You are on page 1of 4

Handout Akuntansi Biaya

Semester Gasal 2012/2013

KONSEP DASAR AKUNTANSI BIAYA
Dalam Akuntansi kita mengenal ada dua tipe, yakni :
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
Persamaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
• Merupakan sistem pengolah informasi yang menghasilkan Laporan Keuangan
• Berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk
pengambilan keputusan
• Menggunakan Sistem informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan
informasi yang disajikan kepada pemakainya.
Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi
pihak ekstern perusahaan
o informasi yang disajikan berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal, arus kas, dan
catatan keuangan lainnya.
o Transaksi yang menjadi objek dalam akuntansi keuangan sifatnya umum menyangkut harta,
utang dan modal perusahaan.
Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk
pihak manajemen.
o Jenis informasi yang diperlukan pasti berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar.
o Manajemen dalam hal ini terdiri dari top manajemen, middle manajemen dan lower
manajemen.
o Umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada
pihak luar.
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
No

Kriteria

Akuntansi
Keuangan

1. Pemakai

Para manajer puncak dan pihak
luar perusahaan

Manajemen
Para manajer dan berbagai jenjang
organisasi di dalam perusahaan

2. Lingkup informasi Perusahaan secara keseluruhan

Bagian dari perusahaan

3. Fokus informasi

Berorientasi ke masa lalu

Berorientasi ke masa yang akan datang

4. Rentang waktu

Kurang fleksibel. Biasanya
mencakup jangka waktu
kuartalan, semesteran, dan
tahunan

Fleksibel, bervariasi, dari harian, mingguan,
bulanan bahkan sampai ada yang 10 tahun
sekali

5. Kriteria bagi
informasi
akuntansi

Dibatasi oleh prinsip yang umum Tidak ada batasan, kecuali manfaat yang
dan diakui / lazim
dapat diperoleh oleh manajemen dari
informasi dibandingkan dengan
pengorbanan untuk memperoleh informasi

6. Disiplin ilmu

Ilmu ekonomi

Konsep Dasar Akuntansi Biaya

Ilmu ekonomi dan psikologi sosial

1

Sifat informasi Ketepatan informasi merupakan hal yang penting Unsur taksiran informasi adalah besar. Menghitung Laba perusahaan pada periode tertentu : untuk mengetahui laba maka diperlukan biaya yang dikeluarkan. Memperkenalkan berbagai metode : sesuai dengan kepentingan yang diperlukan dengan hasil yang paling efektif dan efisien 6. Memberikan informasi biaya bagi manajemen guna dipakai di dalam pengendalian manajemen Biaya • Dalam arti luas adalah pengorbanan sumber ekonomis. Alat Perencanaan : perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya. Perencanaan biaya akan memudahkan dalam pengendalian biaya 4. Menghitung dan menganalisis terjadinya ketidakefektifan dan ketidakefisienan :  membahas batas maksimum yang harus diperhatikan dalam menetapkan biaya suatu produk  menganalisis dan menentukan solusi terbaik jika ada perbedaan antara batas maksimum tersebut dengan yang sesungguhnya terjadi. Melakukan perhitungan dan pelaporan biaya (harga) pokok suatu produk 2. Pengendalian biaya : membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi satu satuan produk dengan biaya yang sesungguhnya terjadi 5. 7. Penentuan Harga Pokok Produksi : mencatat. biaya merupakan salah satu komponen dalam laba 8. Isi laporan Laporan berupa ringkasan mengenai perusahaan sebagai satu kesatuan / keseluruhan Laporan bersifat rinci mengenai bagian dari perusahaan 8. Fungsi Akuntansi Biaya 1. Penggolongan. • Objek kegiatan akuntansi biaya adalah “Biaya” Tujuan Akuntansi Biaya 1. Memperinci biaya (harga) pokok produk pada segenap unsurnya 3. Peringkasan dan Penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa. Pengambilan keputusan khusus : sebagai alat manajemen dalam mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.Handout Akuntansi Biaya Semester Gasal 2012/2013 7. Konsep Dasar Akuntansi Biaya 2 . yang diukur dalam satuan uang. yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. menggolongkan dan meringkas biaya pembuatan produk 2. Memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban 4. dengan cara-cara tertentu. Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran 5. Akuntansi Biaya • Adalah proses pencatatan. • Dalam arti sempit biaya merupakan bagian daripada harga pokok yang dikorbankan di dalam usaha untuk memperoleh penghasilan. serta penafsiran terhadapnya. Menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen : biaya sebagai ukuran efisiensi 3.

biaya gaji karyawan yang bekerja dalam bagian-bagian. Merupakan biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk. Contohnya adalah biaya depresiasi mesin dan equipment. baik yang langsung maupun yang tidak langsung berhubugan dengan proses produksi. biaya bahan penolong. yaitu fungsi produksi fungsi pemasaran. Dalam perusahaan manufaktur. Contohnya biaya ini adalah biaya gaji karyawan. Merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. bagian keuangan. Merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. ada tiga fungsi. 3) Biaya administrasi dan umum. 2) Biaya pemasaran. biaya bahan baku. menurut Mulyadi (1990. biaya angkutan dari gudang perusahaan ke gudang pembeli. Oleh karena itu dalam perusahaan manufaktur. b) Fungsi pokok dalam perusahaan. dan fungsi administrasi dan umum. gaji karyawan bagian-bagian yang melaksanakan kegiatan pemasaran. yaitu penggolongan biaya menurut: a) Obyek pengeluaran. maka semua pengeluaran yang berhubungan dengan bahan bakar disebut "biaya bahan bakar". Konsep Dasar Akuntansi Biaya 3 .Handout Akuntansi Biaya Semester Gasal 2012/2013 Biaya dan Beban • Biaya (cost) : Semua biaya yang telah dikeluarkan dan dianggap masih akan memberi manfaat (benefit) di masa yang akan datang  dicatat dalam neraca • Beban (expense) : Semua biaya yang telah dikeluarkan untuk menghasilkan prestasi dan dianggap tidak akan memberikan manfaat (benefit) di masa yang akan datang  dicatat dalam perkiraan rugi laba Sistem informasi akuntansi biaya (Armanto. akuntansi. 2006) Konsep harga pokok (cost) Konsep biaya (expense) Konsep biaya berkenaan untuk perencanaan dan pengendalian Konsep biaya kesempatan (opportunity cost) Konsep biaya pabrikasi / biaya produk Biaya bahan baku Biaya tenaga kerja Biaya overhead pabrik (BOP) Biaya Pemasaran Konsep biaya komersial Biaya Administrasi Konsep biaya pertanggungjawaban BOP tenaga kerja Tidak langsung BOP Tidak Langsung lainya Biaya variabel Biaya tetap Konsep perilaku biaya Konsep Informasi berkenaan dengan biaya BOP bahan Tidak langsung Biaya semi variabel Biaya terkendali Biaya tak terkendali Konsep biaya berdasar pengambilan keputusan Biaya bertingkat (step cost) Biaya relevan Biaya tidak relevan Penggolongan Biaya Terdapat lima cara penggolongan biaya. biaya contoh (sample). biaya dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok: 1) Biaya produksi. 10). hal. Contohnya adalah biaya biaya promosi. Misalnya nama obyek pengeluaran adalah bahan bakar.

Biaya semivariabel adalah biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Biaya tak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut dengan istilah biaya produksi tak langsung atau biaya overhead pabrik (factory overhead cost).Handout Akuntansi Biaya Semester Gasal 2012/2013 personalia dan bagian hubungan masyarakat. Biaya semitetap adalah biaya yang tetap untuk tingkat volume kegiatan tertentu dan berubah dengan jumlah yang kostan pada volume produksi tertentu. Biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran volume kegiatan tertentu. Contohnya adalah biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. 1) Pengeluaran modal (capital expenditures) adalah biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi (biasanya satu tahun). Jumlah biaya pemasaran biaya administrasi dan umum sering pula disebut istilah biaya komersial (commercial expense) c) Hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai. 2) Pengeluaran pendapatan (revenue expenditures) adalah biaya yang hanya mempunyai manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran tersebut. Contohnya adalah gaji direktur produksi. Biaya langsung departemen (direct departemen cost) adalah semua biaya yang terjadi di dalam departemen tertentu. Biaya langsung adalah biaya yang terjadi. diamortisasi atau dideplesi. dan dibebankan dalam tahun-tahun yang menikmati manfaatnya dengan cara didepresiasi. Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya ini mengandung unsur biaya tetap dan unsur biaya variabel. Pengeluaran modal ini pada saat terjadi dibebankan sebagai harga pokok aktiva. Biaya variabel adalah biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan. yang penyebab satu satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Biaya tak langsung adalah biaya yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. biaya dapat digolongkan menjadi: 1) Biaya variabel. d) Perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan. 2) Biaya tak langsung (indirect cost). Biaya dapat dibagi menjadi dua pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan. Konsep Dasar Akuntansi Biaya 4 . e) Jangka waktu manfaatnya. 2) Biaya semivariabel. Contohnya adalah biaya tenaga kerja yang bekerja dalam Departemen Pemeliharaan dan biaya depresiasi mesin yang dipakai dalam dept tsb. 3) Biaya semitetap. 4) Biaya tetap. dikelompokkan menjadi dua golongan: 1) Biaya langsung (direct cost).