You are on page 1of 9

BAB I

BESARAN PANJANG
1.1.1. Definisi Panjang
Panjang didefiniskan sebagai besaran yang menyatakan jarak dua titik. Besaran panjang
memiliki banyak nama diantaranya tebal, tinggi, lebar, dan kedalaman. Satuan besaran
panjang adalah meter. Satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu
sekon. Panjang dapat dibagi menjadi dua, yakni:
1. tinggi, yaitu jarak vertikal
2. lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang satu dengan yang lain sisi satu ke sisi yang
lain, diukur pada sudut tegak lurus tegak lurus terhadap panjang benda.
Dalam ilmu fisika dan teknik, kata "panjang" biasanya digunakan secara sinonim dengan
"jarak", dengan simbol "l" atau "L" (singkatan dari bahasa Inggris length).
Panjang adalah ukuran satu dimensi, sedangkan luas adalah ukuran dua seperempat
dimensi (pangkat dua dari panjang) dan volume adalah ukuran tiga dimensi (pangkat tiga dari
panjang). Dalam hampir semua sistem pengukuran, panjang adalah satuan fundamental yang
digunakan untuk menurunkan satuan-satuan lainnya.
1.1.2.

Sejarah Standar Besaran Panjang

No

Tahun

Negara

Satuan
Panjan
g

1.

4000
tahun
SM

Mesir

Lengan

Keterangan

Gambar

Standar panjang
tangan Raja Firaun

Gambar 1.1 Satuan Lengan

Abad XII Inggris Yard Satuan ini didasarkan pada jarak dari ujung hidungnya ke ujung ibu jari saat tangan dibentangkan pada Raja Henry I Gambar 1. Abad XVI Inggris Rod 4. 5.3 Satuan Inchi Gambar 1.4 Satuan Meter Gambar 1.5 Satuan Meter dalam Panjang Gelombang . 20 Mei 1875 1892 1927 Konvens i Meter (Paris) Jerman. CGPM meter meter Satuan inchi yang panjangnya adalah sama dengan panjang tiga buah biji jagung yang kering dan keras yang diletakkan secara berjajar Satuan Rod yang panjangnya kira-kira sama dengan enam belas setengah feet Jarak antara 2 (dua) garis sumbu PlatinaIridium pada suhu 0oC dan tekanan atmosfir yang disimpan di gedung BIPM di Sevres dekat Paris Satu meter adalah ukuran yang panjangnya sama dengan 1.2 Satuan Yard Inchi 3.13 kali panjang gelombang spectrum merah dari sumber cahaya lampu (berisi gas inert Cadmium) yang diukur di atmosfer. Gambar 1.2.552.164.

1. Reability (kemampuan baca) Menunjukkan seberapa teliti skala suatu instrument panjang dapat dibaca.605. Kurang Reability Lebih Reability 1.1. 1960 1983 CGPM CGPM meter meter Satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.763. Sifat Umum Panjang 1.1. Least Count (Cacah Terkecil) Beda terkecil antara dua penunjukkan yang dapat dideteksi (dibaca) pada skala yang tertera pada instrument.458 sekon Gambar 1.5 skala penunjuk pada instrument dengan perubahan variable yang diukur yang menyebabkan gerakan jarum itu.6 Skema Elektromagnetik Spektrum Gambar 1.792.1.7 Seberkas Cahaya dalam vakum 1. .Sensitivity (kepekaan) Perbandingan antara gerakan linier jarum Beda 0. 1) Beda 1 skala 1.1.73 kali panjang gelombang pada ruang hampa suatu radiasi yang setara dengan perubahan tingkat 2p10 dan 5d5 atom Krypton86 yang berwarna merah jingga 1 meter adalah panjang jarak yang ditempuh seberkas cahaya didalam vakum dalam waktu 1/299.3.6.3. 7.2.

Contoh: Suatu meteran panjang 1 meter mempunyai skala yang panjangnya 100 cm maka kepekaannya adalah 100 cm/ 1 meter. Kepekaan alat ukur dapat digambarkan sebagai berikut: Perbedaan kepekaan alat ukur A dan B Objek Ukur ∆ X ∆ y2 Pembacaan skala ∆ Y A au.4. Contoh: sering terjadi pada alat ukur panjang saat digunakan dimana perubahan kecil pada penempatan posisi alat ukur dapat mempengaruhi pembacaan. B Sehingga : . Hysteresis (histerisis) Penyimpangan yang timbul sewaktu melakukan pengukuran secara kontinyu dari dua arah yang berlawanan (dari atas ke bawah lalu dari bawah ke atas).Kepekaan au.5.1.1. A = ∆ y1 X1 X2 ∆ YA ∆X 1. A Pembacaan skala ∆ Y B au. Histerisis disebabkan pada umumnya oleh adanya deformasi elastis atau efek termal pada komponen mekanisme alat ukur. . Shiffting (penggeseran) Suatu kejadian dimana terjadi perubahan harga yang ditunjukkan sedang sesungguhnya sensor tidak mengisyaratkan perubahan. 1.

1. phytagoras serta volume. menambah.1. Bersertifikasi ATEX yang digunakan dalam Zone 1 IIC T4 area berbahaya (eksplosif) .Presisinya ± 5% 1. mengurangi dan menghitung luas.Ketelitian instrumen tidak lebih dari 5% (5 mm) .4. Accuracy (ketelitian) Persesuaian antara hasil pengukuran dengan harga sebenarnya dari objek ukur (harga yang dianggap benar) Keterangan : ∆=sistematik error Δ 1< ∆2 1.1. 104. 105 Maka : . CorDEX LaserMETERTM 3000XP CorDEX LaserMETERTM 3000XP adalah Pengukur panjang dengan menggunakan laser yang mampu mengukur jarak dari kejauhan. Contoh: Pengukuran panjang benda yang sudah diketahui panjangnya = 100 mm. Pengukuran Terbaru Teknik/Alat 1.1. Diambil 5x bacaan (pengukuran) dan didapat nilai 103.1. 105. Precision (ketepatan) Kemampuan proses pengukuran untuk menunjukkan hasil yang sama dari pengukuran yang dilakukan berulang – ulang dan identik. 103.6.1.7.

Setelah itu dilihat perbedaannya nilai error pada komparator dan gaugenya. Kemudian derajat pada gauge diatur hingga menunjukkan nol setelah itu diulur hingga garis nilai 20 meter pada UTI meter sejajar dengan garis pada komparator. UTI meter ini digunakan dengan cara meletakan UTI meter pada sisi atas tangki dengan menurunkan meteran kedalam tangki dan diujung meteran sudah diberi sebuah sensor untuk mengetahui ketinggian dari minyak yang didalam tangki ukur.9 UTI Meter 1. .1. Komparator 20 Meter Komparator 20 meter adalah alat ukur panjang yang digunakan untuk melakukan kalibrasi pada UTI meter. Gambar 1.Gambar 1. Pada alat ukur ini juga terdapat sensor suhu yang nantinya akan muncul bersamaan pada digital display bersama dengan nilai panjang dan ketinggian tangki ukur.1.2.3.8 CorDEX LaserMETERTM 3000XP 1. Nilai range yang dapat diukur oleh UTI meter adalah 20 – 50 meter. Cara menggunakannya adalah sederhana yaitu dengan merentangkan UTI meter pada atas permukaan komparator 20 meter kemudian pada ujungnya diberi beban antara 2 kg dan 5 kg. setelah itu pada sisi lain dilakukan pengukuran dengan melakukan tarik sebesar 3 cm. UTI Meter UTI meter adalah alat ukur panjang dari pengukuran panjang dan kedalaman suatu tangki ukur yang besar seperti tangki penimbunan BBM pertamina.

10 Komparator 20 Meter 1.1. Gambar 1. utilitas kontraktor dan sebagainya yang membutuhkan pengukuran dengan jarak yang besar dalam waktu singkat. kemudian membaca displaynya.+55°C. suhu lingkungan -15°C .1.Gambar 1. Walking Distance JC326 Alat pengukur jarak dengan roda adalah alat yang sangat baik untuk mengukur jarak dengan berjalan. ukuran tebal dan lebarnya dibuat dengan sangat akurat.11 Gauge Block 1. Nilai ketebalan dan lebarnya dicantumkan pada sisi sisi balok tersebut dalam satuan ENGLISH dan METRIC. Gauge Block Gauge block adalah berupa balok balok baja yang sangat akurat dan tidak berubah oleh waktu dan suhu. Balok balok ini mempunyai enam sisi. Untuk menggunakannya cukup reset counter. Alat ini dapat digunakan unutk mengukur sampai 150mm. Maksimal menghitung kapasitas 9999. . serta presisi pengukurannya ≥99%. mengecek keausan. karpet. menempatkan roda pada titik awal jalan yang ingin diukur lalu diarahkan ke titik berhenti.5.9 meter. meng-adjust clereace. benih rumput dan pupuk. Kebanyakan digunakan untuk memperkirakan panjang paving. mengukur celah celah kecil juga dapat digunakan unutk mengkalibrasi micrometer. Gauge block bisa digunkan bersamaan untuk mendapatkan ukuran yang diperlukan. Biasanya alat ini untuk menempatkan alat alat pada posisinya. perkiraan panjang pagar. Alat ini simple dan praktis digunakan serta kokoh dan kuat untuk penggunaan jangka panjang.4. Maksimal menghitung kecepatan 360 RPM.

Alat ini menampilkan hasilnya pada layar lcd dua baris dengan lampu backlight.6.14 Multifunction Ultrasonic Distance Meter AMT316 1. alat ini dapat kirim sorotan garis merah yang berbentuk cahaya laser untuk mempermudah saat membidik atau mengarahkannya pada objek waktu lakukan pengukuran. Ultrasonic Distance Meter AMT-316 ini mempunyai tujuan pada fungsi laser. hadir untuk mengatasi persoalan dan menjembatani jarak antara keakuratan digital dan perkiraan manusia. Jadi alat ini ideal untuk industri bangunan serta dekorasi. serta otomatis mati untuk menghemat daya. Bisa dipakai didalam pengukuran akumulatif secara terus menerus.1. menghitung luas tempat serta volume dengan otomatis.Gambar 1. Smart Finger Smart Finger adalah konsep yang dirancang oleh Choi Hyong-suk.Jung Ji-hye dan Yoo-jin Park.13 Walking Distance JC326 1.1. Mempunyai fungsi indicator utama serta memori. Fungsi kompensasi temperatur otomatis alat ini bisa menjadikan hasil pengukuran lebih akurat serta pada waktu yang sama bisa menunjukkan suhu lingkungan dengan amat pas.7. Laser meter ini memastikan jarak ke satu objek melewati tanda elektronik dengan cepat serta efisien. Multifunction Ultrasonic Distance Meter AMT316 Alat pengukur jarak ini merupakan alat yang canggih serta praktis yang memakai teknologi laser pada pengukurannya. Smart Finger adalah perangkat yang . Gambar 1.

Gambar 1. Smart Finger terbuat dari silikon agar bisa dipakai dengan nyaman oleh jari ukuran apapun. Perangkat ini memiliki dua tombol yang membantu menampilkan ukuran dalam unit-unit yang berbeda. lebar dan volume dengan cara yang sangat intuitif lewat penekanan sebuah tombul sederhana.dipasang di ibu jari dan jari telunjuk (atau dua jari mana saja) dan menggunakan sinyal yang dipancarkan diantara ujung kedua jari untuk mengkalkulasi ukuran. mengkalkulasi volume dan area ditambah melihat informasi itu di dalam format teks. merekam dan menyimpan ukuran. Jarak yang sudah diukur akan ditampilkan di LED. Smart Finger dapat membantu mengukur panjang.15 Smart Finger .