You are on page 1of 5

SOAL UAS SEISMOLOGI TAHUN…

2013/2014
1. Parameter2 sumber gempa yg biasa dihitung oleh seismolog? (25)
2. Jelaskan bagaimana seismolog dapat menentukan parameter-parameter sumber gempabumi dari
seismogram! (25)
3. Buatlah sketsa grafik dari selisih waktu tiba gel P dan S pada rekaman seismogram sebagai fungsi
jarak episenter (10)
4. Jelaskan bagaimana seismolog dapat mengetahui jenis patahan penyebab gempabumi
berdasarkan data seismogram. Berikan ilustrasinya! (25)

5.

Dari rumus diatas, terlihat bahwa Vp berbanding terbalik dengan rho, namun pada kenyataannya
mereka berbanding lurus. Jelaskan mengapa demikian? (25)

2012/2013
1. Jelaskan beberapa kejadian yang dapat menjadi sumber gempabumi!
2. Jelaskan informasi apa saja yang bisa didapat dari seismogram!
3. Jelaskan bagaimana kita bisa mendapatkan informasi berikut ini dari seismogram
a. arah sumber datangnya gempabumi
b. jarak sumbernya
c. jenis patahannya
4. Jelaskan apa itu rupture dari gempabumi. Apa hubungan antara rupture gempabumi terhadap
pusat gempabumi?
5. Sebutkan beberapa macam noise yang dapat menjadi kendala dalam pemrosesan data
seismogram
6. Jelaskan kegunaan seismologi bagi vulkanologi untuk memahami tabiat sebuah gunungapi
7. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis gempa volkanik yang biasa terjadi pada sebuah gunungapi.
Gambarkan sketsa rekaman seismogram dari masing-masing gempa volkanik tadi!

kumpulkan data dari beberapa stasiun dan bandingkan. setelah itu dari hasilnya bisa dilihat. 4. R. Kedalaman Hiposenter. L. Liat orientasi gerakan awal (first motion) dari gempabumi yg masuk ke seismogram. S. seorang seismolog dapat mengetahui jawaban nomer 1 + dapet juga perkiraan titik gempanya ada dimana. Jarak sumber gempa dari stasiun pengamatan. Magnitudo Gelombang Permukaan (Ms). apakah gerakannya keatas (up) atau kebawah (down). tapi kalo kebawah berarti gerakannya dilatasi (T).2013/2014 1. Travel Time (t). Ngeliat seismogram dan tentukan itu gelombang apa (P. kemudian liat amplitudo. setelah itu plot di stereonet (Schmidt Net) untuk membuat beachball diagramnya. Magnitudo Gelombang Badan (M). apakah dia itu reverse. 3. Momen Seismik (Mo) Amplitudo Gelombang (A). kalo keatas berarti dia gerakannya kompresi (C). normal. atau shear (liat gambar dibawah). Dari data yang didapat tersebut. 2. . dll) dan kemudian tentukan orientasi gerakan awal dari gelombang (P) tersebut (up atau down). Magnitudo Momen (Mw). waktu tiba gelombang P dan S dan tentukan kecepatan gelombang P dan Snya.

Memang benar. sebagai contohnya saja seperti pada yang ditunjukkan oleh kurva Nafe-Drake dibawah ini.sa/sites/default/files/l04. namun akumulasi perbesaran keduanya akan selalu lebih besar daripada pertambahan nilai densitas. semakin besar densitas sebuah batuan. semakin padat (densitas semakin tinggi) sebuah batuan. Sumber: http://fac. pada kenyataannya semakin besar densitas sebuah batuan. . maka kecepatan gelombang P dan Snya pun akan tetap semakin besar karena kenaikan K dan μ yang lebih besar daripada kenaikan densitas tersebut.edu.5. sehingga secara langsung.ksu. Penjelasan dari paradoks yang ada adalah.pdf. maka batuan tersebut akan semakin incompressible dan akan semakin rigid pula. maka kecepatan gelombang P (dan juga S) akan semakin tinggi. sehingga konstanta elastiknya (K dan μ) juga akan membesar.

bahan peledak Reservoir-induced (gak tau ini apaan) Pertambangan (pas ngancurin batu.2012/2013 1. Sumber: http://www. waktu tiba gelombang P dan S dan tentukan kecepatan gelombang P dan Snya. Dan kalo datanya berasal dari banyak stasiun pengamatan. dll) Injeksi fluida (yg pernah disinggung sama Prof. dll) dan kemudian tentukan orientasi gerakan awal dari gelombang (P) tersebut (up atau down). S. ato terowongannya roboh) Kultural (kendaraan. Kedalaman Hiposenter. Rupture tersebut biasa direpresentasikan oleh patahan atau geseran yang terjadi pada event tersebut.opensha. . Rupture memiliki beberapa komponen. Permukaan (Bidang) Rupture. diantaranya adalah Rake. apakah dia itu reverse. R. Dari data yang didapat tersebut. L. kalo keatas berarti dia gerakannya kompresi (C). kemudian liat amplitudo. Magnitudo Gelombang Permukaan (Ms). Jenis patahan Liat orientasi gerakan awal (first motion) dari gempabumi yg masuk ke seismogram. Momen Seismik (Mo) Amplitudo Gelombang (A). apakah gerakannya keatas (up) atau kebawah (down). Travel Time (t). Hiposenter (ga selalu). 3. Apa itu rupture gempa bumi Rupture merupakan sebuah event atau kejadian yang dapat men-generasi sebuah energi gempabumi yang dihasilkan akibat terjadinya sebuah pergeseran atau patahan yang ada dibawah permukaan bumi. dan Mw (momen magnitudo). Jarak sumber gempa dari stasiun pengamatan. bisa juga buat nentuin dimana perkiraan titik sumber gempanya. kumpulkan data dari beberapa stasiun dan bandingkan. Magnitudo Momen (Mw). seorang seismolog dapat mengetahui jawaban nomer 2 + dapet juga perkiraan titik gempanya ada dimana. setelah itu plot di stereonet (Schmidt Net) untuk membuat beachball diagramnya. setelah itu dari hasilnya bisa dilihat. Magnitudo Gelombang Badan (M). normal.org/glossary-earthquakeRupture. Arah sumber & jaraknya Ngeliat seismogram dan tentukan itu gelombang apa (P. tapi kalo kebawah berarti gerakannya dilatasi (T). 4. Natural Tektonik Volkanik Batu jatoh Badai Man Made Bom. atau shear (liat gambar dibawah). Anne Meltzer) Ekstraksi hidrokarbon (idem yg diatas) 2.

Gempabumi sebenarnya tercipta karena stress yang diterima oleh sebuah batuan yang terlalu besar sehingga pada akhirnya menghasilkan rupture. aktivitas manusia. bagaimana aktivitas volkaniknya. 7. sepeda numpang lewat. apakah terjadi gempa volkanik. Hal tersebut bisa didapatkan dari melihat rekaman seismogramnya. maka energi yang dilepaskan akan semakin besar. ada pembangunan. becak lewat. gerakan air. dll). aktivitas binatang. dan sesudah letusan. akar pohon yg geter2. banyak orang jalan2. biasanya aktivitas volkaniknya akan semakin meningkat sehingga akan memicu terjadinya gempa volkanik yang mana ditandai oleh adanya wiggle yang besar (lebih besar dari pas lama sebelum meletus) dan apabila wiggle tersebut semakin besar. Seismologi dapat digunakan untuk memprediksi aktivitas gunungapi. badai. males nyari (internet lemot). ada orang iseng ngambil data seismik refraksi di deket stasiun pengamatan. angin lewat. saat. mobil lewat. Apabila sebuah gunungapi sudah mau meletus. 5. maka dapat diperkirakan bahwa gunungapi tersebut akan segera meletus. motor lewat. dll 6. Apabila wiggle tersebut sudah semakin marak ditemui (sering muncul) dan gunungapi tersebut menunjukkan aktivitas-aktivitas tertentu (ngeluarin awan panas. gak tau.Hubungan antara rupture dan pusat gempabumi Pusat gempabumi biasanya berada di dekat ATAU pada zona yang mengalami rupture tersebut. apakah sudah mau meletus. berapa energi yang dilepaskannya. rupture ini adalah sarana bagi batuan tersebut untuk melepaskan seluruh energi yang dihasilkan oleh stress tersebut. dan lain-lain. aplot dong . pertanda apa yang muncul pada sebelum. petir.