You are on page 1of 8

WRT54GL Remote Control (Software

)
Iqbal Ali1), Arif Gunawan2), Wiwin Styorini3)
1)
2)
3)

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru 28265, email: iqbalhimovic@yahoo.co.id
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru 28265, email: agun@pcr.ac.id
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru 28265, email: wiwin@pcr.ac.id

Abstrak
Seiring berkembangnya teknologi, dalam menjalankan aktivitasnya manusia dibantu sebuah
perangkat yang dinamakan robot. Dengan adanya robot, manusia dapat melakukan hal – hal
yang sulit dilakukan menjadi mungkin untuk dilakukan. Salah satunya adalah monitoring suatu
lokasi yang dianggap berbahaya. Pada proyek akhir ini dibuat robot berupa mobil yang
terkoneksi secara wireless dengan microcontroller ATMega8535 menggunakan bahasa
pemrograman BASCOM AVR. WRT54GL berupa wireless router yang dimodifikasi dengan
menambahkan port serial sehingga bisa terhubung dengan microcontroller. Dengan
merancang program yang dimasukkan ke dalam microcontroller, maka robot dapat bergerak
sesuai dengan keinginan user. Bahasa pemrograman java digunakan untuk mengatur
komunikasi serial dari router ke laptop serta untuk tampilan dari interface sensor suhu. Adanya
penggunaan ip camera serta sensor suhu maka kondisi dalam suatu ruangan dapat dipantau.
Robot ini dapat dikendalikan hingga mencapai jarak 400 m pada kondisi tanpa penghalang dan
pada kondisi dengan penghalang kurang lebih 150 m. Untuk sensor yang digunakan telah
mampu bekerja secara realtime. Dan untuk ip camera mampu memberikan data visual pada
kondisi tanpa penghalang hingga 160 m dan pada kondisi dengan penghalang hingga jarak 100
m.
Kata Kunci : Robot, Monitoring, WRT54GL, ATMega8535, wireless.
Abstract
As the development of technology, human activities assisted in running a device called a robot.
With the robot, people can do things - things that might be difficult to do. One is monitoring a
location that is considered dangerous. In this final project is a robot in the form of a car that is
connected wirelessly to the microcontroller ATMega8535 BASCOM AVR programming
language. WRT54GL wireless router be modified by adding a serial port that can be connected
to the microcontroller. By designing a program that is inserted into the microcontroller, the
robot can move in accordance with the wishes of the user. Java programming language is used
to set the serial communication from the router to the laptop as well as for the appearance of
the interface temperature sensor. The using of ip camera and sensor temperature, the condition
of a room can be monitored. This robot can be controlled up to a distance of 400 m on the
condition without hindrance and under the barrier approximately 150 m. For the sensor used
has been able to work in real time. And for ip camera capable of providing visual data on the
condition of no hindrance to 160 m and the condition of the barrier to a distance of 100 m.
Keywords: Robot, Monitoring, WRT54GL, ATMega8535, wireless

1

akan tetapi setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan. Penggunaan kedua mode ini tergantung dari 2 .1 WRT54GL TINJAUAN PUSTAKA 2. Karena faktor-faktor inilah yang mendorong penulis untuk merancang tugas akhir dengan judul WRT54GL Remote Control. seperti halnya di linux.3 Open WRT OpenWRT merupakan firmware berbasis linux untuk perangkat access point yang dapat di tanamkan aplikasi ini. [1] PENDAHULUAN Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju.11g dan 11Mbps Wireless-B / 802. dan lain sebagainya termasuk telepon selular Openmoko.1 WLAN Wireless Local Area Network sebenarnya hampir sama dengan jaringan LAN. sebagai Switch yang terdiri dari 4 port full duplex 10/100 Ethernet dan sebagai Router yang berfungsi untuk memanage dan sharing koneksi internet. 2 2. Tidak seperti jaringan kabel. Openwrt menggunakan command-line interfaces (CLI). Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. diperlukan adanya batasan jarak antara manusia itu sendiri terhadap obyek yang akan dikerjakan. [2] Gambar 2. teknologi robot merupakan alat yang dapat digunakan sebagai alat bantu manusia yang memiliki beberapa kelebihan.2 WRT54GL Linksys WRT54GL merupakan Wireless Broadbrand Router yang didalamnya terdapat 3 fungsi dasar yaitu sebagai Access Point (54Mbps Wireless-G / 802.1 kebutuhan untuk berbagi data atau kebutuhan yang lain dengan jaringan berkabel. Pabrikan yang ditanamkan firmware openwrt adalah linksys. sehingga memberikan keamanan bagi user tersebut dalam bekerja. jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat digunakan : infastruktur dan Ad-Hoc. Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi antar masing-masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN. [3] 2. D-link. netgear. Oleh karena itu dalam pelaksanaan kerjanya. namun seiring pengembangan openwrt yang pesat. Alat (robot) dapat berjalan dengan cara memberikan informasi data oleh user melalui Personal Computer (PC) dengan menggunakan media Wireless Fidelity (WiFi). Pada awalnya dukungan untuk firmware ini hanya terbatas untuk pabrikan linksys seri WRT54G.11b). maka access point pabrikan lain dapat ditanamkan openwrt. Selain itu pengguna dapat pula menginstall web-line interfaces yang berbasis tampilan GUI. Kelebihan tersebut salah satunya adalah dapat digunakan pada tempat-tempat yang tidak memungkinkan atau berbahaya bagi manusia. Dengan media wireless sebuah alat (robot) dapat dikontrol oleh user dengan jarak yang cukup jauh. Node pada WLAN menggunakan channel frekuensi yang sama dan SSID yang menunjukkan identitas dari wireless device.

Gambar 2. yaitu keluarga ATtiny.8 IP Camera Sistem Wireless CCTV.4 ATMega8535 Mikrokontroler AVR merupakan brain dari suatu rangkaian elektronik. 2.4 Konektor serial DB-9 2.6 RS-232 RS-232 ( adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antara perangkat terminal data (bahasa Inggris: data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (bahasa Inggris: data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial.5 Sensor Suhu dan SHT 11 SHT 11 adalah sebuah single chip sensor suhu dan kelembaban relatif dengan multi modul sensor yang output-nya telah dikalibrasi secara digital.  Konverter Logika RS-232 Jika peralatan yang kita gunakan menggunakan logika TTL maka sinyal serial port harus kita konversikan dahulu ke pulsa TTL sebelum kita gunakan. Output kedua sensor digabungkan dan dihubungkan pada ADC 14 bit dan sebuah serial interface pada satu chip yang sama. Pada computer IBM PC kompatibel biasanya kita dapat menemukan dua konektor port serial DB-9 yang biasa dinamai COM1 dan COM2.2. keluarga ATMega dan AT86RFxx. mengatur output dengan kondisi input bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita.8 adalah gambar konektor port serial DB-9 pada bagian belakang CPU. Konverter yang paling mudah digunakan adalah MAX-232. Dibagian dalamnya terdapat kapasitif polimer sebagai elemen untuk sensor kelembaban relative dan sebuah pita regangan yang digunakan sebagai sensor temperatur.7 Port Serial (DB-9) Gambar 4. dimana bisa kita program. Gambar 2. mikrokonroller AVR mempunyai 40 pin. Di dalam definisi tersebut. dan sebaliknya sinyal dari peralatan kita harus dikonversikan ke logika RS-232 sebelum di-inputkan ke serial port. keluarga AT90Sxx. juga dikenal sebagai IP Camera atau internet sistem Gambar 2. Komunikasi RS-232 diperkenalkan pada 1962 dan pada tahun 1997. Secara umum.3 SHT11 3 . DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem walaupun pada kenyataannya tidak semua produk antarmuka adalah DCE yang sesungguhnya.2 ATMega 8535 2. Electronic Industries Association mempublikasikan tiga modifikasi pada standar RS-232 dan menamainya menjadi EIA-232. AVR dapat dikelompokkan menjadi empat kelas. [4] 2. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori dan fungsinya.

dan juga dirancang untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi dengan performansi yang terbaik. IP camera kini menjadi pilihan banyak orang. Penggantinya. dan sekaligus suatu platform. d. Java mudah dipelajari.1 Diagram blok system Penjelasan blok diagram di atas sebagai berikut: a. Dilakukan upgrade firmware pada router menggunakan Open WRT sehingga router dapat menggunakan serial port. menggeser fungsi Closed-Circuit Televison (CCTV) saat ingin memantau ruang. b. Tegangan pada router dihasilkan sebesar 12 volt. e. c. Sebagai bahasa pemrograman. Pada pemrograman menggunakan java dibuat program agar komunikasi dari router ke mikrokontroler dapat berjalan. Teknologi CCTV boleh dibilang sudah uzur. Gambar 2. Data sensor yang telah diolah oleh mikrokontroler kemudian dikirim melalui komunikasi router ke laptop untuk diolah ke suatu bentuk tampilan menggunakan pemrograman java.6 IP Camera 2. Java juga dirancang agar dapat dijalankan di semua platform. tentu saja perangkat kamera pantau yang lebih canggih dan mempunyai cara kerja yang berbeda.9 Java Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer. yang merupakan suatu bahasa pemrograman. karena Java Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang untuk menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitektur perangkat keras. [5] 3 PERANCANGAN SISTEM 3. Java dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi.1 Blok Diagram Gambar 3. maka digunakan MAX232 untuk mendapatkan standar tegangan rs 232 (± 5 volt).CCTV. Serial port pada router dihubungkan ke MAX232 dan diteruskan ke mikrokontroler ATMega 8535 untuk mengendalikan motor dan mengambil data dari sensor. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang merupakan paradigma pemrograman masa depan. seperti aplikasi database Oracle 8i/9i yang core-nya dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java. Laptop dikoneksikan dengan router dan ip camera juga dihubungkan dengan router. Sedangkan Java bersifat neutral architecture. adalah teknologi yang relatif baru dengan kamera pertama yang muncul lebih dari 10 tahun yang lalu. Sebagai bahasa pemrograman Java dirancang menjadi handal dan aman. f. terutama bagi programmer yang telah mengenal C/C++. 4 .

4 Flowchart Pengambilan Data Suhu 4.2 Flowchart Sistem 3.2 Flowchart Pada Router 4. maka perintah tersebut akan langsung diterjemahkan yaitu berupa belok kanan.3 Program Pengambilan data Suhu Output sensor suhu ini dimasukkan melalui pin ADC internal mikrokontroler. oleh karena itu harus menggunakan sub rutin operasi ADC untuk dapat mengambil data tersebut untuk kemudian diolah dan disimpan sementara dimemori. maka perintah yang diberikan yaitu berupa belok kanan.2. maju.2.1 Flowchart Pada Operator 3.3 Flowchart Pada Router Setelah adanya inisialisasi dari laptop ke router. belok kiri.mundur dan maju akan dikirim menggunakan sub rutin operasi ADC yang merupakan pin yang terdapat pada mikro.1 Pengujian Jangkauan Komunikasi START Router Terhadap Laptop INISIALISASI INPUT &OUTPUT RA 0 Tabel 4. Gambar 3. 5 Tanpa Penghalang OK OK OK OK OK OK OK OK PUTUS PUTUS Dengan Penghalang OK OK OK PUTUS PUTUS PUTUS PUTUS PUTUS PUTUS PUTUS .4 menjelaskan blok diagram pengambilan data suhu. START INISIALISASI INPUT &OUTPUT INPUT PERINTAH RA 0 Y KIRIM DATA 32 BELOK KANAN Y KIRIM DATA 64 BELOK KIRI N RA 1 Start N RA 2 Y KIRIM DATA 96 MUNDUR Y KIRIM DATA 128 MAJU N Inisialisasi ADC RA 3 Ambil Data Suhu dari kanal 0 END Gambar 3.2.2 Flowchart Pada Operator Simpan data di memori Setelah adanya proses inisialisasi dari laptop terhadap router.belok kiri. End Gambar 3.1 Pengujian Jangkauan Komunikasi Y KIRIM DATA 32 BELOK KANAN Y KIRIM DATA 64 BELOK KIRI Y KIRIM DATA 96 MUNDUR Y KIRIM DATA 128 MAJU Router Terhadap Laptop Jarak (m) 50 100 150 200 250 300 350 400 450 500 N RA 1 N RA 2 N RA 3 END Gambar 3. ANALISA DAN PEMBAHASAN 3. dan mundur.3.

2 Pengujian Jangkauan Komunikasi IP Camera Tabel 4.Pengujian dilakukan dengan mengirimkan perintah maju.2 Pengujian Jangkauan Komunikasi IP Camera Jarak (m) 20 40 60 80 100 Tanpa Penghalang Video Jernih Video Jernih Video Jernih Video Jernih Video Jernih 120 Video Jernih 140 Video Jernih 160 Video Jernih Video tidak Diterima Video tidak Diterima 180 200 Dengan Penghalang Video Jernih Video Jernih Video Jernih Video Jernih Video Jernih Video tidak Diterima Video tidak Diterima Video tidak Diterima Video tidak Diterima Video tidak Diterima Gambar 4. mundur.3.Pengujian dilakukan untuk mengetahui jarak jangkauan komunikasi router dengan dapat berfungsi dengan baik.1 Pengukuran Delay 4. Pengujian dilakukan untuk mengetahui jarak jangkauan ip camera pada kondisi tanpa penghalang dan dengan penghalang.3 Pengujian QoS IP Camera 4. dan didapatkan hasil yang menandakan bahwa semakin jauh jarak ip camera maka delay yang dihasilkan akan semakin besar. 6 .1 Delay IP Camera terhadap Jarak Pengujian dilakukan dengan menggunakan Wireshark untuk mengetahui delay yang dihasilkan terhadap jarak dari ip camera terhadap laptop. belok kanan dan belok kiri ke mobil mainan. 4.

ac. Diambil 28 November 2011 dari http://www. (t.disertai dengan keypad untuk pengendalian pergerakan robot.2 Saran Untuk penyempurnaan proyek akhir ini. Sistem ini sudah dapat bekerja secara real time. maka diperoleh beberapa hal yang dapat disimpulkan. yaitu : 1. 4. Penggunaan robot ini bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang akan ditempuh agar lebih efisien.2 Pengukuran Throughput 5 KESIMPULAN DAN SARAN 5. helicopter. 5.its. Dengan kondisi adanya obstacle. Adanya penambahan sensor lain akan menambah daya guna dari alat ini. Kemampuan robot ini terbatas karena hanya bisa memasuki ruangan dengan pintu yang telah terbuka. Ini dibuktikan dengan adanya perubahan suhu setiap detik 2. Pada data menunjukkan bahwa semakin jauh jarak IP Camera dengan laptop maka bandwidthnya akan semakin kecil.3. yaitu: 1.3 Interface Tampilan Keypad dan Sensor pada Java [1] Konfiguras WLAN (t. 4. 2. Robot ini dapat bekerja dengan baik hingga mencapai 400 m dengan kondisi tanpa hambatan. maupun kapal. maka robot ini hanya dapat bekerja sampai jarak 150 m 3.1 Kesimpulan Setelah melakukan pengujian pada sistem proyek akhir ini. Bobot dari robot ini agar bisa dibuat lebih ringan sehingga pergerakannya bisa lebih optimal. Pada tampilan ini data yang dikirimkan oleh sensor suhu akan ditampilkan secara real time dan akan terus berubah sesuai dengan kondisi aslinya.id/ ambilfile. maka ada beberapa saran dari penulis.t).2 Throughput IP Camera terhadap Jarak Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu penggunaan rute yang spesifik ketika mengunduh suatu file. html. bisa berupa tank.4 Interface Tampilan Keypad dan Sensor pada Java Daftar Pustaka Gambar 4. Tampilan ini juga 7 .php?idp=153 [2] wireless-router-linksys-wrt54gl.t) Diambil 28 November dari oc. Gambar 4. 3.

Diambil 27 November 2011 dari http://www.11 G diambil 28 November 2011 dari www.com/index.com/datash eetpdf/pdf/164169/ATMEL/ATMEG A8535.edu/uploadta/downloadmk.html 8 .com/2011/11/wireles s-router-linksys-wrt54gl.alldatasheet.php?i d=1306 [4] mikrokontroler ATMega8535. Diambil 28 November 2011 dari http://dokterpctarakan. (t.html [5] ip-camera-bukan-sekadar-kamerapengintai.eepisits. Risky Agri (2010) Analisa Performansi dan Kualitas Kanal VoIP Pada Sistem Embedded Wireless Berbasis 802.html.t).p hp/cctv/154-ip-camera-bukansekadar-kamera-pengintai.catatanteknisi.html [3] Syafindra.