You are on page 1of 5

KELAS REGULER

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERTSITAS BUDI LUHUR – JAKARTA
UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL, 2011
MATA UJIAN: ETIKA PROFESI
KELOMPOK
: AA, AB, AC, AD, AE, AF, Baris Ke dua, Ke empat,
Ke enam
HARI/TANGGAL : RABU, 18 JANUARI 2012
WAKTU
: 16:00 –17:00 (60 MENIT)
METODA/SIFAT
: TUTUP BUKU
I. PILIHAN TUNGGAL
1. Moral lebih kepada dorongan
a. untuk mentaati etika.
b. untuk diri pribadi
c. untuk perasaan orang lain
d. semua yang di atas benar
2. Moral lebih kepada
a. Perilaku manusia di masa depan
b. rasa dan karsa manusia dalam melakukan segala hal di kehidupannya.
c. rasa dan karsa manusia dalam melakukan segala hal di kehidupannya di
masa lalu
d. semua yang di atas benar
3. Faktor yang mempengaruhi pelanggaran Etika, adalah:
a. kebutuhan Individu seperti keinginan lekas kaya dengan segala cara
b. kebutuhan individu seperti ingin membeli sesuatu dengan menipu
c. kebutuhan Individu, seperti korupsi meskipun dengan alasan ekonomi
d. semua yang di atas benar
4. Sanksi Sosial dengan skala yang relatif kecil, dipahami:
a. sebagai kesalahan yang dapat “dimaafkan”.
b. Sebagai ketidak acuhan dikira akan dimaafkan
c. Sebagai kesalahan yang berdasar lupa
d. semua yang di atas benar

semakin pandai karena jarak dan waktu semakin bias dalam Teknologi Informasi b. terjadi bermacam kejahatan. semua yang di atas benar 10. database maupun sistem aplikasi. Otomatiasi bisnis dengan internet dan layanannya. semua yang di atas benar 9. penipuan. adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software). kejahatan yang dilakukan dengan komputer sebagai basis teknologinya (kemampuan komponennya) c. baik mereka yang tidak sadar merancang sistem aplikasinya. melahirkan implikasi negatif. dari transaksi konvensional kepada yang berbasis teknologi. baik mereka yang hanya mempunyai sistem operasi d. semua yang di atas benar 8. membawa perubahan signifikan. semua yang di atas benar 6. kejahatan yang dilakukan dengan kemampuan pikirannya b. namun tidak setiap pekerjaan adalah etika profesi. d. yaitu: a. namun tidak setiap pekerjaan adalah profesi. semua yang di atas benar 7. c. mengubah bisnis proses yang telah ada. dalam sapaan/tutur kata: a. by email or by surat. baik mereka yang merancang sistem operasi. Cara orang berkomunikasi. c. kejahatan yang dilakukan dengan kemampuan informasinya d. namun setiap pekerjaan adalah profesi. b. kerugian karena ke-anonymouse-an tadi. semakin tumpul karena jarak dan waktu tidak bias lagi dalam Teknologi Informasi d. semakin tumpul karena jarak dan waktu semakin bias dalam Teknologi Informasi c. mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software). b. Isu-isu Pokok Etika: a. tetapi kemudian meng install nya dua kali tanpa ijin? . mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software). Pekerjaan di bidang teknologi informasi adalah a. Profesi merupakan bagian dari pekerjaan: a. d. Apakah dibenarkan membeli produk perangkat lunak. c.5. b.

Yang bisanya tidak ada artinya d. a. tidak ada d. semua yang di atas benar 15. karena install untuk teman Dapat diterima. semua yang di atas benar 12. karena install untuk kepentingan satu perusahaan Dapat diterima. Kejahatan komputer biasanya diasosiasikan dengan “hacker”: a. sebagai a. atau merubah image nya. bebas tugas c. seringnya mereka lakukan dengan alasan mendesak atau tidak mempunyai waktu b. yang biasanya menimbulkan arti yang negatif b. Yang biasanya menimbulkan arti biasa saja c. Pelanggaran yang umum terjadi dari copyright karena: a. Kebebasan moral berkaitan erat dengan: a. Semua yang di atas benar 13. semua yang di atas benar 16. Psikologis b. banyak area yang tidak jelas di hadapan hukum. c. seringnya mereka lakukan dengan alasan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan dengan mudah dan cepat d. yang menarik bagi kita . karena hukum copyright akan memberikan kepada publik penggunaan secara fair bahan-bahan copyright. Tidak dapat dikatakan melanggar etika kalau untuk kegiatan yang maya d. Fisiologis d. d. Menggunakan alat grafik dan perangkat lunak. Nilai merupakan: a. Sosiologis c. semua yang di atas benar 14. Dapat diterima. terlepas b. b. c. Kebebasan paling mudah dimengerti dengan cara negatif. merubah. users dengan mudah dapat mendigitasi (digitize) foto dan kemudian menambahkan . Tidak dapat dikatakan melanggar etika kalau untuk kegiatan yang digital c. karena install berdasar kasihan semua yang di atas benar 11.a. Dapat dikatakan melanggar etika kalau untuk kejahatan b.

semua yang di atas benar 19. Masalah etika tidak bisa diputuskan dengan suara terbanyak. kepentingan masyarakat atau orang lain d. Etika jaringan termasuk: . Dalam etika terapan/profesi merupakan: a. Oleh karena itu: a. masyarakat luas c. Moralitas didasarkan pada norma moral yang melebihi individu dan masyarakat b.b. pendekatan ilmiah yang pasti tidak seragam b. sesuatu yang kita cari c. Aplikasi TI secara luas dan sifat menembus internet telah menciptakan banyak kesempatan untuk suatu kegiatan yang beberapa orang akan mengadilinya sebagai: a. semua yang di atas benar 22. semua yang di atas benar 17. semua yang di atas benar 21. semua yang di atas benar 18. pendekatan ilmiah yang menggunakan metoda yang siap pakai d. pendekatan ilmiah yang menggunakan metoda yang sama c. sesuatu yang menyenangkan d. kepentingan Perguruan Tinggi c. Masyarakat tidak pernah dapat mengubah atau membatalkan norma c. Moral menilai hukum d. Tidak sesuai budaya b. kepada saudaranya d. dirinya sendiri b. Jawaban diberikan kepada: a. semua yang di atas benar 20. Tanggung jawab berarti orang tidak boleh mengelak bila diminta penjelasan tentang perbuatannya. kepentingan diri sendiri b. Tidak sesuai aturan Pemerintah c. Mengungkapkan “kebenaran” dalam kehidupan kita adalah menjalankan fungsi yang tertuju pada: a. Tidak etis d.

personal dan data privacy d. mendengarkan atau melihat yang tidak boleh dilihat atau didengar secara electronik (electronic eavesdropping). semua yang di atas benar . semua yang di atas benar 24.a. tetapi internetnya dijaga c. Sesuatu yang kita cari c. kebebasan c. Menarik bagi kita b. semua yang di atas benar 23. solusi b. intellectual property rights c. codes of ethics b. Kebebasan dibatasi oleh kebebasan orang lain. mendengarkan atau melihat yang tidak boleh dilihat atau didengar secara elektronik (electronic eavesdropping) tidak dijaga d. tatanan moral d. Issues yang umumnya dianggap di bawah payung etika teknologi informasi adalah: a. Inilah alas an utama mengapa diperlukan suatu: a. Nilai merupakan sesuatu yang: a. Sesuatu yang menyenangkan d. mendengarkan atau melihat yang didapat dari Website secara elektronik (electronic eavesdropping) tidak dijaga b. semua yang di atas benar 25.