Kompas

Kompas Kompas adalah alat navigasi untuk mencari arah, berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet Bumi secara akurat. Kompas memberikan arah rujukan tertentu, sehingga sangat membantu dalam navigasi. Ibu mata anginnya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Bersama jam dan sekstan, kompas membentuk alat navigasi yang sangat akurat. Alat ini telah membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan lebih aman dan efisien. Alat apa pun yang memiliki batang at au jarum magnetis yang dapat bergerak bebas menunjuk utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah dapat dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus yang berstruktur rapuh, yang digunakan dengan cara mengamati variasi jarum. Girokompas juga dapat digunakan untuk menentukan Utara sejati. Yang menarik, lokasi magnet di kutub utara bergeser dari masa ke masa. Survei terakhir oleh The Geological Survey of Canada m elaporkan posisi magnet ini bergerak 40 km per tahun ke arah barat laut.

Arah mata angin
utara barat timur selatan barat laut (antara barat dan utara) barat daya (antara barat dan selatan) timur laut (antara timur dan utara) tenggara (antara timur dan selatan)

Mata angin

Mata angin Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Berpandukan pada pusat mata angin, maka kita akan melihat 8 arah yaitu dengan urutan sebagai berikut (mengikuti arah jarum jam): 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Utara (0°) Timur laut (45°): Terletak di antara utara dan timur Timur (90°) Tenggara (135°): Terletak di antara timur dan selatan Selatan (180°) Barat daya (225°): Terletak di antara selatan dan barat Barat (270°) Barat laut (315°): Terletak di antara barat dan utara

Utara, timur, selatan dan barat merupakan empat mata angin utama. Utara dan selatan menggambarkan kutub Bumi, manakala timur dan barat menentukan arah putaran Bumi. Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful