You are on page 1of 20

1

VARIABEL
PENELITIAN

Definisi
2


Kalau ada pertanyaan tentang: apa
yang anda teliti? jawabannya
berkenaan dengan variabel
penelitian
Konsep atau hal yang sedang diteliti
VP pada dasarnya adalah segala sesuatu
yang berbentuk apa saja yang
diterapkan peneliti untuk dipelajari
sehingga diperoleh informasi tentang hal
tersebut, lalu ditarik kesimpulannya

Technoloy Acceptanc Model. sikap. berat badan. kepemimpinan. teknologi multimedia . bahasa pemrograman.Definisi 3   Atribut seseorang atau obyek yang mempunyai variasi antara satu dengan yang lainya Contoh: tinggi. disiplin kerja  memiliki nilai Atribut bidang keilmuan atau kegiatan tertentu Contoh: pengontrolan mutu sistem informasi. motivasi. IT Governance.

atau kegiatan yang mempeunyai variasi tertentu atau ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari lalu ditarik kesimpulannya  Variabel adalah segala sesuatu yang memiliki variasi nilai  data yang satu beda dengan data yang lain  Misal:  Nilai ujian bervariasi antara 0-100  Tingkat motivasi bervariasi dari sangat rendah hingga sangat tinggi  .Definisi 4 Variabel Penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang. obyek.

5     Variabel akan mendapatkan nilai didasarkan atas ciri-ciri variabel tersebut. misal : agama. volume penjualan . usia. misal : pendapatan. misal : Ya-Tidak. suku Varibel Kontinu jika nilainya dalam interval tertentu. Laki-Perempuan. misal variabel dikotomis. PuasKecewa Variabel Diskrit  jika datanya hanya mempunyai nilai tertentu. dan kontinu Variabel Dikotomis  jika hanya berisi dua nilai. diskrit.

Jenis Variabel 6      Variabel Variabel Variabel Variabel Variabel independen (bebas) dependen (tidak bebas) kontrol moderating intervening .

Variabel Independen 7     Variabel yang bebas mempengaruhi atau menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen Variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel lain Misal. penelitian bertujuan menguji pengaruh biaya promosi terhadap pendapatan suatu produk Biaya promosi  variabel independen .

terikat Variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas Misal. penelitian bertujuan menguji pengaruh biaya promosi terhadap pendapatan suatu produk Pendapatan produk  variabel dependen .Variabel Dependen 8     Sering disebut variabel output. kriteria.

Kadar obat tidur dalam tablet obat batuk perlu dikendalikan untuk menentukan tingkat efektivitas tablet tersebut.  Dibuat paten mis. tempat. Pemasaran (Var independen) (Var dependen) Produk.Variabel Kontrol 9  Variabel Kontrol  variabel yg dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. alat sama (Var kontrol) .  Jika suatu variabel independen yang mempengaruhi variabel dependen diberi perlakukan atau dikendalikan langsung oleh peneliti Contoh :  Produk obat batuk.: Pend SMA/SMK Ketramp.

makin baik pula hasil belajar mereka. Atau sebaliknya. . semakin besar motivasi belajar.Variabel Moderating 10      Variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Disebut juga variabel independen kedua Dapat mengubah nilai hubungan dari positif menjadi negatif atau sebaliknya Misal. hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar mereka Artinya.

penghubung Sebelum variabel independen mempengaruhi variabel dependen. lalu kepuasan kerja akan mempengaruhi produktivitas kerja . terlebih dahulu akan melalui variabel intervening Variabel yang mempengaruhi hubungan langsung antara variabel independen dan dependen sehingga terjadi hubungan tidak langsung Contoh  sikap mengajar dosen dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar mahasiswa. lalu sikap mengajar dosen akan mempengaruhi hasil belajar siswa Contoh  kepuasan kerja dipengaruhi gaji atau upah.Variabel Intervening 11      Variabel yang berada di antara variabel independen dan dependen  var.

12 Menetapkan Variabel Penelitian Perumusan Hipotesis Kerangka Berpikir Variabel Membaca Buku & Hasil Penelitian Sintesis Analisis Komparatif thd &Hasil Penelitian Deskripsi Teori & Hasil Penelitian Analisis Kritis thd Teori & Hasil Penelitian .

ensiklopedia. disertasi Buku dan hasil penelitian teori berkenaan dengan variabel yang diteliti Deskripsi teori  definisi variabel. kedudukan antara variabel satu dengan yang lain . dan kamus Hasil penelitian  laporan penelitian. tesis.13 Membaca Buku dan Hasil Penelitian      Dilakukan setelah variabel ditentukan Buku buku teks. uraian rinci ruang lingkup variabel. jurnal ilmiah. skripsi.

Analisis Kritis terhadap Teori dan Hasil Penelitian 14   Mengkaji apakah teori-teori dan hasil penelitian yang telah ditetapkan itu betul-betul sesuai dengan obyek penelitian atau tidak Karena sering terjadi teori yang berasal dari luar tidak sesuai untuk penelitian di dalam negeri .

Analisis Komparatif terhadap Teori dan Hasil Penelitian 15   Membandingkan antara teori satu dengan teori lain serta hasil penelitian satu dengan penelitian lain Memadukan teori satu dengan teori yang lain atau mereduksinya bila dipandangkan terlalu luas .

Sintesis Kesimpulan 16   Merupakan kesimpulan sementara penelitian Perpaduan sintesis antara variabel satu dengan variabel lain akan menghasilkan kerangka berpikir yang selanjutnya dapat digunakan untuk merumuskan hipotesis .

Kerangka Berpikir 17    Merupakan model konseptual tentang bagaimana teori berhubungan dengan berbagai faktor yang telah diidentifikasi sebagai masalah yang penting Merupakan sintesis tentang hubungan antar variabel yang disusun dari berbagai teori yang telah dideskripsikan Kerangka berpikir yang baik akan menjelaskan secara teoritis peraturan antar variabel yang akan diteliti .

maka produktivitasnya lebih tinggi debanding dengan lembaga B yang menggunakan teknologi rendah .Contoh Kerangka Berpikr 18   Jika komitmen kerja tinggi. maka produktivitas lembaga akan tinggi Karena lembaga A menggunakan teknologi tinggi.

maka produktivitas lembaga akan tinggi Hipotesis  ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen kerja dengan produktivitas kerja .Hipotesis 19    Merupakan dugaan sementara untuk dibuktikan dalam penelitian Kerangka Berpikir Jika komitmen kerja tinggi.

20   Kerangka Berpikir  Karena lembaga A menggunakan teknologi tinggi. maka produktivitasnya lebih tinggi debanding dengan lembaga B yang menggunakan teknologi rendah Hipotesis  “terdapat perbedaan produktivitas kerja yang signifikan antara lembaga A dan B” atau “produktivitas kerja lembaga A lebih tinggi dibandingkan dengan lembaga B” .