BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Presentasi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam kehidupan
dunia ilmu. Kegiatan presentasi itu bermanfaat untuk penyebaran informasi
ilmiah,baik

informasi

penelitian

dengan

mempergunakan

rujukan

yang

terpercaya, maupun informasi pengetahuan penerapan yang bersifat ilmiah
popular. Presentasi seperti itu lebih banyak berlaku pada dunia kampus yang
dilakukan oleh mahasiswa yang sedang menjalani kuliah. Para mahasiswa
tersebut selalu berhubungan dengan dunia penelitian dan pencarian data yang
memerlukan presentasi. Oleh sebab itu, presentasi bagi mahasiswa merupakan
kebutuhan pokok. Mahasiswa perlu melatih diri dalam melakukan presentasi itu
agar mereka mampu menyusun bahasan presentasi dengan bantuan teknologi
informasi, mampu menyajikannnya, dan mampu pula merevisinya berdasarkan
umpan balik dari peserta.
Keterampilan berbahasa mencakup empat komponen

dasar ,yaitu

menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan ini
diperoleh secara bertahap dan teratur serta berhubungan satu sama lain. Meskipun
keterampilan berbicara ini telah diperoleh oleh setiap orang ketika masa kanakkanak, kebutuhan mahasiswa akan kemampuan berbicara tak dapat diabaikan
begitu saja. Presentasi dapat disejajarkan dengan berbicara. Kebutuhan
mahasiswa akan berbicara lebih berorientasi kepada proses penyajian lisan atau
presentasi sebagai wadah penyampaian suatu gagasan. Kemahiran dalam
presentasi bukan hanya menuntut penggunaan bahasa yang baik dan lancar
melainkan juga menghendaki persyaratan-persyaratan lain, misalnya: kebenaran,
ketenangan sikap, kesanggupan mengadakan reaksi yang cepat dan tepat,
kesanggupan menampilkan gagasan-gagasannya secara lancar dan teratur, serta
ketidakkakuan dan ketidakcanggungan gerak. Seiring dengan perkembangan
bahwa presentasi itu sudah menjadi salah satu kebutuhan mahasiswa. Alasannya
bahwa di samping mahasiswa harus mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
dan sikap ilmiahnya ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas, juga
1

serta maksud dan tujuan penggunaan alat bantu peraga dalam presentasi 2 . Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah : 1) Sebagai pelengkap tugas bahasa Indonesia dalam mata kuliah “Berbicara 1” 2) Memberikan serta menambah pengetahuan kita tentang presentasi 3) Memberikan serta menambah pengetahuan kita tentang macam-macam alat bantu peraga presentasi.mereka harus mampu menyajikan karya ilmiah yang ditulisnya di depan forum sesuai dengan kriteria penyajian yang baik. 2. maka dirumusan beberapa permasalahan yang menjadi pembahasan pada makalah ini yaitu : 1) Apa pengertian presentasi ? 2) Apa tujuan dari presentasi ? 3) Macam-macam alat bantu peraga dalam presentasi 4) Fungsi alat bantu peraga dalam presentasi 5) Maksud dan tujuan penggunaan alat bantu peraga dalam presentasi 3. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. fungsi.

data. Agar presentasi itu dapat berjalan secara selektif. 2) Meyakinkan Presentasi berisi informasi. 3 . sedangkan orang yang menghadiri presentasi disebut audience. Orang yang menyampaikan presentasi disebut presentator atau presenter. ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah persepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan. dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. dalam rangka mengajukan suatu ide untuk mendapatkan pemahaman/kesepakatan bersama.BAB II PEMBAHASAN 1. Kiat yang dimaksudkan itu adalah hal-hal sebagai berikut : 1) Menarik minat dan perhatian peserta 2) Mengarahkan perhatian peserta 3) Mempertahankan minat dan perhatian peserta 4) Menjaga kefokusan pada presentasi yang disajikan 5) Menjaga etika atau kode etik presentasi 2. Kehadiaran undangan atau peserta bermanfaat untuk mengikuti presentasi tersebut secara aktif dengan lisan dalam jangka waktu yang tersedia. Tujuan Presentasi Adapun tujuan dari presentasi adalah: 1) Menginformasikan Presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Pengertian Presentasi Presentasi adalah penyajian karya tulis atau ilmiah seseorang di depan forum undangan/peserta atau suatu kegiatan berbicara di depan publik/audiens/hadirin.

Transparansi/kertas tembus cahaya. Dengan AV. pembicara dapat memberikan keterangan lebih luas. Flip charts. Presentasi dapat berisi bujukan. Alat bantu peraga dalam presentasi yang biasa digunakan adalah sebagai berikut : 1) Alat Bantu Audio.3) Membujuk Presentasi secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi atau tindakan. presentasi akan menjadi lebih menarik dan hidup. dan mudah dicerna oleh pendengarnya. 3. Macam-Macam Alat Bantu Peraga dalam Presentasi Penggunaan alat bantu dalam melakukan presentasi merupakan salah satu bagian yang paling penting dan dapat menunjang keberhasilan sebuah presentasi. Melakukan presentasi dengan bantuan alat bantu peraga Audio Visual (AV) sudah menjadi hal biasa. dan LCD (Liquid Crystal Display) atau infocus (multimedia) 4. atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan. 4) Menginspirasi Presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi dan memotivasi orang atau para audiens. papan tulis. Slide. 5) Menghibur Presentasi yang berusaha untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan. Maksud dan Tujuan dari Penggunaan Alat Bantu Peraga dalam Presentasi Adapun maksud dan tujuan dari penggunaan alat bantu peraga dalam presentasi adalah sebagai berikut : 4 . Namun sayangnya. Contohnya : Mic. tepat. Speaker/sound system 2) Alat Bantu Visual Contohnya: handout. Dengan demikian. banyak presentasi dengan bantuan AV yang tidak menarik dan cenderung membosankan karena penyajiannya kurang baik dan juga pembicara tidak memahami kaidah-kaidah presentasi AV dengan benar.

Untuk alat bantu audio. 5 . Sedangkan untuk alat bantu peraga secara visual. 2) Papan tulis Papan tulis digunakan dalam kelompok kecil peserta. Fungsi dari Penggunaan Alat Bantu Peraga dalam Presentasi Jika membicarakan fungsi dari penggunaan alat bantu peraga dalam presentasi. jelas berfungsi untuk memperjelas atau memperkeras suara pembicara/pemberi presentasi kepada audience. laporan tertulis atau materi tambahan seperti tabel dan grafik. Transparansi dapat dibuat di atas plastik khusus dengan spidol. seperti mic dan speaker/sound system. kerangka. yaitu : 1) Handout Handout merupakan lembaran kertas yang berisi ringkasan.1) Membantu agar audience dapat lebih mudah mengerti dan memahami apa 2) 3) 4) 5) yang disampaikan Memperkuat pesan yang disampaikan Menjadikan presentasi tersebut lebih mudah diingat Mengilustrasikan pesan yang disampaikan sehungga menjadi lebih efektif Membuat presentasi menjadi lebih menarik. untuk menguraikan ide sambil berbicara dengan tetap mamandang audiens. memiliki fungsinya masing-masing. 5. abstrak. Handout dapat digunakan untuk mengingat pembicaraan dan ide-ide presentasi. 4) Transparansi/kertas tembus cahaya Transparansi/kertas tembus cahaya banyak digunakan pada presentasi bisnis dan akademis untuk menyajikan berbagai ilustrasi dengan overhead projector (OHP). 3) Flip charts Flip charts adalah lembaran kertas yang ditempelkan pada sebuah papan penyangga. maka kita harus melihat fungsi dari masing-masing alat bantu peraga yang telah disebutkan diatas. Alat bantu ini digunakan untuk menjelaskan pokok presentasi yang merupakan garis besar ikhtisar seperti grafik atau diagram dengan menuliskan langsung pada kertas dengan spidol aneka warna. juga dijadikan referensi dalam mengikuti presentasi.

setiap presenter dituntut terampil membuat dan menggunakan teknik ini dalam setiap presentasi. 6) LCD (Liquid Crystal Display) atau infocus (multimedia) LCD (Liquid Crystal Display) atau infocus (multimedia) adalah media iformasi dengan teknologi tinggi yang diatur dari komputer. atau printout komputer.fotokopi. 5) Slide Slide dapat menampilkan informasi dalam bentuk foto tanpa harus banyak dikomentari. 6 . Informasi dalam satu lembar jangan terlalu rumit. Juga perlu diperiksa apakah alat dapat digunakan dengan baik. Menggunakan slide perlu dibantu oleh operator yang mampu mengkoordinir antara slide dan pembicaraan. Dengan alat ini informasi dalam bentuk apapun dapat disampaikan dengan lengkap. Sekarang. lebihlebih dengan menggunakan fasilitas hyperlink yang dapat dikonfigurasikan dengan program power point.

Slide. ada 3 komponen penting yang terkait. papan tulis. gambar. dan LCD (Liquid Crystal Display) atau infocus (multimedia) Maksud dan tujuan dari penggunaan alat bantu peraga dalam presentasi adalah sebagai berikut : 1) Membantu agar audience dapat lebih mudah mengerti dan memahami apa 2. dalam rangka mengajukan suatu ide untuk mendapatkan pemahaman/kesepakatan bersama. dan penerima pesan (audiens). Melakukan presentasi dengan bantuan alat bantu peraga Audio Visual (AV) sudah menjadi hal biasa.BAB III PENUTUP 1. Speaker/sound system 2) Alat Bantu Visual Contohnya: handout. Alat bantu peraga dalam presentasi yang biasa digunakan adalah sebagai berikut : 1) Alat Bantu Audio. Agar sebuah pesan dalam komunikasi bisa tersampaikan dengan baik. yang disampaikan 2) Memperkuat pesan yang disampaikan 3) Menjadikan presentasi tersebut lebih mudah diingat 4) Mengilustrasikan pesan yang disampaikan sehungga menjadi lebih efektif 5) Membuat presentasi menjadi lebih menarik. Contohnya : Mic. Penggunaan alat bantu dalam melakukan presentasi merupakan salah satu bagian yang paling penting dan dapat menunjang keberhasilan sebuah presentasi. yaitu pemberi pesan (komunikator). media yang digunakan. Transparansi/kertas tembus cahaya. dan bahasa tubuh. Saran 7 . Komunikasi presentasi dilakukan secara terpadu lewat suara. Kemampuan berbicara atau presentasi dengan baik di depan publik adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Flip charts. Kesimpulan Presentasi adalah penyajian karya tulis atau ilmiah seseorang di depan forum undangan/peserta atau suatu kegiatan berbicara di depan publik/audiens/hadirin.

seperti misalnya materi presentasi yang kita kuasai. sebaiknya kita juga harus memahami aspek-aspek ataupun kaidahkaidah presentasi yang baik. Namun. untuk memberikan sebuah presentasi yang baik kepada audience.Penggunaan alat bantu peraga dalam sebuah presentasi memang sangat membantu. suara yang jelas. sikap percaya diri. dan sebagainya. DAFTAR PUSTAKA 8 .

com/2013/05/pengertian-presentasiwawancara. 2011. Negosiasi dan Konsultasi (PWNA). dkk.html Fitri Nashri Ashari. (Online) Diakses pada tanggal 10 Agustus 2015. (Online) Diakses pada tanggal 10 Agustus 2015. (Online) Diakses pada tanggal 10 Agustus 2015.html Indah Kuswardani.blogspot.com/2011/08/teknik-presentasi-teknikpresentasi. Media Presentasi. 2013. 2013.Agus Hakim. 2013.html Bella Septiana. http://ristyramazani. 2013.com/2013/10/makalah-bahasa-indonesiapresentasi. (Online) Diakses pada tanggal 10 Agustus 2015.blogspot.com/2013/04/presentasi. Alat Pendukung Presentasi. Makalah Bahasa Indonesia “Presentasi”.html 9 . http://dyiideetalkscommunications.com/2013/05/mediapresentasi.blogspot.blogspot.html Dias P.blogspot. http://fith-fitri. Pengertian Presentasi. http://indaharitonangfakultaspertanianunpad. Presentasi. http://belajar-presentasi. Wawancara. (Online) Diakses pada tanggal 10 Agustus 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.