You are on page 1of 6

PROGRAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

SMA NEGERI 1 RANGKASBITUNG
TAHUN PELAJARAN 2015 /2016

A. Latar Belakang
Dalam upaya melaksanakan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan ini berisi arahan tentang
perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan yang meliputi
standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga
kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan
dan standar penilaian pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 19 tahun 2007 tentang Standar
Pengelolaan Pendidikan menggariskan bahwa sekolah/ madrasah mengatur dan
menetapkan petunjuk pelaksaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik
yang meliputi kriteria calon peserta didik, tata cara penerimaan peserta didik dan
orientasi / masa bimbingan peserta didik baru.
SMA Negeri 1 Rangkasbitung yang diproyeksikan menjadi sekolah kategori mandiri
(SKM) dan salah satu sekolah Rujukan di Kabupaten Lebak ( telah memperoleh
Akreditasi A dari Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Banten pada tahun 2010)
berusaha untuk memenuhi keinginan tersebut salah satunya dengan merekrut caloncalon peserta didik yang mempunyai keunggulan di bidang akademik dan non
akademik yang berasal dari sekolah sekolah (SMP dan MTs) yang ada di Kabupaten
Lebak dan di luar kabupaten Lebak. Hal ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan
salah satu visi SMA Negeri 1 Rangkasbitung yaitu Unggul dalam Prestasi, kreatif,
religius, berkarakter Indonesia dan berwawasan Lingkungan. sehingga nantinya
dapat melahirkan lulusan SMA yang mempunyai keunggulan kompetitif dan
berkarakter di masyarakat.
Salah satu bagian penting untuk membangun keunggulan tersebut adalah dengan
membuat desain penerimaan peserta didik baru yang memungkinkan terjaringnya
sejumlah siswa yang mempunyai potensi/kemampuan awal yang memadai untuk
mewujudkan keunggulan tersebut selama proses pendidikan di SMA Negeri 1
Rangkasbitung. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka SMA Negeri 1
Rangkasbitung menyusun program penerimaan peserta didik baru (PPDB) agar
pengelolaan dan mekanisme kerjanya terbuka, transparan dan berkeadilan sehingga
pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.
B. Landasan Hukum
1. Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

bebas narkoba dan rokok o berkelakuan baik. Hasil Musyawarah Dewan Guru dan Kepala sekolah tahun pelajaran 2015/2016 7. ber karakter dan religius yang tinggi.5/ -DISPEND/2015…tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun Pelajaran 2015/2016 5. Hasil rapat konsultasi dengan Komite Sekolah tahun 2015. 6. belum pernah tersangkut tindak pidana/kriminal o berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada awal tahun ajaran 2015/2016 o memiliki STTB dan SKHUN SMP/MTs/Paket B tahun 2015 o berasal dari SMP/MTs di wilayah Negara Republik Indonesia . C. Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 3. D. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak nomor 421.3 / 903 Disdikbud/Kab/2015 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru tahun Pelajaran 2015/2016 Tanggal 1Juni 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan 4. Umum o sehat jasmani dan rohani. Tujuan Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Rangkasbitung tahun pelajaran 2015 / 2016 bertujuan untuk menjaring siswa baru SMAN 1 Rangkasbitung yang sehat jasmani dan rohani serta mempunyai kualifikasi kecerdasan. Sasaran Kegiatan Sasaran kegiatan penerimaan peserta didik baru ini adalah Peserta Didik tamatan SMP/MTs tahun pelajaran 2014/2015 yang memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1. prestasi akademik dan non akademik.2. Berdasrkan minat dan bakatnya. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Banten nomor 423.

Psikologi dan dinyatakan lulus oleh panitia seleksi 3 sanggup membayar dana sumbangan pendidikan (DSP) sesuai keputusan Komite Sekolah E. POPDA. OOSN.o Bagi calon siswa yang berasal dari SMP/MTs di luar kabupaten Lebak dengan menyertakan Surat keterangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Propinsi setempat o belum pernah menikah dan tidak melangsungkan pernikahan/perkawinan selama menjadi peserta didik di SMA Negeri 1 Rangkasbitung. Target Target utama kegiatan ini adalah untuk mendapatkan 240 (dua ratus empat puluh) orang calon peserta didik baru kelas X tahun pelajaran 2015 /2016 Program Inti yang sehat jasmani dan rohani serta mempunyai keunggulan prestasi akademik dan non akademik. LKTI/KIR/OPSI. Nama kegiatan : Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Rangkasbitung tahun pelajaran 2015 / 2016. POPNAS 2 mengikuti test tertulis Potensi Akademik . 1 Khusus  Mendaftar Secara. F. foto copy Buku Laporan Pendidikan ( Raport) semester 1 – 5 yang dilegalisir oleh sekolah asal 1 foto copy STTB dan SHUN yang dilegalisir oleh sekolah asal 1 surat keterangan berkelakuan baik dari kepala sekolah (SMP/MTs) atau dari Kepala Desa/ Kelurahan tempat tinggal/domisili calon siswa (Paket B) 1 pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm (satu lembar) dan ukuran 2 x 3 cm (dua lembar) 1 foto kopi sertifikat/piagam/medali prestasi serendah-rendahnya juara 1 (satu)tingkat kabupaten/ kota yang pernah diraih selama belajar di SMP/MTs/Paket B (dengan menunjukkan ASLInya) bagi calon PDB yang memiliki bidang OSN. Nama. . PORPROV. Tema Bentuk dan Tahapan Kegiatan 1. kolektif oleh Sekolah atau Perorangan ( Mandiri)  Menyerahkan kembali Formulir kepada panitia PPDB 2015 Dengan melampirkan : 1.

3. Bentuk : Seleksi Administrasi dan Test Potensi Akademik. Jadwal / Tahapan Kegiatan No Tahapan Kegiatan Waktu 1.2. Pelaksanaan Tes Potensi Akademik dan Psikotest . Psikotest Tahapan kegiatan : 1. Pembentukan Panitia PPDB dan Tim Seleksi oleh Kepala Sekolah 2. Sosialisasi dan publikasi. Pembentukan Panitia PPDB/Tim Seleksi 30 – 31 Mei 2015 1 Sosialisasi dan Publikasi 08 Juni – 20Juni 2015 1 Penerimaan Pendaftaran calon PDB 22 Juni – 27Juni 2015 1 Pengambilan Kartu Peserta Test 1 Pelaksanaan Tes Potensi Akademik 29 Juni 2015 1 Pengolahan hasil test seleksi 23 Juni – 27 Juni 2015 30 Juni – 03 Juli 2015 Keterangan . Tema kegiatan : Menjaring Siswa Berpotensi melalui Seleksi yang Unggul dan Terbuka. Regrestasi calon peserta didik yang diterima (lulus seleksi) G. 4. Pengumuman hasil seleksi Panitia PPDB 7. Pengolahan hasil test seleksi akademik oleh Tim Seleksi PDB 6. 5. Penerimaan pendaftaran calon peserta didik baru oleh Panitia PPDB melaui media Online. kepada Warga Sekolah dan Komite Sekolah serta masyarakat melalui pengiriman surat ke SMP/MTs dan pemasangan spanduk/selebaran 3.

Calon PDB yang memenuhi persyaratan administrasi diberikan Kartu Peserta Seleksi Potensi Akademik untuk digunakan mengikuti Test Potensi Akademik dan Psikologi 2. 1 Tim seleksi berhak menentukan calon Peserta Didik (PDB) yang akan diterima jika terdapat nilai yang sama pada posisi batas jumlah calon PDB yang diterima sesuai dengan pertimbangan / kriteria yang dibuat oleh panitia / tim seleksi. B = Nilai Test Potensi Akademik ( TPA) dan Psikotest. Dimana NS = Nilai seleksi. A = Jumlah nilai Raport dan SHUN.00 J. Hasil Test Potensi Akademik dikombinasikan dengan nilai Raport dan hasil Ujian nasional (SKHUN) SMP/MTs untuk memperoleh skor nilai seleksi dengan rumus : NS = ( 50 % A + 50 % B ) . Tahapan Seleksi Seleksi TPA dan Psikotest : Tim Independen UPI BANDUNG 1.1 Pengumuman hasil seleksi 04 Juli 2015 1 Regrestasi calon PDB yang diterima 06 – 08 Juli 2015 1 Persiapan MBPDB 2015 27 – 29 Juli 2015 H.00 – 12. Pengumuman Hasil Seleksi dan Regrestrasi . Anggaran Biaya Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun 2015/2016 Tidak Dipungut Biaya ( Gratis ) I. K. Bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan dan Lengkap diberikan Kartu Peserta Test Akademik. pukul 08. Pengolahan Hasil seleksi 1. Administrasi : Penerimaan Pendaftaran dan kelengkapan berkas pendaftaran ke SMA Negeri 1 Rangkasbitung. Akademik : Test Potensi Akademik dan Psikologi dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 29 Juni 2015. ( TPA dan Psikologi ) 2. 1 Hasil nilai seleksi (NS) dibuat rangking / Passinggrade untuk menentukan peringkat calon PDB yang akan diterima sebanyak 240 siswa baru.

19680221 199001 2 002 . Bagi calon peserta didik yang lulus seleksi tetapi yang bersangkutan tidak melaksanakan regrestrasi pada tanggal tersebut di atas dianggap mengundurkan diri L. Rangkasbitung. NIP .Pd.1.Pd.d 08 Juli 2015 3. Calon Peserta didik yang dinyatakan diterima harus melaksanakan regrestrasi pada tanggal 06 s. Iva Havidania. Amiin. S. kartu peserta tes akademik dan foto kopi akte kelahiran / akte kenal lahir 4. TTD Hj. Hasil seleksi diumumkan tanggal 04 Juli 2015 melalui Papan informasi di SMA Negeri 1 Rangkasbitung 2. Semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Penutup Demikian program ini dibuat sebagai pedoman dalam pelaksanaan penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2015 /2016. Pada saat regrestrasi (daftar ulang) calon peserta didik diharuskan menyerahkan SHUN asli dan fotokopi. 13 Juni 2015 Kepala Sekolah. M. Sesuai harapan kita semua.