You are on page 1of 13

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang
Dewasa ini, semakin bertambahnya jumlah penduduk berpengaruh

terhadap perkembangan wilayah kota dan perluasan wilayah ini berakibat pada
bertambahnya jarak tempuh mobilitas masyarakat. Sehingga hal ini berpengaruh
terhadap meningkatnya kebutuhan akan kendaraan bermotor.
Keberadaan kendaraan bermotor pada saat ini sudah bukan lagi sematamata kebutuhan untuk transportasi saja tetapi sudah meningkat menjadi kepuasan
dan kenyamanan bagi pemiliknya sehingga perlu adanya penambahan atau
perbaikan pada aksesorisnya.
Apalagi sekarang ini, memodifikasi kendaraan bermotor, merupakan suatu
hal yang sudah sangat biasa, karena ketidakpuasan pada desain bawaan pabrik
atau mungkin hanya untuk mempercantik kendaraan. Banyak bagian yang bisa
kita modifikasi, Seperti penambahan aksesoris pada jok mobil agar pengemudi
merasa lebih nyaman dalam mengendarai kendaraannya.
Selain menambah kenyamanan, penambahan aksesoris pada jok mobil ini
juga akan menambah gaya dan menjadi lebih bagus. Sesuai dengan konsep apa
yang diinginkan pemodifikasinya.
Banyak konsep dan desain yang dapat kita pilih dalam memodifikasi jok
mobil ini, mulai dari modelnya, fitur-fiturnya sampai pada penggunaan bahannya.
Bahan-bahan yang digunakan pada jok mobil ini pun bermacam-macam, seperti
jenis jok semi kulit dan jok kulit asli.
Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk mengangkat
pembahasan dengan judul “ Pemilihan Bahan dan Proses pada Jok Mobil.”

1

model jok dan fitur jok. 1. Spesifikasi harga produk dan perawatan. BAB II 2 . serta proses  pembuatan jok mobil Untuk menyelesaikan tugas akhir semester dan sebagai pengganti final mata kuliah pemilihan bahan dan proses. terbatas pada: Konsep desain.2 Tujuan  Mengetahui konsep atau desain suatu produk jok mobil. pemilihan bahan. 1.3 Batasan Masalah Pembahasan dalam tugas pemilihan bahan dan proses ini oleh penulis. jenis bahan dan proses pemasangan. yaitu mengambil beberapa bahan-bahan dari buku dan internet.1.4 Metode penulisan Metode yang digunakan didalam penulisan ini adalah :  Metode kepustakaan.  Mengetahui jenis bahan atau meterial yang digunakan.

apa lagi dalam perjalanan jauh terutama bila kabin mobil panas. Pada dasarnya pembersihan model ini adak sulit karena 'pori-pori' pada permukaannya. Kekurangannya.1 Model Jok Jok Jenis Sarung Jok ini memiliki pemakaian seperti sarung. Model Peforated Model ini merupakan pamakaian kulit baik semi kulit atau kulit asli yang bermotifkan bolong-bolong. anda dapat membuka sarung ini untuk sekedar dibersihkan. jadi terkesan berbeda dengan jok kulit pada umumnya. Kelebihannya. Semuanya tergantung kepada selera warna anda. dsb.ISI 2.1. Jarang ada yang menggunakan tri tone alias kombinasi tiga warna. sulit untuk mendapatkan estetika yg baik karena sarung jok tidak dapat ngepress body jok yg berjalan dg waktu pemakaian akan semakin kendor dan kurang nyaman untuk diduduki. warna merah dengan oranye. Model Kerut 3 . Disarankan meenggunakan warna gelap sehingga apabila jok kotor tidak terlalu terlihat nyata Model Polos Model polos ini menjadi standard yang biasanya dipakai dengan model bawaan pabrik tetapi hanya mengganti kulitnya saja. jadi jok bawaan standard tidak diubah atau dimodifikasi sedikitpun. Jadi anda akan merasakan posisi duduk yang sama saat membeli mobil pertama kali tetapi berbeda soal kenyamanannya.1 Konsep desain 2. Model Two Tone/Dual Tone Model jok ini mengaplikasikan dua warna dalam pembuatannya seperti warna hitam dipadukan dengan warna kuning.

Biasanya model kerut ini memakai sedikit jahitan agar tampak lebih nyaman dibandingkan jok yang polos.2 Fitur Jok Stepless recliner jok yang bisa diatur posisi sandaran punggung secara bebas. Jumlah dan besarnya kerutan dapat 'dimainkan' sesuai dengan selera pemilik mobil. Dengan motif ini cocok digunakan untuk mobil lama atau mobil yang memiliki karakter atau desain yang vintage dan benar benar terkesan outskool. karena model ini dapat terlihat trendy dan dinamis. Model wajik ini berdesain jajaran genjang yang beraturan. Biasanya orang menyukai karena desainnya yang khas. Biasanya pola ini diterapkan sebagai variasi pada bagian tengah jok. 2. Dengan model ini jok anda terlihat lebih gemuk dan berisi karena hanya model ini yang diisi dengan bahan dacron sehingga anda merasa nyaman duduk diatas jok tersebut. tetapi anda juga dapat menerapkannya pada keseluruhan jok. Model Diamond (Wajik) Model diamond ini sangat banyak dan digemari khususnya anak muda. Model Sofa (Kancing) Model ini biasanya menarik kaum eksekutif karena modelnya yang VIP dan berkelas. Model Garis Model ini membuat interior mobil terkesan vintage dan klasik.Model ini menjadi favorit kebanyakan orang karena model ini menimbulkan nuansa elegan lebih daripada model lainnya. Arm rest 4 .1.

Tidak mudah kotor karena sifatnya yan tidak menyerap. Bahan sintetis ini hanya dapat bertahan sekitar tiga tahun saja. Secara umum varian warna dan tekstur lebih banyak dibandingkan dengan bahan kulit asli. Rubber mat Suspension system Bahan karet dalam jok yang fungsinya mengaurangi vibrasi atau getaran sampai 5-6 Hz Shoulder Suppor Penyangga bahu fungsinya menjaga badan dan bahu tetap pada posisi utamanya akibat tekanan G-force. Perawatan yang lebih mudah dibandingkan kulit asli.Beberapa desain jok racing seperti Recaro dan Bride menambahkan sandaran tangan. Head Protection Untuk menjaga kepala dari bantinngan akibat menikung tajam atau kecelakaan bentuknya mirip telingna gajah. seperti pada Bride Euro II Cruz. Lumbar support Penyangga punggung yang didesain melindungi bagian pinggan dari rasa sakit. Tidak memiliki aroma khas kulit.2 Pemilihan Bahan dan Proses 2. 2. Kekurangannya dari segi durability tidak begitu baik. 5 .2.1 Jenis Bahan Jok Semi Kulit (syntethetic leather) Kelebihan jok ini. Harganya yang jauh lebih murah dan relatif terjangkau untuk kalangan manapun.

biasanya dipakai menggunakan kulit sapi yang telah di proses sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan menjadi bahan dalam pembuatan jok mobil. warna kulit tidak akan pudar. Perawatanpun sedikit lebih “rewel”.Aroma ini menjadi ciri khas aroma interior pada beberapa mobil premium seperti Mercedes Benz dan BMW. selain sebaliknya juga mencegah yang dari luar untuk masuk. Misalnya bila dikerutkan maka kerutannya tidak akan sebagus dengan menggunakan bahan kulit asli. Corvica juga sudah 6 . membatasi ruang gerak bakteri dalam busa untuk keluar. Bahan Corvica Bahan corvica ini merupakan bahan artificial leather. Tidak terasa panas saat bersentuhan dengan tubuh. terutama baunya. Kelebihan jok ini memakai 100% kulit asli. Bahan sintetis cenderung sulit dibuat bermodel-model. Pada pemakaian normal. Harganya relatif mahal bila dibandingkan dengan bahan sintetis. Suhu panas pada permukannya bertahan lama dan sering terasa mengganggu kenyamanan. Malahan hasil kerutannya lama-lama akan menghilang karena melar dan warnanya bisa pudar. Kekurangannya mudah kotor karena permukaannya yang berpori-pori dan bersifat menyerap. Corvica ini mudah untuk dijahit dan memiliki lekukan yang persis sama dengan kulit asli. sehingga 'aman' bagi para pengendara yang alergi terhadap kulit asli. Jok kulit asli (original leather). Dan satu hal lagi yang istimewa. Corvica. corvica diproduksi dalam keadaan antibakteri dan jamur kulit jok. yang coraknya menyerupai kulit asli. malah memberikan rasa sejuk. Paling-paling hanya sekedar kotor atau menjadi botak. Menyimpan panas. terkikis oleh bahan celana. Anti gores dan lebih awet (tahan lebih dari lima tahun). Cepat melepas panas dibandingkan dengan bahan sintetis sehingga terasa lebih sejuk dalam keadaan bagaimanapun juga.

dimana bahan ini sangat memungkinkan untuk ditembus dan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.2. jadi jalur jahitan terlihat harmonis dan jalan bersamaan pada seluruh area. Teknik penjahitan dalam pembuatan jok kulit ada 2 yaitu single stitch dan double stitch.2 Proses Pemasangan Proses pembuatannya sendiri cukup sederhana. Memang jumlah jahitan jok service dan bengkel jok menjadi dua buah tetapi hasil pengerjaan tidak akan memuaskan karena bagaimanapun juga jarak antara jahitan pertama dengan kedua tidak merata (kadang rapat kadang renggang) sehingga malah terlihat berantakan. Setelah sarung jok siap. 2.Jahitan double stitch lebih kuat. baik motif dan warnanya yang telah disiapkan. bahan sarung jok juga terbuat dari pabrik. Dari polapola yang sudah tersedia. Proses pemasangan ini menyesuaikan dengan model yang telah ditentukan. digambar di bahan semi kulit tersebut kemudian dilakukan pemotongan dan penjahitan (pembuatan sarung jok) Proses ini memakan wakru kurang lebih 3-4jam. Dan pada mobil standar. Pejahitan double stitch yang benar dilakukan dengan menggunakan mesin jahit pada jok service dan bengkel jok yang bermata 2. 7 . yaitu membuat pola desain jok pada kertas karton. Single stitch berarti jahitannya hanya satu baris sedangkan double stitch jahitannya ada dua baris. serta tahan terhadap api. dilakukan pemasangan yang memakan waktu 3-4 jam pula. Tetapi ada juga penjahit (yang tidak memiliki mesin jahit bermata dua) yang mengakali double stitch dengan cara menjahit dua kali jalan.dilengkapi dengan zat antibakteri dan mencegah akumulasi bau akibat kelembaban sarung jok kulit. kemudian pola tersebut ditaruh diatas bahan sesuai permintaan konsumen. terlihat lebih rapih dan mewah. Pada proses pemasangan ini pula diterapkan pengepresan supaya pelapis jok baru menempel pada pelapis jok yang lama sehingga terlihat rapi.

420..2.Minibus/Jip 2 baris harga 1.000..000.(jok belakang menghadap depan) MBTech Camaro Sedan Rp 1.585.750.3 baris Rp 1.Minibus/Jip 2 baris Rp 1.000.475.(jok belakang berhadapan) Rp 1.3 baris Rp 1..000..000.695.(jok belakang berhadapan) Rp 1.640.(jok belakang menghadap depan) Murano 8 .3 Spesifikasi Harga Produk MB Tech Sedan.365. Rp 1.000.000.310.000.

4 Perawatan Untuk perawatan standard biasanya membersihkan dari debu dan kotoran dengan mengunakan kain lap basah. Untuk menjaga kelembabannya anda dapat menggunakan “lotion” khusus.000.750. 9 ..(jok belakang berhadapan) Rp 1. Tetapi untuk perawatan maksimal anda butuh sesuatu yang ekstra.3 baris Rp 1.(jok belakang menghadap depan) 2. Seperti kulit manusia. Ada banyak pembersih vinyl tersedia di pasaran.805. bila terlalu kering kulit ini akan retakretak.000.475. Untuk bahan sintetis anda dapat menggunakan cairan pembersih vinyl.Sedan Rp 1.. Salah satu produk yang mudah didapat di pasaran adalah KIT leather lotion.000.530.Minibus/Jip 2 baris Rp 1.000.

Proses pembuatannya sendiri cukup sederhana. Bahan-bahan jok mobil ini pun bermacam-macam. Untuk perawatan standard biasanya membersihkan dari debu dan kotoran dengan mengunakan kain lap basah.0002. Arm rest.BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Jok mobil memiliki berbagai jenis model dan fitur. Model Sofa dan Model Garis. Harga bahan dan pemasangannya berkisar Rp 1.000.000. yaitu membuat pola desain jok pada kertas karton. fitur Stepless recliner. Jok kulit asli (original leather) dan Bahan Corvica. Rubber mat Suspension system. 10 .000. Shoulder Suppor. Head Protection. Lumbar support. Jok Semi Kulit (syntethetic leather). Model Kerut. kemudian pola tersebut ditaruh diatas bahan sesuai permintaan konsumen kemudian dilakukan pemotongan dan penjahitan (pembuatan sarung jok) Proses ini memakan wakru kurang lebih 3-4jam. Model Two Tone/Dual Tone. Model Polos. seperti Model Peforated.

DAFTAR PUSTAKA http://review-resensi-product.88db.com/usaha-pelapisan-jok-mobil-dan-motor.wordpress.blogspot.com http://bikin.htm http://kamissore.com/2009/04/bengkel-jok-modifikasi.infogue.situsotomotif.php.html http://www.htm http://bisnisukm.id/tag/jok-mobil/ http://id.com/more-modif/creative-tips/model-dan-pemasangan jok-kulit.com/id/Views/base.com/feed/ 11 .web.com/otomotif http://www.html http://backrest.

LAMPIRAN 12 .

13 .