You are on page 1of 15

BAB I

PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Perubahan-perubahan yang terjadi di zaman kita ini sungguh dahsyat, radikal, dan
luas meliputi seluruh dunia mengenai berbagai aspek kehidupan yang penting. Perubahanperubahan ini bisa dilacak dari awal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang pada
gilirannya berpengaruh pada perubahan-perubahan sosial dan ekonomi. Perkembangan
teknologi modern telah mengubah pola produksi yang semula bersifat agraris dan substansi
menjadi industrial dan komersial. Akibatnya menimbulkan apa yang sekarang kita kenal
dengan globalisasi. Perkembangan semacam ini berpengaruh besar dalam perubahan mental,
cultural, dan hubungan sosial. Perkembangan teknologi di bidang media masa dan jaringan
telekomunikasi menawarkan berbagai nilai baru yang bersifat sekunder.
Perubahan zaman ini menjadi menakutkan terutama bagi mereka yang mempunyai
kepedulian yang mendalam mengenai arah perjalanan sejarah manusia dan tujuan akhirnya
suasana ketakutan ini meliputi berbagai aspek penting dalam kehidupan terutama kehidupan
agama.
Dalam era modern sebetulnya agama bisa dan telah pula memanfaatkan kemajuan
pemikiran ilmiah untuk mendasari cara pandang keTuhanan (teologi), moral dan kiprah sosial
serta aspek-aspek lainnya.
Dalam perkembangan teknologi sebenarnya berpengaruh besar pada agama, terutama
pada penyebarannya, di zaman ini sudah jarang orang-orang membaca kitab atau pergi ke
gereja. Mereka lebih disibukkan oleh pekerjaan mereka dan perkembangan teknologi yang
sedang meriah-meriahnya. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi para pemuka agama,
sehingga muncullah suatu kesimpulan bahwa agama pun harus mengikuti perkembangan
iptek.
1.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah dari Iman dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
sebagai berikut :
A.
B.
C.
D.

Apa pengertian dari Iman dalam Teknologi ?
Bagaimana pandangan Iman terhadap Teknologi pada Era Global ?
Bagaimana kedudukan Agama dan Teknologi pada manusia jaman sekarang ?
Bagaimana Peran Agama terhadap IPTEK dan peran IPTEK terhadap Agama?

I. Mewujudkan sikap beriman terhadap tantangan global yang merajalela di zaman yang modern.3 Tujuan Tujuan dari penulisan makalah berjudul “Iman dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” adalah membantu melihat permasalahan yang terjadi yang terjadi berkaitan dengan Iman dalam Teknologi. BAB II PEMBAHASAN .

sehingga diharapkan orang-orang menjadi tertarik dan dapat tetap mengikuti perkembangan teknologi tanpa meninggalkan agama. bukan dihayati sepenuhnya. Lebih lanjut masyarakat dewasa ini dikondisikan oleh apa yang kita kenal sebagai “budaya global”. bagi orang yang merasa terlindungi atau punya kekuasaan. cukup berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika orang-orang sudah mulai terlalu bergantung pada teknologi dan menjadi takut akan teknologi. Akan tetapi tak semua orang akan memperjuangkan agamanya. Situasi ini menjadikan masyarakat menjadi semakin terbuka pada keyakinan-keyakinan lain. Perubahan yang paling mudah terlihat adalah perubahan teknologi. B. Setiap orang merasa bertanggungjawab atas agama yang dianutnya sendiri. Ricouer masih dalam taraf perwujudan mengganti eksistensi “agama”. persoalan agama dan penghayatan iman digugat maknanya. mereka mulai meninggalkan agama. Pandangan Iman terhadap Teknologi pada Era Global Sekarang ini kita berada dalam zaman dimana sering terjadi perjumpaan antar agama dan budaya yang berbeda sementara itu penghayatan agama pun semakin personal dan eksistensial. Sehingga mereka menjadi terbagi mereka yang terpengaruh oleh perkembangan dan keyakinan teknologi dan mereka yang tetap berpegang pada keyakinan agama mereka . yang akhirnya berdampak pula pada perubahan agama kita. Pengertian Iman Dalam Teknologi Di tengah perkembangan dunia yang semakin global dan sekunder. perubahan yang terjadi pada zaman ini sungguh banyak dan meluas dan meliputi seluruh dunia. mereka cenderung menghindari masalah dan ingin lepas dari pertanggungjawaban religius tersebut. Dalam pengertian agama dalam teknologi. hal ini di tanggapi oleh para pemuka agama dan mereka mengambil beberapa tindakan. Dalam hubungan agama dengan teknologi sendiri.A. Sementara itu ada pula yang merasa takut akan perubahan zaman dan mencari-cari agama sebagai tempat berlindung. Sebagaimana “iman” yang dimaksud oleh P. Para penganut agama menyadari bahwa perubahan tersebut pastilah akan berdampak besar pada pemikiran agama di zaman ini dan harus berusaha mempertanggungjawabkan dasar penghayatan religiusnya. contohnya proses penyebaran agama yang bisa menggunakan iptek. Hal ini tentu saja menjadi tantangan dalam menghadapi perubahan tersebut. sehingga agama hanya digunakan sebagai tempat untuk menghindari masalah.

Mengapa? Mari kita pahami mengapa beberada orang mengatakan bahwa iman tak dapat menerima teknologi. Disini akan kami jabarkan bagaimana iman dan teknologi dapat bersekutu: 1. Teknologi harus sesuai dengan nilai-nilai moral . Teknologi dapat menjadi berhala. berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. Lain dari itu teknologi juga digunakan untuk menciptakan alat-alat yang bertujuan untuk menghancurkan satu sama lain.masing-masing. perkembangan teknologi akan membawa kesejahteraan bagi umat manusia. agama dipandang sebagai penghambat kemajuan teknologi karena dianggap mempercayai sesuatu yang tidak masuk akal. persenjataan dan bom nuklir. sebagai contoh. karena dapat menjelaskan segala perkara. Namun ada masyarakat yang menentang mempelajari . Kemudian menciptakan keadaan yang tak bernorma. Sehingga terjadilah perselisihan dan ketegangan antara teknologi dan iman. Menurut mereka teknologi merupakan hasil nalar atau akal budi manusia. lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak. bagi masyarakat yang mendukung. Dengan kehadiran teknologi audio dan visual seperti alat-alat elektronik. untuk apakah teknologi tersebut digunakan? Teknologi dan iman dapat bekerja sama dan menjadi sekutu. memahami dan menggunakan teknologi. apalagi memajukan teknologi itu sendiri. hal itu tak dapat dipungkiri lagi. Pertanyaannya adalah.” 2. jelaslah bahwa teknologi membawa dampak negatif pada manusia. Sehingga teknologi dijadikan dewa dan manusia tidak memerlukan Tuhan. menyebabkan penyebaran hiburanhiburan yang tak bermoral dan merusak iman manusia. masalah hidup dan memenuhi harapan manusia. sehingga itu dianggap bertentangan dengan iman. Namun bukan berarti teknologi tidak mempunyai sisi positif yang seimbang. Bila kita lihat pada kenyataanya. Dari pendapat tersebut. penuhilah bumi dan taklukanlah itu. Di sisi lain. Teknologi adalah tugas Pengaruh iman yang mendorong lahirnya teknologi adalah cermin sikap dari iman yang bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagaimana yang tertulis pada Kitab iman Kristiani Kejadian 1:28 “Allah memberkati mereka.

Walaupun demikian. perubahan ini juga merubah cara pandang manusia terhadap agama. Dampak dari perubahan tersebut diharapkan mampu dirasakan oleh masyarakat luas. Artinya ajaran-ajaran agama dapat merubah umatnya kearah yang lebih baik. Sebetulnya mentalitas hidup yang disebut individualisme sudah muncul sejak zaman pencerahan (aufklarung). melainkan hanya sebagai pelengkap atau formalitas saja. Sehingga agama bukan lagi menjadi pedoman ataupun penerang dan penentram jiwa. banyak masalah yang terjadi. Maka dari itu haruslah penggunaan teknologi sesuai dengan nilai moral.Teknologi dapat menjadi sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satu alasannya adalah bahwa mereka tidak menulusi iman dan menganggap bahwa hal pokok adalah pekerjaan mereka. maka timbullah asumsi bahwa agama perlu mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dari masa ke masa. Akibat kondisi tersebut. Teknologi juga diharuskan sesuai dngan norma yang berlaku di dalam masyarakat. meskipun mengikuti proses berjalannya teknologi. C. Peran agama dalam IPTEK dan peran IPTEK dalam agama Peran Perubahan. Perombakan itu juga mengakibatkan renggangnya hubungan manusia dengan Tuhan. Namun proses ini tidaklah berjalan dengan baik. agama tidak boleh salah kaprah menilai bahwa semua hal dalam masyarakat [misalnya unsur-unsur budaya. di gereja terjadi penciutan iman. dapat juga menjadi bencana. dengan taat dan bertanggungjawab kepada norma-norma Allah. Agama harus membuka peluang agar umat dengan keputusan sendiri melakukan perubahan sekaligus mengubah masyarakat. Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya merambah ke struktur kehidupan dari kebersamaan menjadi individualis. Ajaran-ajaran agama pada masa ini mulai memudar dan tak berbobot. dengan semboyannya:”Beranilah berpikir sendiri!” ( sapere aude!). sedangkan agama hanyalah bagian sekunder dari hidup mereka. maka tantangan ketiga dalam hidup keagamaan di zaman ini adalah individualisme. Kedudukan Agama dan Teknologi pada Manusia Jaman Sekarang Kalau tantangan pertama adalah pluralisme dan tantangan kedua adalah sekularisme. bagi kaum yang muda maupun yang tua. sehingga jumlah pengikutnya pun berkurang drastis.2 Namun perubahan ini juga merombak konsep manusia itu sendiri (manusia diperbudak oleh teknologi). tatanan . D.

Peran Perubahan Pribadi Manusia. Agama hanya memberikan pertimbangan agar umat dengan suka rela meninggalkan hal-hal tersebut. Alasan-alasan positif seseorang menjadi umat beragama. Hampir semua bentuk-bentuk penyimpangan. pendidikan. umat beragama. Peran Perbaikan Keadaan Masyarakat. Kesadaran adanya TUHAN. Peran Edukasi. serta tindakan kriminal tersebut dilakukan oleh manusia yang beragama. maka tidak perlu melakukan pemaksaan agar meninggalkannya. melalui edukasi. Semuanya itu berarti. Memang agama lebih banyak berperan bimbingan spiritual atau rohanian. 3. Mampu mendorong manusia melakukan kasih. pengharapan. pengajaran dalam arti seluas-luasnya. Edukasi dimaksud menyangkut pembinaan. agama-agama membangun atau mendirikan institusi pendidikan mulai tingkat rendah sampai tinggi. agama dapat berperan untuk membangun peradaban baru. serta berbagai tindak kriminal lainnya. cara hidup warisan nenek moyang. pelanggaran hukum. dan cinta kasih. yaitu iman. dengan alasan utama yaitu membentuk sumber daya insani yang berkualitas serta mampu berperan pada berbagai aspek hidup dan kehidupan. harus membuktikan bahwa hidup dan kehidupannya sesuai dengan ajaran agama. pelanggaran. maka akan mengalami perubahan pada hidup dan kehidupannya. ketidakpedulian terhadap sesama manusia. menyangkut tiga hal penting. 1. seseorang yang beragama dan sekaligus melaksanakan serta mengimani ajaran agama.dan interaksi sosial. 2. Ini berarti ada manusia yang beragama tetapi ia sekaligus bertindak sebagai perusak hidup dan kehidupan masyarakat. Melalui peran edukasi tersebutlah. ditandai dengan tampilan diri yang baik dalam hidup dan kehidupan setiap hari. Ia bertindak sebagai perusak . Jika agama menemukan hal-hal dalam masyarakat yang mungkin saja bertantangan dengan ajaran keagamaan. akan tetapi tidak boleh berhenti sampai di situ. Peran edukasi pada agama-agama dapat menghasilkan umat taat dan tunduk kepada TUHAN. bisa dipastikan bahwa. mengingatkan dirinya sendiri bahwa TUHAN yang menciptakan serta mengatur segala sesuatu termasuk hidup dan kehidupan. dan lain-lain] sebagai kebiasaan lama yang harus dirubah karena tidak sesuai dengan ajaran agama. Agama juga bisa berperan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang berguna untuk kesejahteraan umat manusia. tidak menutup kemungkinan. perubahan diri seseorang ketika ia menjadi umat beragama yang setia dan taat. Ajaran-ajaran agama mampu sebagai pagar pembatas agar tidak jatuh serta terjerumus ke dalam cara-cara hidup yang buruk serta negatif. Pada hakekatnya. Dengan keyakinan seperti itu. antara lain agar memperoleh kepastian keselamatan. Kompleksitas permasalahan sosial dalam masyarakat dapat menimbulkan penyimpangan. Dengan demikian.

TUHAN untuk semua umat manusia. Agama-agama mengajarkan adanya TUHAN Allah yang Esa. maupun yang terbuka. . toleran. Pada sikon seperti itu. Jika. Peran sebagai alat pemersatu masyarakat harus dimulai dari pribadi-pribadi yang terbuka. Dewasa ini IPTEK menempatkan diri sebagai pembangun dalam suatu Negara dan Bangsa. umumnya. Peran IPTEK dalam Agama Peran IPTEK sendiri ada yang bersifat positif (baik) dan negetif (buruk). maka dengan sendirinya akan membangun pemisahan berdasarkan agama. agama tetap mempunyai hak dan banyak sekali kemampuan untuk merubah manusia. serta mempunyai wawasan sempit. Hampir semua aspek yang membedakan manusia. sebagai akar perbedaan. serta mempunyai kemampunan untuk melihat perbedaan sebagai kesejajaran dan kesamaan untuk membangun dan menuju kemajuan. mereka memperlihatkan kesamaan agama-agama sebagai institusi Ilahi. yang datang dari TUHAN yang sama dan Esa. Secara langsung maupun tidak. terutama para pemimpin atau tokoh-tokoh keagamaan. agama-agama datang dari TUHAN yang sama. Adanya perbedaan ajaran agama-agama dapat menjadi [di sana-sini] konflik diam antar umat beragama. Peran Persatuan dalam Masyarakat. jika menerima khotbah-khotbah dan ajaran-ajaran yang selalu menyatakan perbedaan. Dengan itu. berwawasan luas. konflik telah menyebabkan permusuhan yang diam antar umat beragama di luar wilayah konflik. Memang agama tidak mempunyai hak yudikatif terhadap pelanggar hukum-hukum sosial dan masyarakat. konflik tertutup tapi dampaknya sangat terasa. Akan tetapi. maka selayaknya juga membawa kepersatuan dalam masyarakat. sangat mudah meledak menjadi kerusuhan sosial-rasial. agamaagama. manusia yang berubah [karena peran agama] sehingga perubahan itu berdampak luas pada masyarakat. perlu memperlihatkan serta menonjolkan peran persatuan dalam masyarakat. silent conflict. Akibatnya. Oleh sebab itu. karena mungkin saja tidak mempunyai penghayatan serta ketidaksetiaannya menjalankan ritus-ritus keagamaanya. Inilah yang merupakan peran IPTEK yang positif. Pada masyarakat yang sederhana dan pendidikannya kurang memadai. Suatu Negara dan Bangsa bisa berhasil dalam pembangunan. masyarakat menjadi terpecah walaupun mereka tidak terlibat secara langsung dalam konflik umat beragama.4. Kehidupan masyarakat hanya bisa diperbaiki oleh pribadi-pribadi yang mengalami perubahan karena mendapat tuntunan keagamaan. Konflik yang diam. itu karena kejanggihan IPTEK. agama harus berperan sebagai alat untuk membangun hubungan baik antar manusia. Manusia yang berbeda agama bukan merupakan ancaman melainkan saudara. Sikon seperti itu hanya bisa diperbaiki jika agama berperan sebagi pelopor persatuan masyarakat. agama harus bisa berperan untuk merubah umatnya itu. Di sini terjadi. Ini berarti.

Dewasa ini. pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.Namun tidak semua Negara dan Bangsa yang perkembangan IPTEKnya canggih membawanya kearah yang baik pula. dan dalam kecepatan yang makin tinggi. sehingga seakan-akan memperpanjang. telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru ‘membelenggu’ perilaku dan gaya hidup kita sendiri. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia. memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar. serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Apakah dia mau menggunakan IPTEK dalam hal yang bernilai positif (baik) atau bernilai negatif (buruk). Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Kecanggihan memang terasa sah-sah saja. Memberikan banyak kemudahan. pancaindra dan otak manusia. karena ditopang pula oleh system-sistem sosial yang kuat. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. karena dengan kecanggihan IPTEK. teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Ini hanya berpulang dengan pribadi lepas pribadi. Masyarakat yang rendah kemampuan teknologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi. Karena Negara atau Bangsa seperti ini kebanyakkan moral dan etika baik semakin terkikis. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. . mempermudah pekerjaan yang sulit atau yang tidak dapat di jangkau. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat.

kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang: 1. Dalam peradaban modern yang muda. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar. seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. iptek sudah merupakan suatu religion. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Bagi masyarakat sekarang. Ringkas kata. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer. kebahagiaan dan imortalitas. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain: .Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Bidang Informasi dan komunikasi Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan. terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.

 Kecemasan teknologi selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer.Kecenderungan perkembangan teknologi dan . Kerusakan komputer karena terserang virus. Bidang Ekonomi dan Industri Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. 2. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet  Kita dapat berkomunikasi dengan teman. Rusaknya modem internet karena disambar petir.  Manusia semakin malas karena adanya barang-barang elektronik terlebih di era modern ini perusahaan alat-alat elektronik selalu berlomba-lomba untuk membuat hal yang meringankan kinerja otak maupun fisik manusia dan sudah menjadi hal utama sehari-hari yang dilakukan oleh seluruh mayoritas manusia tertentu. dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Dan lain-lain Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif. kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. antara lain:  Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu  Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:  Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi  Terjadinya industrialisasi  Produktifitas dunia industri semakin meningkat  Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone  Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh.  Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain. pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut. sebagai anggota parlemen. dan berbagai jabatan penting lainnya. akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan2.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. gubernur. . Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.  Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya. akan melahirkan generasi yang disiplin.1. 3.  Tekanan. menteri. senator.ekonomi. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Bidang Sosial dan Budaya Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat :  Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin. Akibatnya. kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

seperti perkelahian. Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat. khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Bidang Pendidikan Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:  Munculnya media massa. pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan. dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. internet. corat-coret. seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. . khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer.Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material. yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metodemetode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak.  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja. telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet.  Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. 4. Program internet relay chatting (IRC). Akibat lanjut bisa dilihat bersama.

Kemampuan. keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Implikasi dari permasalahan ini adalah. Di bidang politik internasional. Membentuk Generasi Masa Depan Dengan Benteng Iman Saran normatif yang selalu kita dengar adalah dengan meningkatkan iman dan taqwa kita kepadaAllah Swt. juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme.Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru. Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain: Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven. Proses regenerasi kepemimpinan. dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental. kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar. Dapat diramalkan. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi. tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor. Bidang Politik Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. maka segala macam godaan untuk . Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. dengan iman yang teguh. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lai 5. tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Logikanya.

untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. peningkatan keimanan dan ketaqwaan ini bukan hanya individual. kita mungkin bisa menyuruh diri kita sendiri. 2. Iman sebagai pertahanan & adaptasi arus budaya global yang dianggap kurang sesuai dengan budaya lokal & ajaran islam. Dalam kalangan muslim. Namun. kalau kita mau. Setiap prilaku yang menyimpang. Iman sebagai alat untuk memilih & menyaring sistem & implementasi perkonomian yang akan dijalani bagi kehidupan pribadi & lingkungan. agar berhasil secara nasional. Peranan dari iman seharusnya mampu mengubah setiap perilaku manusia yang menyimpang. untuk bisa meningkat secara kolektif. melainkan juga kolektif. Perubahan ini bukan hanya berlaku pada suatu pemerintahan. Iman sebagai filter & pegangan dalam bersosialisasi. Kita perlu ‘reach-out’. terutama oleh ummat yang awam. Secara individual. 3. seharusnya diarahkan menjurus ke agama atau kepercayaan . maka diperlukan usaha-usaha tambahan untuk mempengaruhi orang lain agar mau melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan iman dan taqwa mereka. BAB III PENUTUP III. ini disebut dakwah. Saran ini memang mudah diucapkan tetapi tidak mudah untuk dilaksanakan. Iman sebagai alat untuk Memilih & Menggunakan tenologi bagi kepentingan kebaikan publik – sekarang & kedepan. Apalagi kalau diingat bahwa. sesuai ajaran islam. sesuai ajaran islam. 4. Baik pada era globalisasi maupun bukan.menyimpang dari hukum Allah akan dapat ditepis. terutama dalam pemunculan teknologi banyak perubahan yang terjadi. namun berlaku pula pada masyarakat umumnya. sesuai ajaran islam. Banyak sekali iman kita yang goyah karena pengaruh dunia yang semakin canggih. sebaiknya peran iman digunakan sebagai: 1. Dakwah dalam keluarga maupun dalam masyarakat yang menyangkut kehidupan sehari – hari. mengingat kuatnya godaan dan gempuran globalisasi ini. 1 KESIMPULAN Pada era globalisasi yang mencakup semua kawasan dunia.

A.html . III. C. tetapi hendaklah iman kita menjadi filter dalam menjalani setiap perkembangan teknologi yang semakin up to date. Setiap orang diharuskan mampu melakukan perbuatan yang terarah menurut kepercayaan masing-masing.com/2012/12/iman-dalam-iptek. Jakarta : Gunung Mulia http://672012112.masing-masing orang. AGAMA (DI ZAMAN) YANG BERUBAH. dan kepercayaan kita tidak boleh berubah seperti perubahan teknologi yang selalu update. namun baiklah kita terus berbena diri dan semakin menjadi baik.IMAN DAN ILMU PENGETAHUAN. boleh mengikuti arus perkembangan teknologi. Dan kita selaku manusia.2006. karena melakukannya berdasarkan pada perkembangan zaman. MR. maupun perkembangan zaman yang terus berkembang.blogspot. Dan kita harus bisa menjadi filter dalam diri dalam menyaring setiap informasi. Untuk itu walaupun zaman semakin canggih. D. DAFTAR PUSTAKA Sudiarja.1989. Yogyakarta : Kanisius Mulder. namun adat istiadat. Bukan melakukan hal-hal yang berbauh negatif. moralitas yang baik. 2 SARAN Manusia memang memiliki banyak kelemahan dan kekurangan.