upload/semua.auszac.com/file-download/Pengenalan-Aeromodelling.com/Balsa%20wood%20Properties %20Guide.com/terapan/2012/05/14/sayapburung-inspirasi-dan-ambisi-wright-bersaudara-462901.html http://idkf.pdf http://teknologi.html ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL NACA 2412 PADA SAYAP PESAWAT MODEL TIPE GLIDER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTIONAL FLUID DINAMIC UNTUK MEMPEROLEH GAYA ANGKAT MAKSIMUM .rcuniverse.html http://www.bogor.KU/edukasi.pdf http://www.Daftar pustaka http://rc-murah.