You are on page 1of 12

GEOLISTRIK

KELOMPOK STUDI GEOFISIKA
HIMPUNAN MAHASISWA FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2013

.Geolistrik adalah salah satu metode geofisika untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara mengalirkan arus listrik DC (Dirrect Current) yang mempunyai tegangan tinggi ke dalam tanah.

Cakupan Metode Geolistrik Metode Geolistrik terbagi atas beberapa bagian yaitu: Metode Potensial Diri (Self potential)  Induksi Polarisasi (IP)  Resistivitas Tahan Jenis  .

 Metode Potensial Diri (Self Potential) Metode potensial merupakan salah satu metode geolistrik yang bertujuan untuk menganalisis struktur lapisan bumi berdasarkan sifat kelistrikan bataun namun dengan tidak memberi medan listrik eksternal .

 Induksi Polarisasi (IP) Metode induksi polarisasi merupakan salah satu metode geolistrik yang bertujuan melakukan pengukuran parameter listrik batuan (resistivitas) berdasar potensial polarisasi yang terukur antara dua elektroda dalam kondisi tanpa polarisasi volume .

Metode resistivitas mapping (profiling) . metode geolistrik tahanan dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu : . Resistivitas Tahan Jenis  Metoda Resistivitas adalah salah satu metode geolistrik yang mempelajari sifat resistivitas/konduktifitas listrik lapisan batuan di dalam bumi.  Berdasarkan pada tujuan penyelidikannya.Metode resistivitas sounding .

Metode resistivitas sounding Metode Sounding adalah metode resistivitas yang bertujuan untuk mengetahui variasi resistivitas lapisan bawah permukaan secara vertikal .

Metode resistivitas mapping (profiling) Metode Mapping adalah metode resistivitas yang bertujuan untuk mengetahui variasi resistivitas lapisan bawah permukaan secara horizontal .

Konfigurasi Elektroda Konfigurasi elektroda atas : Konfigurasi Wenner Konfigurasi Schlumberger Konfigurasi Dipole-dipole terbagi .

 Kelemahan : tidak bisa mendeteksi homogenitas batuan di dekat permukaan yang bisa berpengaruh terhadap hasil perhitungan .Konfigurasi Wenner  Keunggulan : ketelitian pembacaan tegangan pada elektroda MN lebih baik dengan angka yang relatif besar karena elektroda MN yang relatif dekat dengan elektroda AB.

Konfigurasi Schlumberger  Keunggulan : kemampuan untuk mendeteksi adanya non-homogenitas lapisan batuan pada permukaan  Kelemahan : pembacaan tegangan pada elektroda MN adalah lebih kecil terutama ketika jarak AB yang relatif jauh .

Konfigurasi Dipole-Dipole M � N A Keunggulan � B : dapat digunakan untuk penetrasi yang lebih dalam dan waktu untuk perubahan bentangan elektroda yang relatif lebih pendek Kelemahan : pengukuran medan listrik menjadi sulit pada jarak pengukuran yang cukup jauh .