You are on page 1of 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi pokok
Alokasi Waktu

: SMA Kr. EBEN HAEZAR MANADO
: FISIKA
: X/1
: Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya
: 12 JP

Kompetensi Inti
KI 1

: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.

KI 3

: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah

KI 4

: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida
kalor dan optik.
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa

mikroskop. Membedakan mata normal. Tujuan Pembelajaran Setelah proses mengamati. Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum. 2. mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa : 1. menanya. Menjelaskan pengertian perbesaran linear. lup. Membedakan karakteristik bayangan yang dihasilkan lensa cembung dan cekung. Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi. 18. Menghitung perbesaran lup. 13. 3. 10. 2. dan teleskop. 16. Menjelaskan pengertian alat optik. 5. 8. Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum. Menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung. mikroskop. melaksanakan percobaan. Menjelaskan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada cermin. Membedakan karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung. Menjelaskan hubungan antara kelengkungan dan jarak fokus lensa. 3. Menjelaskan cara menentukan bayangan dan sifat bayangan benda pada cermin datar. 17. rabun dekat (hipermetropi). dan teleskop. berdiskusi. . Menjelaskan pengertian daya lensa. Menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung. mikroskop. Menjelaskan pengertian lensa.4. rabun jauh (miopi). 14. Menentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lensa. 15. 7. 11. Menjelaskan pengertian daya akomodasi. Menyebutkan sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung. dan mata tua (presbiopi). Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata. dan teleskop. 12. 5.9 Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa Indikator : 1. 9. 4. 4. Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata. 6. Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata. Menjelaskan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada lensa.

Menjelaskan pembentukan bayangan pada kamera. merupakan lapisan terluar dari mata yang bersifat kuat dan tembus cahaya. mata kita tidak dapat melihat benda. 21. 2. 22. dan rasa ingin tahu 25. merupakan cairan di antara kornea dan lensa mata. 24. Menjelaskan pembentukan bayangan pada mikroskop.19. Aqueous humor. kerja sama. Mata termasuk alat optik karena di dalamnya terdapat lensa mata yang digunakan untuk menerima cahaya yang dipantulkan oleh bendabenda yang kita lihat. bagian-bagian mata bekerja berdasarkan pada sifatsifat cahaya. Menjelaskan pembentukan bayangan pada teleskop. Ketika dalam keadaan gelap. Dapat mengembangkan karakter siswa tentang kreatif. mata dapat melihat suatu benda jika ada cahaya dan benda tersebut dapat memantulkan cahaya. Menentukan jangkauan daya akomodasi mata. Mampu mengembangkan kedisiplinan. Menjelaskan pembentukan bayangan pada kaca pembesar (lup). 23. Kornea. kepedulian dan tanggung jawab 26. Hal ini disebabkan karena tidak adanya cahaya yang masuk ke mata dari benda-benda yang memantulkannya atau dari sumber cahaya. Mampu menghargai kebesaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa Materi Ajar Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting. cermat. Kita dapat melihat dunia yang indah ini dengan mata. Perhatikan gambar bagian-bagian mata berikut ini! Keterangan: 1. Kornea berfungsi menerima dan meneruskan cahaya. 20. . kejujuran. Dalam hal ini. Sebagai salah satu alat optik. teliti.

Lensa mata berfungsi untuk membentuk bayangan benda. Bintik kuning. Retina adalah tempat jatuhnya bayangan yang dibentuk oleh lensa mata. Sedangkan pada saat melihat benda-benda di kejauhan. lensa mata akan berkontraksi menjadi lebih cembung. 8. selaput yang membentuk celah lingkaran di tengah-tengahnya. celah yang dibentuk oleh iris berfungsi sebagai tempat masuk cahaya.Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari . 1) Materi Fakta . Titik dekat mata adalah titik terdekat yang dapat dilihat jelas oleh mata dengan berakomodasi maksimum. 10. lapisan pada dinding belakang bola mata tempat bayangan dibentuk. 6. lengkungan pada retina yang merupakan bagian yang paling peka pada retina. Mata normal dapat melihat dengan jelas segala sesuatu yang berada pada jarak 25 cm di depan mata sampai di tak terhingga. maka daya akomodasinya makin kecil. Daya akomodasi menyebabkan mata memiliki titik dekat (punctum proximum) dan titik jauh (punctum remotum). 7. Pupil. Vitreus humor. penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. 5. Lensa mata terbuat dari bahan bening dan kenyal. 9. Iris memberikan warna pada mata dan berfungsi untuk mengatur besar-kecil pupil untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk. Retina. otot yang menyangga lensa kristalin dan mengatur besar kecilnya lensa. lensa mata yang berperan penting mengatur letak bayangan agar tepat jatuh di bintik kuning. Iris. Otot mata. Kemampuan lensa mata untuk berkontraksi dan berelaksasi disebut daya akomodasi mata. Jika mata melihat benda yang makin dekat. Lensa mata berupa lensa cembung. maka daya akomodasinya makin besar. cairan bening yang mengisi rongga mata. Syaraf optik. Lensa kristalin. Sebaliknya jika melihat benda yang makin jauh. 4. Titik jauh adalah titik terjauh yang dapat dilihat jelas oleh mata dengan tanpa berakomodasi. Pada saat mata melihat sebuah benda yang dekat.3. Hal itu dilakukan agar bayangan benda tepat jatuh di daerah sekitar bintik kuning pada retina. lensa mata berelaksasi sehingga lensa mata menjadi semakin pipih.

kamera  Perhitungan jarak. kacamata. lensa. Alat dan Sumber Belajar  Media o LKS o Power Point o Gambar/Foto/video tentang ALAT OPTIK  Alat/Bahan o Katrol .2) Materi Konsep  Penggunaan alat-alat optic dalam kehidupan sehari-hari  Kegunaan Mata. bayangan pada alat-alat optik 3) Materi Prinsip Metode Pembelajaran       Eskperimen Pengaamatan Ceramah Diskusi Tanya jawab Penugasan Media. teropong.

Pendahuluan ( 20 menit )  Memberikan salam dan berdoa   Mengondisikan kelas dan pembiasaan Apersepsi dan motivasi Pada saat kita berdiri di depan cermin. serta menilai .tubuh kita terlihat sangat jelas dan nyata. menggunakan alat. Erlangga o Edukasi. Kegiatan Inti ( 100 menit ) Mengamati  Sebuah benda diletakkan di depan cermin datar. kemudian siswa mencari tahu apa factor yang menyebabkan terjadinya bayangan benda Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba. dan mengolah data.  Siswa mengamati dan membuat hipotesis tentang hasil pengamatannya  Guru menilai keterampilan siswa mengamati Menanya  Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapat dari proses mencermati yang didemonstrasikan guru  Siswa mengidentifikasi besaran-besaran apa saja yang terdapat dalam demostrasi yang dilakukan oleh guru  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan yang disajikan oleh guru Mencoba   Siswa melakukan eksperimen yang di demonstrasikan oleh guru. Factor apa yang menyebabkan hal tersebut?  Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran  Pretest B.net Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran PERTEMUAN 1 (3 X 45 MENIT) A.  o Beban gantung o Tiket timer o Kertas lembaran o Bola o Buku pendamping yang relevan LCD Sumber Belajar o Buku teks pelajaran fisika o Panduan praktikum fisika SMA.

Kegiatan Inti ( 100 menit ) Mengamati  Sebuah benda kecil di amati dengan menggunakan lup  Siswa mengamati dan membuat hipotesis tentang hasil pengamatannya  Guru menilai keterampilan siswa mengamati Menanya . Pendahuluan ( 20 menit )    Memberikan salam dan berdoa Mengondisikan kelas dan pembiasaan Apersepsi dan motivasi Dapatkah kita melihat bakteri dengan menggunakan mata?? dengan apakah kita dapat melihat bakteri. menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan Kelompok mendiskusikan dan menjawab soal yang di berikan guru.kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah Mengasosiasi   Membedakan pengamatan pada percobaan dengan jarak benda yang di ubah Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan Mengkomunikasikan    Kelompok mendiskusikan. Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan baik perorangan maupun kelompok C. alat bantu apa saja yang bisa kita gunakan untuk melihat bakteri?  Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran  Pretest B. Penutup (15 menit )  Bersama siswa menyimpulkan besaran yang dipelajari dalam alat optic mengenai mata dan cermin  Memberikan tugas kepada siswa  Melaksanakan post test PERTEMUAN KE 2 (3 x 45 Menit) A.

 Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapat dari proses mencermati yang didemonstrasikan guru  Siswa mengidentifikasi apa saja yang mempengaruhi benda bergerak. menggunakan alat. Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan baik perorangan maupun kelompok C. Pendahuluan ( 20 menit )    Memberikan salam dan berdoa Mengondisikan kelas dan pembiasaan Apersepsi dan motivasi . menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan Masing – masing kelompok menggambar pembesaran bayangan yang di hasilkan oleh alat optic lup Kelompok mendiskusikan dan menjawab soal yang di berikan guru. dan mengolah data. Penutup (15 menit )  Bersama siswa melukiskan tentang gambar yang di hasilkan jika di amati dengan lup  Memberikan tugas kepada siswa  Melaksanakan post test PERTEMUAN KE 3 (3 x 45 Menit) A. serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah Mengasosiasi  Menghitung jarak dan pembesaran bayangan dari sebuah benda yang diamati oleh kaca pembesar/lup  Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan Mengkomunikasikan     Kelompok mendiskusikan.  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan yang disajikan oleh guru Mencoba  Siswa melakukan eksperimen tentang sebuah benda keci di amati dengan kaca pembesar atau lup  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba. percepatan dan massa. Apakah ada gaya.

Penutup (15 menit ) .  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba.Foto seorang model.  Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran  Pretest B. menggunakan alat. Kegiatan Inti ( 100 menit ) Mengamati  Seorang siswa berdiri di depan kelas kemudian di foto dengan menggunakan kamera  Siswa mengamati dan membuat hipotesis tentang hasil pengamatannya  Guru menilai keterampilan siswa mengamati Menanya  Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapat dari proses mencermati yang didemonstrasikan guru  Siswa mengidentifikasi percobaan yang telah diamati  Siswa mendiskusikan tentang alat optic mengenai lensa kamera  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan yang disajikan oleh guru Mencoba  Siswa melakukan eksperimen memotret sebuah benda dari jarak dekat dan dari jarak jauh. di abadikan oleh seortang fotographer. Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan baik perorangan maupun kelompok C. dan mengolah data. menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan Kelompok mendiskusikan dan menjawab soal yang di berikan guru. serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah Mengasosiasi     Menganalisis hasil potertan dari percobaan yang dilakukan Menghitung jarak dan pembesaran bayangan Menentukan sifat-sifat bayangan yang di hasilkan oleh lensa kamera Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan Mengkomunikasikan    Kelompok mendiskusikan.

/ 1 2 Laporan Laporan Pengamatan Waktu Eksperimen 1 KI / KD / PI Makalah No Rangkumn Kualitas MACAM PORTOFOLIOA Jumla h Score Nilai . Bersama siswa menyimpulkan penerapan alat optik dan kegunaan alat opti lensa kamera dalam kehidupan sehari-hari  Memberikan tugas kepada siswa untuk menyelesaikan tugas mengenai alat optik lensa kamera  Melaksanakan post test PERTEMUAN KE 4 ( 3 X 45 Menit ) Ulangan tentang KD 3.9 dan 4.. Eben Haezar Manado Matapelajaran :FISIKA Durasi Waktu : Nama Peserta didik : Kelas/SMT : X MIA .9 Materi : alat-alat optik Lampiran 1 : CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO Sekolah : SMA Kr.

Catatan: Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.3 Catatan: PI = Pencapaian Indikator Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio. Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100. .

9. 2. 13. 16. 18. 6. 8. 3. 15. 1. Nama Disipli n Kerjasa ma Kejujur an Kepeduli an Tanggun g jawab Jumlah Skor Nilai . 5. 10.Lampiran 2 : CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP Materi : alat-alat optik Kelas/Semester : X Mia /1 Hari/Tanggal : No. 14. 11. 17. 12. 7. 19. 4.

20. *) Ketentuan:      1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator 2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator. 24. 22. 26. 27. 21. dst. 25. tetapi belum konsisten 3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator 4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator 5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator FORMAT PENILAIAN Nilai : jumla h skor 30 x 100 . 23.

N o Nam a sisw a Menyampaika n pendapat Menanggapi Mempertahankan argumentasi 1 1 1 2 3 2 3 4 2 3 Jumla h score Nilai 4 Rubrik : Menyampaikan pendapat 1 Tidak sesuai masalah 2 Sesuai dengan masalah. ………….……… orang.Lampiran 3 : CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI Hasil Penilaian Diskusi Topik : ……………………………. : Jumlah Siswa : ……………. alasan kurang benar .. Tanggal ……………………………………….. tapi belum benar 3 Sesuai dengan masalah dan benar Menanggapi pendapat 1 2 3 4 referensi Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung Mempertahankan pendapat 1 Tidak dapat mempertahankan pendapat 2 Mampu Mempertahankan pendapat.

14. alasan benar didukung referensi Lampiran 4 : CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK Kompentesi Inti : Kompetensi Dasar : Indikator : Aspek Penilaian : Praktik/Psikomotor Tanggal Penilaian : Kriteria/Aspek Nama 1 2 3 4 5 6 7 8 9. 12. 13. alasan benar tidak didukung referensi 4 Mampu mempertahankan pendapat. 10.3 Mampu mempertahankan pendapat. 1 2 3 Skor 4 5 6 Nilai . 11.

Dst Kriteria: 1 Tahap Perencanaan Bahan (1) 2 Tahap Proses Pembuatan Persiapan alat dan bahan (2) Tehnik Pengolahan (3) K3 ( keselamatan. . kemamanan dan kebersihan ) (4) 3 Tahap Akhir ( bentuk Produk) Bentuk Fisik (5) Inovasi (6) Penskoran : Tiap Indikator rentang 1 – 5.15. dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.

Lampiran 5 : CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK Matapelajaran :_____________________________________________________ Nama Proyek :_____________________________________________________ Alokasi Waktu :_____________________________________________________ Guru Pembimbing :_____________________________________________________ Nama :________________________________________ NIS :________________________________________ Kelas :________________________________________ No ASPEK 1 PERENCANAAN : 2 a Persiapan b Rumusan Judul PELAKSANAAN : 3 a Sistematika Penulisan b Keakuratan Sumber Data / Informasi c Kuantitas Sumber Data d Analisis Data e Penarikan Kesimpulan LAPORAN PROYEK : a Performance b Presentasi / Penguasaan TOTAL SKOR SKOR (1 .5) 1 2 3 4 5 .

Lampiran 6 CONTOH LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN N O NAM A ASPEK 1 2 3 4 5 6 7 JUMLA H SCORE NILAI Keterangan Aspek : 1 2 3 4 5 6 7 Keaktifan Kesediaan menerima pendapat Tanggungjawab dalam tugas Inisiatif dalam mengambil keputusan Kepedulian terhadap kesulitan yang dialami sesama teman Kepedulian dalam memberi kesempatan yang dialami sesama teman Kemampuan mendorong aktivitas kerja kelompok *) Ketentuan:  1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator  2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator. tetapi belum konsisten  3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator  4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator 5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator Nilai = jumla h skor 35 x 100 .

dengan g = 10 m/s². Anak yang berada disebelah kiri menarik tali tersebut dengan gaya 10 N dan anak yang di sebelah kanan menarik tali dengan gaya 15N.5 kg dan percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s².! (skor 3) 2 Tuliskan pengertian hukum 1..(skor 4) 3 Jelaskan pengertian koefisien gesekkan. berapakah besar tegangan tali?(skor 3) 3 Sebuah bneda digantung dengan seutas tali. Jika lift dalam keadaan diam gaya tekan kakinya sebesar 400 N.050 kg hingga memiliki percepatan 1. Diketahui massa benda 0. tentukan besarnya tegangan tali jika bneda ditarik keatas dengan percepatan benda a = 5 m/s². gaya gesekan kinetis. hukum 2 dan hukum 3 Newton. berapakan resultan gaya yang di hasilkan kedua anak tersebut? (skor 4) Soal pertemuan ke 2 1 Hitunglah gaya yang dihasilkan oleh benda yang memiliki massa 200 kg dan pecepatan 2 m/s². (skor 2) Penskoran : Nilai = jumla h skor 10 x 100 Desember.LAMPIRAN 7 INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF Soal pertemuan pertama 1 Tuliskan aplikasi hukum pertama newton yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.2 m/s².(skor 4) Soal pertemuan ke 3 1 Seorang berada di dalam lift. tentukan gaya tekan kakinya jika lift bergerak kebawah dengan percepatan 2 m/s² (skor 4) 2 Jelaskan yang dimaksud dengan gaya gesekan statis. 2013 Guru Mapel Fisika . (skor 3) 2 Seutas tali digunakan untuk menarik mobil yang massanya 1. (skor 3) 3 Dua orang anak menarik seutas tali dengan arah yang berlawanan.