You are on page 1of 25

1

Kejadian 1: 27
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut
gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan
diciptakan-Nya mereka.
2
Mazmur 139: 14
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dasyat dan ajaib;
ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
3
Lukas 21: 8
Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang
akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata Akulah Dia, dan
Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka.
4
Matius 7: 16
Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang
memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput
duri ?
5
Matius 7: 17
Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,
sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
6
Ibrani 12: 15
Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari Kasih
Karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang
menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.
7
Mazmur 106: 33
Sebab mereka memahitkan hatinya, sehingga ia teledor dengan
kata-katanya.
8
Efesus 4: 31

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah
hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala
kejahatan.

9
Yesaya 5: 11
Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari
minuman keras dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang
badannya dihangatkan anggur.
10
Efesus 5: 18
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur.
Karena anggur
menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan
Roh.
11
2 Timotius 4: 12
Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau
muda.
Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam
perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam
kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
12
2 Timotius 2: 11
Benarlah perkataan ini : “Jika kita mati dengan Dia, kitapun akan
hidup dengan Dia”.
13
Imamat 25: 18
Demikianlah kamu harus melakukan ketetapan-Ku dan tetap
berpegang pada peraturanKu serta melakukannya, maka kamu akan
diam di tanahmu dengan aman tenteram.
14
Amsal 11: 25
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi
minum, ia sendiri akan diberi minum.

karena untuk itulah kamu dipanggil. maka hal itu akan terjadi baginya”. 16 1 Petrus 3: 9 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan. “Sesungguhnya barang siapa berkata kepada gunung ini : Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut ! Asal tidak bimbang hatimu. hendaklah ia memintakannya kepada Allah. hendaklah kamu memberkati. yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit. 17 Mazmur 119: 101 Terhadap segala jalan kejahatan akau menahan kakiku. tetapi sebaliknya. supaya aku berpegang pada Firman-Mu. 19 Yakobus 1: 5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat. maka hal itu akan diberikan kepadanya. tetapi percaya. yaitu untuk memperoleh berkat. atau caci maki dengan caci maki. bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi. 20 Amsal 15: 16 Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan Tuhan daripada banyak harta dengan disertai kecemasan. 18 Markus 11: 23 Aku berkata kepadamu. sebab ada tertulis : “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib”.15 Galatia 3: 13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita. 21 Lukas 12: 15 .

jangan dalam pesta pora dan kemabukan. jangan dalam pencabulan dan hawa nafsu. supaya kamu jangan bergaul dengan orang. berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji. 25 Roma 13: 13 Marilah kita hidup dengan sopan. 22 1 Samuel 2: 3 Janganlah kamu selalu berkata sombong. . penyembah berhala.“Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan. ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 23 Lukas 6: 28 Mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu. Karena Tuhan itu Allah yang maha tahu. tetapi soal kebenaran. hidupnya tidaklah tergantung daripada kekayaannya itu. seperti pada siang hari. adalah orang cabul. 24 1 Petrus 3: 10 Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik. kikir. jangan dalam perselisihan dan iri hati. 27 1 Korintus 5: 11 Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah. pemfitnah. 26 Roma 14: 17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman. dengan orang yang demikian janganlah kamu sekalikali makan bersama-sama. Sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya. yang sekalipun menyebut dirinya saudara. pemabuk atau penipu. damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. janganlah caci maki keluar dari mulutmu.

29 Amsal 15: 8 Korban orang fasik adalah kekejian bagi Tuhan. 34 Amsal 14: 34 . bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya. sudah tersimpul dalam firman ini. 31 Roma 13: 9 Karena firman : Jangan berzinah. yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan. 33 Mazmur 32: 2 Berbahagialah manusia. jangan mengingini dan firman lain manapun juga. sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. jangam mencuri. yaitu Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri ! 32 Ibrani 13: 4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidurmu. yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan. jangan membunuh. 30 Amsal 14:26 Dalam takut akan Tuhan ada ketentraman yang besar. tetapi doa orang jujur dikenan-Nya. dan yang tidak berjiwa penipu.28 Ibrani 12: 16 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau.

karena mereka akan disebut anak-anak Allah. yang berfirman. sebelum padam amarahmu. tidak luput. tetapi karunia Tuhan ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus. apa lagi kita. janganlah matahari terbenam. jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga ? 39 Efesus 4: 26 Apabila kamu menjadi marah. janganlah kamu berbuat dosa. tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian. 38 Ibrani 12: 25 Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia. 36 1 Yohanes 1: 9 Jika kita mengaku dosa kita. maka Ia adalah setia dan adil. kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus. . 37 Matius 5: 9 Berbahagialah orang yang membawa damai. 40 Filemon 3: 5 Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita. Tuhan kita. tetapi dosa adalah noda bangsa 35 Roma 6: 23 Sebab upah dosa adalah maut. sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Sebab jikalau mereka.Kebenaran meninggikan derajat bangsa. bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan. yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi.

46 Markus 13: 30-31 Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu. maupun kerajaan. sendi-sendi dan sum-sum. sebelum semuanya itu terjadi. 43 Kolose 1: 15 Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu. 47 .41 Pengkhotbah 7: 19 Hikmat memberi kepada yang memilikinya lebih banyak kekuatan daripada sepuluh penguasa dalam kota. tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. baik singgasana. Karena Allah telah berfirman “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau” 45 Efesus 5: 25 Hai suami. ia menusuk amat dalam sampai memisahkan Jiwa dan Roh. kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya. baik pemerintah maupun penguasa. ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Langit dan bumi akan berlalu. yang ada di sorga dan yang ada di bumi yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. 42 Ibrani 4: 12 Sebab Firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun. 44 Ibrani 13: 5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

53 Yeremia 17: 7 Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan. sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa. adalah hamba dosa. ya Tuhan dan yang Kau ajari dari Taurat-Mu. 51 Kolose 3: 24 Kamu tahu. yang menaruh harapannya pada Tuhan. dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya”. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.Mazmur 94: 12 Berbahagialah orang yang Kau hajar. 50 Yohanes 8: 34 Kata Yesus kepada mereka : “Aku berkata kepadamu. 54 Efesus 6: 1 . 52 Mazmur 51: 19 Korban semberlihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur. 48 Wahyu 3: 19 Barang siapa Kukasihi. janganlah anggap enteng didikan Tuhan. ia Kutegur dan Kuhajar. hati yang patah dan remuk tidak akan Kau pandang hina yang Allah. sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! 49 Ibrani 12: 5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak : “Hai anak-Ku. bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah.

Hai anak-anak. 56 Lukas 17: 3 Jagalah dirimu ! Jikalau saudaramu berbuuat dosa. di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. seperti yang nyata dari janji ini. ini adalah suatu perintah yang penting. tegurlah dia. di situ juga hatimu berada. dan jikalau ia menyesal. yang tidak dirusakkan ngengat. suatu harta di sorga yang tidak akan habis. yang tidak dapat didekati pencuri. 55 Efesus 6: 2-3 Hormatilah ayahmu dan ibumu. supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. . 59 Lukas 12: 34-35 Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah ! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua. supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis. ampunilah dia. 60 Efesus 6: 11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah. pengkhianatan tertangkap oleh hawa nafsunya. Karena di mana hartamu berada. tetapi 58 Matius 6: 19 Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi. 57 Amsal 11: 6 Orang yang jujur dilepaskan oleh kebenarannya. taatilah orang tuamu di dalam Tuhan karena haruslah demikian.

Karena apa yang ditabur orang. peraturan Tuhan itu teguh. yaitu percabulan. 67 Mazmur 19: 8 Taurat Tuhan itu sempurna. menyegarkan jiwa. memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. itu juga yang akan dituainya. 62 Galatia 6: 7 Jangan sesat ! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Dan bersyukurlah. 68 . Ia 65 1 Korintus 3: 18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. kenajisan. supaya ia berhikmat. nafsu jahat dan juga keserakahan. tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya.61 Amsal 11: 11 Berkat orang jujur memperkembangkan kota. 63 Kolose 3: 5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi. hawa nafsu. membalas kepadaku sesuai dengan kesucian tanganku. yang sama dengan penyembahan berhala. 64 Mazmur 18: 21 Tuhan memperlakukan aku sesuai dengan kebenaranku. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini. biarlah ia menjadi bodoh. karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. 66 Kolose 3: 15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu.

maka Allah akan membinasakan dia. jika kita tidak menjadi lemah. 71 Amsal 12: 1 Siapa mencintai didikan. selama kita masih ada kesempatan bagi kita. 72 Galatia 6: 9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik. dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap . melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. adalah dungu. karena apabila sudah datang waktunya. 70 Yohanes 3: 17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia. mencintai pengetahuan tetapi siapa membenci teguran. sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal. tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.1 Korintus 3: 17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah. 69 Yohanes 3: 16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini. supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa. 74 Kolose 3: 13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain. kita akan menuai. 73 Galatia 6: 10 Karena itu. marilah kita berbuat baik kepada semua orang.

79 1 Yohanes 4: 15 Barang siapa mengaku. 80 Mazmur 55: 23 Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan. 78 Roma 6: 22 Sebab upah dosa ialah maut. marilah kita menyucikan diri dari semua pencemaran jasmani dan rohani. ia datang kepada terang. Tuhan kita. supaya menjadi nyata bahwa perbuatanperbuatannya dilakukan di dalam Allah. kamu perbuat jugalah demikian. 75 Yohanes 3: 20-21 Sebab barang siapa berbuat jahat. sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu. 76 2 Korintus 7: 1 Saudara-saudaraku yang kekasih. Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak. 77 Amsal 22: 8 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya. tetapi barang siapa melakukan yang benar. maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang daripada jalan itu. maka Ia akan memelihara engkau. karena kita sekarang memiliki janji-janji itu. Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. membenci terang dan tidak datang kepada terang itu. . dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. bahwa Yesus adalah Anak Allah.yang lain. tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus.

lenyaplah ia. tidak mungkin berkenan kepada Allah. Mereka yang hidup dalam daging. 83 1 Yohanes 3: 23 Dan inilah perintah-Nya itu : Supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus. karena ia tidak takhluk kepada hukum Allah. Anak-Nya. dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. 86 Roma 6: 13-14 . lalu terbang ke angkasa seperti rajawali. Kalau engkau mengamat-amatinya. karena tiba-tiba ia bersayap.81 Amsal 23: 4-5 Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya. 82 Roma 8: 7-8 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah. hal ini memang tidak mungkin baginya. 85 Amsal 2: 4-5 Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan dan mendapat pengenalan akan Allah. tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 84 Filipi 4: 6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga. tinggalkan niatmu ini.

dan . jika kamu hidup menurut daging. 87 2 Yohanes 1: 6 Dan inilah kasih itu. 92 Efesus 5: 20-21 Ucapkanlah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita. kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu. Dan inilah perintah itu. 88 Roma 5: 1 Sebab itu. yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah. Bapa kita. kamu akan mati. kamu akan hidup. tetapi siapa 91 Kolose 3: 17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan. sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah. kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh kerana Tuhan kita. yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintahNya. tetapi jika oleh Roh. seperti ada tertulis : “Orang benar akan hidup oleh iman”. 90 Amsal 13:11 Harta yang cepat diperoleh akan berkurang. mengumpulkan sedikit demi sedikit. yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih. 89 Roma 1: 17 Sebab di dalam Injil nyata kebenaran Allah. sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya. menjadi kaya.Sebab. Yesus Kristus. lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus. Sebab semua orang. kita yang dibenarkan karena iman. yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman.

saudara-saudara. yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia. di mana perlu.rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. 95 Roma 10: 17 Iman timbul dari pendengaran. 98 1 Timotius 3: 16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita : “Dia. dibenarkan dalam Roh. semua yang benar. 97 Efesus 4: 29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu. semua yang sedap didengar. supaya mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia. semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji pikirkanlah semuanya itu. tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun. 94 Filipi 4: 8 Jadi akhirnya. semua yang mulia. semua yang suci. 96 2 Korintus 16: 13-14 Berjaga-jagalah ! Berdirilah dengan teguh dalam iman ! Bersikaplah sebagai laki-laki ! dan tetap kuat ! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih. dan pendengaran oleh Firman Kristus. tetapi takutlah akan Tuhan senantiasa. 93 Amsal 23: 17-18 Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa. semua yang adil. semua yang manis. . Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

sebagaimana yang harus dicapainya. kegeraman. 100 1 Korintus 8: 2-3 Jika ada seorang menyangka bahwa ia mempunyai sesuatu “pengetahuan”. Tetapi orang yang mengasihi Allah. maka ia belum juga mencapai pengetahuan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu : Abraham adalah bapa kami ! Karena aku berkata kepadamu : Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini ! . 101 Efesus 4: 30-31 Janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah.yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat. diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. 102 Roma 12: 1 Karena itu. supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup. ia dikenal oleh Allah. saudara-saudara. kemarahan. yang kudus dan yang berkenan kepada Allah. diangkat dalam kemuliaan. Segala kepahitan. itu adalah ibadahmu yang sejati. demi kemurahan Allah. 99 Amsal 22: 4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan. aku menasihatkan kamu. pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu. 103 Lukas 3: 8 Hasilkanlah buah-buah yang sesuai pertobatan. kehormatan dan kehidupan. yang dipercayai di dalam dunia. demikian pula segala kejahatan. yang telah memeteraikan kamu menjelang hari keselamatan.

Firman Tuhan semesta alam. tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati. 109 Efesus 4: 32 . oleh karena Kristus telah mati untuk kita. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita.104 Roma 5: 7-8 Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar. 105 Maleakhi 3: 10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan. 107 Roma 2: 4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya. apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku. bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan ? 108 Amsal 3: 7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak. 106 2 Korintus 7: 10 Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan. tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian. ketika kita masih berdosa. kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya ? Tidakkah engkau tahu. takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan.

adalah setia. tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu.Hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain. 111 Yakobus 1: 27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah. yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. apa yang baik. Tuhan kita. 115 Yohanes 14: 11 . ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka. 113 Matius 28: 19-20 Karena itu pergilah. dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia. sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah. Dan ketahuilah. 110 Roma 12: 2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini. kehormatan dan ketidakbinasaan. 112 Roma 2: 6-7 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik. Bapa kita. jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. mencari kemuliaan. penuh kasih mesra dan saling mengampuni. Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 114 1 Korintus 1: 9 Allah. sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-nya Yesus Kristus.

atau setidak-tidaknya. percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. yang melakukan hukum-Nya. 116 Amsal 16: 18 Kecongkakan mendahului kehancuran dan tinggi hati mendahului kejatuhan. kerendahan hati. bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku. hai semua orang yang rendah hati di negeri. carilah kerendahan hati. kemurahan. sama seperti Bapamu adalah murah hati. 121 Zefanya 2: 3 Carilah Tuhan. 117 Kolose 3: 12 Karena itu. berserulah kepada-Nya selama Ia dekat ! 119 Yohanes 14: 15 “Jikalau kamu mengasihi Aku. kamu akan menuruti segala perintahKu “ 120 Lukas 6: 36 Hendaklah kamu murah hati. 122 . mungkin kamu akan terlindungi pada hari kemurkaan Tuhan. 118 Yesaya 55: 6 Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui. kenakanlah belas kasihan. kelemah-lembutan dan kesabaran.Percayalah kepada-Ku. carilah keadilan. sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya.

kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 126 Lukas 6: 31 Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang kepadamu. 123 Kisah Para rasul 4: 12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia. 124 Yohanes 15: 5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar. Inipun sia-sia. perbuat 127 2 Timotius 1: 7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan. perbuatlah juga demikian kepada mereka. sebab di luar Aku. sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. 129 . 125 Pengkhotbah 10: 4 Jika amarah penguasa menimpa engkau.Ibrani 12: 14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan. kasih dan ketertiban. melainkan roh yang membangkitkan kekuatan. Barang siapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. ia berbuah banyak. janganlah meninggalkan tempatmu. 128 Pengkhotbah 5: 9 Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang.

tetapi pemberian Allah. dan jalanmu bukanlah jalan-Ku. harta benda dan kemuliaan. 132 Ibrani 12: 11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita. itu bukan hasil usahamu. Dan apakah keuntungan pemiliknya selain daripada melihatnya ? 130 Yesaya 55: 8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu. sehingga ia tak kekurangan suatupun yang diingininya tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya. .Pengkhotbah 5: 10 Dengan bertambahnya harta. Itu bukan hasil pekerjaanmu. demikianlah Firman Tuhan. bertambah pula orang-orang yang menghabiskannya. tetapi dukacita. jangan ada orang yang memegahkan diri. tetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. melainkan orang lain yang menikmatinya ! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit. 131 Amsal 16: 22 Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya. 134 Efesus 2: 8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman. 133 Pengkhotbah 6: 2 Orang yang dikaruniai Allah kekayaan.

139 1 Korintus 7: 14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian. sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian.135 2 Petrus 3: 9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya. yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. 140 Ibrani 13: 9 Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. 138 Efesus 3: 20 Bagi Dialah. tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah. tetapi Ia sabar terhadap kamu. Sebab yang baik ialah. Kristus telah memerdekakan kita. 137 Galatia 5: 1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka. . 136 Mazmur 12: 7 Janji Tuhan adalah janji yang murni. seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. niscaya anak-anakmu adalah anak cemar. melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa. tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus. bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu. bagaikan perak yang teruji.

jika garam itu menjadi tawar. 142 1 Tesalonika 5: 19-21 Janganlah padamkan Roh dan janganlah anggap rendah nubuatnubuat. Kamu adalah terang dunia. yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah. sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. untuk memuji kemuliaan-Nya. dengan apakah ia diasinkan ? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan. dan banyak orang yang masuk melaluinya. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. . Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. 143 Matius 5: 13-14 Kamu adalah garam dunia. 144 Matius 5: 20 Aku berkata kepadamu : “Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. 145 Matius 6: 27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya ? dapat 146 Efesus 1: 14 Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya.141 Matius 7: 13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu.

yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. 149 Yakobus 1: 2-4 Saudara-saudaraku. sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. Mengucap syukurlah dalam segala hal. senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah.147 Ibrani 13: 15 Sebab itu marilah kita. Tetaplah berdoa. . oleh Dia. anggaplah suatu kebahagiaan apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. 148 Matius 5: 38-39 Kami telah mendengar firman : “Mata ganti mata dan gigi ganti gigi”. sebab kamu tahu. melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang. Tetapi Aku berkata kepadamu : “Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu. 150 1 Tesalonika 5: 16-18 Bersukacitalah senantiasa. berilah juga kepadanya pipi kirimu”.