You are on page 1of 18

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bahan galian menurut pemanfaatanya dapat dikelompokkan atas tiga macam, yakni
bahan galian logam, bahan galian energi dan bahan galian industri. Bahan galian
industri adalah semua bahan galian diluar bahan galian logam, energi dan radioaktif
yang pada umumnya dapat digunakan dalam industri tertentu baik tanpa atau melalui
proses pengolahan yang sedehana, maupun canggih. Jika dikaitkan dengan
pengelompokkan bahan galian mmenurut Undang-undang di Indonesia, maka bahan
galian industri ini sebagian besar adalah bahan galian golongan C.

Secara geologi bahan galian industri terdapat disemua formasi, baik berasosiasi dengan
batuan beku, batuan vulkanik, batuan sedimen, endapan residu dan letakan, proses
intrusi plutonik batuan asam dan ultrabasa, maupun proses ubahan hidrothermal.

Dalam makalah ini kami akan membahas tentang Talk yaitu merupakan bahan galian
industri yang berkaitan dengan proses ubahan hidrothermal, dan merupakan suatu bahan
industri yang termasuk langkah di Indonesia, sehingga banyak orang yang hanya
mengetahui bahwa talk adalah bedak yang digunakan untuk menyerap keringat atau
untuk mengilangi gatal-gatal pada tubuh bayi. Padahal talk ini dapat dimanfaatkan
dalam industri mebel, cat, kertas, perminyakan, pembuatan atap, keramik otomotif,
karet plastik dan lain sebagainya.

1.2 Tujuan Penulisan

1.2.1 Untuk mengetahui Ghanesa dan ciri-ciri Talk.
1.2.2 Untuk mengetahui tempat terdapatnya Talk.
1.2.3 Untuk mengetahui cara penambangan dan pengolahan Talk
1.2.4 Untuk mengetahio penggunaan atau manfaat Talk.
1

3 Sistematika Penulisan Makalah Penulisan Makalah menggunakan sistematika penulisan yang terdiri dari 3 Bab sebagai berikut: BAB I : PENDAHULUAN Berisikan latar belakang. BAB 3 : PENUTUP Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran. tempat terdapatnya. dan sistematika penulisan paper. DAFTAR PUSTAKA Berisikan buku-buku literature yang dipakai sebagai penunjang penulisan Makalah. ciri-ciri. 2 . pengolahan dan penggunaan dari talk. cara penambangan. tujuan. BAB II : PEMBAHASAN Pada bab ini berisikan tentang Ghanesa.1.

dan terlihat jelas adanya pelapukan maupun bleaching dari batuan yang terkena aksi hidrothermal. pyroxene atau siliceous dolomite. (Ajie dkk.7% H2O = 4. Bentuk endapan basanya tidak teratur atau berbentuk lensa. atau dapat juga diakibatkan dari hasil metamorfosa hydrothermal yang berakhir dengan proses serpentinisasi dari batuan induk (peridotit). b) Larutan yang jenuh dengan unsur Mg dan berakhir denganpembentukan talk. Endapan talk biasanya mineral sekunder hasil alterasi dari magnesium silikat seperti serpentin. sebagian besar batuan induk untuk formasi talk merupakan batuan dolomit (kemurnian talk tinggi) dan ultramafik (kemurnian talk rendah).5 % MgO = 31.BAB II PEMBAHASAN 2. maka dapat dibedakan beberapa jenis larutan hydrothermal: a) Larutan yang mengandung silika dengan hasil akhir pembentukan pipa-pipa kuarsa murni.1 Ghanesa Talk Talk merupakan suuatu bahan galian industri yang termasuk langkah di indonesia. merupakan mineal “hydrated magnesium silicate” dengan rumus kimia H2MgO3(SiO3)4 Yang mempunyai komposisi kimia sebagai berikut: (Ajie dkk. 2000) SiO2 = 62. 2000) Berdasarkan hasil akhir yang terlihat. (Ajie dkk. 2000) Endapan talk dapat diklasifikasikan kedalam empat kategori : 3 .8% Endapan talk umumnya hampir sama di setiap daerah.

dan beberapa mineral pengikut lainnya. 2.2 Ciri-ciri atau Sifat Fisik Talk Talk mempunyai sifat halus. Tremolite talk. Talk ini dicirikan dengan adanya kandungan kalsium oksida 6-10%. penghisap minyak dan lemak. termasuk didalamnya talk halus mudah pecah. (Sukandarrumidi. sering dikataan sebagai talk keras.1. kalsit. dolomit. licin. 2. konduktivitas listrik rendah. Steatite.1. Talk ini cocok untuk bahan insulasi listrik. yang disusun oleh berbagai macam mineral seperti tremolite. kenampakannya kompak. merupakan batuan susupan. Clorite adalah mineral assesori yang paling banyak. penghantar panas tinggi. Sumber : http//www.johnbetts-fineminerals. anthophylite.2. disusun dari batuan schistosa putih dari jenis talk lempengan (platy talc). dan electric strength tinggi. b . dolomite. d .com// 2. 2004) 4 . serpentin.3 Soft platy talc. c .2 Tremolite talk. (Ajie dkk.1. 2.1 Steatite. calsit. Jenis talk ini paling penting karena banyak kegunaannya. Bijih talk campuran.4 Bijih talk campuran. adalah hasil alterasi batuan sedimen magnesium carbonat. Soft platy talc. kriptokristalin dapat dipotong.1. masif. 2000) a b c d Gambar 1 : a . masif. serpertine dan talk sangat halus.

(Ajie dkk.3 Tempat Terdapatnya Potensi endapan talk yang telah diketahui terdapat di Kebumen (Jawa Tengah).530 °C Kilap Greasly pearly Fracture Irreguler Warna Putih. c .8 Indeks refracsi 1.1. (Ajie dkk. kuning. abu-abu. kemerahan.539 . b .5 skala mohs Spsific gravity 2. a . Halmahera Tengah (Maluku). Sumber : http//www.bewerken-europeminerals.589 Titik lebur 1. abu-abu.2. kuning. 2000) a a c d b Gambar 2 : macam-macam warna talk. Putih. 2000) 5 . 2004) Ditemukan juga di sulawesi tenggara dan irian jaya yang dekat dengan danau Sentani. kemerahan (dipengaruhi oleh pengotor).6 .Kekerasan 1 . (Sukandarrumidi. d .com// 2.3.

haulage drift. 2002) Gambar 3 : shrinkage stoping mining methode Sumber : http//www.4 Penambangan Talk Dapat dilakukan secara tambang terbuka maupun tambang bawah tanah.2. Penggalian pertama dilakukan di raise dan broken ore langsung dimuat ke alat angkut dan diangkut keluar tambang. (Hartman.4. Di Amerika penambangan bawah tanah yang diterapkan adalah shrinkage stoping dan sublevel stoping.1 shrinkage stoping penambangan yang dilakukan dengan cara overhand stoping.4. 2000) Dimana: 2.2 sublevel stoping penambangan dilakukan setelah pekerjaan persiapan berupa pembuatan shaft. Pada raise bagia atas dibuat bentu corongan (cone). main level dan raise telah selesai.com// 2. jarak antara raise berkisar antara 8-10 meter.desrizal. Penggalian 6 . (Ajie dkk.

dan biasanya tergantung kepada kebutuhan.gov// 2.5 Pengolahan Pengolahan yang diterapkan pada talk hanyalah reduksi terhadap ukuran butir.bijih dimulai dari sub level terbawah menuju sub level diatasnya.dot. (Ajie dkk. berarti dengan cara overhand stoping. (Hartman.fhwa. 2002) Gambar 3 : sublevel stoping mining methode Sumber : http//www. Disamping itu ada juga yang menuntut pengolahan secara pencucian untuk menghilangkan pengotor yang ada didalam talk. 2000) 7 .

Reduksi ukuran butir (kominusi) Jika minim mieral pengotor b. bisasapai 2.Bagan alir pengolahan bahan galian industri talk. cat.5 cm. proses lanjutan pengecilan ukuran dari yangsudah berukuran 2. Menghasilkan ukuran dan bentuk partikel yang sesuai dengan kebutuhan proses berikutnya. karet plastik dan lain sebagainya. Alat ball mill dan rod mill Selesai. dalam industri mebel.6 Kegunaan atau Pemanfaatan Talk Setelah proses pengolahan yang sudah dilakukan berdasarkan bagan alir diatas talk dapat dimanfaatkan sebagai bedak penyerap keringat. Bahan galian talk Dengan tujuan: a. bisa digunakan 2.proses reduksi ukuran dari bahan galian /bijih yang langsung dari tambang dari ukuran 100 cm menjadi ukuran 20-25 cm. Membebaskan/meliberasi mineral berharga dari material pengotornya. pembuatan atap. Jika banyak mieral pengotor Proses pencucian talk Crushing (peremukan). Tetapi disini kami hanya membahas tentang empat manfaat yaitu : 8 . keramik otomotif. Dengan alat jaw crusher dan roll crusher Grinding(penggerusan dan penghalusan). kertas.5 cmmenjad ukuran yang lebih halus tergantung dari kebutuhan. perminyakan.

Defoamer. Pelapis permukaan benda ini berdasarkan atas campurannya dapat dibedakan atas a) Paint (cat minyak dan cat emulsi) b) Varnish ( merupakan larutan / dispersi koloid dari resin alam yangtidak mengandung pigmen.  Bahan pengisi (filler) Digunakan Talk. Anti fungis. Bahan baku cat emulsi adalah:  Bahan pengikat (binder) Bahan pengika yang digunakan adalah vinyl acrylate copolymer. makin banyak acrylate yang dgunakan maka makin besar daya tahannya terhadap air. yang berfungsi menghilangkan busa atau gelembung pada cat.1 Talk sebgai pengisi pembuatan cat emulsi Cat adalah campuran bahan yang mengandung pigmen digunakan untuk melapisi permukaan sehingga didapatkan warna yang menarik dan dapat melindungi permukaan tersebut dari proes korosi atau diserang oleh binatang dan juga dapat memberikan modifikasi penampilan suatu benda. colanyl red Pigmen hijau : colanyl green.  Pigmen (bahan pewarna) Pigmen putih : rutile titanium dioxide Pigmen kuning : yellow iron oksida Pigmen jingga : colanyl orange Pigmen merah : red iron oxide. chroom oxide green Pigmen biru : colanyl blue 9 .2.  Zat additive a. dalaminyak thinner dan dipakai untuk protective atau sebagai decorating coating). c) Laquer (merupakan komposisi cairan yang mengandung cellelusa ether dan plasticizer dengan atau tanpa resin sebagai pembentuk lapisan tipis / film). yang dapat mencegah tmbuhnya jamur pada cat. b.6.

78 % : 10.81%. zat aktiv permukaan (emulsifier) serta pelarut.2 Talk untuk dempul 10 . bahan pengikat.4% Ukuran butir : -325 mesh 2.5% CaO : < 1% Fe2O3 : < 1% H2O + K2O : < 0.40% : 34. Syarat talk untuk cat emulsi adalah Kadar SiO2 : > 59% MgO : > 30% Al2O3 : < 2.Pigmen hitam : black iron oxide. diaduk dengan menggunakan mixer selama 20 menit. 2) Pembuatan dan penggilingan pasta Dicampur pigmen. Proses pembuatannya 1) Pembuatan larutan Air dan zat addictive dicampur dan diaduk dengan kecepatan 500 rpm selama tiga menit.6. Campuran yang berbentuk pasta ini digiling dengan menggunakan roll mill 3) Pengenceran dan pewarnaan Sebelum dilakukan pewarnaan pada pasta maka ditambahkan bahan anti jamur. Pewarnaan dilakukan dalam tangki-tangki dengan warna yang dikehendaki dan selalu diadakan pengadukan. larutan dan bahan pengisi dengan perbandingan tertentu. colanyl black Perbandingan antara zat pewarna : binder : zat lainnya = 54. Talk disini berfungsi untuk mengurangi pemakaian pigmen dan juga untuk memperbaiki sifat perlapisan pigmen serta memperbaiki sifat kekentalan dari cat.

Dempul putty ini berguna untuk menambal maupun menutupi pori-pori atau lubang dari kayu sebelum dilakukan pengecatan atau pewarnaan. Bahan baku dempul putty terdiri dari : a) Bahan pengikat (binder) Bahan pengikat berupa cat yang sekaligus berfungsi sebagai pewarna. yag biasanya akan mengering pada temprature biasa atau kamar. Cat yang digunakan bisa disesuaikan dengan warna akhir dari kayu yang akan dicat.4% Ukuran butir : -100 mesh Kadar air maksimum : 0.5% CaO : < 1% Fe2O3 : < 1% H2O + K2O : < 0.6. pengadukan dapat dilakukan didalam mixer atau pengaduk lainnya.  Syarat talk sebagai bahan baku adalah sebagai berikut: Kadar SiO2 : > 50% MgO : > 30% Al2O3 : < 2.1 % Warna : putih pH : netral 2. proses pembuatannya adalah sebagai berikut:  Talk dan cat dicampur dengan perbandingan 1 : 1. b) Bahan pengisi (filler) Sebagai bahan pengisi berupa talk dan kaolin dengan perbandingan 1 : 1.3 Talk untuk keperluan farmasi dan kosmetika Talk dapat digunakan untuk keperluan farmasi dan kosmetika dengan persyaratan sebagai berikut: 11 .Dempul putty merupakan bahan berbentuk pasta yang dugunakan untuk melapisi permukaan produk mebel dari kayu.

Bahan pembuat tablet  Zat pengisi (filter). digunakan untuk menambah berat tablet.dsb  Zat pelicin. 1) Tablet  Di dalam farmasi dikenal beberapa macam tablet. talcum venetum .010 gram  Residu dalam treathment HCL : 0. misalnya talk. bedak kesehatan dan lainnya.005 gram  Hilang pijar : 5% Talk harus steril dari hama(dipanaskan selama 1 jam pada suhu 160C) Talk dalam industri farmasi Dalam industri farmasi talk digunakan sebagai tablet. Mg stearat  Zat pewarna 12 . granule.5%  Acid soluble substance : 0.  Tablet sablingual adalah tablet yang digunakan dengan cara menyisipkan di bawah lidah. gelatin . antara lain:  Tablet salut gula adalah tablet yang disalut dengan lapisan yang terdiri dari campuran gula dengan bahan lain yangt cocok dengan atau tanpa zatwarna  Tablet salut selaput adalah tablet yang disalut dengan selaput yang terbuat dari bahan sintetis / alam  Tablet salut enterik adalah tablet yang disalut sedemikian rupa hingga tak hancur di lambung . tetapi hancur di usus halus. Ukuran butir :300-350mesh  Dimensi talk :43-54gram dalam 100cc Alkali sebagai kalsium karbonat tidak boleh lebih dari 5. misalnya gom arab.  Tablet bukal adalah tablet yang digunakandengan cara menyisipkan disekitar selaput lendir pipi. amylum. bubuk atau serbuk tabur. digunakan supaya butirannya dapat saling melekat . supaya butiran tablet mudah /lancar ditelan. misalnya gula dan laktosa  Zat pengikat (binder).

Pembuatan tablet a) Formulasi : pada tahap ini dilakukan penentuan dosis dari komponen obat yang dimaksud dengan cara yang akurat dan dalam keadaan yang stabil. c) Milling : dimaksudkan penggilingan untuk mendapatkan ukuranyang halus dan seragam (seiving) d) lubrication : dengan maksud agar tablet mudah mudah dicerna serta mengurangi tersendatnya tablet ditenggorokan. Serbuk tabur Adalah serbuk putih yang sangat halus digunakan untuk kesehatan. misalnya laktosa. tercampurnya tablet dengan zat – zat yang tidak dikehendaki dengan menggunakan bahan tertentu alat yang digunakan adalah coating fan Jadi talk dalam tablet berfungsi sebagai coating dan lubrication 2. misalnya corrigena odoris Zat penyerat untuk mengeringkan obat yang terbentuk cairan. lebih tahan terhadap pengrusakan oleh udara lembab . Flovor (pemberi aroma). sehingga didapatkan cmpuran yang benar – benar rata. amylum. e) Drying : dimaksudkan untuk menghilangkan air. Pembuatannya yaitu dengan mencampurkan 3 bagian salisilate dengan 10 bagian pati beras dan 87 bagian talk 13 . yang berfungsi untuk membuat / membentuk hasil milling menjadi butiran sesuai dengan yang dikehendaki g) Compression : bertujuan membentuk ikatan partikel dalam tablet agar lebih lekat dan menambah daya adhesi dengan menggunakan alat tablet Compresssion machine h) coating : dengan tujuan agar tablet memiliki rasa enak. sebab air dapat menyebabkan kualitas tablet tidak baik(retak retak) f) granulation : alat yang digunakan adalah adalah vertical granulation. dengan menggunakan Ribbon Blander. b) Mixing : pada tahap ini dilakukan pencampuran dari berbagai komponen dengan takaran tertentu.

dan kalau diraba seperti mengandung lemak yang terdiri dari magnesium silikat (talk) pembuatannya adalah talk disaring untuk dihilangjkan kotorannya dan bagian yang kasar. juga warna putih hilang jika digosokkan pada kulit - Memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau 14 . 0. tremolit. Talk disini berfungsi sebagai bahan dasarnya. kalau 500 mg talk talcum dengan sebuah campuran dari asam garam encer dan 5 cm³ air dikocok. talcum venetum Adalah serbuk putih halus.1% maksimum - Acid solube. Peranan talk dalam industry kosmetika Talk banyak digunakan sebagai bedak kosmetika dan talk body powder dengan persyaratan sebagai berikut: - Hanya mengandung sedikit dolomit. - Netral pada kertas lakmus - water soluble substance. mempunyai wangi yang awet bila dicampur - 100% lolos ayakan 100 mesh dan minimum 98% lolos 200 mesh ukuran paling halus yang diminati pembeli. - Sedikit klorit mungkin dapat diterima - Tidak berubah warnanya setelah dipanaskan - Tidak berbau.3. 2. 5% - Kandungan arsenite maksimum 3 ppm dan timbal maupun timah maksimal 20 ppm - Berat yang mengandung bakteri kurang dari 10 per gram - Licin dan tidak kasar bila dipakai manusia.0 % maksimum - Hilang pada pembakaran. kuarsa dan beberapa mineral keras lainnya. Granula Peranan talk dalam granula ini adalah jika granula digulung dalam talk atau ditutupi dengan perak permata 4.

Setelah kering di oven pada suhu 1000C selama tiga hari. Demikian ini diangin-anginkan setelah kering baru di oven dengan temperature 700-900°C. Keduannya dibedakan atas: - Gerabah lebih mudah pecah bila dibandingkan dengan porselin - Permukaan gerabah tidak diberi motif gambar . Setelah jadi didinginkan selama satu hari baru dilakukan pengglasiran. tetapi porselin sebaliknya - Porselin lebih tahan panas dibandingkan dengan gerabah - Pada gerabah talk hanya digunakan sebagai glasir.Proses pembuatannya: - Formulasi : penentuan dosis - Milling : dilakukan penghalusan dan pengayakan - Drying : dilakukan pengeringan untuk menghilangkan air - Pemberian warna serta farfum. kemudian dibentuk sesuai dengan keinginan. acidium salicylicum 2. tetapi pada porselin talk dicampur dengan baha dasarnya.4 Talk untuk keramik Keramik pada dasarnya dibagi dengan dua macam yaitu keramik kasar(gerabah) dan keramik halus yang sering disebut porselin. talk dapat digunakan untuk refracktory. bila kadar talk 90%bisa digunakan sebagai bahan isolator tegangan tinggi. kemudian diberi motif dan dipanaskan lagi selama tiga hari.6. 15 . misalnya irgasan Dp 300. Pada pembuatan porselin. lempung dan talk juga disaring terlebih dahulu. Syarat talk untuk keramik Kadar talk : 60-70% Mengandung AL2A3 dan sedikit FeO maupun Fe2O3 Jika kadar AL2A3 tinggi. keduannya dicampur dengan perbandingan 1:3. kemudian dibentuk sesuai dengan keinginan dan selanjutnya dikeringkan. Cara pembuatan Pada gerabah lempung dan talk yang akan digunakan disaring terlebih dahulu untuk mengurangi pasir dan pengotor.

Gambar 4 : talk sebagai pengisi pembuatan cat emulsi Gambar 5 : talk untuk keramik Gambar 6 : talk untuk dempul 16 .

Gambar 7 : talk untuk kosmetik Gambar 8 : diagram contoh penggunaan talk di USA 17 .

18 .6-2. serta pengolahan Talk adalah bisa dilakukan dengan pencucian ataupun tidak tergantung kebutuhan dan reduksi ukuran berdasarkan kebutuhan. di Amerika penambangan bawah tanah yang dilakukan adalah shrinkage stoping dan sublevel stoping. pengisi pembuatan cat emulsi. Halmahera Tengah (Maluku). dan untuk keperluan farmasi serta kosmetik. 3.5391. spesific gravity 2.5 skala mohs. sulawesi tenggara dan irian jaya yang dekat dengan danau Sentani. fracture irreguler.8.589. Dan ciri-ciri Talk adalah mempunyai kekerasan 1-3.  penggunaan atau manfaat Talk adalah sebagai dempul.1 Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat ditarik empat buah kesimpulan yaitu:  Talk merupakan mineal “hydrated magnesium silicate” dengan rumus kimia H2MgO3(SiO3)4 yang merupakan bahan galian industri yang berkaitan dengan proses ubahan hidrothermal. kilap greasly pearly.  Talk dapat ditambang dengan cara open pit ataupun undergroung mining. untuk keramik.2 Saran Dalam penggunaan talk harus diperhatikan takaran yang sesuai standar agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.  Talk dapat ditemukan didaerah di Kebumen (Jawa Tengah). serta pada proses pengolahan harus dperhatikan agar talk yang didaptkan dapat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.BAB III PENUTUP 3. indeks refraksi 1. titik lebur 1530 °C. serta warnanya putih sampai kemerahan.