You are on page 1of 4

CPU

Merupakan otaknya komp. Dalam CPU lah data diterima dan diolah. Bersama
internal memory, CPU menjadi inti suatu pekerjaan dikerjakan oleh komp.
Komponen inti yg trdpt dalam CPU adalah processor. Processor inilah yg
menentukan kec sebuah CPU mgolah sebuah data. Ada bbrp merk processor ada
intel, AMD, Cyrix. IBM sbg sebuah raksasa komp pun jg mempunyai processor
sendiri. Apple, pesaing IBM juga mempunyai processor sendiri.
Kec processor u/ mengolah data dinyatakan dalam satuan MHz. Saat ini kec
processor mencapai 2,4 GHz. Bandingkan dengan personal komp wkt pertama kali
dikembangkan kecnya hny 5-10 MHz. Faktor lain yg menentukan kec. Sebuah CPU
komp adl jumlah bits yg bs diolah oleh CPU dlm satu satuan wkt operasi komp.
Biasanya merupakan kelipatan 16. Krn secara umum sebuah CPU akan mengolah 16
bits data dlm satu satuan wkt. CPU yg digunakan untuk personal comp saat ini,
rata@ dpt menjalankan operasi komp 2x16 bits dlm satu satuan wkt atau 32 bits.
INTERNAL MEMORY
CPU komp menerima perintah dan data dari internal memory yg ada dlm komp.
Memory ini juga disebut sbg volatile memory, krn jika komp dimatikan mk memory
ini akan ikut hilang. Memory ini juga dikenal sbg RAM Random Access
Memory.Besarnya daya simpan memory internal atau RAM ini dinyatakan dalam
byte. Dimana dalam 1 byte terdiri dr 8 bits. Artinya jk CPU komp berjalan dg 32
bit,maka ada 4 byte yg dpt ditransfer secara stimulant dalam satu satuan wkt ( 4
byte x 8 bit = 32 bit). Semakin besar daya simpan memory internal, maka semakin
meningkat kemampuan CPU komp untuk mengolah data yg kompleks atau sulit. Di
pasaran RAM dipasarkan dalam kelipatan deret ukur 16 Mbyte. Ada
16,32,64,128,256 Mbytes dst.
Peripherals
Adl alat batu komp yg digunakan untuk:
1. Memasukkan data, 2. Menampilkan data, 3. Menyimpan data
Yg digunakan untuk memasukkan data :
1. Keyboard
Keyboard dlm sebuah komp berfungsi untuk memasukkan data ke CPU dan
internal memory. Fungsi keyboard hamper sama dg mesin ketik manual,
hanya dalam keyboard trdpt bbrp tombola tau keys yg spesifik.
a. Modifier keys

Yang digunakan untuk menampilkan data adl: 1. ‘ b. Misalnya printer laser jet dapat menghasilkan cetakan dengan resolusi sampai 1200 dpi. Alt. dimana resolusinya dpt semakin tajam dan jelas. Misalnya Ctrl + S untuk menyimpan hasil kerja. 2. Biasanya resoluso hasil cetakan dinyatakan dalam satuan dpi ( dots per inch) atau jumlah titik dalam 1 inch persegi. Biasanya tombol ini ditekan berbarengan dengan satu tombol angka atau huruf. Semakin besar ANSI Lumensnya semakin jelas dan tidak pecah sewaktu dibesarkan maksimal. Monitor a. Semakin tinggi dpi nya semakin bagus dan halus hasil cetakannya. Yang digunakan untuk menyimpan data 1. Function keys Berupa tombol F1 – F12. Saat ini kualitas monitor yg ada di pasaran sudah cukup maju. Semakin tinggi pixelsnya semakin halus gambarnya. Tingkat resolusinya biasanya diukur dari ANSI per Lumensnya. LCD Projectors Fungsi LCD Projectors sama dengan monitor komp biasa. tampilan gambar atau data dapat dibuat lebih besar dan lebar. Misalnya untuk aplikasi Ms. Mouse Mouse adalah alat bantu untuk melakukan pointing ( memilih dan menuju suatu posisi dan data tertentu) Tanda mouse dalam layar komp dosebut cursor. yaitu untuk menampilkan gambar atau data dari CPU.Berupa tombol SHIFT. Hanya jika dg LCD Projectors ini. shg apa yg tampak di monitor semakin sama dg hasil print out jika dicetak. Magnetic Storage Data . 2. Printer Printer adalah alat bantu yg digunak untuk mencetak hasil pengolahan data oleh komp. Monitor Monitor atau juga dikenal sbg computer screen. tergantung aplikasi yg sdg digunakan.Ctrl. tombol F1 untuk menu bantuan. b. Msg2 tombol ini mempunyai fungsi sendiri2. Office. Tingkat resolusi layar komp dinyatakan dalam pixels.

contoh yg paling banyak adalah kartu kredit atau kartu bank. Ukuran umum per diameter 3. 3. Saat komp hidup ada program yg otomatis berjalan. Optical Cards Fungsi sama. iii. Kapasitas penyimpanannya dari 10 Mbyte sampi beberapa SB. Kapasitas 600-700 Mbytes b. Magnetic Disk Ada 2 jenis magnetic disk i. Software / program komp Tersimpan di eksternal memory( harddisk. Magnetic Cars Data yg tersimpan dlm magnetic card hanya kecil .4 Mbytes sampai 5 Mbytes. Smart Cards Data menggunakan chips. Kapasitas dr 8 Mbytes. b. Biasanya plg banyak digunakan untuk membuat back up data ( data cadangan seandainya data utama hilang atau hancur). Kapasitasnya biasanya dalam GB.5 inch dg kapasitas 1. Magnetic Tape Jenis alat penyimpan data yg berbentuk kaset. Program ini tersimpan scr permanen dalam sebuah memori khusus disebut Read Only . 2.Magnetic storage data menggunakan media permukaan yg mengandung magnet u/ menyimpan data yg bersifat binate ( tersiri dari dara yg disebut sebagai IZO ) a. ii. Hanya untuk membacanya diperlukan sinar laser. Optical Storage Data a.CD ROM) kmd dimuat di interna memory dan dijalan oleh CPU. Removable Disk Disebut floppy disk.beberapa pulah Mbytes. Compact Disk ROM Data ini dibaca sinar laser. Non Removable Disk Biasanya ada dalam sebuah komp dan biasa disebut sebagai harddisk. Harganya cukup mahal.

Office dari LINUX) . 2 jenis program komp: 1.Windows.Memory ( ROM ). LINUX : u/ open source 2. Program Sistem Operasi @ software yg menjadi dasar program lain bekerja dalam sebuah komp ex:Mic. Contoh ( Ms Office dr Microsoft. User Program @ Program yg dikembangkan oleh user itu sendiri. Program ini biasa disebut boot program dan tidak dapat diubah oleh pengguna komp.