You are on page 1of 9

PENDAHULUAN

PRAKTEK KAYU

Annisa Putri
5415111873

Pendahuluan Dalam mengerjakan suatu konstruksi kayu tentunya kita tidak dapat luput dari peralatan dan kelengkapan benda-benda pelengkap praktek tersebut. Maka dari itu peranan atau fungsi dari macam-macam peralatan tersebut sangatlah penting bagi kita yang akan melaksanakan praktek konstruksi kayu. .

Pahat 3. Dan sebagainya .Macam-Macam Peralatan dan Kelengkapan Peralatan dan kelengkapan untuk praktek kayu ada beberapa jenis diantaranya. Kapak 6. Ketam 4. yaitu: 1. Gegraji (belah dan potong) 2. Asahan 5.

Gergaji belah memiliki arah mata pisau menyamping karena fungsi utamanya yaitu membelah serah serat. Gergaji Potong Gergaji potong merupakan gergaji yang digunakan jika kita ingin memotong kayu tegak lurus dari arah serat. .Gergaji Belah dan Gergaji Potong • • Gergaji Belah Gergaji belah merupakan gergaji yang digunakkan jika kita ingin membelah kayu searah dengan serat kayu tersebut. Gergaji potong memiliki arah mata pisau ke depan karena fungsi utamanya yaitu memotong kayu tegak lurus arah serat.

Gambar Gergaji Belah dan Gergaji Potong .

.Pahat Pahat ialah perkakas pertukangan berupa bilah besi yang tajam pada ujungnya untuk melubangi atau mengukir benda keras seperti kayu. batu logam.

.Ketam Ketam adalah perkakas pertukangan baik berupa listrik maupun manual yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu yang kasar agar menjadi halus.

dan sebagainya. pahat. pisau.Asahan Asahan merupakn alat pertukangan berupa sebuah batu terdapat permukaan kasar dan permukaan halus yang berfungsi untuk mempertajam alat petukangan seperti kapak. .

bermata yang diikat pada sebuah tangkai besi.Kapak Kapak (atau kadang disebut Kampak) adalah sebuah alat pertukangan yang biasanya terbuat dari logam. Fungsi dari kapak adalah untuk memotong atau membelah kayu yang di anggap keras. .