You are on page 1of 16

IDEOLOGI

MUHAMMADIYAH
OLEH:
PUJI HANDOKO

atau pengetahuan.konsep.atau tentang gagasan.Pegertian Ideologi   IDEOLOGI dibentuk oleh kata “ideo” yang artinya pemikiran.keyakinan. .khayalan.dan “logoi” yang artinya logika.ilmu . Secara harfiah ideologi berarti pengetahuan tentang ide.atau keyakinan.

Sastra prateja mendefinisikannya sebagai : “seperangkat gagasan atau pikiran yang berorientasi pada tindakan yang di organisir menjadi sistem yang   .1. Destutt de tracy ( prancis) mengartikan ideologi sebagai “sciense of ideas” dimana didalamnya ideologi dijabarkan sebagai” sejumlah program yang diharapkan membawa perubahan institusional dalam suatu masyarakat” 2.

. Cara atau ajaran yang digunakan untuk merealisasikan tujuan hidup yang dicita citakan.Dalam setiap ideologi tiga aspek:    1. (Cita cita hidup) 3.(keyakinan hidup) 2. Keyakinan ini dijadikan asas atau landasan untuk merumuskan tujuan hidup yang di cita citakannya. Adanya suatu realitas yang diyakini dalam hidupnya.

. Liberalisme:Ideologi yang menekankan pada peran individu dan pembentukan masyarakat yang memberi jaminan kebebasan kepada individu dalam mengejar kepentingannya masing masing.Contoh contoh ideologi o 1.

o o 2. 3. Nasionalisme : ideologi yang menekankan pada pemahaman untuk mencintai bangsa dan negara sendiri . Sosialisme:Ideologi yang menekankan pada pemahaman bahwa manusia merupakan makhluk sosial sehingga identitas individu ditentukan oleh interaksi sosial dan keterlibatannya dalam organisasi sosial.

Feminisme : Paham yang memandang bahwa: perempuan selalu dieksploitasi oleh laki laki o Adanya ketidak adilan dalam pembagian kerja secara seksual. o .o 4.

Ideologi Muhammadiyah     Ideologi Muhammadiyah merupakan prinsip pedoman perjuangan dakwah yang terumuskan dalam: 1.Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah.Matan Keyakinan dan Cita cita Hidup Muhammadiyah 3. . 2.

beribadah serta patuh hanya kepada Allah  Hidup manusia bermasyarakat  Hanya ajaran islam satu satunya ajaran hidup yang dapat dijadikan sendi pembentuk pribadi utama dan mengatur ketertiban hidup bersama menuju hidup bahagia sejahtera yang hakiki dunia dan akhirat  .bertuhan.Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah Hidup manusia harus berdasarkan tauhid yaitu mengesakan Allah.

Berjuang menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam untuk mewujudkan masyarakat utama.ebagai ibadah kepada Allah.adil dan makmur yang diridloi Allah SWT adalah wajib.dan berbuat ishlah dan ikhsan kepada sesama manusia  Perjuangan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam hanyalah akan berhasil bila dengan mengikuti jejak(ittiba)perjuangan para Nabi.terutama perjuangan Nabi muhammad SAW  .

Perjuangan mewujudkan pokok pokok pikiran seperti diatas hanya bisa dilaksanakan sebaik baiknya dan akan berhasil bila dengan cara berorganisasi  Seluruh perjuangan diarahkan kepada tercapainya tujuan Muhammadiyah yaitu terwujudnya masyarakat utama.adil dan makmur yang diridloi Allah SWT  .

melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah dimuka bumi .Matan Keyakinan dan Cita cita Hidup Muhammadiyah  Muhammadiyah adalah gerakan islam yang bercita cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar benarnya.

  Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah agama yang diwahyukan kepada para Nabi sebagai petunjuk dan rahmat Allah kepada manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan hidup didunia dan akhirat Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan Alqura”an dan As-sunnah .

Ibadah.  Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ajaran Islam dibidang Aqidah.Akhlaq dan Muamalah duniawiah Muhammadiyah mengajak seluruh bangsa indonesia untuk menjadikan negeri ini adil dan makmur serta diridloi Allah SWT .

.Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah  Adalah: seperangkat nilai dan norma islami yang bersumber pada al-Qur’an dan sunnah nabi yang menjadi pola bagi tingkah laku warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan sehari hari sehingga tercermin kepribadian islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar benarnya.

Menyangkut aspek aspek re islami dalam lingkup       Pribadi Keluarga Bermasyarakat Berorganisasi Mengelola amal usaha Pengembangan profesi     Berbangsa dan bernegara Melestarikan lingkungan Pengembangan iptek Seni dan budaya .