You are on page 1of 16

Pemeriksaan

Aktiva Tetap
Pokok Pembahasan :


Sifat dan contoh Aktiva Tetap
Pengendalian Intern atas Aktiva
Tetap
Tujuan Pemeriksaan Aktiva Tetap
Prosedur Pemeriksaan Aktiva
Tetap
KAP Drs. Sukrisno Agoes MM

1

Sukrisno Agoes MM 2 . dan tidak dimaksudkan untuk dijual 2. Mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun KAP Drs.Sifat dan Contoh Aktiva Tetap Sifat Aktiva Tetap: 1. Digunakan untuk kegiatan operasi perusahaan.

Fixed Tangible Assets (Aktiva Tetap Berwujud) Tanah. Vehicles. land improvement. Furniture and Fixtures. Equipment. NaturalResources 2.Penggolongan Aktiva Tetap (Fixed Assets) : 1. bangunan. Intangible Assets ( Aktiva Tidak KAP Drs. Sukrisno Agoes MM 3 . Machinery.

Sukrisno Agoes MM 4 .Pengendalian Intern Aktiva Tetap Ciri-ciri pengendalian intern yang baik atas Aktiva Tetap :   Digunakannya anggaran untuk penambahan Aktiva tetap Adanya otorisasi oleh pejabat yang berwenang untuk setiap penambahan/pengurangan Aktiva KAP Drs.

Sukrisno Agoes MM 5 .     Penggunaan kartu aktiva tetap dan sub-buku besar aktiva tetap Penggunaan nomor kode untuk setiap aktiva tetap Diselenggarakannya inventarisasi secara ber-kala (setahun sekali) Bukti-bukti pemilik aktiva tetap disimpan di tempat yang aman Aktiva tetap diasuransikan dengan nilai pertanggungan yang cukup KAP Drs.

Sukrisno Agoes MM 6 .Studi dan Evaluasi atas Pengendalian Intern Aktiva Gunakan Internal Control Tetap Questionnaire(ICQ) untuk studi dan evaluasi pengendalian intern Aktiva Tetap KAP Drs.

Saldo Aktiva Tetap pada tanggal neraca benar-benar ada. Sukrisno Agoes MM 7 . Adanya pengendalian intern yang baik atas Aktiva tetap 2. masih KAP Drs.Tujuan Pemeriksaan (Audit Objectives) Aktiva Tetap Untuk memeriksa dan meyakinkan : 1.

Penyusutan aktiva tetap telah dihitung dengan benar dan KAP Drs. telah diotorisasi oleh peja. Sukrisno Agoes MM konsisten sesuai dengan prinsip 8 . Semua penambahan Aktiva Tetap merupakan capital expenditure. dicatat dengan benar dan kerugian/ keuntungan telah dicatat dalam laporan laba rugi 5.3. Semua penarikan aktiva tetap telah mendapat otorisasi.bat yang berwenang. didukung oleh buktibukti yang lengkap dan dicatat dengan benar 4.

Apakah aktiva tetap telah disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum KAP Drs. Sukrisno Agoes 9 . Apakah aktiva tetap yang dijaminkan telah diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan 7.6.

misalnya: persediaan. Sukrisno Agoes MM 10 .Prosedur Pemeriksaan Aktiva Tetap   Waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan Aktiva tetap secara relatif lebih sedikit diban.dingkan dengan waktu untuk pemeriksaan perkiraan lain. piutang dan lain-lain Prosedur pemeriksaan yang diuraikan berikut ini lebih ditekankan pada pemeriksaan pada penugasan berulang ( repeat KAP Drs.

maka akuntan publik ha. maka saldo awal aktiva tetap dicocokkan ke saldo menurut laporan akuntan terdahulu dan kertas kerja akuntan terdahulu  Jika pada tahun-tahun sebelumnya perusahaan belum pernah diaudit.Pemeriksaan untuk first audit :  Jika tahun lalu diaudit oleh KAP lain.rus memeriksa semua mutasi aktiva KAP Drs. Sukrisno Agoes MM 11 .

subledger dan cocokkan saldo awalnya ke KAP Drs. Minta kepada klien rincian penambahan dan pengurangan aktiva tetap dalam tahun berjalan ( baik cost maupun akumulasi penyusutannya ). Sukrisno Agoes MM 12 kertas kerja tahun lalu .Audit prosedur untuk aktiva tetap: 1.Periksa kebenaran footing dan cross footing. dan buat top schedule dan supporting schedules – Exhibit 13-1 3. Pelajari dan evaluasi internal control atas aktiva tetap – Exhibit 13-4 2. cocokkan ke buku besar.

Buat analisa atas perkiraan repair KAP Drs.4.Lakukan pemeriksaan fisik aktiva tetap berda-sarkan test-basis 6.Periksa bukti kepemilikan aktiva tetap 7.Periksa apakah kebijakan kapitalisasi dan penyu sutan klien masih konsisten dengan tahun lalu 8.Vouch penambahan dan pengurangan aktiva tetap dalam tahun berjalan 5. Sukrisno Agoes MM 13 .

9.Test ketepatan perhitungan penyusutan dan pembebanannya ke laporan laba rugi 11. Periksa apakah aktiva tetap diasuransikan dan nilai pertangungannya cukup atau tidak 10. Sukrisno Agoes MM 14 .Periksa apakah aktiva tetap dijadikan jaminan/dianggunkan sehubungan KAP Drs.

Sukrisno Agoes MM 15 .12. Periksa apakah penambahan dalam construction in progress dan transfer telah dilakukan ke aktiva tetap untuk bangunan yang telah selesai KAP Drs. Periksa apakah ada commitment perusahaan untuk membeli/menjual aktiva tetap 13.

15. Sukrisno Agoes MM 16 . Periksa apakah aktiva tetap telah disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum KAP Drs.