I n d ah n y a Pu n y a I st r i Sh al i h ah

Judul : Nikahush Shal i haat , Tsamar uhu w a At sar uhu
Penul is : Abdul M al i k Al -Qasi m
Wahai pemuda!
Ni kah di dal am Isl am membuahkan manf aat yang ber macam-macam. Apal agi
meni kah dengan w ani t a shal ihah, membuahkan manf aat yang lebi h i st i mew a dan
l ebih agung. Ji ka di ser t ai ni at yang bai k dan menghar ap pahal a Al l ah, maka akan
mendat angkan beber apa f aedah di ant ar anya:
1. Ber ni l ai t aat kepada Rasul Shall al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am kar ena Nabi
menganj ur kan unt uk meni kah dengan sabdanya:
-` ` ¸.`- ' . ' ¸· ' ` ·` ,· ` -` , · · . -= ` ` ¸· . ` `··
“ Wahai sekal i an pemuda, bar angsi apa di ant ar a kal i an t el ah mampu, maka
hendaknya seger a menikah. Kar ena i a l ebih bi sa menj aga pandangan dan
menj aga kemal uan.” (M ut t af aq ‘ al ai h)
Dengan mengi kut i pet unj uk dan ar ahannya, kebai kan dan bar akah di duna
dan akhi r at akan di dapat .
2. M ent aat i Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am yan g member i kan ar ahan agar
meni kah dengan w an i t a shal i hah. Nabi Shal lal lahu ‘ Alai hi Wasal l am ber sabda:
“ Wanit a di ni kahi kar ena empat al asan.” Kemudi an bel i au ber sabda sebagai
anj ur an unt uk memi l i h yang pal i ng t i nggi der aj at nya, pali ng pr or i t as dan
pal ing besar pengar uhnya, yakni :
· ` . ¸` . :`, ·
“ Hendaknya engkau memi l i h w ani t a yang bai k agamanya, ni scaya engkau
akan ber unt ung.” (M ut t af aq ‘ Alai h)
3. M enj auhkan pr asangka or ang bahw a di a seor ang yang l emah (syahw at ), f aj ir
at au pr asangka bur uk l ai nnya. Seper t i yang di kat akan ol eh Umar r dl : “ Ti dak
ada yang t er hal ang unt uk meni kah kecual i or ang yang l emah at au f aj i r .”
Ibnu M as’ ud rdl per nah ber kat a: “ Seandai nya umur ku t i dak t er si sa l agi
kecual i sepul uh har i , maka aku sangat i ngi n menikah agar aku t i dak
menghadap Al lah dal am keadaan membuj ang.”
M enghasi lkan ket ur unan yang bai k dan menyambung nasab, dengannya di a
bi sa mendapat kan pahal a. Sebagai mana sabda Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi
Wasal lam: “ Ji ka anak Adam mat i , maka p ut uslah sel ur uh amal nya kecual i t i ga
per kar a.” Nabi menyebut kan di ant ar anya:
`· .`·` - . `'
“ at au anak shal i h yang mendoakannya.” (HR M usl i m)
Sedangkan anak yang shal i h adal ah hasi l di di kan ayah dan i bu yang shal ih.
Bahkan seor ang i bu l ebi h domi nan dal am mendi dik t er ut ama pada t ahun-
t ahun aw al seor ang anak.
Penul is i ngat t ent ang ki sah seor ang w ani t a yang dit i nggal mat i suami nya, l alu
di alah yang mendi di k anak-anaknya, menganj ur kan mer eka unt uk
menunai kan shal at (t er masuk) subuh, padahal mer eka masi h keci l -keci l .
hi ngga ket i ka mer eka sudah t umbuh dew asa, mer eka mampu menghaf al
ki t abul lah.
Adapun i st r i yang t i dak shal i hah, di a t i dak bi sa member i kan manf aat unt uk
di r i nya sendi r i , bahkan menyi a-nyi akan di r i nya dan apa-apa yang
di amanahkan Al lah kepadanya. Ter masuk anak-anak yang masi h keci l ,
mer eka t umbuh dal am suasana yang bur uk dan j auh dar i sent uhan agama.
Pahal a yang akan di per oleh ol eh pasangan suami ist r i set i ap kal i ber i nf ak,
menolong, mengucapkan kat a-kat a yang bai k dan menyi ngki r kan gangguan.
Seper t i yang disabdakan Nabi saw :
· · ·` ·' · ¸ · ¸` -` ,` ' · · ¸· ` ¸· . , ~ ' ` ¯ ¸`-` . ¯
· · . .`. · · · · -
“ Ti ada peker j aan yang l ebi h bai k dar i seor ang laki -l aki yang beker j a dengan
t angannya sendi ri . Dan t i dak ada inf ak yang l ebi h bai k dar i seseor ang yang
member i kan naf kah unt uk di r i dan kel uar ganya, anaknya, pembant unya dan
di a di hit ung sedekah.” (HR Ibnu M aj ah)
Nabi j uga member ikan ar ahan:
¯¸ :··~ ¸¯' .
“ Hendaknya t i dak makan makananmu kecual i or ang yang ber t akw a.” (HR
Tir mi dzi ) Ini t er t uj u pada w ani t a shal i hah.
4. Ist r i shal i hah akan mendoakan suami nya ket i ka shal at , ber di r i maupun
duduk. Di a j uga akan mengucapkan t er i ma kasi h at as usahamu, at as naf kah
yang t el ah engkau ber i kan kepadanya dan kebai kanmu. Kar ena t anda w anit a
shal i hah adal ah ber t er i ma kasi h kepada suam i yang t el ah ber l aku bai k
kepadanya. Sebagai mana sabda Rasul ul lah saw : “ Bar angsi apa mengul ur kan
kebai kan unt ukmu maka cukupi l ah.”
5. Pahala yang besar sebagai konsekuensi dar i mendi dik anak-anak dengan bai k,
ber sabar dal am mendi di k mer eka dengan di di kan yang baik ser t a menj adikan
mer eka sebagai penyer u dakw ah Isl am dan penguat nya. M eni kahi w ani t a
shal i hah besar kemungki nan akan membuahkan anak-anak semacam i t u di
t angan seor ang ibu dengan i j i n Al l ah. Kar ena i st r i shal i hah memahami hadi t s
Nabi :
.·. ` .´ ` - `· ¸` ,· ·`·. ·.. .`-`
“ M eni kahl ahlah kal i an dengan w ani t a yang (pot ensi ) banyak anak dan
memi li ki kasi h sayang, kar ena aku akan bangga dengan (j umlah) kal i an di at as
umat yang l ai n.”
Kei ngi nan membat asi anak at au memut us ket ur unan t i dak per nah t er si r at di
akal piki r annya. Bahkan di a si ap mener ima dan mendi dik mer eka. Kar ena
umat i ni membut uhkan l ahi r nya put er a-put er a yang bai k dan put er i -put er i
yang shal ihah. Per hat ikanl ah per j al anan ul ama t er dahul u, bagai mana met ode
mer eka mendi di k anak-anak, bai k ket i ka ayahnya masi h ada at au set el ah
w af at nya.
6. M eni kahi w anit a shal i hah menj adi sebab dat angnya r ezeki dan t ur unnya
bar akah. t ent ang hal i ni , Al l ah SWT ber f i r man:
“ Dan kaw i nkanlah or ang-orang yang sendi r i an d i ant ar a kamu, dan or ang-
or ang yang l ayak (ber kaw i n) dar i hamba-hamba sahayamu yang l el aki dan
hamba-hamba sahayamu yang per empuan. Jika mer eka mi ski n Al lah akan
memampukan mer eka dengan kur ni a-Nya. Dan Al lah M aha l uas (pember ian-
Nya) l agi M aha M enget ahui .” (An-Nuur : 32 )
Abu Bakar r dl ber kat a: “ Taat l ah kepada All ah yang t el ah memer int ahkan
kal i an unt uk meni kah, ni scaya Di a akan menunai kan apa yang Di a j anj i kan
unt uk kal ian, yai t u kekayaan.”
Al i r dl ber kat a: “ Songsolah kekayaan dengan j al an meni kah.”
7. Al l ah akan membant u or ang yang i ngi n meni kah. Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi
Wasal lam ber sabda:
“ Ti ga or ang yang t el ah menj adi kew aj i ban Al l ah unt uk menol ong mer eka.”
Nabi menyebut kan sal ah sat unya:
· ` ` . `- ¯`
“ Or ang yang meni kah unt uk menj aga kehor mat annya.” (HR At -Ti r mi dzi ) (agar
t i dak t er j at uh dal am zi na-pent )
Nabi per nah meni kahkan seor ang l aki -l aki yang t i dak memi l i ki apa-apa sel ai n
sar ungnya. Di a t i dak mampu unt uk membel i ci nci n meski dar i besi . Namun
begi t u, bel i au t et ap meni kahkannya dengan w ani t a yang di maksud. Sebagai
mahar nya l aki -l aki i t u har us mengaj ar kan Al -Qur ’ an kepada w anit a t er sebut .
Ibnu Kat si er r ahi mahul l ah ber kat a: “ Akhi r nya dengan kemur ahan Al l ah dan
kel embut an-Nya, Di a member i kan r ezeki yang cukup at as keduanya.”
8. M enur ut ahl i i l mu dan f i ki h, meni kah l ebi h di ut amakan dar ipada i badah
naf i lah (sunnah). Bahkan beber apa kolompok ul ama ber pendapat bahwa
menikah l ebi h di dahul ukan dar i pada haj i , meski pun haj i t er masuk sat u r ukun
dar i rukun-r ukun Isl am. Yang demi ki an i t u bisa l ebi h menj aga kehormat an
bagi suami ist r i , t er l ebi h di zaman yang penuh dengan f i t nah.
9. Sang i st r i j uga mendapat kan pahala seper t i pahal a seor ang l aki -l aki yang
ber j ihad, dengan cara ber l aku bai k kepada suami dan membi na kel uar ganya.
Suami bi sa menj adi sebab dat angnya pahal a t er sebut j i ka di a meni at kannya.
10. Sesungguhnya menikahi w anit a shal ihat adal ah mer upakan per hiasan duni a,
keel okannya dan kei ndahannya. Sungguh Nabi t el ah bersabda:
`. · '` ,` ' - · ` `, - `- · .¯ ,` ' . · -
” Duni a it u sel ur uhnya adal ah per hi asan, sebai k- bai k per hi asan duni a adal ah
i st r i yang shal i hah.” (HR M usl i m)
Layangkanl ah pandanganmu, bagai mana sal i ng penger t i an dan kehar moni san
kehi dupan r umah t angga orang- or ang pi l i han. Abu Dar da’ per nah ber kat a
kepada Ummu Dar da’ : “ Jika aku mar ah, maka usahakanl ah agar aku seger a
r idha, dan j i ka engkau sedang mar ah, akan aku usahakan agar engkau seger a
r idha. Ji ka t i dak demi ki an, al angkah cepat nya per pi sahan di ant ar a ki t a.”
11. Ist r i shali hah akan senant i asa mendukung kebai kan suami sel amanya, har i
demi har i dan j uga dal am ur usan duni a. Cont oh-cont oh t er l al u banyak unt uk
disebut kan di zaman dahul u, j uga t ent ang l embar an hi dup i st r i -it r i shal i hah di
zaman ki t a i ni .
Ket i ka Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal lamkembal i dar i goa Hi r a’ , set el ah bel iau
di dat angi seor ang mal ai kat , hat inya mer asa gundah, t akut dan gel i sah. M aka
bel i au masuk menemui i st r i nya yang shal i hah, Ummul mukmi ni n Khadi i j ah
bi nt i Khuwai l i d r dl dan ber kat a: “ Sel i mut i aku! ..sel i mut i aku! ..” Sel anj ut nya
Khadi j ah menyel i mut i bel i au hi ngga r asa t akut si rna. Kemudi an Nabi
Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am mencer i t akan kej adi an yang di alami nya kepada
Khadij ah dan ber kat a: “ Demi aku sungguh t akut seuat u t er j adi at as di r iku.”
M aka ber kat al ah Khadij ah dengan l i san yang mencer mi nkan i st r i shal i hah,
yang menghi bur suaminya di saat menghadapi uj ian: “ Sama sekal i t i dak, demi
Al l ah sekal i -kal i Al l ah t i dak akan menghi nakan Anda, Kar ena Anda gemar
menyambung si l at u r ahi m, menj amu t amu, menyant uni anak yat i m,
membant u orang yang kekur angan dan ber j uang unt uk membel a
kebenar an.”
Kemudi an Khadi j ah kel uar r umah dan kembal i ber sama War aqah bi n Nauf al
bi n Asad bi n Abdi l Uzza, sepupu Khadi j ah. Di a adal ah or ang yang ber agama
nashr ani sebel um masuk Isl am. Di a ahl i menul i s hur uf Ibr ani , di a menul i s
ki t ab Inj i l dengan bahasa Ibr ani sesuai dengan kehendak ALl ah, t et api di a
sudah sangat t ua dan but a. Khadi j ah ber kat a kepadanya: “ Wahai put r a
pamanku, si makl ah apa yang di al ami put r a sau dar amu! Waraqah ber kat a:
“ Wahai put er a saudar aku, apa yang kamu li hat ?” Lal u Rasul ul l ah Shal l al l ahu
‘ Alai hi Wasal l am mencer i t akan apa yang di l ihat nya. Ser t a mer t a War aqah
ber kat a: “ Ini l ah Namus yang per nah t ur un at as M usa! , duhai seandai nya aku
masi h kuat ! duahai sendai nya aku masi h hi dup di saat kaummu
mengusi r mu! ” Rasul ul l ah Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal lamber sabda: “ Apakah
mer eka nant i akan mengusi r ku?” War aqah ber kat a: “ Benar , t i dak ada
seor angpun yang dat ang membaw a seper t i yang t ur un kepadamu kecual i
akan di perangi , seandai nya aku menj umpai har i -har i mu i t u, t ent u aku akan
membant umu sekuat t enaga! ” Ti dak beber apa l ama kemudi an w af at l ah
War aqah dan w ahyupun t er put us sel ama beber apa w akt u.
12. M eni kah dengan w ani t a shal ihah akan mendukungnya unt uk mel akukan
ket aat an dan memudahkan bagi nya unt uk menekuni i badah. Kar ena di a akan
sel al u menj adi pendampi ngmu yang set i a.
Di ant ar a pemuda ada yang memi li ki komi t men bai k unt uk meni kahi w ani t a
shal i hah, maka l i hat l ah buah apa yang akan di pet i k! Di a menuai buah yang
pal ing agung, yakni sang i st r i mendukungnya unt uk ber buat bai k,
memper i ngat kan di r inya dar i kebur ukan.
Al angkah indahnya gambar an yang di sebut kan ol eh Rasul Shal l al l ahu ‘ Al ai hi
Wasal lam t ent ang sepasang suami ist r i yang sal i ng membant u dal am
ket aat an. Di r iwayat kan oleh Abu Hur ai r ah rdl bahwa Rasul ul ah Shal l al l ahu
‘ Alai hi Wasal lam ber sabda:
..`- ¸ · - . `. ' . , · `. .· `· ' ` · ` ' ¸ .· ¸`, ¸· ·· `- `· .-
' . ,· ¸ .· .-` `.=` ' `. .· ¸`, ¸· `. ·· · ' ` · `· .- . ¸
. ·.` - ¸ · ` . -.
“ Semoga Al l ah mer ahmat i seor ang l aki -laki yan g ber di r i di w akt u malam
unt uk shal at , lal u di a bangunkan i st r i nya unt uk shal at , j i ka di a enggan, maka
di a per ci kkan ai r di w aj ah nya. Semoga Al l ah j uga mer ahmat i seor ang i st r i
yang bangun mal am unt uk shal at , l al u di a membangunkan suami nya unt uk
shal at , j ika di a enggan, maka sang i st r i memer cikkan ai r di w aj ah suam i nya.”
(HR Abu Daw ud)
13. M eni kah dengan ist r i shal i hah l ebi h dekat (mudah) unt uk mendat angkan
kebahagi aan. Per j al anan hi dup r umah t angga akan j auh dar i per t engkar an
dan percekcokan. Kar ena i st r i yang shal i hah memi l iki akal dan agama. Di a
menget ahui hak kepemi mpi nan suami :
“ Kaum l aki-l aki i t u adal ah pemi mpi n bagi kaum w ani t a,” (An-Nisaa’ 34)
Ibnu Abbas r dl ber kat a: “ Yakni suami sebagai pemimpi n at as i st r i , sang i st r i
ment aat i suami , dan bent uk ket aat annya adalah dengan berbuat bai k kepada
kel uar ga dan menj aga har t anya.”
Tak akan t er j adi seor ang i st r i l ancang kepada suami, banyak per cekcokan dan
per t engkar an mel ai nkan ket i ka kepemi mpinan l aki -laki di r emehkan. Padahal
kel uar ga adal ah per ahu yang mengar ungi samudera kehi dupan, sangat
ber gant ung kepada nakhoda. Bi sa saj a di a t er ombang-ambi ng dal am
per j al anan dan bahkan mungki n t enggel am, sehi ngga lenyapl ah baht er a
r umah t angga.
14. Ber akhl ak yang l uhur dan ber gaul dengan bai k adal ah mer upakan ci r i khas
i st r i shal i hah. Kar ena seor ang i st r i yang shal i hah ber or i net asi i badah kepada
Al l ah dengan bagusnya per gaul an dan bai knya per lakuan kepada suami . Ia
mel akukanya demi menghar ap w aj ah Al l ah dan har i akhi r . Rasul ul l ah
Shal lal lahu ‘ Al aihi Wasal lam ber sabda:
·` - ` . - · ¸ .` · .` -` `.· · ' `· ' '
“ Wanit a manapun yang mat i sedangkan suami nya r idha dengan
(per lakuannya di duni a), maka di a masuk j annah.” (HR Ibnu M aj ah)
Seor ang suami j uga ber t uj uan t aqar r ub kepada Al l ah dal am ber gaul dengan
i st r i nya. Nabi Shal l al l ahu ‘ Alai hi Wasal l am bersabda:
·`· ' ` .`.= ' `- ` .`.` `- ' · ·`.` ¸¯'
“ Or ang mukmi n yang pal ing sempu r na akhl aknya adal ah yang pal ing l mbut
per lakuannya kepada i st r i nya.” (HR At -Ti r mi dzi )
15. Ist r i yang shal i hah adal ah sebai k-bai k w ani t a sebagai mana yang t el ah
di j ust i f ikasi ol eh Rasul saw . Bel i au per nah di t anya: “ Si apakah w anit a yang
pal ing bai k?” Bel iau ber sabda:
-` ·' · ` ·`·, =` = · ` ·' ` ¸ · · . ¸ · ` · ´ , · ` ·
“ Ist r i yang menyenangkan bi la dipandang, t aat ket i ka di per i nt ah dan t i dak
menyel i si hi suami dengan apa yang t i dak i a sukai bai k menyangkut
kepr i badi an di r i nya maupun ber kai t an dengan har t a suami nya.” (HR Ahmad)
Nabi Shal lal lahu ‘ Alai hi Wasal l am ber sabda:
. ` ·` ·~ ' · ·' . ·-. ·-` ` ¸· ` · ` , - · . . `· ` ¸·`.` ·` ·
=- .` · .· . `·`` ' .` , · .·' . `·`` .`, = ·· . ¸ · ` ·`
“ Tiada f aedah yang di ambi l seorang mukmi n set el ah t akw a kepada Al lah yang
l ebi h bai k dar i i st r i shal i hah , j i ka di a menyur uhnya i apun t aat , j i ka i dli hat
menyenangkan dan j i ka di ber i mau ber t er i ma kasi h, dan j i ka suami per gi
maka di a menj aga di r i nya dan har t a suami nya.” (HR Ibnu M aj ah)
16. Ist r i shal i hah mel i hat dengan si si pandang Al -Qur ’ an dan ar ahannya:
“ Hendakl ah or ang yang mampu member i naf kah menur ut kemampuannya. Dan
or ang yang di sempi t kan r ezki nya hendakl ah member i naf kah dar i har t a yang
di ber i kan Al l ah kepadanya. Al l ah t i dak memi kul kan beban kepada seseor ang
mel ai nkan (sekedar ) apa yang Al l ah ber i kan kepadanya. Al l ah kel ak akan
member i kan kel apangan sesudah kesempi t an.” (At h-Thal aaq 7)
M aka di a t i dak mendesak suaminya dan t i dak membebankan kepadanya
dengan sesuat u yang di luar kemampuannya.
Fenomena pembor osan dan menghambur -hambur kan har t a hanya di l akukan
ol eh w ani t a yang t i dak shal ihah. Hi ngga menyebabkan suami j at uh miski n
kar ena har us menur ut i model dan menggant i per abot r umahnya set i ap
w akt u. Sehingga sang i st r i menyebabkan suami t er beli t hut ang dan
membuat nya susah.
17. Ist r i shal i hah senant i asa ber or i ent asi pahal a set i ap kal i beker j a. Di a t i dak
akan mendur hakai suami at au membangkang kepadanya. Rasul ul lah
Shal lal lahu ‘ Al aihi Wasal lam ber sabda:
-` .` ¸` - ·´ .` · .¸- . ' ` . '· ·· ¸ ` · ' `· ¸`-` ·· ·
“ Ji ka seor ang suami memanggi l i st r i nya ke t empat t i dur, l al u sang i st r i
menolaknya unt uk dat ang, maka mal ai kat mel aknat nya hi ngga pagi .” (HR Al -
Bukhar i )
18. Ist r i shali hah senant i asa menj aga r ahasi a suami nya, t i dak mengumbar nya
dan t i dak akan mengungkap r ahasi a suami nya at au r ahasi a lembar an
hi dupnya. Sudahkah Anda mendengar t ent ang kecaman bur uk t ent ang adab
dan per i l aku yang ber kai t an dengan ist r i yang mencer it akan t ent ang
bagai mana suami mengumpul i nya? Adapun seor ang i st r i shal i hah di a
mendengar dan memper hat ikan sabda Nabi saw :
` , ¸ .` · ' `· ¸ ¸ .` ¸`-` ··, ·`. · ` · · ` · ¸` ` ' ` ¸· . ·` ` `` ` . ·
“ Sesungguhnya manusi a yang pal i ng bur uk kedudukannya di si si Al l ah pada
har i ki amat adal ah seseor ang yang mendat angi i st r i nya dan mencampur i nya,
l alu di a menyebar kan rahasi a ist r i nya.” (HR M usl i m)
19. Al l ah Azza w a Jal l a menyebut kan sebagi an si f at w ani t a shal i hah dal am
f i rman-Nya:
“ Sebab i t u maka w ani t a yang sal eh, ial ah yang t a`at kepada Al lah l agi
memel i har a di r i ket i ka suami nya t i dak ada, ol eh kar ena Al l ah t el ah
memel i har a (mer eka).” (An-Ni saa’ 34)
Yakni , i st r i shal i hah adalah ist r i yang ment aat i suami nya, menj aga hak
suami nya di saat di a per gi , di a menj aga kehor mat an di r i nya dan har t a
suami nya. Di a menget ahui hadi t s Rasul bahw a seor ang i st r i :
“ ber t anggung j aw ab at as i si rumah t angga suami nya dan akan di mi nt ai
per t anggungj aw abannya.”
Bahkan dalam ur usan i badah-i badah sunnah, d i a akan mei nt a i j i n kepada
suami nya dan ment aat i per i nt ahnya. Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am
ber sabda:
· ·, ` · .`· · '` ` .`.
“ Janganl ah seor ang ist r i shaum sedangkan suami nya ada, kecual i memi nt a
i j in kepadanya.” (HR Al -Bukhar i )
20. Ist r i shal i hah adal ah i st r i yang menggunakan akal nya, di a ber buat dengan
sesuat u yang di r idhai suami nya. Di a t i dak suak mengacaukan pi ki r an
suami nya, t i dak pul a membuat gundah hat i nya. Ini l ah ki sah yang bi sa Anda
pet i k pelaj ar annya:
Rasul ul l ah Shal lal lahu ‘ Al aihi Wasal lam ber sabda:
“ M aukah aku t unj ukkan kepada kal ian t ent ang i st r -ist r i kal i an yang (akan)
masuk j annah?” Kami (par a sahabat ) kat akan: M au w ahai Rasul ul l ah.
Rasul ul l ah Shal lal lahu ‘ Al aihi Wasal lam ber sabda:
. · ¸ · . · · `. · .`-` . .· `' .`, .`¸ ' `' `. .· · `·` `· `·` .
¸ .` ¸` - ¸`· ¸- ¯'
“ Yang banyak anak, memi l i ki bel as kasi h, j ika di a sedang mar ah at au
t er si nggung, at au suami mar ah kepadanya, maka di a ber kat a kepada
suami nya: ” Ini t anganku ber ada di t anganmu (hukuml ah aku j i ka per l u –
pent ), aku t ak bi sa memej amkan mat a sebel um engkau r i dha.” (HR At h-
Thabr ani )
Bar angkal i , ki sah t ent ang Abu Thal hah ket i ka pul ang dar i saf ar dan
bagai amana per l akuan Ummu Sul ai m r dl ma menj adi gambar an yang pal i ng
t epat bagi i st r i shal i hah:
“ Tel ah meni nggal seor ang anak dar i Abu Thal hah dan Ummu Sul ai m, l al u
Ummu Sulai m ber kat a kepada kel uar ganya: “ Janganl ah kal i an mencer i t akan
kepada Abu Thal hah t ent ang anaknya, bi ar aku sendi r i yang akan
mencer i t akannya. l al u dat angl ah Abu Thal hah, Ummu Sul ai m mnyi apkan
makan mal am unt uknya, l al u di a makan dan mi num. Ummu Sulai m
ber dandan dengan dandanan yang l ebi h cant i k dar i bi asanya, l alu Abu
Thalhah mengumpul i nya. Ket i ka Ummu Sul ai m mel i hat suami nya sudah
kenyang dan mencampur i nya, bar ul ah dia ber kat a: “ Wahai Abu Thal hah,
bagai mana pendapat mu j i ka ada suat u kaum member i kan pi nj aman kepada
seseor ang l al u kaum i t u hendak mengambi l pi nj amannya? APakah yang
memi nj am i t u ber j ak unt uk menol ak?” Abu Thal hah menj aw ab: “ Tent u
t i dak! ” Ummu Sul ai m ber kat a: “ Kal au behi t u, r el akanl ah anakmu.” M aka
mar ahl ah Abu Thal hah sembar i ber kat a: “ Engkau bi ar kan aku, hi ngga ket i ka
aku sudah kot or begi ni bar u kau kabar kan t ent ang kemat i an anakku?”
Kemudi an Abu Thal hah ber anj ak menemui rasul ul l ah Shal l al l ahu ‘ Al ai hi
Wasal l amdan mencer it akan kej adi an yang bar u di alami nya. M aka r asul ull ah
Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am ber sabda: “ Semoga Al lah member kahi kal i an
ber dua akan kej adi an semal am.” (HR Ahmad)
21. Ist r i shal i hah akan sel al u set i a dan ber j uang unt uk it u. Tel ah di r i w ayat kan
t ent ang Na’ il ah bi nt i Al -Ar af i shah, i st r i Ut sman bin Af f an r dl , bahwa j ar i -j ar i
t angannya t er pot ong kar ena membel a Ut sman bi n Af f an di har i t er bunuhnya
bel iau. (Set el ah w af at nya Ut sman) M ua’ aw i yah bi n Abi Suf yan r dl
mel amar nya, l al u di a menj aw ab: “ Apa yang membuat seor ang laki -l aki
t er t ar i k denganku, padahal j ar i -j ar i ku t el ah put us?” Lal u di kat akan
kepadanya: “ gi gi ser i mu.” M aka d i apun memecah gi gi ser i nya dan ber kat a:
“ Saya t i dak i ngi n mencar i penggant i l agi set el ah Ut sman bin Af f an.”
M ai mun bi n M ahr an r dl berkat a: “ M u’ aw i yah mel amar Ummu Dar da’ r dl ,
namun bel iau menol aknya dan ber kat a: “ Aku mendengar Abu dar da’ r dl
ber kat a: “ Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am ber sabda: “ Wani t a (di j annah)
menj adi i st r i dar i suami t er akhi r nya (di dunia).” M aka aku t i dak i ngi n mencar i
penggant i Abu Dar da’ .
Bahkan, t el ah di sebut kan oleh penul is As- Si y a a r w a At - Ta r a a j i m bahw a
Fat hi mah bi nt i Abdul mal i k rahi mahul l ah adal ah seor ang put er i khal i f ah dan
i st r i seor ang khal i f ah dan menj adi saudar i dar i empat khal i f ah. Ket i ka
(hendak) di ni kahkan dengan suami nya di har i per ni kahan, sedangkan ket i ka
i t u dia ber hi as dengan gemer l apnya emas, i nt an dan ber l ian. Ket i ka Umar bi n
Abdul Azi z ber kei ngi nan unt uk ber si h dar i segal a kezhal i man di a manant i ng
i st r i nya, manakah yang i a pi l i h, suam i at aukah per hi asannya? Lal u Fat hi mah
l ebih memi l i h suami nya dan sel anj ut nya Umar melet akkan semua per hiasan
t er sebut ke Bai t ul M aal mil i k kaum musl i mi n. Ket i ka Umar t el ah w af at , ada
yang menaw ar kan kepada Fat hi mah unt uk mengambi l har t a dan per hiasanya
di bai t ul M aal . Tapi di a menj aw ab: “ Aku t i dak i ngi n, ment aat i (suami ) di saat
dia hi dup, namun mendur hakai nya set el ah di a w af at .”
Ist r i yang shali hah akan senant iasa menj aga r ahasi amu ket i ka di dal am dan di
l uar. Di a t i dak akan menyebar kan r ahasi amu, t i dak akan membuat mu sesak
dada dan t i dak akan ber akt i vi t i as kecual i unt uk mencar i r i dhamu set el ah
r idha Al l ah.
22. Sesungguhnya, dengan i st r i shal ihah lebi h mungki n unt uk mer eal i sasi kan
hadit s Rasul ul l ah saw :
`¸` · ·`· . ,· `.´ =` ``, -
“ Pi l ihl ah yang sesuai unt uk nut hf ah (beni h/ mani) kal i an, kar ena t abi at (or ang
t ua) i t u menur un kepada anak.”
Sedangkan w ani t a shal i hah pada umumnya –dengan i j i n Al l ah- t umbuh di
t empat yang bai k dan dar i beni h yang bai k. Ti dak seper t i khadhr a’ ad Di man
yang di per i ngat kan ol eh Nabi agar ki t a t i dak memi l ihnya sebagai ist r i. dar i
Abu Sa’ i d Al -Khudr i secar a mauquf : “ Hi ndar i l ah ol eh kal i an khadhr a’ ud
di man’ M er eka ber t anya: “ Apa yang di maksud dengan khadhr a’ ud diman i t u
wahai Rasul ul lah?” Beli au ber sabda: “ Wani t a yang cant i k, t api t umbuh di
l ingkungn yang bur uk.” (musnad Asy-Syi haab)
23. M emi l i h i st r i yang shal i hah adal ah mer upakan hal anak t er hadap ayahnya.
Umar bin Khat hab per nah di t anya: “ Apakah hak anak at as ayahnya?” Bel i au
menj aw ab: “ M emi l i hkan i bu yang bai k unt uknya, member i nya nama yang
bai k dan mengaj ar kan Al -Qur ’ an kepadanya.”
24. Ist r i yang shal i hah adalah anuger ah agung yang menyej ukkan pandangan
mat a dan menenangkan j iw a. Nabi Shal lal lahu ‘ Al ai hi Wasal l am ber sabda:
“ Empat per kar a, bar angsi apa di anuger ahi kesel ur uhannya, maka sungguh di a
t el ah di ber i kebai kan duni a dan akhi r at , yakni hat i yang syukur , l i san yang
senant i asa ber dzi kir , badan yang mampu ber sabar menahan cobaan, dan i st r i
yang t i dak mengecew akan suami dal am menj aga kehor mat an di r i nya dan
har t a suami nya.” (HR Ibnu M aj ah)
Nabi Shal lal lahu ‘ Alai hi Wasal l am ber sabda:
· - ` . · '` ··¯ ¸` · ·· `¸· · ··¯ ¸` · . `¸· · ··¯ ¸` · ·· `¸·
` ¸ ´` ..' · '` · ·¯ ¸` · . ` ¸· ` - ` . ` . ¯` ` - ` . ` ¸´`
..' ` . ¯` ..'
“ Di ant ar a kebahagi aan anak Adam adalah t i ga perkar a, dan kesengsar aannya
j uga kar ena t i ga per kar a. Yang t er masuk kebahagi aan anak Adam adal ah i st r i
shal i hah, t empat t i nggal yang bai k dan kendar aan yang bagus. Sedangkan
kesengsar aan anak Adam kar ena i st r i yang j ahat , t empat t i nggal yang bur uk
dan kendar aan yang j el ek.” (HR Ahmad)
25. Ist r i shali hah sel al u menj aga kehor mat an suami dan j uga har t anya. Kar ena
di a menget ahui Rasul saw : “ Ti dak hal al bagi nya member i makan dar i r umah
suami nya kecual i at as i j i nnya.”
Dar i Asy-Sya’ bi ber cer i t a, ket i ka Fat hi mah bi nt i Nabi Shal lal lahu ‘ Al ai hi
Wasal l am saki t , Abu Bakar Ash-Shi di q r dl dat ang unt uk menj enguknya dan
mi nt a i j in unt uk masuk. Kemudi an suami Fat hi mah, yakni Al i bi n Abi Thal i b
ber kat a: “ Wahai Fat h i mah, Abu Bakar mi nt a i j i n unt uk menj engukmu.”
Fat hi mah ber kat a: “ Apakah Anda suka j i ka aku mengi j i nkannya?” Ali
menj aw ab: “ Ya.”
Saya (yakni Adz-Dzahabi ) kat akan: “ Kar ena Fat himah r dl a menget ahui
sunnah, maka bel iau t i dak mengi j i nkan seseor ang memasuki r umah suami nya
kecual i at as i j i n suami nya.” Kemudi an Asy-Sya’ bi mel anj ut kan: “ Fat hi mah
mengj i nkannya masuk, l al u Abu Bakar masuk dan menghi bur nya..hi ngga
Fat i mah mer asa senang.”
1
26. Wanit a shal i hah menj adi t eman yang bet ah t i nggal di r umah, bukan or ang
yang hobi kel uar masuk r umah sebagai r eal isasi dar i f i r man Al l ah:
“ dan hendakl ah kamu t et ap di r umahmu” (Al -Ahzaab 33)
Dengan bet ahnya i a t i nggal di r umah dan bagusnya per lakuannya t er hadap
suami dan j auh dar i f i t nah maka f aedahnya t i dak asi ng l agi gabi or ang yang
ber akal .
1
Kitab Siyaar Alam An-Nubala I/121
27. Ist r i shal i hah t i dak suka mel i r i k apa-apa yang di mi l iki or ang l ai n, t i dak suka
membandi ng-bandi ngkan keadaan suami dengan suami or ang lai n. Bahkan i a
puas dengan keadaan di r i nya dan r i dha at as pembagi an Al lah Azza w a Jal l a
dan ber sabar a at as musi bah yang meni mpanya, j er nih pi ki r annya, qanaah
dengan keadannya, pi ki r annya t enang, j i w anya muli a. Ket enangan yang akan
di per ol eh ber sama i st r i yang shal i hah sangat t er ang dan j el as. Kar ena di a
bukanl ah wani t a yang mencar i kat a-kat a puj ian at au cint a dar i l aki -l aki l ai n.
Bahkan dia sel al u membuat pandangan suami sej uk mel ihat nya, ber kh di mat
kepadanya dan mel i hat celah-celah unt uk sel l au mendekat i suami nya.
28. Ist r i shali hah i bar at t empat beni h yang baik, suami yang di a dambakan adalah
l aki-laki yang shal ih. Or i ent asi nya bukanl ah banyaknya har t a, t i nggi nya mahar
dan mer iahnya pest a. Di a r i dha dengan apa yang di sabdakan oleh Nabi saw :
“ Wanit a yang pal i ng banyak bar akahnya adal ah yang pal i ng r i ngan
mahar nya.”
Ter masuk ci r i i st r i yang shal i hah j uga, di a di per i st r i dengan mahar yang r i ngan
dan t i dak memoj okkan suami nya unt uk ber hut ang set el ah pest a per nikahan.
Di a t i dak pul a mendesak suami nya dengan t unt ut an yang member at kan
punggungnya, sehi ngga suami kepayahan di si ang har i dan gel i sah di mal am
har i .
29. Ji ka suat u ket i ka musi bah kemat i an menimpa seoar ang suami , ket i ka ALl ah
mew af at kannya maka i st r i shal ihah akan set i a mendoakanmu, memohonkan
r ahmat dan maghf ir ah ser t a ber usaha unt uk meni nggi kan der aj at mu di
akhi r at .
Penul is menj ad i i ngat akan seor ang w ani t a yang memi l i ki suami , suami nya
meni nggal bebr pa t ahun set el ah per nikahannya. Sebagai ist r i yang set i a, dia
menabung gaj i bul anannya (di a seor ang gur u) hi ngga set el ah t i ga t ahun
mampu mendi r ikan masj i d sebagai w akaf at as nama suami nya.
30. Ist r i shali hah adal ah i st r i yang t aat , ri ndu akan kegembi r aan yang di r asakan
suami nya bai k j iw a maupun raganya, meski pun di a sedang ada kesi bukan.
Kar ena dia mendengar hadi t s Nabi Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am lal u t aat dan
menur ut :
-` .` ¸` - ·´ .` · .¸- . ' ` . '· ·· ¸ ` · ' `· ¸`-` ·· ·
“ Ji ka seor ang suami memanggi l i st r i nya ke t empat t i dur l alu sang i st r i
menolak unt uk dat ang, maka malai kat mel aknat nya hi ngga pagi .” (HR Al -
Bukhar i )
33. Ist r i yang shal ihah akan berkhi dmat di r umahnya dan mendi di k anaknya
sekuat t enaga. Cukupl ah bagi Anda t el adan put er i Nabiyul ummah Fat hi mah
r dl. Ket i ka bel iau mendat angi ayahanda bel iau dan mengel uhkan t angannya
yang kasar l ant ar an beker j a. Padahal di a seor ang put er i Nabi umat i ni ,
sement ar a bekas kasar ada di t el apak t angannya kar ena ber khi dmat pada
suami nya dan mengur us anak-anaknya.”
Cont oh lai n dar i i st r i shal i hah adal ah Asma’ bi nt i Abu Bakar r adhi yal l ahu
‘ anhuma. Beli au ber cer i t a: “ Zubei r meni kahi ku sedangkan di a t i dak memi l iki
apa-apa di duni a i ni , bai k har t a, pembant u at au kekayaan sel ai n wadah ai r
dan kudanya. Akul ah yang menyedi akan makanan unt uk kudanya, yang
meni mba ai r unt uk mengi si gi r bahnya dan j uga mengadon makanannya. Aku
t i dak bisa membuat r ot i , t et api t et anggaku dar i kal angan Anshor membuat kn
r aot i . M er eka adal ah kaum w ani t a yang t ul us. Aku memi ndahkan bi j i kur ma
dar i l adang Zubei r yang di panen ol eh r asu l ul l ah saw dan saya angkat di at as
kepal a saya, padahal j ar aknya dua per t i ga f ar sakh.
2
(HR M usl i m)
Ber ar t i bel i au mengangkat y ai r di kepal anya l ebi h dar i 3,5 KM .
24. Sesungguhnya ist r i shal i hah akan menundukkan pandangannya t er hadap sel ai n
suami nya. Sebagai real i sasi dar i per i nt ah Al lah Azza w a Jal l a:
“ Kat akanl ah kepada w ani t a yang ber i man: " Hendakl ah mer eka menahan
pandangannya,” (An-Nuur 24)
Sehingga ber ada di sampi ngnya akan mer asa t enang, sayang dan menent r amkan, di a
t i dak ber pal i ng dar i nya dan mel i r i k kepada sel ai nnya. Di a adal ah w ani t a yang
pemal u, sedangkan si f at malu t i dak mendat angkan kecual i kebai kan.
Dar i Asma’ bi nt i Abu Bakar Ash-Shi di q r adhi yal l ahu anhuma ber kat a: “ Suat u har i ,
ket i ka saya menyunggi bij i kurma di kepal a, t i ba-t iba saya ber t emu Rasul ul l ah
Shal lal lahu ‘ Al aihi Wasal l ambersama beber apa sahabat Anshar . Bel i au Shal l al l ahu
2
Satu farsakh sekitar lima kilo meter
‘ Al ai hi Wasal l am memanggi l ku kemudi an ber kat a: “ i kh! ! i kh! ! (mengehi net i kan
ont anya), yakni bel i au i ngi n membaw aku di bel akang beli au.” (HR M usl im)
yakni Nabi Shal lal l ahu ‘ Al ai hi Wasal lam mer asa kasi han kar ena ber at nya menyunggi
beban ber at yang d i a angkat di kepal anya. Bel i au i ngi n agar Asma’ nai k di t as ont a
yang ber ada di belakang bel iau sampai ke t empat yang di t uj u.”
Asma’ mel anj ut kan: “ Aku mer asa mal u ber j alan ber sama par a l aki -l aki , dan aku i ngat
Zubei r dan si f at cembur unya, kar ena di a t i pe suami yang sangat pencembur u.”
Bel i au mel anj ut kan: “ Rasul ul l ah memaham i bahw a saya mer asa mal u, l al u bel i au
mel anj ut kan per j al anan. Lalu aku menemui Zubei r dan ber kat a: “ Rasul ul l ah
Shal l al l ahu ‘ Al ai hi Wasal l am ber t emu denganku ket i ka aku sedang menyunggi bij i
kur ma di kepal aku. Ket i ka i t u bel i au ber sama par a sahabat nya, beli au menghent i kan
kendar aannya agr aku nai k, t et api aku malu dan aku i ngat kecembur uanmu.” (HR Al-
Bukhar i )
25. Adalah menyenangakan j ika Anda menyi mak kal amul l ah di baca:
“ dan laki -l aki yang bai k adal ah unt uk w ani t a-w ani t a yang bai k (pul a).” (An-Nuur 26)
maka j adi kanl ah Anda ber sama i st r i t er masuk gol ongan yang di sebut kan ol eh Al lah
Azza w a Jal la, yang mana Di a mengumpul kan mr eka di at as t akw a dan hi dayah.
36. Ist r i shal i hah adal ah ist r i yang menj aga j i w a dan kehor mat annya dar i set an j i n
dan manusi a. Di a menget ahui bahw a yang pali ng baik bagi w ani t a adl ah hendaknya
di a t i dak mel i hat l aki -l aki l ai n dan l aki -l aki l ai n t i dak mel i hat nya, sehi ngga dia
memang hanya menj adi mi l ik Anda. Anda t i dak memi l iki pesai ng unt uk mel ihat ,
ber cengker ama dan at au mel akukan sesuat u t er hadapnya.
Di ki sahkan, Ut bah adal ah seor ang gadi s yang sangat cant i k, ada seor ang pemuda
yang t er gi la-gi l a dengannya dan hat i nya gandr ung t er hadapnya. Laki -l aki i t u
memi nt a agar di i j i nkn mel i hat nya w al au sekal i saj a, akan t et api Ut bah menol aknya.
Hat i pemuda i t u semaki n penasar an hi ngga j at uh saki t dan ber t ambah ker as saki t nya
dan pada akhi r nya meni nggal . Lal u di kat akan kepada Ut bah ket i ka pemuda it u mat i :
“ Apa yang memadhar at kanmu j i ka engkau mel egakan i a dengan mel i hat w aj ahmu?”
gadi s i t u menj aw ab: “ Yang menghal angi aku ber buat seper t i i t u adalah kar ena rasa
t akut kepada Al -Qaw i Al -Jabbar . Di sampi ng i t u j uga t ak ingi n t er kena ai b, cel aan
t et angga. M eski pun sebenar nya hat i ku –yakni keci nt aan dan ker i nduanya- ber li pat
di bandi ng dengan apa yang ada di hat i nya. Hanya saj a, dengan menut up dan
menyembunyi kannya, i t u l ebi h bisa mel anggengkan keci nt aan, l ebih t er puj i
aki bat nya, lebi h t i nggi ni l ai t aat nya kepada Al l ah dan l ebi h r ingan dosanya.”
3
Ibr ahi m bi n Al -Junai d ber kat a: “ Ada seor ang laki -l aki menghen daki agar seor ang
w ani t a mau ber duaan dengannya. Wani t a i t u ber kat a: “ Engkau t el ah emndengar Al-
Qur ’ an dan Al -Hadi t s dan bahkan engkau l ebi h t ahu. Laki -l aki i t u ber kat a: “ Tut upl ah
pi nt u-pi nt u! ” Sang gadi s menut up sel ur uh pint u. Ket i ka pemuda it u h endak
mendekat i nya, sang gadi s ber kat a: “ Ti nggal sat u pi nt u yang bel um aku t ut up! ”
Pemud ai t u bert anya keher anan: “ Pi nt u yang mana?” Sang gaai s ber kat a sement ar a
ai r t angi s mel el eh dar i kedua mat anya: “ Pi nt u ant ar a di r i mu dengan Al l ah Ta’ ala! ”
Ser t a mer t a pemuda i t u t er sadar dar i kel al aiann ya, l al u pemuda i t u meni nggal kan
sang gadi s kar ena All ah Ta’ al a, dan t ak l agi memi l i ki niat bur uk t er hadapnya.”
Sebagi an or ang, ket i ka meni kahi seor ang w ani t a yang t i dak memi l i ki kar akt er
sebagai w anit a shal ihah senant i asa r agu akan keadaan i st r i nya, sangsi akan
keset i aannya. Sehi ngga hi dupnya menj adi hampa, keni kmat an ber ubah menj adi
pender it aan. Adapun i st r i yang shali hah, di a menj aga bat asan-bat asan Al l ah Azza w a
Jal l a. M aka i st r i shal i hah bi sa membuat sej uk pandangan dan bi sa di per caya,
al hamdul i l l ah.
Gad i s i t u d ar i Kal an ga n M e r e k a
Sej ak masi h usi a bel ia dia ber l omba ber sama t eman-t emannya di sekol ah. Di a
ber lomba dengan gi gi hnya, ber upaya ber sama saudar i -saudar i nya unt uk
menghaf al kan Al-Qur ’ an Al -Kar i m di di sekol ah. Hal i t u di a lakukan dengan
kesungguhan sel ama t i ga t ahun, sedangkan mushaf Al-Qur ’ an t i dak per nah t er lepas
dar i t angannya.
Ti adal ah i a menget ahui suat u amal yang bi sa mendekat kan di r i kepada ALl ah
mel ai nkan di a menempuhnya secar a konsekuen. Shaum har i Seni n dan Kami s, t i ga
har i t i ap bul an (bi dh), bahkan qi yamul l ai l sel ama ber j am-j am.
Ket i ka Al l ah Azza w a Jal la memudahkan bagi nya unt uk menyel esai kan sekol ahnya di
pondok at au kampus dan di a mendapat kan gaj i bul anan, di apun mer asa senang.
Bukan semat a-mat a kar ena mat er i, et api kar ena suka unt uk beri nf ak. Di a ber usaha
3
Kitab Raudhatul Muhibbin, Ibnul Qayyim
unt uk membant u or ang t uanya memenuhi kebut uhan hi dup di a ber amal t anpa
sepenget ahuan ker abat nya, apa yang dia i ngi nkan? Adapun pnt u-pi nt u kebai kan
yang l ai n t el ah t er pampang di hadapannya. Yang menakj ubkan, Al lah t el ah
mengumpul kan pada di r i nya, adaba yang l uhur , akhlak yang t er puj i dan ramah
dal am ber bi car a menj adi sebagi an dar i kar akt er nya. Sesungguhnya mut i ar a yang
t er j aga dan Yaqut yang ber ki l au i ni t el ah emndekat i usi a t i ga puluh t ahun, namun
bel um meni kah. Ada pul a t emannya yang um ur nya t el ah mendekat i empat pul uh
t ahun, dan ada pul a yang umur nya di ant ar a keduanya.
M anakah par a pemuda yang ber l omba unt uk memper ebut kan w ani t a sehebat i t u
dan t er cet us hat i nya unt uk mendapat kan w ani t a shal ihah? Par a pemuda i u menj auhi
mer eka kar ena kul i t nya agak hi t am, at au t i nggi t ubuhnya kr ang beber apa cent i
met er saj a dar i t i nggi i deal , at au kar ena sedi ki t lemah pandangan mat anya.
Adapun w ani t a yang shal i hah t er sebut di l upakan or ang dan t i nggal di r umah or ang
t uanya sement ar a di a t er us membaw a Kit abul lah di dadanya. Sebabnya kar ena dia
di cer ai .
4
Imam Ahmad bi n Hambal memi l i h seo r ang w ani t a yang but a dar i pada saudar i nya,
padahal sau dar i nya cant i k. Bel i au menanyakan si apakah yang l ebi h pi nt ar d i ant ar a
keduanya? Lal u di j aw ab: “ Yang but a.” M aka bel iau ber kat a: “ Ni kahkanl ah aku
dengannya.”
5
Syami t h bi n Ij l an ber kat a: “ Semoga Al l ah mer ahmat i sesor ang l aki -laki yang memi l i h
seor ang w ani t a meski pun t ubuhnya t i nggal separ uh, w aj ahnya t er dapat kudi s, j i ka
memang di yaki ni bahw a di a adal ah cal on penghu ni j annah.”
6
M al ik bi n Di nar r ahi mahul l ah j uga ber kat a: “ Sal ah seor ang di ant ar a kal i an t i dak mau
meni kah dengan gadi s yang yat i m, padahal di a akan mendapat kan pahal a set i ap kal i
member i nya makan dan pakai an, r i ngan mahar nya, ri dha dengan yang sedi ki t . Di a
ml ah meni kah dengan bi nt i f ul an dan f ul an yang mer uapakan gadi s (pembur u) duni a
yang sel l au i ngi n memper t ur ut kan syahw at dan ber kat a: “ Ber i kan aku pakai an ini
dan i t u.”
7
4
Hal ini tidak berarti bahwa wanita yang shlihah itu identik dengan bentuk rupa yang buruk,
bahkan banyak di antara mereka yang dianugerahi oleh Allah kecantikan rupa dan kecantikan akhak.
5
Al-Ihya III/131
6
ibid
7
Al-Ihya II/44
Pe n ga l a m a n N y a t a
Yahya bi n Yahya ber kat a: “ Saya sedang ber sama Suf yan bin Uyai nah. Ti ba-
t i ba dat angl ah seseor ang dan berkat a: “ Wahai Abu M uhammad, aku mengel uhkan
kepadamu per i hal f ul anah -yakni i st r i nya sendir i -, saya adalah or ang yang pali ng hina
dan remeh di si si nya.” Sej enak Suf yan di am, l alu b er kat a:
“ Bar angkal i engkau meni kahi nya dengan maksud mengej ar kehor mat an (duni a)?
l aki -l aki i t u menj aw ab: “ Benar w ahai Abu M uhammad.” Bel i au ber kat a: “ Bar angsi apa
yang (meni kah kar ena) mengej ar kehormat an maka di a akan mendapat kan
kehi naan, bar angsi apa yang (men i kah kar ena) i ngi n mendapat kan har t a maka di a
akan menj adi f aki r , namun bar angsi apa meni kah kar ena agama, maka Al lah akan
mengumpulkan bagi nya kehor mat an, har t a dan j uga kebagusan agama.”
Kemudian bel i au mel anj ut kan pembi car aannya: “ Kami adal ah empat
ber saudar a yakni M uhammad , Imr an, Ibr ahi m dan saya sendi r i . M uhammad adal ah
anak sul ung, sedangkan Imr an adal ah bungsu, sedangkan saya di t engah. Ket i ka
M uhamad ber maksud menikah, di a mengi ngi nkan kedudukan t er hor mat . M aka di a
meni kah dengan seor ang gadi s yang l ebi h st at us sosi al nya l ebi h t i nggi dar i nya, akan
t et api j ust r u mendapat kan kehi naan. Sedangkan Imr an, di a meni kah unt uk
mendapat kan kekayaan, maka di a menikah dengan gadi s yang l ebi h kaya dar inya,
t api ALlah membal asnya dengan kef aki r an. mer eka mengambi l sel ur uh kekayaannya
dan t i dak member ikan apapun kepadanya. Kebet ul an Imr an bi n Rasyi d menem ui
kami , lal u aku musyaw ar ahkan dan aku kisahkan kej adi an yang meni mpa saudar a-
saudar aku i t u kepada bel i au. M aka bel iau menyebut kan kepadaku suat u hadi t s dar i
Yahya bi n Yahya bi n Ju’ dah dan hadi t s Ai syah. Adapun hadi t s Yahya bi n Ju’ dah, Nabi
ber sabda:
·· . - . · . - . · ¸ · ·` ' ¸ · ·'` ` - ´` ` · ` . ¸` . :`,
“ Wanit a di ni kahi kar ena empat hal , kar ena agamanya, kedudukannya, har t anya dan
kecant i kannya, maka hendaknya engkau memi li h kar ena agamanya, ni scaya kamu
akan ber unt ung.”
Sedangkan hadit s Ai syah, Nabi ber sabda:
“ Wanit a yang pal ing agung bar akahnya adalah yang pal i ng r i ngan mahar nya.”
M aka akupun memi l ih w ani t a kar ena agamanya dan mer ingankan mahar unt uk
mengi kut i sunnah Rasul saw . Dan akhi r nya Al lah mengumpulkan bagi ku kehormat an,
har t a dan j uga agama.”
8
Bu ah M e m p e r si t r i W an i t a Sh al i h ah
Di ki sahkan bahwa Umar bi n Khat hab r dl ket i ka menj ai khal if ah mel ar ang penj ual
susu mencampur nya dengan ai r . Suat u mal am bel i au kel uar di pi nggi r an M adi nah,
t i ba-t iba bel i au mendengar seor ang i bu sedang ber di al og dengan put er i nya:
Ibu : Ti dakkah engkau mencampur susumu pagi i ni ?
Jar i yah : Bagai mana saya akan mencampur nya padahal Ami r ul mukmi ni n
mel ar angnya?
Ibu : Or ang-or ang j uga mencampur nya maka campur kanlah, Ami r ul M ukmi ni n
t i dak akan t ahu.
Jar i yah : Kal aupun Umar t i dak menget ahui , t et api sesembahan Umar menget ahui ,
saya t i dak akan mel akukan i t u kar ena bel i au mel ar angnya.
Sungguh di al og t er sebut mengesankan di hat i Umar . M aka pagi har inya bel i au
memanggi l Ashi m put er anya dan ber kat a: “ Wahai anakku per gi l ah ke desa anu dan
anu, car i l ah i nf or masi t ent ang gadi s i t u –Umar menyebut kan ci r i -ci r i nya-. Lal u
per gi l ah Ashi m unt uk mencar i t ahu. Ter nyat a di a adal ah gad i s dar i Bani Hi l al . Umar
ber kat a: “ Per gi l ah w ahai anakku dan n i kahi l ah gadi s i t u, al angkah l ayaknya di a
mel ahi rkan seor ang pehal w an yang memi mpi n bangsa Ar ab.” Kemudi an Ashi m bin
Umar menikahi nya. Per ni kahan t er sebut mel ahi r kan Ummu Ashi m bi nt i Ashi m bin
Umar bi n Khat hab. Ummu Ashi m di ni kahi ol eh Abdul Azi z bin M ar wan bi n Hi kam,
l alu per ni kahan t er sebut mel ahi r kan sang khal i f ah Umar bi n Abdul Azi z.
9
• Abu Thal hah sebel um masuk Isl am mel amar Ummu Sul aim. M aka Ummu
Sul aim ber kat a: “ Laki -l aki seper t i Anda memang t i dak pant as unt uk di t ol ak,
akan t et api Anda adal ah l aki -l aki kaf i r , sedangkan saya seor ang musl i mah.
Ji ka Anda mau masuk Isl am, maka i t ulah mahar unt ukku, aku t idak memi nt a
yang l ai nnya.” Lal u Abu Thal hah masuk Isl am dan meni kahinya.
8
Hilyatul Auliya VII/289
9
Siirah Umar bin ABdul Aziz oleh Ibnu Abdil Hikam 22-23
• Ibnu Syai bah mencer it akan dar i Asy-Sya’ bi , bahw a ada seor ang w ani t a
membaw akan pedang unt uk anaknya di har i Uhud, t et api di a t i dak kuat
membaw anya. M aka sang i bu mengi kat kan pedangnya pada l engan anaknya
dengan t al i . Sel anj ut nya dia mendat angi Rasul ul l ah Shal l al lahu ‘ Al ai hi
Wasal lamdan ber kat a: “ Wahai rasu l ul l ah, ini anakku i ngi n ber angkat
ber per ang ber samamu.” Nabi Shal l al l ahu ‘ Alai hi Wasal l amber sabda: “ Wahai
anak sabet kankan kesana sabet kan kesi ni , sabet kan kesana! ” Lal u anak i t u
t er l uka dan j at uh. Nabi mendekat i nya dan ber sabda: “ Wahai anak, apakah
engkau menyesal ?” Anak it u menj aw ab: “ Ti dak w ahai Rasul ul l ah.”
• Dar i Abdul l ah bi n M as’ ud ber kat a: “ Tat kal a t ur un f i r man Al lah Ta’ al a:
“ Si apakah yang mau member i pi nj aman kepada All ah, pi nj aman yang bai k
(menaf kahkan har t anya di j al an Al l ah), maka Al l ah akan mel i pat gandakan
pembayar an kepadanya dengan l i pat ganda yang banyak.” (Al-Baqar ah: 235) Ab u
Ad-Dahdah Al -Anshar i ber kat a: “ Wahai Rasul ul l ah apakah Al l ah Azza w a Jal la
mau mener ima pi nj aman dar i ki t a?” Bel i au ber sabda: “ Bet ul w ahai Abu Dahdah.”
Abu Dahdah ber kat a: “ Per l ihat kanl ah t angamu kepadaku w ahai r asul ul l ah.”
Di apaun menj abat t angan bel i au dan ber kat a: “ Sungguh aku t el ah memi nj amkan
kepada Rabbku Azza w a Jal l a (apa yang ada di dal am) pagar ku.” Ibnu M as’ ud
ber kat a: “ Padahal yang di dal am pagar nya t er dapat enam r at us pohon kur ma,
Ummu Dahdah dan kel uar ganya j uga t i nggal di dal mnya. Lal u dat angl ah Abu
Dahdah dan ber kat a kepada i st r inyaaaa; “ Wahai Ummu Dahdah! ” Labbai k, j aw ab
Ummu dahdah. Abu Dahdah ber kat a: “ Keluar l ah, kar ena aku t el ah memi nj amkan
(mengi nf akkan) t empat i ni kepada Rabbku Azaw w a Jal l a.” Ummu Dahdah seger a
mengemasi bar ng-bar ang mi li knya. Ket i ka i t u ada sat u kur ma yang ber ada di
t angan anknya, bel iaupun mel et akkannya dan kel uar ber sama anaknya yang
keci l .”
• Imam Ahmad r ahimahul l ah ber cer i t a t ent ang i st r i nya yang ber nama Abasah
bi nt i Al -Fadhl : “ Di a ber samaku sel ama t i ga pul uh t ahun, t i dak per nah di a
ber sel i si h denganku w al aupun dal am sat u kat a, kemudi an di a t el ah
meni nggal dahul u, semoga Al l ah mer ahmat i nya.”
• Di Baghdad ada seor ang laki -l aki penj ual baj u yang kaya. Ket i ka dia sedng
ber ada di t okonya, t i ba-t i ba ada seor ang gadi s yang menemui nya dan
memegang dagangan yang hendak di abel i. Ket i ka di a sedang ber bi car a t ak
sengaj a w aj ahnya t er si ngkap l alu diapun sal ah t i ngkah. l aki -laki i t u ber kat a;
“ Demi Al lah aku mel i hat Anda sedang kebi ngungan.”
Wanit a i t u menj aw ab: “ Saya dat ang kemar i bukan unt uk membel i sesuat u,
sel ama ber har i -har i saya kel uar masuk pasar unt uk mencar i l aki -l aki yang pas
unt uk meni kah denganku, sedangkan engkau cocok dengan isi hat i ku, saya
memi l i ki har t a, maka apakah Anda mau meni kah denganku?” Laki -l aki i t u
ber kat a: “ Saya sudah memil iki put er i pamanku sebagai i st r i , saya sudah b
er j anj i kepadanya unt uk t i dak mem buat nya cembur u, dan aku sudah
memi l iki anak dar i nya.’ Wani t a i t u ber kat a: “ Saya r el a j ika engkau hanya
mendat angi ku semi nggu dua kal i .” M aka l aki -l aki i t upun mau dan ber di r i
ber samanya. Akad pun di l akukan, kemudi an l aki -laki i t u memasuki r umah
i st r i bar unya dan mengumpul i nya. Set el ah i t u dia pu l ang kembal i ke
r umahnya dan ber kat a kepada i st r i nya: “ Ada t eman yang memi nt aku unt uk
ber mal am di rumahnya.” Di a kembal i ber mal am ber sama i st r i keduaya,
set i ap har i set el ah zhuhur di a mengunj ungi ist r i keduanya. Hi ngga
ber l angsung sel ama del apan bul an, ist r i per t amanya mul ai menci um
gel agat nya, l al u di a menyur uh pembant unya: “ Ji ka dia kel uar r umah maka
bunt ut i lah ke mana ar ah per gi nya! ”
Pembant u i t upun mengi kut i nya. Laki -l aki i t u per gi ke t oko, l al u sel epas
zhuhur per gi sement ar a Jar i yah it u masi h t er us mengunt i t nya t anpa
sepenget ahuannya. Sampai akhi r nya sampai l ah l aki -l aki i t u ke r umah i st r i
keduanya. j ar i yah i t u bert anya kepada par a t ent angganya: “ M i li k si apakah r umah
i t u?” M er eka menj aw ab: “ It u adal ah mil i k seor ang w ani t a yang t el ah meni kah
dengan seor ang penj ual baj u.”
Pembant u i t upun seger a kembal i unt uk mel apor kepada maj i kannya. Set eal h
di a mel apor , maj i kannya ber kat a: “ Jangan sampai engkau member it ahukan hal
i ni kepada seor angpun dan j angan engkau menampakkan per l akuan aneh
kepada suami .”
Genapl ah sat u t ahun, l aki -l aki i t u j at uh saki t dan akhi r nya meni nggal . Di a
meni nggal kan del apan r i bu di nar . Ist r i per t ama seger a membagi w ar i san kepada
anaknya sesuai dengan haknya, yakni t uj uh r i bu di nar yang di a si si hkan sendi r i .
Adapun yang ser i bu di nar di a bagi menj adi dua dan separ uhnya di a l et akkan di
gel as. Lal u dia ber kat a kepada pembant unya: “ Baw al ah gel as i t u dan per gi l ah ke
r umah i st r i kedua it u, ber i t ahukan kepadanya bahw a suami nya t el ah w af at dan
meni nggal kan delapan r i bu di nar . Bagi an anaknya t uj uh r i bu dan si sanya ser i bu
di nar aku bagi denganmu masi ng-masi ng separ uh, ini adal ah hakmu , sampai kan
j uga sal amku unt uknya.”
Pembant u i t u ber angkat dan menget uk pi nt u r umah w ani t a yang dimaksud. Set el ah
masuk di a mencer i t akan t ent ang keadaan l aki -l aki yang menj adi suami nya dan i a
mengabar kan kemat i annya sekal i gus t ent ang pesan maj i kannya. Wani t a i t uun
menangi s l al u membuka kot aknya dan mengel uar kan sel embar ker t as ser aya
ber kat a: “ Kembal i l ah kepada maj i kanmu, sampai kan sal amku kepadanya
ber i t ahukan kepadanya bahw a l aki -l aki i t u t el ah mencer ai kan aku dan menul i s sur at
cer ai unt ukku, kembal ikanl ah har t a i ni , kar ena aku t i dak ber hak sediki t pun at as har t a
yang di a t i nggal kan.”
10
Ibnu Abi d Dunya menyebut kan dal am bukunya ‘ Al - W a r a :
Al -Abbas bi n Sahm ber kat a: “ Ada seor ang w ani t a shal ihah, ket i ka dat ang ber it a
t ent ang kemat i an suami nya t at kal a di a sedang mengadon r ot i , dia seger a
mengangkat kedua t angannya dan ber kat a: “ M akanan i ni adal ah hasi l kami ber dua.”
(yakni t er masuk yang di w ar i skan).
Abdul l ah bi n Ahmad bi n Hambal ber kat a: “ Suat u har i saya ber sama ayah ber ad di
r umah. Tiba-t i ba ada yang menget uk pi nt u. Beli au ber kat a kepadaku: “ Kel uar lah dan
l i hat l ah si apa yang di depan pi nt u.” Abdul l ah mel anj ut kan: “ Akupun kel uar , dan
t er nyat a yang menget uk pi nt u adal ah seo r ang w ani t a,d i a ber kat a kepadaku:
“ M i nt akanl ah i j i n kepada Abu Abdi l l ah (yakni bapaknya).” Akupun memi nt akan i j i n
dan yah ber kat a: “ Per si lahkan di a masuk.” Wani t a i t upun masuk dan duduk, l al u
mengucapkan sal am kepada bel iau dan ber kat a: “ Wahai Abu Abdi l l ah saya adal ah
seor ang w ani t a, suat u mal am saya memi nt al benang dengan menggunakan l ent er a
10
Shifatush Shafwah II/532
dan t er kaang l ampu i t u mat i . M aka saya memi nt al di baw ah t er angnya bul an.
Apakah saya har us membedakan pi nt al an dengan si nar dan pi nt alan dengan l ampu?”
Bel ia menj aw ab: Ji ka Anda mampu unt uk membedakannya maka hendaknya Anda
memi sahkannya.” Lal u w ani t a i t u ber t anya l agi : “ Wahai Abu Abdi l l ah, apakah
r int i han or ang saki t it u di anggap mengel uh?” Bel i au menj aw ab: “ Saya ber har ap
mudah-mudahan i t u t i dak di anggap sebagai kel uhan, akan t et api hendaknya di a
mengel uh kepada Al lah.” Abdul lah ber kat a: “ Wani t a i t upun ber pami t an lal u kel uar .”
Abdulal h ber kat a: “ Ayah ber kat a: “ Wahai anakku, bel um per nah aku mendengar
seor angpun ber t anya dengan per t anyaan seper t i i t u, i kut i lah di a dan l i hat l ah kemana
di a masuk? (yakni d i mana r umahnya-pen).” Akupun mengi kut i nya, t er nyat a di a
masuk ke r umah Basyar bin Al -har it s, kar ena di a adalah saudar Hari t s. Lal u aku
pulang dan aku kat akan hal i t u kepada ayah, beli au berkat a: “ memang t i dak mungki n
ada w ani t ayang begi t u kecual i saudar i Basyar .”
11
• Di ant ar a buah dan aki bat per ni kahan dengan wani t a shal i hah adal ah
t er j aganya anak-anak, bai k ket i ka ayahnya masi h hi dup maupun set el ah
w af at nya. Kami suguhkan kepada Anda beber apa cont oh yang gambl ang
per ihal kipr ah w ani t a musl imah dal am membi na par a pemi mpi n umat , par a
ul ama dan t okoh-t okohnya.
- Seor ang ul ama yang t er per caya dan t eguh, imam penduduk Syam Abu
Amr u Al-Auza’ i r ahi mahul lah, t ent angnya Imam An-Naw aw i ber kat a:
Par a ulama ber sepakat unt uk menyebut Al -Auza’ i sebagai sal ah sat u
i mam, kemul i aannya dan ket i nggi an der aj at nya dan kesempur naan
f adhi l ahnya. Koment ar par a sal af sangat banyak dan amat popul er .
Yakni koment ar t et ang si f at w ar a’ nya, zuhudnya, i badahnya,
konsi st ennya t er hadap kebenar an, banyaknya hadi t s yang bel iau
r iw ayat kan, kedalaman f i ki hnya, ket eguhannya di at as As-Sunnah,
f asi h dalam ber bi car a, t er masuk i mam yang sangat menonj ol di
masanya dan mer eka mengakui kan ket i nggi an der aj at nya.”
11
Thabaqaat Al-Hanabilah 427
Or ang yang i l munya sel aut i t upun j uga mer upakan hasi l dar i seor ang
i bu yang agung. Ibunya-l ah yang mendi dik dan membimbi ngnya
set el ah ayahnya w af at .
- Ada l agi Rabi’ ah Ar -Ra’ yi rahi mahul l ah, gur u dar i i mam M al i k bin Anas
r ahi mahul l ah. Ayahnya t el ah per gi unt uk ber j i had f i i sab i l i l l ah sej ak i a
masi h menj adi j ani n di per ut i bunya, kemudi an l enyap t ak kunj ung
kembal i . Sang ayah meni nggal kan uang unt uk i st r i nya sebanyak t i ga
puluh r i bu di nar . Sang i bu yang ber hat i muli a i t u membel anj akan uang
t er sebut unt uk bi aya pendi di kan anaknya, meningkat kan
kepahamannya t er hadap ur usan agamanya. Hi ngga pada gi li r annya
anak yang dij ul uki Rabi ’ ah Ar -Ra’ yi t er sebut m enj adi Syei kh, gur u
t okoh, muf t i dan ahl i f i ki hnya penduduk M adi nah.
- Imam M al i k bi n Anas r ahi mahul l ah, Imam Daar ul Hi j r ah, penyusun
buku f enomenal Al - M u w a t h a , di al ah yang membuat par a penunt ut
i l mu di kol ong l angi t duni a mengunj ungi bel i au unt ukmendapat kan
i lmu dar i nya, dan mendengar kan f at w anya, di al ah or ang yang
membuat kagum par a sul t an dan par a r aj a.
Imam yang agung ini, adalah hasi l dar i di di kan seor ang i bu yang mul ia.
Sang i bu memapahnya unt uk meni t i j al an mencar i i l mu dan
member i kan mot i vasi kepadanya, membi bi ngnya unt uk
mendapat kan i lmu yang di car i. M aka si makl ah Imam M al i k yang
mengi sahkan sendir i per i hal i bunya:
Aku per nah ber t anya kepada i buku: “ Bol ehkah aku per gi unt uk
mencat at i l mu?” Bel i au menj aw ab: “ kemar i lah, pakai l ah pakai an
penunt ut il mu! ” M aka i bu memakai kan aku pakai an panj ang dan
memakai akan di sur ban di kepal aku dan j uga ‘ i mamah di at asnya, l alu
bel iau ber kat a: “ Per gi l ah, car i lah i l mu sekar ang” Bel i au j uga ber kat a:
“ Per gi l ah menemui Rabi ’ ah Ar -Ra’ yi , bel aj ar l ah adabnya sebel um
i lmunya.”
• Imam Syaf i ’ i M uhammad bi n Idr i s r ahi mahul l ah adal ah buah yang penuh
bar akah dar i seor ang i bu yang shal i hah dan mul ia. Ayahanda bel i au t el ah
w af at sej ak bel iau masi h di r ahi m i bu at au sedang di susui , sehi ngga i bunya
yang memel i har a bel i au, mendi di knya dengan bi j ak. Ibunya adl ah seor nag
w ani t a yang pi nt ar dan ut ama. Dan bel iau, sebagai mana yang dispekat i
dal am nuki l an-nuki l an t ent ang bel i au t er masuk ahl i i badah yang sangat t aat
dan manusi a yang suci f i t hr ahnya.
12
• Abdul Wahhab bi n At ha’ Al -Khaf f af ber kat a: “ Par a masyayi kh di M adi nah
ber cer i t a bahwa Far r ukh Abu Abdur r ahman ayahanda dar i r abi ’ ah
r ahi mahul l ah kel uar unt uk ber per ang ke Khur asan di masa pemer i nt ahan
Bani Umayyah. Ket i ka i t u Rabi’ ah, put er a bel i au masi h menj adi j ani n di r ahi m
i bunya. Far r ukh meni nggal kan unt uk i st r i nya Ummu Rabi ’ ah t i ga puluh ri bu
di nar . Sel anj ut nya di a menghi l ang dar i M adi nah dal am j angka w akt u yang
sngat l ama. Kemudian bar u kembal i set el ah dua puluh t uj uh t ahun kemudian.
Di a mengendar ai kuda dengan membaw a t ombak di t angannya. Ket i ka dia
sampai di M adi nah l angsung menuj u ke r umahnya dan membuka pi nt u
dengan t ombaknya, l al u masuk r umah. Tiba-t i ba Rabi ’ ah kel uar menemui di a
sedangkan bel iau t i dak t ahu bahw a di a adal ah ayahnya. Rabi ’ ah ber kat a:
“ Wahai musuh Al l ah, apakah engkau hendak menyer ang r umahku? Far r ukh
menyahut : “ Wahai musuh Al l ah, engkau yang hendak mengganggu i st r i ku di
r umahku.”
Lal u keduanya sal i ng t er kam, masi ng-masi ng mencengker am l eher yang l ai n
dan ber maksud unt uk memukulnya. Suar a keduanya maki n ker as hi ngga par a
t et angga ber kumpul. Lal u sampai lah kabar t er sebut kepada M al i k bi n Anas
r ahimahul lah dan beber apa syei kh. M er eka segera i ngi n membant u gu r unya
(Rabi ’ ah) unt uk mengal ahkan musuh yang memasuki rumahnya. Rabi ’ ah
smpai ber kat a: “ Demi All ah aku t idak akan mel epaskanmu sampai
mel apor kannya kepada sul t han.” Begi t upun Far r ukh, dia ber kat a: “ Demi Al lah
aku t i dak akan mel epaskanmu kecual i di hadapan sul t han, kar ena engkau
mengganggu ist r i ku! ” Per debat an semaki n r amai. Ket i ka mer eka mel i hat
i mam M al i k, mer ekapun di am. Lal u M al i k ber kat a kepada Far r ukh: “ Wahai
syei kh, Anda memi l iki bukt i sel ai n r umah i ni ?” Far r ukh ber kat a: “ Ini adalah
r umahku dan saya adal ah Far r ukh.” Ket i ka i t u, i st r i nya mendengar suar anya,
12
Kitab Audatul Hijaab, Muhammad bin Ismail II/204 dengan sedikit perubahan.
l al u di a bergegas kel uar dan ber kat a: “ Ini suami ku, dan ini adalah anakku
yang dia t i nggal kan ket i ka saya masi h mengandungnya.” Lal u keduanya sal ing
ber pel ukan, yakni Far rukh dan put er anya rabi ’ ah dan keduanya pun
menangi s har u.
Set el ah i t u, Far r ukh masuk r umah dan ber kat a kepada ist r inya: “ Ini kah
anakku yang aku t i nggal kan ket i ka masi h masi h j ani n?” Ist r i nya menj aw ab:
“ Benar .” Far r ukh ber kat a: “ Kel uar kanl ah har t a yang per nah aku t i nggal kan
kepadamu. Saya j uga masi h membaw a uang sebanyak empat r i bu di nar.
Ist r i nya ber kat a: “ Aku t el ah menabungnya dan aku akan mengel uar kannya
unt ukmu beber apa har i l agi . Kemudi an Rabi ’ ah kel uar menuj u masj i d dan
duduk di hal aqahnya. l al u Imam M al i k mendat an gi nya, begi t upun l -hasan bi n
Yazi d dan Ibnu Abi Al i yang di kenal sebagai t okoh -t okoh penduduk M adi nah.
M er eka hendak menunt ut i l mu kepada Rabi ’ ah, o r ang yang pal i ng menguasai
i l mu.
Sement ar a i t u, Ummu Rabi ’ ah ber kat a kepada Far r ukh suami nya: “ Kel uar lah
dan shal at l ah di masj i d Rasu l ul l ah saw . Far r ukh kel uar menuj u masj i d dan
mel i hat suat u maj l i s i l mu yang di penuhi ol eh par a penunt ut i l mu. Di a m
endat angi nya dan i kut di dalmnya. M er eka menyi si hkan sedi kit t empat
unt uknya, lal u i kut mendengar kan kaj i an. Ket i ka i t u Rabi ’ ah menundukkan
kepal a sehi ngga Far r ukh t i dak mel i hat nya. akan t et api ket i ka sang ayah
mendengar suar a syei kh yang ber bi car a, j uga koment ar or ang-or ang: “ Di a
adal ah Rabi ’ ah bi n Abi Abdi r r ahman! ” di apun ber kat a: “ Sungguh All ah t el ah
mengangkat der aj at anakku! ” Di apun ber gegas pulang dan ber kat a kepada
i st r i nya: “ Demi All ah, aku mel i hat anakmu ber ada dalam kedudukan yang
bel um per nah aku mel i hat ahl i i l mu dan ahl i f iki h yang seper t i it u! ” Ist r i nya
ber kat a: “ M anakah yang lebi h Anda suka, t i ga pul uh r i bu di nar at aukah
kemul i aan yang di rai h ol eh anakmu ?” Far r ukh menj awab: “ Demi All ah
keadaan anakku lebi h aku sukai dar i pada uang t i ga puluh r i bu di nar .” Lal u
i st r i nya ber kat a: “ Sesungguhnya aku t el ah membel anj akan sel ur uh har t a
yang engkau t i nggal kan unt uk pendi di kan anakmu.” Far r ukh ber kt a:
“ Sungguh engkau t i dak menyi a-nyi akan har t a i t u.”
13
Di M a n a A n d a Dap a t k an W an i t a Sh al i h ah ?
Ti dak di r agukan l agi bahw a j i w a Anda past i mer i ndukan gadi s i daman yang
shal i hah di ant ar a umat i ni . Per t anyaan yang muncul dar i benakmu seger a
menyer uak penuh ker i nduan dan ant usi as: “ Di mana aku bisa mendapat kannya? Di
manakah t empat t i nggal nya?
Semua per t anyaan i t u t ent ul ah sel al u t er ngi ang do benak sor ang pemuda
musl i m yang ber akal dan t eguh. Bahkan mungki n per t anyaan t er sebut sebagai mana
per t anyaan j i ka seseor ang hendak membel i r umah at au mobi l , bukankah di a dan
kel uar ganya ber t anya secar a det ai l dan j el i ?
Wahai pemuda
Al l ah Azza w a Jal l a t el ah menj adi kan t anda dan t empat bagi ahl i kebai kan dan
kebaj i kan. begi t upun dengan or ang-or ang f asi k dan or ang gi la.
t empat bagi par a w ani t a shal ihah adal ah di bi l i k r umahnya. Di a t i dak nampak ser ing
kel uar kecual i ket i ka dar ur at . Ji ka Anda mel i hat nya di pasar at au di j al an, di a
ment aat i per i nt ah Al l ah dan r asul -Nya dal am menggunakan hi j ab. Anda bi sa
mendapat kanya di t empat shal at di sekol ah at au pondok. Anda mendapat kan di a di
pondok t ahf i zh bagi kaum w ani t a. Dan Anda bi sa j uga mendapat kannya di sekol ah
t ahf i zh bagi w ani t a. Anda j uga mendapat kan j uga yang semi sal dengan mer eka di
kal angan w ani t a bai k-bai k.
Anda Juga mendapat kan wani at shal i hah ber ada di r umah ahl i i l mu, kel uar ga yang
bagus agamanya, dan or ang-or ang mul i a. Wani t a shal i hah dapat di j umpai di r umah-
r umah t er sebut , al hamdul i l l ah.
Ter masuk ni kmat Al lah adal ah banyaknya kaum musl i mah yang komi t men (t er hadap
Isl am), bahkan j uml ahnya mel ebi hi par a pemuda pada sepul uh t ahun t er akhi r .
Dengan sedi kit kesungguhan Anda akan mendapat kannya, dengan sedi kit ber t anya
Anda dapat mew uj udkan ci t a-ci t a.
Co n t o h I st r i Sh al i h ah
13
Wafiyat Al-Ayaan II/290
Ul ama yang ber t akw a Asy-Sya’ bi r ahi mahul lah suat u ket i ka duduk ber sama
Syur ai h Al -Qadhi r ahi mahul l ah. Asy-Sya’ bi ber t anya kepada SYur ai h per i hal keadaan
di a di dal am r umah. M aka Syur ai h ber cer i t a: “ Sel ama dua pul uh t ahun t i dak ada
anggot a kel uargaku yang membuat ku mar ah.” Asy-Sya’ bi menyahut : “ Bagai mana
bi sa?” Syur ai h ber kat a: “ M al am per t amaku ber sama ist r iku, aku mel i hat per angai
yang bai k dan w aj ah yang sangat cant i k, lal u aku ber kat a dal am hat i : “ Saya akan
ber suci dan shalat dua r ekaat sebagai w uj ud syukur kepada Al l ah. Ket i ka aku sal am
dar i shal at , t er nyat a aku mendapat kan i st r i ku shal at di bel akangku dan sal am
ber samaku.
Ket i ka r umah t el ah sepi dar i par a sahabat dan handai t aul an, aku ber di r i
mendekat i nya unt uk mel akukan apa yang sew aj ar nya di l akukan oleh suami
t er hadap ist r i nya. Tapi dia ber kat a: “ Tunggu sebent ar w ahai Abu Umayyah.” Lal u dia
mul ai ber bi car a: “ Segal a puj i bagi Al l ah, saya memuj i -Nya, memohon per t ol ongan-
Nya dan saya ucapkan shal aw at at as M uhammad dan kel uar ganya. Sesungguhnya
aku adal ah w ani t a yang masi h asi ng t ent ang di ri mu, belum banyak t ahu t ent ang
akhl akmu. M aka ber i t ahukanlah kepadaku apa saj a yang Anda sukai agar aku
mel aksanakannya dan apa saj a yang Anda benci agar aku bi sa menghi ndar i nya.”
Di a mel anj ut kan: “ Sesungguhnya di kal angan kaummu ada w ani t a yang l ayak unt uk
Anda nikahi , begi t upun di kal angan kaumku ada pula kaum l aki -laki yang sekuf u’
denganku. Akan t et api j i ka Al l ah menghendaki suat u per kar a, maka t er j adi lah.
Engkau t el ah memi l i ki di r i ku, maka ber buat l ah sesuai dengan apa yang
di per i nt ahkan Al l ah kepadamu, r uj uk dengan car a yang ma`r uf at au mencer ai kan
dengan car a yang bai k. Demi kian yang bisa saya sampaikan, aku memohon ampunan
kepada Al lah unt ukku dan unt ukmu.
Syur ai h ber kat a: “ Demi Al l ah w ahai Asy-Sya’ bi , Al angkah but uhnya aku t er hadap
khut bah t er sebut .” Akupun ber kat a: “ Al hamdul i l lah, saya memuj i -Nya, memohon
per t ol ongan-Nya, shal aw at dan sal am semoga t er cur ah at as Nabi, w a ba’ du:
Sungguh Anda t el ah mengat akan suat u ucapan yang j i ka Anda konsekuen ni scaya
akan mendapat kan bagi anmu. (Yakni akan mendapat kan kebai kan yang banyak
unt ukmu), akan t et api j i ka Anda mengi ngkar i nya, maka ucapan i t u menj adi huj j ah
at asmu.
kemudian Syur ai h ber kat a: “ Aku menyukai i ni dan i t u, i ni dan i t u, dan aku membenci
i ni dan i t u, j i ka Anda mel i hat suat u kebai kan maka sebar kanlah dan j i ka Anda mel i hat
kebur ukan dar i ku maka r ahasi akanlah.”
Kemudi an i st r i ku ber kat a: “ Bagai mana kadar yang kusukai unt uk mengunj ungi
kel uar gaku?” Aku menj aw ab: “ Aku t i dak suka j i ka mer t uaku bosan t er hadapku.”
(Yakni aku t i dak suka mer eka t er lal u ser i ng mengunj ungi ku sehi ngga membuat ku
bosan at as kunj ungan mer eka.)
Ist r i ku ber kat a: “ Si apakah yang Anda suka di ant ar a t et anggamu sehi ngga di a boleh
memasuki rumahmu dan bol eh saya i j inkan masuk? Si apa pula di ant ar a mer eka
yang t i dak Anda suka?”
Sya menj aw ab: “ Bani Fu l an t er masuk or ang-or ang shal i h, bani Ful an j uga t er masuk
kaum yang shal i h, maka i j i nkan mer eka masuk. Akan t et api bani f ulan dan bani f ul an
adal ah kaum yang bur uk per angai , j angan kau i j inkan masuk.”
Syur ai h mel anj ut kan cer it anya: M aka mal am i t u saya ber mal am ber samanya dengan
mal am yang sangat i ndah, sel ama sat u t ahun saya hidup ber dampi ngan dengannya
bel um per nah aku mel i hat nya kecual i dal am keadaan yang aku sukai dan aku
har apkan.
Ket i ka memasuki t ahun kedua, aku kembal i dar i maj l i s qadhi ke r umah, t er nyat a ada
seor ang w ani at di t umahku. Lal u aku ber t anya: “ Si apakah t amu i ni?” M er eka
menj aw ab: “ Di a adal ah i bu mer t uamu.” Ibu menol eh kepadaku dan ber t anya:
“ Bagai mana menur ut mu per lakuan i st r imu w ahai Abu Umayyah?” Aku menj aw ab:
“ Di a adalah sebai k-baik i st r i .”
Ibu mer t ua ber kat a: “ Wahai Abu Umayyah, sesungguhnya seor ang i st r i i t u
keadaannya t i dak akan bur uk ket i ka dal am dua keadaan. Yakni j i ka di a mel ahi r kan
seor ang anak at au ber harga di si si suami nya. (Yakni mer asa di cint ai suami dan
mer asa di per hat i kan ol ehnya). Demi Al l ah, seor ang laki -l aki t i dak akan per nah
di t i mpa kebur ukan dar i seo r ang i st r i yang mau di bi mbi ng. M aka di dikl ah i st r i mu dan
bi mbi ngl ah sekehendakmu.”
Syur ai h ber kat a: “ Lal u saya t i nggal ber sama i st r i ku sel ama dua pul uh t ahun, aku
t i dak per nah menghukumnya sedi ki t pun kecual i sekal i saj a, it upun t er nyat a saya
yang sal ah, kemudi an di a t el ah w af at , semoga Al l ah mer ahmat i nya.
Ke t e gu h a n
Di t anyakan kepada Ut sman An-Naisabur i : “ Amal an apakah yang pal i ng Anda
j adi kan andalan?” Bel iau berkat a: “ Di usi a muda kel uar gaku mendesakku unt uk
seger a menikah, namun aku masi h menol ak. Ti ba-t i ba dat angl ah seor ang w anit a dan
ber kat a: “ Wahai Abu Ut sman, aku memi nt amu at as nama Al l ah agar engkau sud i
meni kahi ku.” Akupun mendat angi ayahnya, di a seor ang yang f aki r dan di a
meni kahkan aku dengan senang hat i . Ket i ka di a menemuiku, aku mel i hat t er nyat a
di a i t u cacat dan bur uk rupa.” Bel i au mel anj ut kan: “ Kar ena kei cnt aan di a kepadaku
maka aku t i dak mau kel uar , aku duduk dengan set i a unt uk menj aga hat i nya. AKu
t i dak menampakkan r asa benci sedi ki t pun t er hadapnya. Dan saya mengal ah ket i ka
di a mar ah. Hal it u ber l angsung hi ngga l ima bel as t ahun dan akhi r nya ist r i ku w af at .
M aka t ak ada amal ku yang l ebi h aku har apkan menj adi andal anku dar i amal ket i ka
aku menj aga hat i nya t er sebut .”
14
Se r u a n
Wahai pemuda!
Sudah sehar usnya Anda menyempur nakan syar at ist i qamah dl am pr ibadi mu.
Sehi ngga engkau sukses ber sama seor ang i st r i yang shal ihah. Yakni hendaknya Ana
ber upaya menj adi l aki -l aki shal i h yang ber khl ak dengan akhlak Al -Qur ’ an, ment aat i
per int ah Al lah Azza w a Jal la dan per i nt ah Rasul -Nya yang mul ia saw . Adal ah si a-si a
j i ka seor ang yang lal ai i ngi n mel amar w ani t a bai k-bai k. bar angsi apa hendak mel amar
w ani t a baik-baik maka t i dak per l u member i kan mahar yang t er lal u mahal . Yang per l u
Anda piki r kan per t ama ket i ka hendak meni kah dengan w ani t a shal ihah adalah
memi ki r kan upaya unt uk memper bai ki di r i mu sendi r i . Ini adalah ni kmat yang agung
dan permul aan yang bai k dan l ur us.
Semoga Al l ah mengumpul kan kal i an ber dua dalam kebai kan, dan member i kan r ej eki
kepada kal i an ber upa ket ur unan yang shal ihah dal am bent angan kesenangan dan
kebahagi aan.
Saudar aku t er ci nt a
Ti dak akan menyesal j i ka Anda mau ment aat i per i nt ah r asul ul l ah Shal l al l ahu ‘ Alai hi
Wasal lam di dal am sabdanya:
14
Shaidul Khathir 349
” Ni kahi l ah kar ena agamanya, ni scaya kamu akan ber unt ung.” sej ukkanl ah
pandangan mat a dan per banyakl ah doa unt uk mendapat kan ket ur unan yang bai k.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful