You are on page 1of 4

PENELITIAN

HUBUNGAN GEJALA DEPRESI DENGAN STATUS GIZI KURANG PADA LANSIA
YANG BEROBAT DI PUSKESMAS RAWAT INAP SUNGAI PINYUH
Pada usia lanjut, sering terjadi suatu gejala psikologis, terutama depresi. Hal ini akan
berdampak pada kehidupannya, seperti salah satunya penurunan nafsu makan yang jika
berkelanjutan akan mengakibatkan status gizi yang kurang pada usia lanjut. Dengan adanya status
gizi yang kurang akan menimbulkan beberapa masalah dalam aspek kehidupan yang dijalaninya,
seperti tidak bersemangat, tidak bertenaga, tidak mau beraktivitas, yang nantinya akan menurunkan
kualitas hidup.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti bermaksud mengadakan kuesioner untuk meneliti
hubungan antara gejala depresi dengan status gizi kurang pada lansia yang datang berobat ke
Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh. Kuesioner ini disebarkan kepada lansia yang datang berobat
dan isi kuesioner akan dijaga hanya untuk kepentingan penelitian.
Nama Responden

: ......................................................................

Umur

: ......................................................................

Berat Badan

: .............. kg

Tinggi Lutut

Tinggi Badan

: ............... m

Laki-laki : 59,01 + (2,08 x TL) = ..........cm

: .............. cm

Wanita : 75,00 + (1,91 x TL) = .........cm

: BB / TB2 = ....... / ........ = ..............

IMT

( kurang / cukup / lebih ) *coret yang tidak perlu

Sungai Pinyuh, .................................. 2012
Pewawancara

Responden

dr. Agustina Onggreny

............................................

Geriatric Depression Scale No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Pertanyaan Apakah Anda merasa puas dengan hidup Anda? Apakah Anda mulai meninggalkan hobi dan pekerjaan Anda? Apakah Anda merasa hidup seperti hampa? Apakah Anda sering bosan? Apakah Anda sangat menaruh harapan pada masa depan Anda? Apakah Anda merasa terganggu dengan pikiran yang tidak bisa Anda lupakan? Apakah Anda merasa bersemangat? Apakah kadang kala Anda merasa sesuatu yang buruk akan terjadi pada diri Anda? Apakah Anda merasa bahagia belakangan ini? Apakah Anda sering merasa bantuan Anda tidak diperlukan? Apakah Anda sering merasa kelelahan dan kewalahan mengerjakan sesuatu? Apakah Anda lebih senang berada di rumah daripada pergi dan melakukan hal baru? Apakah Anda sering khawatir mengenai masa depan Anda? Apakah Anda merasa memiliki gangguan daya ingat? Apakah Anda merasa senang menikmati hidup saat ini? Apakah Anda sering merasa rendah diri dan sedih? Apakah Anda merasa tidak berharga dan tidak berguna belakangan ini? Apakah Anda suka merasa khawatir tentang masa lalu Anda? Apakah Anda merasa hidup Anda sangat menyenangkan? Apakah Anda merasa sulit untuk memulai suatu pekerjaan? Apakah Anda merasa berenergi? Apakah Anda merasa situasi saat ini seperti tidak ada harapan? Apakah Anda berpikir bahwa orang lain lebih hebat daripada Anda? Apakah Anda sering kesal dan sedih akan suatu hal yang sederhana? Apakah Anda sering merasa ingin menangis? Apakah Anda merasa sulit berkonsentrasi? Apakah Anda menikmati bangun di pagi hari? Apakah Anda lebih suka menghindari berkumpul dengan teman? Apakah Anda mudah mengambil keputusan? Apakah Anda merasa pikiran Anda masih sebagus dulu? Skor 0-9 Skor 10-19 Skor 20-30 = normal = gejala depresi ringan = gejala depresi berat Ya Tidak 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 .

Gangguan Mood Saya merasa sedih Jarang Kadang-kadang Hampir setiap waktu Sangat sedih sampai tak tertahankan Saya menangis Tidak lebih dari normal Kadang-kadang Saya sangat mudah menangis Saya sudah tidak bisa menangis Saya menikmati hidup Lebih dari biasanya Saya tidak dapat menikmati aktivitas saya seperti sebelumnya Saya menyerah melakukan sesuatu Saya tidak menikmati sama sekali Pikiran bunuh diri Jarang Dulu pernah Kadang-kadang Saya akan melakukan bunuh diri jika ada kesempatan 2. Status Fisik Nafsu makan Sama seperti biasanya Berat badan saya meningkat atau menurun Nafsu makan saya meningkat atau menurun Saya tidak nafsu makan Tidur Tidur saya normal Lebih atau kurang dari biasanya Saya hanya bisa tidur di siang atau malam hari Saya bangun 2 jam lebih awal atau tidur sepanjang hari Bersemangat Bersemangat Lebih atau kurang dari biasanya Saya lelah. tidak bersemangat Saya sangat lelah. hanya ingin berbaring Keinginan Seksual Sama seperti biasanya Kurang Jarang Tidak mau sama sekali Gelisah atau cemas Skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 .DEPRESSION QUESTIONNAIRE No Etiologi 1.

Perasaan mengenai orang lain Hubungan sosial dan dunia kerja Saya senang dengan teman-teman saya Mulai merasa bosan Mulai tidak tertarik Tidak tertarik sama sekali Membuat Keputusan Saya bisa membuat keputusan Kadang merasa sulit Sulit membuat keputusan Tidak bisa membuat keputusan Perasaan bahwa orang lain akan marah Saya tidak merasa akan dimarahi atau dihukum Kadang merasa orang lain marah pada saya Saya merasa pantas dihukum Saya merasa saya telah dihukum 5. Masa depan Saya mempunyai keinginan yang akan saya lakukan Kadang saya berpikir tidak ada lagi masa depan Sangat sedikit harapan masa depan Saya tidak dapat memperkirakan sama sekali TOTAL 15-20 21-30 31-45 >45 normal gejala depresi ringan gejala depresi sedang gejala depresi berat 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 . sehingga pekerjaan tertunda Hampir setiap saat 3.Tidak sama sekali Kadang-kadang Sering. Perasaan mengenai diri sendiri Saya merasa nyaman dengan diri saya Saya lebih kritis dari biasanya Saya sering mengkritik diri saya Hampir selalu mengkritik diri saya atas kesalahan saya 4.