You are on page 1of 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 11 Sesetan
Kelas/Semester

: IV/1

Tema/Subtema

: 4. Berbagai Pekerjaan/2. Jenis-Jenis Pekerjaan/Pembelajaran 1

Alokasi Waktu

: 1 x pertemuan (5 x 35 menit)

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencermikan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator
-

Mengolah informasi yang ada di teks dalam bentuk peta pikiran

SBdP
Kompetensi Dasar
3.5

Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif

4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran
dengan memanfaatkan bahan di lingkungan
Indikator
-

Membuat minuman tradisional sebagai karya yang melengkapi proses pembelajaran
tentang teknologi sederhana

minuman. • Sopir berjasa dalam layanan transportasi. kursi. • Dokter berjasa dalam kesehatan. jagung. • Pengrajin menghasilkan meja. siswa mampu memprediksi jenis teknologi yang digunakan untuk pengolahan benda-benda di kelas dengan mandiri 3) Setelah diskusi. hakim. Materi Pembelajaran Jenis–Jenis Pekerjaan Penghasil Barang Dan Jasa Jenis–Jenis Pekerjaan ditinjau secara umum. pengacara. Pekerjaan yang menghasilkan jasa. dan lain-lain. dan lain-lain. dan lain-lain. jaksa. polisi. Jenis pekerjaan ini menghasilkan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. layanan transportasi. Jenis-jenis pekerjaan dapat dibedakan berdasarkan hasil dari pekerjaannya. 2) Setelah mengamati benda-benda di kelas. perias pengantin. dan susu. • Guru berjasa dalam pendidikan. siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan. http://www. pegawai negeri. Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. sopir. Perhatikan contoh dan jenis-jenis pekerjaan serta hasilnya dibawah ini! • Petani menghasilkan padi. perabot rumah tangga.dan masyarakat 4. tentara. Jenis pekerjaan lain yang menghasilkan jasa ialah montir. Perhatikan contoh jenis pekerjaan serta jasanya berikut ini. secara benar dan mandiri D.unosa.net/2012/10/jenis-jenis-pekerjaan-penghasil-barang.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. Tujuan Pembelajaran 1) Setelah membaca. Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dalam bidang kesehatan. teknologi. siswa mampu mengolah informasi dari teks dengan benar.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut Indikator - Menjelaskan teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan sumber daya alam - Menyajikan laporan hasilpengamatan C. daging. dan kerajinan lainnya. dan perawat. layanan kesehatan. Pekerjaan yang menghasilkan barang. Jenis pekerjaan ini menghasilkan barang yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup.IPA Kompetensi Dasar 3. seperti makanan. • Peternak menghasilkan telur. yaitu barang dan jasa. Kita membutuhkan pendidikan.html .

Metode dan Pendekatan Pembelajaran Metode : Tanya Jawab. gula merah. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu 1) Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan 10 menit mengucapkan salam kepada siswa dan menanyakan kabar siswa. air G. Pembuatan benda-benda yang memerlukan teknologi yang agak rumit. daun jeruk. diskusi. cengkeh. ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan menggunakan teknologi. 3) Guru melakukan apersepsi dengan mengingatkan siswa pada pelajaran sebelumnya melalui beberapa pertanyaan. dan pembuatan barang-barang dari karet. dan Sumber Belajar Buku teks. Benda-benda yang dibuat dengan teknologi menjadi sangat berbeda dengan bahan asalnya. Menalar. 5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa . Media. Mengomunikasikan ) F.Sumber Daya Alam Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia. Mengumpulkan informasi. Menanya. jahe. kayu manis. 2) Salah seorang siswa memimpin doa sebelum memulai pembelajaran. benda-benda di sekolah. Alat. gula pasir. dan demonstrasi Pendekatan Saintifik Saintifik (Mengamati. serai. pembuatan kain. Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolah Sumber daya alam untuk mendatangkan manfaat yang sebanyak-banyaknya. misalnya : Masih ingatkah anak-anak tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar anak-anak ? pekerjaan apa yang ingin anak-anak pilih jika besar nanti ? 4) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung. E. Semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Pembuatan benda yang memerlukan teknologi sederhana misalnya pembuatan tempe dan tahu dari bahan dasar kedelai. misalnya pembuatan kertas dari kayu.

9) Siswa melakukan observasi dengan beberapa barangyang ada di sekolahnya. 155 menit 2) Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam bentuk peta pikiran. 3) Guru menginformasikan bagaimana siswa menuliskan rangkuman/jawaban yang ada dalam peta pikiran. 4) Siswa mengamati gambar dan menuliskan jenis pekerjaan dari gambar-gambar yang ada serta menuliskan hasil kerja dari masing-masing pekerjaan.Kegiatan Inti 1) Siswa membaca teks cerita tentang Pak Sukri. 5) Siswa menuliskan kesimpulan dari hasil mengisi jawaban. 10) Siswa mengamati dan memprediksi bagaimana cara benda itu diolah. 13) Siswa membuat kreasi minuman jahe sebagai pengaplikasian teknologi sederhana. 2) Siswa membuat renungan pembelajaran hari ini denganmenuliskan tentang hal apa saja yang . Siswa dapat menuliskannya dalam kotak-kotak kosong yang ada dalam tubuh gambar. menuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan mereka dan jenis sumber daya alam yang digunakan.Guru juga dapat membahas tentang pekerjaan yang biasa meminum wedang jahe dan jugamanfaat jahe bagi kesehatan. Kegiatan Penutup 1) Siswa bersama-sama rangkuman/simpulan guru tentang membuat 10 menit materi pembelajaran yang telah dibahas. 14) Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. 6) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal lain yang ingin ia ketahui 7) Siswa mengamati berbagai jenis pekerjaan yang ada. 8) Siswa menuliskan jawaban-jawaban tentang hasil tabel yang dibuatnya. 12) Guru mengonfirmasi jawaban siswa. 11) Siswa menyimpulkan tentang cara pengolahan sumber daya alam.

mereka pelajari. 3) Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Syukur”. Sagung 2. 5) Guru mengucapkan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran H. dan Kepedulian b) Penilaian Keterampilan Membuat Wedang Jahe c) Penilaian Pengetahuan Daftar Pertanyaan 2) Bentuk Instrumen Penilaian a) Penilaian Sikap No Nama Siswa 1 AA. Penilaian 1) Teknik Penilaian a) Penilaian Sikap Disiplin. Tanggung jawab. Siapakah Pak Wito ? 2. Apa saja yang dilakukan oleh para pekerja Pak Wito ? Keterangan Sudah Belum . Erik BT Disiplin M M T M B Aspek Sikap Tanggung Jawab BT M M M T Ket BT B Kepedulian M M M T B Keterangan : BT : Belum Terlihat (1) MT : Mulai Terlihat (2) MB : Mulai Berkembang (3) M : Membudaya (4 ) b) Penilaian Keterampilan No A B C Kriteria Dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah pembuatan dengan runtut Dapat membuat wedang jahe dengan mandiri Dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan pembuatan jahe yang ada di buku (halaman 43) c) Penilaian Pengetahuan Daftar Pertanyaan Ayo. Intan Kd.hal menarik yang didapatkan dan hal lain yang ingindiketahui tentang pelajaran hari ini. menjawab pertanyaan dengan benar ! 1. 4) Salah seorang siswa memimpin doa di depan kelas.

... kulit sapi Guru................ Sebutkan 2 barang yang dihasilkan oleh peternak sapi ! 7..... dan membersihkan kebun 4 tahun Hasil panen diangkut ke dalam truk dan dibawa ke 1 2 5 rumah Pak Wito dengan bantuan sopir Quality control bertugas memilih sawit terbaik............................................................ 10 2 2 2 2 2 10 ....... 3 6 7 8 9 10 kemudian dipisah-pisahkan agar siap didistribusikan... dokter.. Sebutkan 2 pekerjaan yang menghasilkan jasa ! 8................. pembuatan alat-alat rumah tangga (kebijaksanaan guru) Jumlah Skor Muatan Nilai Muatan Bahasa Indonesia = Jumlah Skor Perolehan /10 x 100 Nilai Muatan IPA = Jumlah Skor Perolehan / 10 x 100 Refleksi Hal-hal yang perlu mendapat perhatian ....................................... Sebutkan 2 contoh pembuatan makanan tradisional yang menggunakan teknologi sedehana ! 10................................. Bagaimana Pak Wito mengangkut hasil panennya ? 5................................................................... Sebutkan 2 pekerjaan yang menghasilkan barang ! 9. Berapa lama kelapa sawit baru dapat dipanen ? 4.................................... peternak (kebijaksanaan guru) Tempe................................................ wedang jahe (kebijaksanaan guru) Pembuatan ban sepeda motor.. Apa tugas quality control ? 6.. ....................................3............ Sebutkan 2 contoh penggunaan teknologi modern dalam mengolah sumber daya alam ! No 1 2 Kunci Jawaban Skor Muatan Bahasa Indonesia (1-5) Petani Sawit Membantu mengurus kebun seperti menanam bibit 1 3 sawit................................................................. memelihara tanaman sawit agar dapat berbuah 3 4 lebat........polisi (kebijaksanaan guru) Petani....................................................................................................................................... ......................................... ................................. daging sapi............................................................................................................... tape....... ...................... Jumlah Skor Muatan Muatan IPA (6-10) Susu sapi.......... Siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus ..................

.................................................................................. I Wayan Gede Sutama............................. .. A......................................Pd.................................................................................................................. ............................................................................................ ........................................SD NIP................ 10 November 2014 Kepala SD Negeri 11 Sesetan Guru Kelas IV Drs.................................... Remedial Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan Pengayaan Memberikan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi Mengetahui........................................ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan ............................................. Denpasar.. 19860902 200903 2 010 Nama : Kelas : No Urut : Ayo............................................ S. .....................Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan ........ Ni Putu Kawita Mulya Sari............................................. 19600906 198304 1 009 NIP............................... menjawab pertanyaan dengan benar ! 1............................................Ma.....................Pd....................................... Siapakah Pak Wito ? ...........................................

Sebutkan 2 pekerjaan yang menghasilkan jasa ! 8. Apa saja yang dilakukan oleh para pekerja Pak Wito ? 3. Bagaimana Pak Wito mengangkut hasil panennya ? 5. Sebutkan 2 pekerjaan yang menghasilkan barang ! 9. Sebutkan 2 contoh penggunaan teknologi modern dalam mengolah sumber daya alam ! LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP No Nama Siswa Disiplin BT M M T B 1 2 3 4 5 6 7 AA Sagung Intan PD I Made Arik Pranata Kadek Doni Putra Pt Rika Arya M. Berapa lama kelapa sawit baru dapat dipanen ? 4. Sebutkan 2 contoh pembuatan makanan tradisional yang menggunakan teknologi sedehana ! 10. Apa tugas quality control ? 6. Dwi Widya Sari I Kadek Angga W Ni Luh Okky Antari P M Aspek Sikap Tanggung Jawab BT M M M T B Ket Kepedulian BT M M M T B . Sebutkan 2 barang yang dihasilkan oleh peternak sapi ! 7.2.

Km.Ngr Ayudya D Ni Luh Wahyuni C D Muhamad Alfar Rizal Akira Cellova P Ni Pt. Dwi Yulianti Kd. IB Syailendra Oka Nazre Ridwan A. Gd Arya Galang Ni Km. Novia Wulan I Kd Dipa Artha S. Pramesti C Dwi Febi Fahmi Nofal Riskiansyah Ahmad Yusrifal F I Kd. Melani Putri Daniel Okas Al Amin Pt. Virginia Deva Hanjaya CP LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN KETERAMPILAN No Nama Siswa A. Dharma Putra Ni Pt. Gunawan Kanaya Ni Kd. Langkah Sudah Belum 1 2 3 4 5 6 7 8 AA Sagung Intan PD I Made Arik Pranata Kadek Doni Putra Pt Rika Arya M. Wahyu Prastika Vicka Nur Hidayah R Ni Kd.8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 Faesal Saputra I Wayan Sauca Adriana Md. Heni Olivia Moh. Sang Ayu Md. Sari Elisa P. Yuliana Sukma Dewi Gd. Ramadhani AA I Pt Gd Bagus K. I PT. Menjawab Sudah Belum . Dwi Widya Sari I Kadek Angga W Ni Luh Okky Antari P Faesal Saputra Kriteria B. Dwi Davina P. Amanda Ainur M. Abed Nego Rai B. Anggi Diani R Ni Pt. Meilinda Yunita Ilham Alif Kurnia S Diah Ayuning F Fredi Imanuel P Vaisya Govinanda Eva Putri Adriani Ni Pt. Taufik Firmansyah Ni Kd. Pembuatan Sudah Belum Ket C. Juni Arma Sujaya Ni Luh Gd. Ayu Verra F Ni Kd.

Taufik Firmansyah Ni Kd. Pramesti C Dwi Febi Fahmi Nofal Riskiansyah Ahmad Yusrifal F I Kd. Gd Arya Galang Ni Km. IB Syailendra Oka Nazre Ridwan A. Anggi Diani R Ni Pt.Ngr Ayudya D Ni Luh Wahyuni C D Muhamad Alfar Rizal Akira Cellova P Ni Pt.9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 I Wayan Sauca Adriana Md. Wahyu Prastika Vicka Nur Hidayah R Ni Kd. I PT. Meilinda Yunita Ilham Alif Kurnia S Diah Ayuning F Fredi Imanuel P Vaisya Govinanda Eva Putri Adriani Ni Pt. Yuliana Sukma Dewi Gd. Novia Wulan I Kd Dipa Artha S. Ayu Verra F Ni Kd. Amanda Ainur M. Dwi Yulianti Kd. Sari Elisa P. Gunawan Kanaya Ni Kd. Dwi Davina P. Melani Putri Daniel Okas Al Amin Pt. Km. Ramadhani AA I Pt Gd Bagus K. Abed Nego Rai B. Dharma Putra Ni Pt. Virginia Deva Hanjaya CP ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA N O 1 2 3 4 5 6 7 8 9 NIS JUMLAH SKOR PADA NO SOAL NILAI 1 1064 1103 1124 1125 1126 1127 1128 1129 1130 2 3 4 5 6 7 8 9 10 KET . Sang Ayu Md. Juni Arma Sujaya Ni Luh Gd. Heni Olivia Moh.

10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 42 45 46 47 48 49 50 1131 1132 1133 1134 1135 1137 1138 1139 1141 1142 1143 1144 1145 1146 1147 1148 1149 1150 1151 1152 1153 1154 1155 1156 1157 1158 1159 1160 1162 1163 1164 1166 1168 1169 1170 1171 1196 1262 1263 1269 JUMLAH .