Diagnosis Banding

1. Ulkus Neurotrofik, merupakan ulkus yang timbulnya perlahan-lahan, sering kurang
disadari oleh penderitanya karena tidak menimbulkan rasa nyeri. Bentuk ulkus bulat,
tidak nyeri, berisi jaringan nekrotik, biasanya kering (anhidrotik), kulit disekeliling
ulkus hiperkeratotik (kalus). Ulkus dapat sampai di subkutis membentuk sinus,
bahkan mengenai tulang, dapat pula mengalami infeksi sekunder.

Tinjauan Pustaka
Anatomi Pembuluh Darah Vena Ekstremitas bawah

Superfisialis Ekstremitas Bawah
Sistem superfisialis terdiri dari vena safena magna dan vena safena parva.
Keduanya memiliki arti klinis yang sangat penting karena memiliki
predisposisi
terjadinya varises yang membutuhkan pembedahan.V. Safena magna
keluar dari ujung medial jaringan v.dorsalis pedis. Vena ini berjalan di
sebelah anterior maleolus medialis, sepanjang aspek anteromedial betis
(bersama dengan nervus safenus), pindah ke posterior selebar tangan di
belakang patela pada lutut dan kemudian berjalan ke depan dan menaiki
bagian anteromedial paha. Pembuluh ini menembus fasia kribriformis dan
mengalir ke v.femoralis pada hiatus safenus. Bagian terminal v.safena
magna biasanya mendapat percabangan superfisialis dari genitalia
eksterna dan dinding bawah abdomen. Dalam pembedahan, hal ini bisa
membantu membedakan v.safena dari femoralis karena satu-satunya vena
yang mengalir ke v.femoralis adalah v.safena. Cabang-cabang femoralis
anteromedial dan posterolateral (lateral aksesorius), dari aspek medial dan
lateral paha, kadang-kadang juga mengalir ke v.safena magna di bawah
hiatus safenus.

Akibatnya sistem profunda memiliki tekanan yang lebih tinggi daripada superfisialis. tekanan yang meningkat diteruskan ke sistem superfisialis sehingga terjadi varises pada sistem ini. Vena ini melewati bagian belakang maleolus lateralis dan di atas bagian belakang betis kemudian menembus fasia profunda pada berbagai posisi untuk mengalir ke v. sehingga bila katup perforator mengalami kerusakan. Ulkus Definisi Ulkus adalah ekskavasi yang berbentuk lingkaran maupun ireguler akibat dari hilangnya epidermis dan sebagian atau seluruh dermis. di regio pertengahan betis.poplitea. safena magna berhubungan dengan sistem vena profunda di beberapa tempat melalui vena perforantes.dorsalis pedis. dan satu hubungan panjang pada paha bawah. safena parva keluar dari ujung lateral jaringan v. di bawah lutut. Hubungan ini biasanya terjadi di atas dan di bawah maleolus medialis.poplitea dan v. di area gaiter. Katupkatup pada perforator mengarah ke dalam sehingga darah mengalir dari sistem superfisialis ke sistem profunda dari mana kemudian darah dipompa keatas dibantu oleh kontraksi otot betis. V.komitans dari arteri tibialis anterior dan posterior yang melanjutkan sebagai v.femoralis. Proses Terjadinya Ulkus Komposisi jaringan lunak bervariasi pada satu anggota tubuh dengan anggota tubuh lainnya sehingga pada aktivitas normal dapat melakukan adaptasi pada tekanan yang beragam tanpa . Vena Profunda Ekstremitas Bawah Vena-vena profunda pada betis adalah v.V. Vena profunda ini membentuk jaringan luas dalam kompartemen posterior betis pleksus soleal dimana darah dibantu mengalir ke atas melawan gaya gravitasi oleh otot saat olahraga.

Respon lokal yang terjadi di jaringan tersebut berupa pelepasan fibrin. Gambar Tahap Penyembuhan Ulkus. dan plasma beserta peningkatan aliran darah yang menyebabkan edema. Penyebaran proses ini ke dalam jaringan menyebabkan ulkus menjadi semakin dalam. Jaringan granulasi merupakan kumpulan vaskular (nutrisi untuk makrofag dan fibroblast) dan saluran getah bening (mencegah edema dan sebagai drainase) yang membentuk matriks granulasi yang turut menjadi lini pertahanan terhadap infeksi. dengan aroma tersendiri. Edema ternyata dapat menekan pembuluh kapiler yang menyuplai nutrisi sehingga jaringan dapat mengalami kematian. 3. Fase proliferasi Fase ini ditandai dengan adanya granulasi dan reepitelisasi. Proses Penyembuhan Ulkus Proses ini terdiri dari tiga tahap. Pada fase ini tampak epitelisasi di mana terbentuk tepi luka yang semakin landai. Proses ini berlangsung hingga mencapai jaringan yang masih bagus. kotor. Kulit memberikan tekanan internal untuk mengeluarkan akumulasi sel-sel debris dan radang tersebut. Selanjutnya. eksudat bersifat steril. Fase aktif ( ± 1 minggu) Leukosit secara aktif akan memutus kematian jaringan. Tekanan yang berlebihan akan diartikan sebagai nyeri sehingga tubuh akan berespon untuk mengistirahatkan daerah tersebut. . Jaringan granulasi terus diproduksi sampai kavitas ulkus terisi kembali. Undermined edge dianggap sebagai tanda khas ulkus yang masih aktif. maka disebut eksudat. khususnya monosit akan memutus pembentukan kolagen dan protein lainnya. Secara fisiologis. neutrofil. platelet. 2. sel dan partikel plasma berikatan membentuk necrotix coagulum yang jika mengeras dinamakan eschar. terdapat transudat yang creamy. Di samping itu juga. yaitu: 1. jaringan mengalami tekanan yang berlebihan maka akan memicu sel saraf untuk mengirimkan impuls ke otak. Kematian jaringan ini justru akan semakin meningkatkan pelepasan mediator inflamasi.terjadi kerusakan. Pada fase aktif. Kolagen dan elastin merupakan dua komponen yang memperkuat jaringan lunak. Fase maturasi atau remodelling Saat inilah jaringan ikat (skar) mulai terbentuk. Kemudian saat terikut pula debris dalam cairan tersebut.

Hal ini akan mengakibatkan jaringan mengalami gangguan suplai darah karena iskemik. jaringan yang semula sembab akan digantikan jaringan fibrotik. . sedangkan yang berasal dari luar pembuluh darah seperti bendungan di daerah proksimal tungkai bawah oleh karena tumor di abdomen. Keluhan lain adalah kaki terasa pegal. rasa terbakar. Keadaan ini akan lebih jelas terlihat ketika psien berdiri. Patogenesis Bila terjadi bendungan didaerah proksimal atau kerusakan katup vena tungkai bawah maka tekanan vena akan meningkat. obesitas. bahkan faktor ras juga ikut berperan. Biasanya terdapat riwayat thrombosis vena. gatal. Gejala Klinis Tanda yang khas dari ekstrimitas dengan insufisiensi vena menahun adalah edema. berasal dari pembuluh darah seperti thrombosis atau tromboflebitis dan kelainan katup vena. Tekanan kapiler juga akan meningkat dan sel darah merah keluar ke jaringan sehinga timbul perdarahan di kulit. yang semula terlihat sebagai bintik-bintik merah lambat laun berubah menjadi hitam. sehingga kulit teraba kaku atau mengeras. kehamilan atau pekerjaan yang dilakukan dengan banyak berdiri. dan akan berkurang bila dilakukan elevasi tungkai. Penderita sering mengeluh bengkak pada kaki yang semakin meningkat saat berdiri dan diam. Juga adanya riwayat obesitas dan gagal jantung kongestif. Etiologi Penyebab gangguan aliran darah balik pada tungkai bawah secara garis besar dapat dibagi menjadi dua yaitu. Vena superfisialis melebar dan memanjang berkelok-kelok seperti cacing (varises).lambat laun terjadi nekrosis. trauma operasi dan multiparitas. Akibat keadaan ini akan timbul edema yang dimulai dari sekitar pergelangan kaki. tidak nyeri dan berdenyut. dan herediter. Bila hal ini berlangsung lama.Ulkus Varikosum Definisi Ulkus varikosum adalah ulkus pada tungkai bawah yang disebabkan oleh gangguan aliran darah vena.

Dalam hal ini perlu dipikirkan kemungkinan ulkus tersebut telah mengalami pertumbuhan ganas. Ulkus yang telah berlangsung bertahun-tahun dapat terjadi perubahan pinggir ulkus tumbuh menimbul. Dapat juga terlihat eksudat yang banyak. Sering terjadi varises pada tungkai bawah. Di dasar ulkus terlihat jaringan granulasi atau bahan fibrosa.Ulkus biasanya memiliki tepi yang tidak teratur. Kelainan kulit ini dapat mengalami perubahan menjadi lesi eksema (dermatitis statis). dan fibrotic. tetapi cenderung timbul di sekitar maleolus medialis. karena dengan melihat gambaran klinisnya saja sudah cukup. mengkilat. Dapat juga meluas sampai tungkai atas. dan dapat menjadi luas. Ulkus Neurotropik Definisi . Gambar Ulkus Varikosum Diagnosis Pada umumnya tidak sulit untuk mendiagnosis ulkus varikosum. Perubahan keganasan pada ulkus tungkai biasanya sangat jarang. Kulit sekitarnya tampak merah kecoklatan akibat hemosiderin. dan berbenjol-benjol. ukurannya bervariasai. Kulit sekitar luka mengalami indurasi. akan tetapi dengan anamnesis dan pemeriksaan klinis yang teliti masih dapat disingkirkan. Daerah predileksi yaitu daerah antara maleolus dan betis. Kadang-kadang ulkus tropikum yang kronis dapat menyerupai ulkus varikosum.

dapat pula mengalami infeksi sekunder.Ulkus neurotrofikum adalah ulkus kronik anestetik pada kulit karena neuropati saraf sensorik di daerah tekanan dan trauma ekstremitas. . misalnya gula darah untuk diabetes mellitus. Etiologi Ulkus neurotrofik pada tungkai bawah dan kaki paling sering ditemukan pada penderita diabetes melitus yang mengalami komplikasi neuropati perifer dan juga penderita kusta. dan sebagainya. Gejala Klinis Ulkus paling sering terjadi pada kaki. mengatasi infeksi. Bentuk ulkus bulat. Upaya yang dilakukan ialah untuk mengurangi tekanan. Frekuensi terbanyak terjadi pada ekstremitas bawah. Ulkus neurotropik timbul pada stadium lanjut dari beberapa penyakit sistemik kronik. Tetapi penting untuk mengetauhui penyakit yang mendasarinya. yaitu di tumit dan kepala metatarsal. berisi jaringan nekrotik. biopsi untuk kusta. Pemeriksaan penunjang perlu dilakukan untuk menentukan penyebab. Pengobatan Penyembuhan ulkus jenis ini biasanya lambat dan sering tidak memuaskan. umumnya tunggal atau multiple. kulit disekeliling ulkus hiperkeratotik (kalus). bahkan mengenai tulang. namun penyakit atau kelainan yang mendasari harus diobati. di daerah yang paling kuat terkena tekanan. Diagnosis Diagnosis tidak sulit. terutama pada telapak kaki karena daerah ini sering mengalami tekanan dan trauma. dan bila mungkin memperbaiki sensibilitas. Edukasi pada pasien juga perlu diberikan agar melindungi dirinya dari trauma. Pengobatan topikal seperti pada ulkus lain dapat diberikan. biasanya kering (anhidrotik). didasarkan atas gambaran klinis dan anamnesis. Ulkus dapat sampai di subkutis membentuk sinus. tidak nyeri.