You are on page 1of 3

AWAL KEBUDAYAAN MANUSIA DIMULAI PADA ZAMAN BESI dan AKHIR

KEBUDAYAAN MANUSIA BERSAMAAN DENGAN BERAKHIRNYA ZAMAN BESI

ZAMAN BESI adalah suatu tahap perkembangan budaya manusia dimana penggunaan
besi mendominasi pembuatan alat dan senjata . Zaman Besi adalah periode utama
terakhir dalam sistem tiga zaman, Yaitu zaman batu, zaman logam tembaga, zaman
logam perunggu dan zaman besi. Zaman besi adalah awal dari bangkitnya percepatan
teknologi.

Teknologi pengolahan besi tampaknya telah dikuasai manusia sejak zaman Nabi Daud
AS. Hal itu terungkap dalam surat Al- Anbiyaa’ (Nabi-nabi) ayat 80. Dalam surat itu Allah
SWT berfirman, ''Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu,
guna memelihara kamu dalam peperanganmu. Maka, hendaklah kamu bersyukur
(kepada Allah).'' (QS: Al-Anbiyya : 80)

Fakta lainnya yang menyebutkan pengolahan besi yang telah berkembang di zaman
Nabi Daud AS juga dengan diungkapkan dalam surat Saba’ (Kaum Saba) ayat 10. ''Dan
sesungguhnya telah Kami berikan ke pada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman),
Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud,
dan Kami telah melunakkan besi untuknya.''

QS Al-Hadid: ayat 25
Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti
yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca (keadilan)
supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya
terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka
mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat
lagi Mahaperkasa.'' (QS Al-Hadid: ayat 25).

Selain itu, Alquran juga menggambarkan proses pengolahan besi. Dalam surat Al-Khafi
(gua) ayat 96. Allah SWT berfirman, ''Berilah aku potongan-potongan besi. Hingga
apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah
Dzulkarnain, 'Tiuplah (api itu). Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti)

Alquran juga memerintahkan dan menjelaskan cara membuat baju besi. tapi apakah kita temukan barang bukti sejarah lompatan kemajuan budi dan daya ummat manusia pada awal zaman besi. ''Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan. dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung. Einstein tidak mengetahui bagaimana caranya kemajuan teknologi akan berakhir.'' Paling tidak. APA KETERKAITAN UNSUR BESI DENGAN KEHANCURAN TEKNOLOGI? Tahukah anda bahwa kecanggihan teknologi manusia itu dibangun pada sebuah pondasi yang rapuh yaitu unsur BESI. dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. yang kekal hanyalah Sang Khaliq. Tapi Einstein begitu meyakini bahwa perang penghabisan hanya akan menggunakan batu dan batang kayu. zaman tembaga.'' (QS An-Nahl: ayat 81) AKHIR ZAMAN BESI Semua mahluk adalah fana dan akan berakhir.. dan kerjakanlah amalan yang saleh.? Jawabannya adalah TIDAK BISA karena seluruh peninggalan dalam bentuk alat .. 'Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu" Dalam surat Saba’ ayat 11. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan. Semua kemajuan teknologi akan berakhir.?? Mungkin anda menganggap teori saya ini sembarangan? Mari kita buktikan. Semua barang bukti peninggalan prasejarah Zaman batu.... terdapat sembilan ayat dalam Alquran yang membahas dan menjelaskan tentang besi. "Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya. dia pun berkata. zaman perunggu masih terus kita temukan sampai saat ini.api'. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).

pelarut kimia dan uap kimia.atau perkakas pada zaman besi telah hancur teroksidasi. Dinding Zulkarnain sudah ditakdirkan kehancurannya. Wallohualam . gas N2 diudara. Media penyimpanan yang sangat rapuh dan mudah kehilangan datanya hanya oleh perubahan temperatur. Kalau penyebabnya adalah " metal eating bacteria". Einstein memprediksi perang nuklir penyebab kehancuran teknologi. fisika. Tahun 1940 . SOx. kimia atau microbiologi akan sanggup pula menghancurkan seluruh data digital di seluruh dunia. silahkan berkarya untuk kemaslahatan ummat. sebagian lagi memprediksi penyebabnya adalah gelombang electromagnetic cosmic tapi tidak ada satupun yang memprediksi bahwa hancurnya partikel magnetik adalah "jebolnya" dinding Zulkarnain. Nanokatalis base iron berpotensi memproduksi pupuk urea dan ZA hanya dari air. Besi yang panas membara dicor dengan tembaga yang mendidih setelah mendingin mampu bertahan dari "iron eating bacteri" dan dari oksidasi itu sendiri. pelarut berbaha dll. COx buangan gas knalpot. bukan data digital saja yang hancur tetapi seluruh benda yang mengandung besi di dalamnya akan hancur atau minimal terinfeksi sehingga berbahaya bila digunakan manusia. flash disk. Puncak kejayaan unsur besi masih belum tercapai. Manusia belum tahu penyebabnya.1950 kita menyimpan data digital dalam sebuah magnetic tape yg terbuat dari celluosa acetate atau cellulosa triacetate yang mengandung partikel magnetic. Mari mempelajari unsur besi untuk kemaslahatan ummat seperti Nabi Daud As. Nano Zero Valent Iron bisa mendegradasi 400 jenis pollutan organic. tetapi apapun itu yang mampu menghancurkan dinding Zulkarnain. katalitic comperter ramai2 menggunkan katalis besi yang murah. Dinding besi Zulkarnain mampu bertahan sampai saat ini adalah karena Allah SWT telah memerintahkan Zulkarnain melapisi dinding besi dengan unsur tembaga. hard disk yg lebih kuat ditemukan. kimia farmasi. Tahukah anda bahwa hampir seluruh data digital hari ini "disimpan" dalam unsur besi (Magnetic). tetapi kejadian alam yang luar biasa berpotensi menghapus seluruh data yang ada di dalamnya. cahaya UV dan gas CO2. heavy oils yg tertinggal pada kilang minya bisa dicairkan kembali dan dieksplorasi kembali setelah ditambahkan katalis besi dan masih banyak yang lainnya. Besi valensi 6 bisa untuk menetralisir pencemaran gas NOx. Puncak kemanfaatan unsur besi sedang dimulai. Potassium ferrate/ sodium ferrate bisa untuk menjernihkan air sekaligus mensterilkannya. Material penyimpanan data terus ditingkatkan. Padahal seharusnya pada zaman besi inilah paling banyak ditemukan peninggalan.