Bingkisan “Parenting Gaya Al-Fateh”

Feb23
Bismillah..
Dalam post sebelum ini saya ada kata nak kongsikan sedikit ilmu yang saya dapat dari
seminar mendidik anak gaya Al-fateh,maka post saya kali ini ialah untuk menunaikan janji
tersebut..:)
Tapi sebelum ke topic tu saya nak kongsikan perkara lain dulu..^_^
Inspirasi
Sebelum pulang ke Malaysia saya sempat menziarahi rumah akhawat IM yang saya kenali
bernama Ummu Yumna di Heliopolis (Masr Al-jadid) , seorang full timer IM,isteri seorang
engineer Khaled Ad-demery, ibu kepada 4orang cahayamata bernama Yumna, Hamzah,Abu
Bakr dan Sarah. Dalam ziarah tersebut saya memohon nasihat sebelum keberangkatan saya
pulang ke tanah air.Banyak juga yang saya tanyakan, dan antaranya ialah : Ummu Yumna
saya kagum sangat melihat cara kamu mendidik anak2 kamu, sangat lembut dan anak2 kamu
juga baik2 semuanya.Bagaimana cara kamu mendidik anak2 kamu ya?.. Selepas tu Ummu
Yumna pun menjawab; “ Ketika saya hampir berkahwin saya banyak membaca buku-buku
berkaitan perkahwinan dan ketika saya mengandungkan Yumna(anak pertamanya) saya
banyak membaca buku dan menghadiri daurah(kursus) berkaitan parenting/tarbiyah anakanak, dan kamu jangan putus asa, bila kamu baca buku & dengar daurah, bukan kamu akan
dapat semua, kerana ia perlu kepada latihan dan praktis, dari situ kamu akan bertambah ilmu
sikit demi sedikit.” Saya terkesima dan kagum dengan jawapannya.
Memang saya mengakui Ummu Yumna punya gaya tersendiri dalam mendidik anak-anak,
pada hujung minggu dia akn memanggil seorang guru untuk datang ke rumah untuk tasmik
hafazan anak-anaknya.Mereka saya lihat aktif, pandai bersosial, tertib,dan kelihatan punya
keyakinan diri(self esteem) yang baik. Jika cuti sekolah anak2nya akan dihantar ke kem-kem
yang bermanfaat,ada sekali beliau bercerita dlm salah satu kem tersebut anak bongsunya
belajar memasak, tolong orang-orang susah dsb. Bayangkan anak2 lelaki yang berumur
sekolah rendah dah lebih 5 kali mendaki gunung Sinai sbb mereka suka mendaki gunung
katanya, dan seingat saya antara sebab beliau pindah ke Heliopolis(sblm ni duduk di area
madinat nasr) adalah sbb dekat dengan kelab Heliopolis. Di kelab tersebut, anak-anaknya
akan bersukan & beraktiviti selepas sekolah dan anaknya boleh berjalan kaki sendiri ke
tempat tersebut. Apa yang boleh saya katakan dia mendidik anak dari segenap segi: rohani,
akademik, jasmani dan sosial..Saya rasa di sinilah antara titik tolak bagaimana tercetus idea
untuk menambah ilmu sedikit sebanyak tentang parenting. Tapi saya rasa inipun antara minat
saya, saya pun pelik dengan diri sendiri, dalam banyak-banyak benda kenapa saya suka dgn
perkara-perkara berkaitan kanak2, keibubapaan.Tak tahu berapa lama minat ni akan bertahan
tapi selagi mana ada saya akan cuba memanfaatkan minat tersebut..:)

Saya & ummu Yumna di konsert Palestin anjuran ISMA-Mesir di Kaherah November tahun
lalu.
Selepas saya sampai Malaysia saya pun google tentang kursus parenting, dan kemudian saya
terjumpa dengan kursus parenting gaya Al-fateh dan mendaftarkan dan di sinilah permulaan
langkah saya untuk melahirkan seorang Muhammad Al-fateh..Besar cita-cita tu.Hehe..;)
Panjang pulak intro, saja nak berkongsi perkara yang menjadi inspirasi saya dan saya rasa ada
mesej penting yang disampaikan oleh Ummu Yumna tersebut sebab saya pernah terdengar
kata-kata yang menyebut “ tanpa ilmu kita tidak dapat membesarkan anak-anak”. Ramai di
kalangan kita merasakan skill keibubapaan ini akan datang by nature setelah kita menjadi ibu
bapa tapi itu sebenarnya tidak tepat.Stephen R.Covey ada menyebut dalam bukunya “Men
from Mars, Women From Venus & Children from Heaven” cara mendidik anak zaman dulu
dan sekarang berbeza, dan ia memerlukan kita belajar dan mempunyai ilmu tentangnya, jika
tidak kita akan mengulangi cara kita atau ibu bapa kita dididik kerana itu sahaja yang kita
tahu dan pernah lalui. Albert Einstein pernah berkata: “Insanity is doing the same thing, over
and over again, but expecting different results”. Mana mungkin mengimpikan anak menjadi
seorang yang hebat tapi menggunakan cara yang sama sahaja. Bukan maksudnya cara lama tu
outdated dan tak boleh pakai langsung tetapi kita kena mempelbagai & meng’explore’ caracara baru..:) Saya pun takdela pandai sangat, takde anak pun lagi..hehe..tapi macam tu lah
lebih kurang..
Back to the discussion!
Dalam seminar tersebut Ust Muhammad Syaari membentang hasil kajiannya tentang
Muhammad Al-Fateh..
Anak merupakan aset penting dan kita tidak boleh mengharapkan seorang anak untuk
menjadi seorang yang hebat secara spontan, tetapi ia memerlukan perancangan sejak dari
dalam perut lagi..Ada pelbagai tips yang dikongsikan oleh ust, tapi saya tak mampu nak
ceritakan semuanya kerana terlampau panjang dan sejarah keperibadian Muhammad Alfateh
adalah sangat HEBAT!!!
5 persoalan yang ditanyakan oleh ust kepada audien yang merupakan teras kejayaan Al-fateh:
Wawasan

Sejauh mana serius mendidik anak2 sejak
dari rumah? Kerana umur 0-6 tahun merupakan waktu paling kritikal dalam proses
pembelajaran anak2 terutamanya 2 tahun pertama. Sejauh mana kita mengajar mereka
mewarna, bercakap, melukis, membaca. Tapi apa yang paling penting yang menarik hati saya
ialah bagaimana ibu Muhammad AlFateh bernama Humahaton menanamkan wawasan
kepada anaknya sejak dari kecil. Inilah yang dikatakan “creating a mental image” dalam diri
anak2. Saya juga pernah terbaca dalam buku “Bring Out The Genius In Your Child” di
bawah tajuk: ‘How Children’s learn’ menyatakan beberapa cara kanak-kanak belajar dan
salah satunya ‘the creation of mental images’ di mana apabila kanak-kanak menggunakan
pancaindera seperti melihat,mendengar, menyentuh mereka akan merekodkannya dan ia
menjadi satu gambaran dalam minda. Baru saya faham kenapa salah satu kaedah untuk
mengajar kanak-kanak ialah dengan menggunakan ‘falshcard’.
Jadi apa sebenarnya yang telah dilakukan oleh Huma Haton ini?? Alkisahnya, ketika Al-fateh
masih lagi bayi, setiap pagi ibunya akan membawa beliau ke tebing laut menghadap ke
arah Kota Konstantinopel dan akan membacakan hadis Nabi SAW:
‫جلشتتفتحنن الجقطسطنلطنيشيف ة جفجللنمعجم ا ج‬
‫للمشيشر أجلمشيشراها و جللنمعجم الججشيشش ذلجك الججشيشش‬
“Konstantinopel (kini Istanbul) akan jatuh ke tangan tentera Islam. Rajanya adalah
sebaik-baik raja dan tenteranya adalah sebaik-baik tentera … ” (Hadis riwayat Imam
Ahmad)
Kemudian Huma haton berkata kepada Muhammad Al-Fateh: Kamulah wahai
Muhammad yang akan membuka kota ini sepertimana yang disabdakan oleh Nabi
SAW.Perkara yang sama ini dilakukan dan diulang setiap pagi oleh ibunya. Huma
Haton juga memainkan peranan mendekatkan Al-Fateh dengan buku-buku dan tokohtokoh pahlawan. Dengan inilah ibunya telah berjaya mental image yang baik kepada
anaknya, yang tanpa disangka, beliau benar-benar menjadi Raja yang membuka Kota
kebal tersebut..
Murobbi
Kemudian kita ke persoalan yang ke-2: Sejauh mana anak2 kita ada seorang syeikh/murabbi
yang akan mendidik sikap, attitude dan syakhsiahnya?? Dalam sejarah Alfateh murabbinya
memainkan peranan penting dalam kejayaan beliau.Hakikatnya, Alfateh bukanlah pilihan
pertama Sultan Murad (ayahnya)sebagai pewaris.Pilihan sultan Murad adalah 2 abangnya
bernama Ahmad dan Alaudin,tetapi Allah mentaqdirkan mereka berdua meninggal dunia,
maka sultan Murad tiada pilihan dan dia perlu mendidik anaknya yang paling nakal supaya

Sultan Murad sangat mementingkan pendidikan ketenteraan Al-Fateh. sistem pendidikn pada ketika itu dimulakan dengan Quran & spiritual sciences yang lain seperti hadis. Baginda mengajar Fateh menunggang kuda. Pemuda yang bernama Muhammad Alfateh ini merupakan seorang pemidato & penyair yang hebat dan beliau telah menulis 66 sajak. Fateh dilahirkan dalam suasana ilmu dan beliau dibesarkan dengan aspirasi jihad & perjuangan yang diwarisi dari ayah & datuknya dan . Sultan juga selalu mangajak Fateh untuk ikut serta baginda dalam setiap peperangan baginda dan telah menurunkan kesemua ilmu peperangan kepada beliau. Selain itu bawalah anak-anak dalam aktiviti-aktiviti kita supaya mereka dapat belajar dan melihat sendiri contoh dari kita. Satu hakikat yang perlu diketahui ialah kanak-kanak belajar dengan bermain. sains dan macam-macam ilmu yang lain. Latihlah anak kita untuk berpidato dan jinakkan anak-anak dengan sastera kerana sastera melatih kanak-kanak untuk mengungkapkan emosi dengan bahasa yang baik. Diceritakan ada 30-40 guru dipanggil untuk mengajar Fateh tapi semua gagal. Suasana Persoalan yang terakhir ialah suasana/ biah. Selain itu ust juga berkata benarkan anak-anak untuk buat kesalahan dan belajar dari kesalahan sendiri. Maka dedahkan kanak-kanak dengan aktiviti2 luar seperti perkhemahan. Outdoor Activities Persoalan keempat pula ialah: Sejauh mana anak-anak melibatkan diri dalam outdoor activity & ilmu pertahanan diri. Dari situlah bermula pendidikan Al-fateh pembuka Kota Konstantinopel. Abbasiyah dan Uthmaniyah. Seimbang Persoalan ketiga yang ditanya oleh ust ialah: Sejauh mana anak2 dididik dengan kurikulum yang seimbang? Jika kita kembali kepada sejarah zaman dahulu iaitu Umayyah. seni pertahanan diri. kepimpinan organisasi dll. syariah dan akhlak kemudian barulah mereka diajar intellectual sciences seperti matematik. Jika tiada murabbi maka ibubapalah yang seharusnya menjadi syeikh kepada anak-anak tersebut.layak untuk mewarisi takhtanya. maka Sultan Murad mencari lagi sehingga bertemu syeikh yang hebat bernama Mullah Gurani dan baginda memberikan beliau rotan utk digunakan jika perlu. seorang yang nakal dan degil tetapi keras kemahuannya. Di sini menunjukkan betapa penting wujudnya seorang murabbi dalam mendidik anak-anak. memanah & berpedang. Selain itu kurikulum yang ditekankan perlulah seimbang antara otak kiri dan otak kanan.

Amin..:) Oleh: Ustadz Budi Ashari KEMBALI.beliau sentiasa melihat ayahnya sibuk di medan jihad... saya harap post ini memberikan manfaat kepada pembaca dan saya berdoa agar Allah menjadikan amal ini sebagai pemberat mizan hasanat saya di akhirat kelak.Maka peranan kita ialah membina atau menyediakan suasana yang baik untuk anak-anak. Kesimpulan Itulah sedikit sebanyak yang saya dapat dari seminar tersebut dan saya nak nukilkan dengan kata2 ust Syaari: Didiklah anakmu.. Dan tidak lupa juga berdakwahlah dalam masyarakat supaya akhirnya kita dapat membina biah yang sempurna secara keseluruhannya. Sebagaimana yang telah diamanahkan oleh sang ayah Murad II yang mengerti pendidikan. . Muhammad Al Fatih tidak hanya sekali ditegasi dengan pukulan. Dengan mempunyai WAWASAN maka kamulah Huma Haton ketika itu Dengan menunjukkan TELADAN maka kamulah Sultan Murad ketika itu Dengan ilmu SIKAP & HORMAT maka kamulah Mullah Gurani ketika itu Dengan ilmu SAINS maka kamulah Zaganosh Basya ketika itu Dengan ilmu SPIRITUAL maka kamulah Syeikh Aq Syamsuddin ketika itu.. Ahmad bin Ismail Al Kurani.Pilih sekolah yang baik. sang guru tak segan-segan untuk melakukan ketegasan itu. kita belajar dari Muhammad Al Fatih. Anak kecil yang disiapkan dengan cara yang tidak biasa agar menjadi generasi yang tidak biasa. *Dalam seminar tersebut saya berjumpa dengan beberapa akhawat Shah Alam. Muhammad Al Fatih merasakan sabetan untuk pelajaran pertamanya. termasuk ex-mesir kak Fizah Nasir(Ummu Khaled) yang membawa anak ke-2nya yang bernama Muhammad Al-Fateh. join NAZIM supaya bersahabat dengan sahabat yang baik dsb. Di tangan guru pertamanya. Akhir kata..

atas dasar apa guru melakukannya?” Bertahun-tahun lamanya pertanyaan itu mengendap dalam diri sang murid. Karena tak ada yang mau dipukul. Karena mereka tak pernah bisa tidur dan tak pernah lupa pahitnya kedzaliman. Maka ini pelajaran untukmu di hari ketika kamu menjadi pemimpin seperti sekarang. Jawaban yang menunjukkan metode dahsyat. Aq Syamsuddin. “Aku sudah lama menunggu datangnya hari ini. Mungkin. Semua analisa ketakutan tentang jiwa yang terluka tak terbukti pada hasil pendidikan Muhammad Al Fatih. Tapi pendidikan Islam tak pernah khawatir dengan itu. Bukti bahwa ini menjadi ‘kenangan’ yang terus berkecamuk di kepalanya adalah ketika Muhammad Al Fatih telah resmi menjadi sultan. Atau jangan-jangan sekadar membahasnya pun diharamkan oleh pendidikan hari ini. padahal aku tidak bersalah waktu itu. yang mungkin langka dilakukan oleh metode pendidikan hari ini. dia bertanya kepada gurunya: “Guru. Jawaban yang menunjukkan memang ini guru yang tidak biasa. Dia ‘menuntut’ gurunya untuk menjelaskan semua yang telah bertahun-tahun mengganggu kenyamanan hidupnya. Apalagi dia tidak merasa bersalah. Inilah jawaban Aq Syamsuddin. karena jiwanya belum tunduk untuk kebaikan. Kali ini pukulan datang dari gurunya yang mendampinginya hingga ia kelak menjadi sultan.” Ajaib! Konsep pendidikan yang ajaib. Tentu ini jauh lebih baik dan diharapkan oleh setiap keluarga. bahwa pukulan kedzaliman itu membuatmu tak bisa melupakannya begitu saja. Di mana kamu bertanya tentang pukulan itu. daripada dia harus tarik urat setiap hari dan menampilkan ketegasan setiap saat. Ia terus mengganggumu. Pantas mampu melahirkan murid yang tidak biasa.Sekali ketegasan untuk kemudian berjalan tanpa ketegasan. Pukulan kedua ini yang lebih dikenang pahit oleh Muhammad Al Fatih. Karena yang disimpannya bukan kenangan indah. Tapi ada pukulan berikutnya dari guru berikutnya. Muhammad Al Fatih kecil kecewa saat dipukul. Sekarang kamu tahu nak. Kini sang murid telah menjadi orang besar. . Tentu tak mudah baginya menyimpan semua itu. Masih ingatkah suatu hari guru menyabetku. Tetapi kenangan pahit yang mengecewakan. karena Islam mengerti betul cara membongkar sekaligus menata ulang. Jawaban gurunya amat mengejutkan. aku mau bertanya. Sekarang aku mau bertanya. Jangan pernah sekalipun mendzalimi masyarakatmu. Sangat mungkin hatinya terluka.

” [] Muhammad Al-Fatih dan Pendidikan Karakter Rabu. Kalau harus ada yang diluruskan maka ketegasan adalah salah satu metode mahal yang dimiliki Islam. muka masam. tapi suatu hari nanti kau akan mengenang ayah dan bunda dalam syukur atas ketegasan hari ini. kita akan berkata semisal Aq Syamsuddin berkata. pukulan pendidikan semuanya adalah tanaman yang buahnya adalah kebesaran mereka.T. Maka. 2013 LPPI Makassar No comments Pendidikan karakter adalah sebuah program sekolah untuk membentuk anakanak muda secara sistematis dengan nilai-nilai yang diyakini dapat merubah prilaku mereka. saat anak-anak kita telah mencapai kebesarannya. Bahwa toh kita tidak melakukan ketegasan seperti yang dilakukan oleh Aq Syamsuddin. kritis. Mei 01. “Kini kau telah menjadi orang besar. jeweran. sampaikan kepada semua anak-anak kita.” Hari ini. nak. Teruslah didik mereka dengan cara pendidikan Islami. Masih ingatkah kau akan cubitan dan pukulan ayah dan bunda sore itu? Inilah hari ketika kau memetik hasilnya. sehat. Charakter Education: Controversy and Consensus. Semoga suatu hari nanti. “Hari ini mungkin kau kecewa. Anda pun bisa sudah bisa berkata kepada mereka. . Muhammad penakluk Konstantinopel. hukuman. dan sikap-sikap sosial seperti kewarganegaraan yang dapat diterima masyarakat. (Lockwoot A. cubitan. Semua ketegasan kita hari ini. Atau dapat pula diartikan sebagai penanaman sifat sopan. 1988). saat masih dalam proses pendidikan.Hasilnya pun ajaib.

pasukan Arab berhasil memukul habis kekuatan Byzantium. berupa kecenderungan jiwa untuk bersikap dan bertindak secara otomatis. bawaan lahir sebagai karunia Allah the gift sebagaimana akhlak para nabi dan rasul. Sungguh aneh jika ada aliran yang menamai diri mereka sebagai pencinta keluarga Nabi ‘Ahlul bait’ lalu melancarkan fitnah yang keji dan biadab terhadap Umar bin Khattab dan menuduhnya sebagai sahabat yang murtad. dan sangat sejalan dengan falsafah orang Bugis. Menjelang tahun 641.Dalam Islam. salah satunya adalah karakter Umar bin Khattab. pasukan Arab telah menguasai seluruh Palestina dan Suriah. Karakter Religius . pasukan Arab menyerbu Mesir yang juga saat itu di bawah kekuasaan Byzantium. Selain sifat terpuji. sehingga ketika baranjak dewasa mereka mampu mempertahankan dan membela kebenaran. Rasulullah membangun karakternya. 1978” pada urutan ke-51 sebagai manusia paling berpengaruh dalam sejarah dunia. khususnya dalam pertempuran Yarmuk (636). Pertama. Aliran inilah yang disebut Syiah-Rafidhah. serta menganggap Rasulullah telah gagal mengajar dan membina para sahabatnya. sebagai hasil usaha pendidikan dan penempahan exercise terhadap jiwa soul. Sebagaimana yang telah Rasulullah ajarkan kepada para sahabatnya. orang bugis menamainya ampe-ampe atau tingkah laku. karakter identik dengan adab yang biasa disebut akhlak. Damaskus jatuh pada tahun itu juga. namun ketika menjadi muslim. Harts dalam “The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History. yang sebelum masuk Islam merupakan pribadi yang beringas dan tak terkendali. beliau membangun karakter yang tangguh sehingga dapat melahirkan pribadi yang mumpuni. dan terus menerjang maju ke daerah yang kini bernama Turki. pendidikan karekter pada hakikatnya menanamkan jati diri yang tangguh kepada peserta didik. Semasa menjabat sebagai khalifah. Dan kedua. Tahun 639. Adab yang sesuai dengan ajaran Islam disebut akhlaqul karimah atau ampe-ampe madeceng yang hanya dapat diperoleh melalui dua jalan. dan Darussalam menyerah dua tahun kemudian. dan berhasil menjadi pemimpin yang ditempatkan oleh M. yang telah disesatkan oleh MUI Jatim dan Depag RI. local wisdom. Dengan itu program pendidikan karakter yang kini sedang ditekankan oleh pemerintah pada dasarnya sejalan dengan Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqul karimah.

sejak masa sahabat Nabi. Dari selatan. rajin mengajak al-Fatih kecil memandangi benteng Konstantinopel di kejauhan sambil berujar. selain mengajarkan Islam dan pelbagai ilmu pengetahuan lainnya. saya memiliki seorang rekan berkebangsaan Turky yang juga berprofesi sebagai guru di tempat yang sama. ada benteng dua lapis. beliau adalah lulusan Universitas Al-Azhar Mesir dan mantan wartawan BBC. Ketika beribu-ribu pasukannya selama berpekan-pekan hanya berada di sekeliling benteng dan tak juga berhasil memasukinya. tak ingin menyerah dan akhirnya menemukan celah. Gurunya. Muhammad al-Fatih. Salah satu karakter pemimpin yang dibangun dari keluarga dan guru yang memiliki karakter kuat. ada pelaut Genoa yang tangguh dan berpengalaman. Sementara masuk dari arah Timur tidak mungkin karena armada laut harus masuk ke selat Golden Horn yang dilindungi rantai besar hingga kapal perang ukuran kecil pun tak dapat lewat. Kota yang dikelilingi benteng dengan tembok setebal sepuluh meter. “Lihatlah di seberang sana. Sudah delapan abad berlalu. Kini al-Fatih kembali mencoba. Dialah Muhammad al-Fatih. Saya percaya pemimpin itu adalah kamu!” Nyaris setiap hari kata-kata itu dirilis dan akhirnya menumbuhkan karakter yang penuh dengan keyakinan dan semangat yang berapi-api. namun salih adalah seorang pahlawan Islam yang tak pernah lekang oleh zaman. di sekeliling benteng masih terdapat parit dalam yang menganga selebar tujuh meter. Jika diserang dari arah barat. Ayah dan kakek serta pemimpin perang lainnya telah berkali-kali gagal menaklukkan kota tersebut. berkali-kali beliau menceritakan bagaimana orang Turky membangun karakter para pemudanya sehingga sanggup bertahan selama berabad-abad sebagai penguasa Dinasti Utsmaniyah yang terbentang dari Timur Asia hingga Barat Eropa. adanya kelemahan pertahanan lawan di selat sempit Golden . tangguh. Konstantinopel tak pernah tersentuh apalagi tertakluk. Rasulullah pernah bersabda bahwa benteng itu akan ditaklukkan seorang pemimpin yang merupakan sebaik-baik pemimpin dan tentaranya adalah sebaik-baik tentara. al-Fatih dengan karakter kuat hasil dari didikan sang guru dan ayah.Sewaktu mengajar di Malaysia. sosok yang sejak kanak-kanak telah ditanamkan karakter yang kuat dan melekat dalam jiwanya agar kelak dapat menaklukkan Konstantinopel.

Sultan kembali bertanya. Namun al-Fatih kecil menertawakan tindakan ayah dan gurunya itu. Saat berumur 19 tahun –masa tawuran bagi para pelajar kita saat ini— beliau sudah didaulat menjadi sultan dan panglima perang dan telah menjadi pribadi yang matang. sebuah sejarah peperangan yang tak perrnah ada sesudah dan sebelumnya bagi umat manusia. Pendidikan karakter yang telah ditanamkan padanya membuat al-Fatih menjadi murid yang cerdas namun salih. pemerintahan. . menjaga sikap. Muhammad al-Fatih kembali bertanya. Ia menguasai sedikitnya enam bahasa. Namun yang paling berpengaruh dari kesuksesan al-Fatih adalah adanya pendidikan dan penanaman karakter yang tangguh sejak dini. mereka beranggapan bahwa tak satu pun kapal yang sanggup melewati rantai yang dipasang dalam laut sehingga menjadikan pertahanan pada bagian ini agak lemah. “Siapa yang sejak akil balig sampai hari ini pernah meninggalkan salat sunnat rawatib. termasuk memukul jika ia bandel. Sejak saat itu ia tahu jika dirinya harus taat guru. pengetahuan alam. Ketika pasukan berhasil menguasai Kota Konstantinopel yang bertepatan dengan hari Jumat. sekalipun ayahnya seorang khalifah. ilmu politik. dan lainnya.Horn. Sang ayah mencarikan guru terbaik dan memberi otoritas penuh pada sang guru untuk mendisiplinkan putra mahkota. tapi saat itu juga pukulan melayang padanya. yang merasa silahkan duduk!” Sebagian pasukan mulai ada yang duduk. ilmu militer. Al-Fatih melakukan ide ‘gila’ dengan menggotong kapal pasukannya melalui darat melintasi pegunungan. “Siapakah yang sejak akil balig hingga hari ini pernah meninggalkan salat wajib lima waktu. sang Sultan bertanya. “Siapakah yang sejak akil balig tak pernah alpa melakukan salat tahajjud. matemattika. Banyak analisa yang muncul dari para sejarawan. yang merasa silahkan duduk!” tak seorang pun yang duduk. Pada usia 21 tahun –usia berdemo bagi para mahasiswa kita—al-Fatih menjalankan misi pembebasan konstantinopel yang berhasil dengan gemilang. yang merasa silahkan duduk! Semua pasukan mulai duduk kecuali sang sultan sekaligus panglima itu tetap tegak berdiri. 70 kapal perang pindah dari laut Selat Bosphorus menuju Selat Tanduk untuk kemudian melancarkan serangan tak terduga yang berakhir dengan kemenangan yang telah dinanti berabad-abad lamanya. menghormati orang tua dan orang lain. Timur maupun Barat. Hanya dalam waktu semalam. disiplin. Untuk menentukan siapa yang pantas mengisi khutbah dan menjadi imam salat Jumat.

siapa yang tidak kenal dengan beliau. orang tua hingga penguasa.Kota Konstantinopel diubah namanya oleh Al-Fatih dengan Islambul lalu diganti oleh Mustafa Kemal Attarurk dengan Istambul yang kini menjadi ibu kota Turky yang berada di dua Benua. “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu. matematika amp. Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Kemudian dia mengeluarkan kitab. Dari Abu Qubail berkata: Ketika kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash. Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim) Sosoknya kini semakin dekat di hati saya. hingga guggling yang membuat gambaran tentang beliau semakin lengkap.” Yaitu: Konstantinopel. pilih tanding. Wajar saja jika Rasulullah menggambarkan bahwa yang akan menaklukkan Konstantinopel adalah pemimpin terbaik dengan pasukan terbaik sebagai buah dari pendidikan karakter religius dan berbasis agama yang sinergi antara anak. (HR. beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah? Rasul menjawab. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan. dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu. guru. Dialah pembuka Konstantinopel. Berturut-turut dengan menonton film Fetih 1453. ia dikenal sebagai seorang pemimpin yang hebat. buku-buku dari kuttab al Fatih yang banyak menyingkap sejarah beliau. sains. Wallahu a’lam! Rethinking Education Muhammad Al Fatih Muhammad Al Fatih. Seorang pahlawan muslim yang telah Rasulullah ceritakan pada sahabatnya beratus tahun sebelum sang pahlawan lahir. menguasai 6 bahasa saat berumur 21 tahun. Konstantinopel atau Rumiyah? Abdullah meminta kotak dengan lingkaran-lingkaran miliknya. Allah telah membukakan berbagai kesempatan bagi saya untuk mengenal lebih dalam beliau. dan tawadhu’ setelah Sultan Salahuddin Al-Ayyubi . Dari sudut pandang Islam. ad-Darimi. Asia dan Eropa. Ahmad.

. akhlaknya. Bisa kita ambil beberapa pelajaran dari pendidikan muhammad Al Fatih 1. ilmunya. Suasana murid dan guru begitu harmonis terbentuk. ihtirom telah terbentuk dan pendidikan yang diharapkanpun tercapai. Bahkan guru spiritual beliau yaitu Asy-Syeikh Syamsuddin yang mengajarkan Al-Qur’an. Tanggung jawab orangtua untuk memberikan guru yang baik untuk anak-anaknya. penanam visi hidup anak. tapi beliau mendapatkan pendidikan terbaik yang dipilihkan oleh orangtuanya. Diceritakan bahwa tentara Sultan Muhammad Al Fatih hafal quran di usia kanakkanak. Ia menanamkan visi bahwa Muhammad al Fatihlah orang yang diceritakan Rasulullah sebagai penakluk konstantinopel. tidak ada yang prestasi yang menonjol darinya. tidak pernah meninggalkan salat wajib sejak baligh amp. bagaimana bisa muncul seorang pemuda dengan kualitas sedemikian rupa padahal jarak kehidupannya berbeda 800 tahun dari masa Rasulullah. bahasa (Arab. Muhammad al Fatih memang tidak homeschooling. sikapnya sebagai putra mahkota yang bisa bertindak semaunya membuat silih berganti guru datang ke kediamannya untuk mengajar beliau... hadits. namun dengan komunikasi yang tetap terjalin dengan baik antara orangtua utama anaknya dan orangtua kedua anaknya (baca-guru) 2. pengasah potensi anak. setelah itu. ikut membangun visi anak didiknya itu. ilmu peperangan dan sebagainya. temans. . orangtua ikhlaskan pengajarannya kepada sang guru.(pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di ‘Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol). Parsi dan Turki). Malas belajar. Bagaimanakah pendidikan yang diterima beliau? kali ini saya akan memaparkan Muhammad al Fatih dari segi pendidikannya. sejarah. Hingga kemudian datanglah Asy-Syeikh Muhammad bin Isma’il Al-Kurani yang menyadarkan Muhammad al Fatih. kemudian Al Fatih menghafalkan al Quran dalam waktu singkat di bawah bimbingan murabbinya tersebut. interaksi dengan anak didiknya. Yah. tapi tidak ada yang pas. karena sejatinya seorang guru bukan hanya penyampai materi tapi juga pembimbing akhlak. sultan murad II. tidak pernah meninggalkan salat tahajjud sejak baligh Beliau lahir 800 tahun setelah kenabian. fiqih. matematika. Bila memilih sekolah maka lihatlah kualitas guru-gurunya. Tanamkan nilai-nilai keislaman terlebih dahulu ke anak. falak. Ternyata pada masa kecilnya Muhammad al-Fatih dipandang sebagai anak yang lemah oleh ayahnya. sebagaimana kita memilihkan pendidikan terbaik bagi anak-anak kita.

.See more at: http://rumah-benqi. Salah satu adik kelas saya yang mengajar di salah satu SDIT mengatakan bahwa guru sudah di “doktrin” untuk tidak boleh marah pada anak didik. akan sangat disayangkan jika kemudian potensi-potensi ini di matikan di dalam sistem pendidikan kita yang buruk. Di masa kesultanan Turki Utsmani. (Allahuma Aamiin…) Terkahir kata. sebuah kota yang dibangun oleh Yunani 3000 tahun yang lalu. (inspired juga by pasangan ustdz tamim dan ustdzah wiwi ). cepat hilang. 3. hadist. belajar fiqih. kondisi lingkungan. di Sekolah swasta ternama. dilihat dari segi sumberdaya. banyak. kolot.. Bahkan tak sedikit guru yang menjadi bahan olok-olokan murid. bolehlah kita membangun visi anak-anak kita menjadi 50%nya kualitas beliau. Ihtirom artinya saling menghargai atau saling hormat menghormati kepada sesama manusia. jangan biarkan kami dan keturunan kami seperti buih. otoritas guru di pangkas karena mahalnya biaya pendidikan yang sudah di keluarkan para orangtua murid. Pada usia 11 tahun. ilmu. Muhammad Al Fatih diangkat menjadi putra mahkota setelah kakaknya Alauddin meninggal pada usia 22 tahun. ngga usah dibahas lagi deh tentang hal ini Walaupun tidak mungkin anak-anak kita kelak seratus persen menjadi orang seperti Muhammad al Fatih. Semoga bermanfaat . Ketika sudah terbentuk rasa menghormati gurunya maka tujuan pendidikan yang diharapkan bisa lebih mudah dicapai. cucucucu kita. menjadi batu bata generasi pembuka roma seperti yang sudah dijanjikan Allah SWT. ngga keren. Bangkitkan ihtirom anak terhadap gurunya. Sebuah kota yang telah menyediakan dirinya untuk dihuni dan dipimpin oleh kandidat pemimpin hebat dunia : Muhammad Al Fatih. Pada akhirnya murid-murid tersebut kehilangan ihtirom pada guruguru mereka. cicit-cicit kita kelak.. harus senantiasa tersenyum dan mengatakan kata2 positif pada anak murid.com/2013/01/11/re-thinking-educationmuhammad-al-fatih/#more-359 Manisa. Subhanallah… 4. Muhammad Al Fatih yang telah dididik untuk disiapkan menjadi pemimpin besar terus dibina oleh para ahli. Kembangkan potensi anak Anak-anak kita punya potensi yang sangaatt besar. yang sekarang berada di bawah pemerintahan Turki. Apakah yang akan berbekas di anak-anak murid itu bila harga diri guru telah diinjak-injak. toh muhammad al Fatih setelah fondasi keislaman baik menjadi pakar dibeberapa bidang. qur-an. kota ini dikenal dengan Kota para Sultan. naudzubillah min dzalik.Sebagaimana Muhammad al Fatih yang hafal qur’an di usia dini. jangan takut anaknya ngga up-date. dan tidak memberikan manfaat. Sejak itulah. izinkan saya berharap bahwa semoga Allah menjadikan anak-anak kita.

Selanjutnya menguasai berbagai macam bahasa yang menopang ilmu dan masa depannya. Yang perlu diasah selanjutnya adalah belajar kepemimpinan. Selanjutnya ia belajar hadits dan ilmu-ilmu syariat Islam. Asalkan telah luas cara berpikirnya dengan berbagai ilmu yang bermanfaat. Karena bila tidak. Dan asalkan dikawal langsung oleh orangtua cerdas yang mengerti pendidikan Islam.Hingga ketika usianya menginjak 14 tahun. Kemudian mendalami sejarah. Mungkin aneh di telinga kita. Mereka tidak dibesarkan dalam pendidikan Islami. setelah bekal ilmunya mumpuni untuk memimpin. Masih terlalu kecil untuk sebuah amanah sebesar itu. Ada sebagian anak yang telah mendapatkan usia kematangan harta ini sesaat setelah ia baligh. Ia pun setelah itu belajar berbagai ilmu pengetahuan umum. ia akan menjadi generasi asal-asalan. Tentu di bawah panduan dan bimbingan ayahnya langsung yang masih memimpin kesultanan saat itu. Ini bagian dari praktek lapangan dari ilmu yang telah didapatkannya. Asalkan telah matang pertimbangannya dengan ilmu-ilmu syariat. Apakah ia mampu mengaplikasikannya pada sebuah kota. Asalkan dikelilingi oleh para ulama dan ilmuwan. Jika semua ‘asalkan’ tersebut tidak ada. ia diangkat oleh ayahnya menjadi pemimpin Kota Manisa. Tentu masih di bawah supervisi ayahnya dan para gurunya. Para ulama menjelaskan bahwa usia ini baru bisa didapat seseorang setelah baligh. Jangankan hanya kendaraan atau harta lainnya. Maka usia 14 tahun yang telah diserahi sebuah kota. Hendrawan Pradipta . hari ini usia kematangan harta ini sulit untuk didapatkan bahkan setelah ia berumahtangga. Faktornya adalah salah didik. Bagaimana anak usia 14 tahun diamanahi sebuah kota. Tetapi sayangnya. Tapi kita akan segera berkata wajar ketika melihat keahliannya di usia tersebut. Asalkan telah stabil jiwanya dengan Al Quran. sudah waktunya diberi harta besarnya. kota pun sudah boleh diserahkan kepadanya. Dalam Islam memang ada pembahasan tentang usia Ar Rusyd. Tapi catat dan garis bawahi yang tebal: Asalkan telah dididik seperti Muhammad Al Fatih dibesarkan. Kali ini pendidikan aplikasi di lapangan. Maka usia 14 tahun yang hari ini anak-anak kita mungkin telah baligh. maka jangan pernah berharap mendapatkan remaja sekelas Muhammad Al Fatih. Di mana pada usia itulah seorang anak baru boleh diserahi harta besarnya. Ia telah menyelesaikan hapalan Al Qurannya sebelum usia 8 tahun. merupakan kelanjutan dari pendidikannya.

Turki. Selain itu. khususnya seorang alim rabbani yang bernama Ahmad bin Ismail Al-Kurani. Ia menguasai banyak bahasa. ada ulama lain yang cukup berperan dalam membentuk kepribadian Sulthan Muhammad Al-Fatih yaitu Syaikh Aaq Syamsuddin. ia mampu mengungguli teman-temannya dalam banyak ilmu yang dipelajari di sekolah istana. ia mampu menggabungkan antara kekuatan dan keadilan. 09 Mei 2012 SULTHAN MUHAMMAD AL-FATIH (855-886 H/1451-1481 M) Masa Kecil Sulthan Muhammad II lahir pada 833 H (1429 M). Persia. Syaikh Aaq Syamsuddin selalu menanamkan dua perkara pada diri Sulthan Muhammad AlFatih. yakni meningkatkan gerakan jihad Utsmani dan selalu memberikan sugesti kepadanya bahwa dialah pemimpin yang dimaksud dalam hadist nabi: . Latin. Sulthan Muhammad Al-Fatih mempunyai kepribadian yang unik dan menawan. Semenjak masa kanak-kanak. Semenjak muda. Yunani. dan Israel. ia merupakan Sulthan Utsmani ketujuh dalam silsilah keluarga Utsman dan memiliki gelar Al-Fatih yang berarti Muhammad sang penakluk. Gelar ini ia raih karena keberhasilannya menaklukan kota Konstatinopel. ketika itu umurnya baru 22 tahun.Rabu. Sulthan Muhammad Al-Fatih telah terpengaruh oleh para ulama Rabbani. yakni diantaranya bahasa Arab. Sejak kecil. Sulthan Muhammad Al-Fatih diangkat menjadi penguasa daulah Utsmaniyah setelah kematian ayahnya pada 16 Muharram 855 H (18 Februari 1451 M). Serbia.

Dimonos (Romanus IV/Armanus). Masa Awal Kepemimpinan Ketika masa awal kepemimpinannya dalam Daulah Utsmaniyah. tahun 463 H/1070 M. Constantine I. sampai-sampai ada yang mengatakan “Seandainya dunia ini menjadi satu kerajaan. Pemimpinnya. Baru setelah itu ia mulai memalingkan perhatiannya untuk menaklukan Konstantinopel. Upaya yang sama juga dilakukan pada zaman Khilafah Umayyah. Usaha pertama dilancarkan tahun 44 H di zaman Mu''awiyah bin Abi Sufyan Radhiallahu ''Anhu.“Sungguh. Sulthan Muhammad Al-Fatih sangat ingin merealisasikan hadits Rasulullah tersebut.Ahmad} Oleh karena itu. Sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin (yang menaklukan) nya dan sebaik-baik tentara adalah tentaranya. Alp Arselan (455-465 H/1063-1072 M) berhasil mengalahkan Kaisar Roma. usaha melawan Kostantinopel diteruskan oleh kerajaan-kerajaan kecil di Asia Timur (Anatolia) terutama Kerajaan Seljuk. Kota ini menjadi tempat yang unik dan menawan di dunia. Akan tetapi. 6 April . Konstantinopel dipandang sebagai salah satu kota paling penting di dunia. Akibatnya sebagian besar wilayah Kekaisaran Roma takluk di bawah pengaruh Islam Seljuk. usaha itu gagal.” {HR. Di zaman pemerintahan Abbasiyyah. didirikan pada 330 M oleh kaisar Byzantium. Penaklukan Konstatinopel Sulthan Muhammad Al-Fatih mencurahkan berbagai upaya untuk merencanakan dan mengatur penaklukan Konstantinopel. Setelah kejatuhan Baghdad tahun 656 H. Hari Jumat. tentulah Konstantinopel adalah kota yang paling layak sebagai ibu kotanya. Konstantinopel akan ditaklukan. beberapa usaha diteruskan tetapi masih menemui kegagalan termasuk di zaman Khalifah Harun al-Rasyid tahun 190 H. Sulthan Muhammad Al-Fatih melakukan perbaikan internal dalam Daulah Utsmaniyah. Hal tersebut dapat direalisasikannya dengan pesat.” Para khalifah dan pemimpin Islam pun selalu berusaha menaklukkan Konstantinopel.

dari arah selatan Laut Marmara pasukan laut Turki harus berhadapan dengan pelaut Genoa pimpinan Giustiniani dan dari arah timur armada laut harus masuk ke selat sempit Golden Horn yang sudah dilindungi dengan rantai besar hingga kapal perang ukuran kecil pun tak bisa lewat. cukup menimbulkan kepanikan kota. Hingga akhirnya sebuah ide yang terdengar bodoh dilakukan hanya dalam waktu semalam. Di hadapan tentaranya. Ini semua memberikan semangat yang tinggi pada bala tentara dan lantas mereka menyambutnya dengan zikir. Setelah proses persiapan yang teliti. namun juga gagal. Dengan berbekal 250. Constantine menjawab bahwa dia tetap akan mempertahankan kota dengan dibantu Kardinal Isidor.000 ribu pasukan dan meriam teknologi baru pada saat itu. kepentingan memuliakan niat dan harapan kemenangan di hadapan Allah Swt. Salah satu pertahanan yang agak lemah adalah melalui Teluk Golden Horn yang sudah dirantai. beserta tangan kanannya Halil Pasha dan Zaghanos Pasha merencanakan penyerangan ke Konstantinopel dari berbagai penjuru benteng kota tersebut. yaitu dengan memindahkan kapal-kapal melalui darat untuk menghindari rantai penghalang. Sulthan Muhammad Al-Fatih mengirim surat kepada Paleologus untuk masuk islam atau menyerahkan penguasaan kota secara damai dan membayar upeti atau pilihan terakhir yaitu perang. Sultan Al-Fatih lebih dahulu berkhutbah mengingatkan tentang kelebihan jihad. hanya dalam semalam sekitar 70 kapal bisa memasuki wilayah Teluk Golden Horn (ini adalah ide ”tergila” pada masa itu namun taktik ini diakui sebagai . Pangeran Orkhan dan Giovani Giustiniani dari Genoa. Ide tersebut akhirnya dilakukan. akhirnya pasukan Sultan Muhammad Al-Fatih tiba di kota Konstantinopel pada hari Jumat 26 Rabiul Awal 857 H atau 6 April 1453 M. Usaha lain pun dicoba dengan menggali terowongan di bawah benteng. Sulthan Muhammad Al-Fatih bersama gurunya Syeikh Aaq Syamsudin. Kota dengan benteng setinggi lebih dari 10 meter tersebut memang sulit ditembus.1453 M. kalaupun runtuh membuat celah maka pasukan Constantine langsung mempertahankan celah tersebut dan cepat menutupnya kembali. Dari sebelah barat pasukan Artileri harus membobol benteng dua lapis. Berhari-hari hingga bermingguminggu benteng Byzantium tak bisa jebol. Para mujahid lantas diberikan latihan intensif dan selalu diingatkan akan pesan Rasulullah terkait pentingnya Konstantinopel bagi kejayaan Islam. pujian dan doa kepada Allah Swt. Dia juga membacakan ayat-ayat Al-Qur'an mengenainya serta hadis Nabi Saw tentang pembukaan kota Konstantinopel. selain di sisi luar benteng pun dilindungi oleh parit 7 meter.

dan penduduk Sultan kota berbondong-bondong Muhammad Al-Fatih memberi perlindungan kepada semua penduduk. bahkan rumah diberikan gratis bagi . doa. termasuk non muslim dzimmy (kafir yang harus dilindungi karena membayar jizyah/pajak). pasukan Turki Utsmani dibawah komando Sulthan Muhammad II kembali menyerang total. Mereka memperbanyak shalat. baik Yahudi maupun Kristen. dan dzikir. akhirnya berjaya mengantarkan cita-cita mereka. siapapun. Para mujahidin diperintahkan supaya meninggikan suara takbir kalimah tauhid sambil menyerang kota. Toleransi tetap ditegakkan. Sulthan kemudian membangun kembali kota. muahad (yang terikat perjanjian). diiringi hujan dengan tiga lapis pasukan. setelah sehari istirahat perang. Tentara Utsmaniyah akhirnya berhasil menembus kota Konstantinopel melalui Pintu Edirne dan mereka mengibarkan bendera Daulah Utsmaniyyah di puncak kota. Kabarnya Constantine melepas baju perang kerajaannya dan bertempur bersama pasukan biasa hingga tak pernah ditemukan jasadnya. Takbir "Allahu Akbar. membangun pasar. Hagia Sophia pun akhirnya dijadikan masjid dan gereja-gereja lain tetap sebagaimana fungsinya bagi penganutnya. Hingga tepat jam 1 pagi hari Selasa 20 Jumadil Awal 857 H atau bertepatan dengan tanggal 29 Mei 1453 M. Kardinal Isidor sendiri lolos dengan menyamar sebagai budak melalui Galata. dan musta’man (yang dilindungi seperti pedagang antar negara) bukan non muslim harbi (kafir yang harus diperangi). Giustiniani sudah menyarankan Constantine untuk mundur atau menyerah tapi Constantine tetap konsisten hingga gugur di peperangan. siapa pun boleh tinggal dan mencari nafkah di kota tersebut. membangun sekolah gratis. Konstantinopel diubah namanya menjadi Islambul (Islam Keseluruhannya). dan Pangeran Orkhan gugur di peperangan. Sultan Muhammad Al-Fatih bersama tentaranya berusaha keras membersihkan diri di hadapan Allah Swt. Allahu Akbar!" terus membahana di angkasa Konstantinopel seakan-akan meruntuhkan langit kota itu. siapapun boleh belajar. membangun rumah sakit. membangun perumahan. Konstantinopel berkumpul di Hagia telah jatuh. Giustiniani sendiri meninggalkan kota dengan pasukan Genoa-nya. Sulthan Muhammad Al-Fatih pun melancarkan serangan besar-besaran ke benteng Byzantium di sana. Sophia. Pada 27 Mei 1453.antara taktik peperangan (warfare strategy) yang terbaik di dunia oleh para sejarawan Barat sendiri). tak ada perbedaan terhadap agama. Kesungguhan dan semangat juang yang tinggi di kalangan tentara Al-Fatih.

Perhatiannya terhadap sekolah dan akademi Sulthan Muhammad Al Fatih adalah seorang yang sangat mencintai ilmu dan para ulama. Terkadang Sulthan Muhammad Al Fatih menghadiri ujian para siswa. tidak pelit untuk memberikan hadiah kepada guru dan murid yang berprestasi dan menyelenggarakan pendidikan di semua sekolah secara gratis. Beberapa Karya Peradaban Muhammad Al Fatih 1. Sulthan Muhammad Al Fatih juga membangun asrama serta memberikan . tidak merasa gengsi dan keberatan untuk mendengarkan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dia selalu menasihati murid-murid agar rajin belajar.pendatang di kota itu dan mencari nafkah di sana. Oleh karena itu dia menaruh perhatian pada pembangunan sekolah dan akademi di berbagai penjuru negaranya. sering mengunjungi sekolahsekolah. Hingga akhirnya kota tersebut diubah menjadi Istanbul.

“Berjihadlah kalian fii sabilillah. Di negeri yang dipimpin oleh Sulthan Muhammad Al Fatih ini terdapat tiga puluh orang penyair. Jihadku adalah dengan jiwa dan harta. 3. Tekadku adalah mengalahkan semua orang kafir dengan tentaraku: tentara Allah. Syaikh Al Kurani memanggil Sulthan dengan nama aslinya dan tidak pernah menundukkan kepala kepadanya.” (Al Maidah 5:53) Semangatku adalah mencurahkan segala upaya untuk mengabdi pada agamaku: agama Allah. Sulthan Muhammad Al Fatih membangun perpustakaan khusus. 2. masing-masing dari mereka mendapatkan gaji sebesar seribu dirham. . Orang yang diamanahi untuk mengelola perpustakaan tersebut harus memenuhi beberapa syarat. Selain itu. Salah satu syair karya Sulthan Muhammad Al Fatih: Niatku adalah melaksanakan perintah Allah. Sulthan Muhammad Al Fatih sering mendermakan harta dan memberikan hadiah kepada para ulama agar mereka mencurahkan segala tenaga dan pikiran untuk ilmu pengetahuan dan pendidikan. mengangkat posisi mereka. Dia tidak pernah mencium tangan Sulthan. berkuasa selama tiga puluh tahun.beasiswa setiap bulannya kepada para muridnya. Apa lagi yang harus dilakukan di dunia selain melaksanakan perintah Allah? Kerinduanku adalah perang dan perang ratusan ribu kali untuk mendapatkan keridhaan Allah. Dia adalah seorang penyair yang terkenal. Perhatiannya kepada ulama Para ulama dan sastrawan mempunyai kedudukan khusus di hadapan Sulthan Muhammad Al Fatih. Pikiranku terfokus pada kemenangan berkat taufik dan perlindungan Allah. tidak pernah datang menemui Sulthan kecuali jika Sulthan mengutus seseorang kepadanya untuk memintanya datang. Sulthan menjadikan para ulama dekat dengannya. Perhatiannya terhadap penyair dan sastrawan Seorang sejarawan sastrawan Utsmani menyebutkan bahwa Sulthan Muhammad Al Fatih sangat peduli terhadap kebangkitan sastra. dan mendorong mereka untuk selalu bekerja dan berkarya. diantaranya dia harus orang yang berilmu dan bertakwa serta mengetahui betul judul-judul buku dan pengarangnya. namun hanya meyalaminya dengan biasa.

Orang-orang Utsmani sangat menguasai pasar-pasar dunia dari jalur laut maupun darat. Latin. Dia mendorong para menteri. Perhatiannya terhadap perdagangan dan industri Sulthan Muhammad Al Fatih sangat memperhatikan perdagangan dan industri. Sulthan Muhammad Al Fatih sangat memperhatikan bahasa Arab. Selain itu. Pengobatan di rumah sakit diberikan secara gratis kepada semua orang tanpa membedakan ras dan agama mereka.Harapanku adalah pada pertolongan Allah dan keunggulan Daulah Utsmani atas musuh-musuh Allah. Sulthan mensyaratkan semua orang yang bekerja di rumah sakit adalah orang yang mempunyai sifat qana’ah. Agar muncul kebangkitan pemikiran di kalangan rakyatnya. 6. dan berkemanusiaan. pejabat pemerintah. Dia menaruh perhatian khusus pada ibu kota Istanbul dan sangat ingin menjadikannya sebagai ibu kota terindah di dunia serta pusat ilmu pengetahuan dan seni. padahal ketika masa pemerintahan Byzantium kota-kota itu hanya dikuasai oleh segelintir orang kaya. orang-orang kaya. akademi. Perhatiannya terhadap pendirian bangunan dan rumah sakit Sulthan Muhammad Al Fatih senang membangun masjid. Sulthan Muhammad Al Fatih juga sangat memperhatikan klinik dan rumah sakit. Pemerintah Utsmani mempunyai mata uang emas tersendiri. pasar besar. banyak bercanda. 4. dan orang-orang terpandang untuk menjadikan kota terlihat indah. toko. Dia menghukum penyair yang keluar dari etika dengan memasukannya ke dalam penjara. Sulthan Muhammad Al Fatih mengingkari para penyair yang tidak punya rasa malu. rumah sakit. Arab. dan taman umum. bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an dan juga merupakan bahasa ilmu pengetahuan yang banyak tersebar pada zaman itu. penyayang. Salah satu dampak dari kebijakan umum pemerintah Utsmani dalam sektor perdagangan dan industri adalah tersebarnya kemakmuran di seluruh penjuru negeri. dan Persia ke dalam bahasa Turki. pemandian. Ketika ditaklukan oleh pasukan Utsmani. Perhatiannya terhadap penerjemahan Sulthan Muhammad Al Fatih menguasai bahasa Romawi dengan baik. 5. dia memerintahkan untuk menerjemahkan banyak khazanah lama yang tertulis dalam bahasa Yunani. dan berkata-kata mesum. . Sebab. banyak kota besar menjadi sangat maju. istana.

Sulthan Muhammad Al Fatih juga menaruh perhatian untuk membuat undang-undang yang mengatur hubungan antara penduduk non muslim di dalam Daulah Utsmaniyah dengan tetangga mereka yang muslim serta hubungan mereka dengan negara yang mengatur mereka. Sulthan Muhammad Al Fatih berusaha keras untuk menegakkan keadilan di seluruh wilayah negaranya. 9. Pasukan itu terdiri dari pasukan berkuda (kavaleri). Dia menyebarkan keadilan di kalangan rakyatnya. Perhatiannya pada keadilan Menegakkan keadilan di kalangan manusia merupakan salah satu kewajiban para Sulthan Utsmani. Pada malam hari.7. Sulthan sering mengutus beberapa tokoh agama Kristen agar berkeliling ke berbagai penjuru negeri dari waktu ke waktu. pasukan merupakan salah satu tiang negara yang paling penting. dia menyusun pasukan dari berbagai elemennya dengan sangat teliti dan rapi. dan pasukan pembantu (logistik). bersungguh-sungguh dalam memburu pencuri dan perampok. Sulthan Muhammad Al Fatih selalu mengawasi semua peristiwa yang terjadi di segala penjuru negerinya dengan penuh perhatian. Undang-undang tersebut diadopsi dari syariat Islam yang mulia. kemudian melaporkannya kepada Sulthan. 8. dia membuat undang-undang agar bisa mengatur urusan administrasi lokal di dalam negerinya. Terhadap mereka itu Sulthan memberlakukan hukum Islam. Keamanan dan ketenangan pun menaungi wilayah Daulah Utsmaniyah. Meskipun sibuk melakukan jihad dan berbagai penaklukan. operator meriam (artelari). Dia membangun komplek industri militer untuk menyuplai kebutuhankebutuhan pasukan. Disana. Para utusan itu diberi kebebasan penuh untuk mencatat dan mengkritik apa yang mereka saksikan. dia sering keluar ke jalan-jalan dan gang-gang untuk mengetahui langsung keadaan . Dalam pandangannya. pejalan kaki (infantri). Masa pemerintahan Sulthan Muhammad Al Fatih mempunyai keistimewaan dalam hal kekuatan pasukan dan keunggulan jumlah mereka. Oleh karena itu. Perhatiannya terhadap pasukan dan angkatan laut Sulthan Muhammad Al Fatih selalu memprioritaskan perhatian khusus kepada pasukan. Dia juga membangun banyak benteng di tempat-tempat yang strategis secara militer. Perhatiannya terhadap pengaturan administratif Sulthan Muhammad Al Fatih berusaha untuk memajukan negerinya.

Hindarilah semua bid’ah yang merusak. Jangan sampai kamu tertipu dengan keduanya. nilainilai. Oleh karena itu. sebarkanlah agama Islam karena ini merupakan kewajiban para raja di muka bumi.rakyatnya dan mendengarkan langsung laporan dari mereka. Dahulukan urusan agama di atas urusan apapun. Dia harus memperhatikan tiap bagian dari kekuasaannya dan memelihara semua keadaan rakyatnya. Jika kamu mendengar ada seorang ulama di negeri lain. Hormatilah dia dengan memberikannya harta. Dia berwasiat sebagai berikut. Wasiat ini dengan jelas menggambarkan jalan hidup. Dengan itulah kita meraih kemenangan. Ketahuilah bahwa para ulama itu seperti kekuatan yang tersebar di dalam negeri. Perluaslah wilayah negeri ini dengan jihad. Oleh karena itu. Jangan mempekerjakan orang-orang yang tidak mempedulikan urusan agama. Jangan mengambil harta salah seorang pun dari rakyatmu kecuali menurut aturan Islam. Aku datang ke negeri ini bagaikan semut kecil. Bantulah orang-orang miskin dan lemah agar mereka menjadi kuat. shalih. Lindungilah rakyatmu tanpa membeda-bedakan. dan penuh kasih sayang. Wasiat Sulthan Muhammad Al Fatih Kepada Putranya Berikut ini wasiat Sulthan Muhammad Al Fatih kepada anaknya saat menjelang wafatnya. tidak menjauhi dosa-dosa besar. Jangan bermalasmalasan dalam melaksanakan agama. hormati dan motivasilah mereka. aku tidak menyesal karena telah meninggalkan pengganti seperti dirimu. Ambillah pelajaran dariku. ”Sebentar lagi aku akan mati. Jadilah kamu orang adil. Jangan pernah mengusir ahli syariah dari pintu istanamu. Jauhilah orang-orang yang mengajakmu kepada bid’ah. Demikianlah semestinya yang dilakukan oleh penguasa. Hormatilah orang-orang yang berhak dihormati. Tetapi. Para Sulthan sepeninggalnya juga ingin menempuh jalan tersebut. Waspadalah terhadap harta dan tentara. Allah Ta’ala lalu memberiku nikmat yang agung ini. Jagalah harta Baitul Mal agar tidak dihambur-hamburkan. dan prinsip-prinsip yang dia yakini. terkhusus orangorang yang lemah. mintalah dia agar datang kepadamu. tempuhlah . Sesungguhnya agama adalah tujuan kita dan petunjuk Allah adalah jalan hidup kita. dan malah tenggelam dalam kemaksiatan. Jangan melakukan perbuatan apapun yang bertentangan dengan hukum Islam.

pasukan lain dalam jumlah besar telah dipersiapkan. referensi: buku Sulthan Muhammad Al Fatih karya Dr. kali ini penyakitnya bertambah parah dan tekanannya bertambah kuat setelah sampai di Askadar. Berjuanglah untuk menegakkan agama ini dan memuliakan pemeluknya. Sulthan Muhammad Al Fatih berangkat dari Konstantinopel ke Asia Kecil. dia berusia 52 tahun setelah berkuasa selama tiga puluh tahun lebih. Ketentuan Allah telah diputuskan sehingga tidak bermanfaat lagi dokter maupun obat. Sebelum keluar dari Instanbul. dan ridha-Nya kepada Sulthan Muhammad Al Fatih. Semoga pula Allah menjadikannya selalu dikenang di kalangan orang-orang yang memperjuangkan kebaikan. Biasanya dia akan sembuh dari penyakitnya apabila terjun ke medan pertempuran . ampunan. Sulthan Muhammad Al Fatih akhirnya meninggal di tengah-tengah pasukan besarnya pada hari Kamis 4 Rabi’ul Awal 886 H (3 Mei 1481 M).37 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Tidak ada komentar: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Pengikut Arsip Blog  2012 (3) . hal itu merupakan salah satu penyebab utama kehancuran. sebenarnya Sulthan Muhammad Al Fatih telah merasa tidak enak badan. Ali Muhammad AshShalabi Diposkan oleh Pradipta Hendrawan di 00. Jangan kamu gunakan harta negara untuk bermewahmewah dan bersenang-senang atau melebihi ukuran yang sewajarnya.” Wafatnya Sulthan Muhammad Al Fatih Pada bulan Rabi’ul Awal tahun 886 H (1481 M).jalanku dan ikutilah jejakku. Semoga Allah senantiasa menganugerahi rahmat. Meskipun demikian. Di Askadar. Dia keluar untuk memimpin sendiri pasukan Utsmani. dia tidak mempedulikan hal itu karena kecintaannya yang besar untuk berjihad dan kerinduannya untuk berperang. akan tetapi. Dia lalu memanggil para dokter. Ketika wafat. Sebab.

Diberdayakan oleh Blogger. Namun. Kemudian beliau bertanya.. tak seorangpun yang . “ Siapakah diantara kalian yang sejak remaja. tentara islam pimpinan Muhammad Al Fatih sejak masa remaja mereka hingga hari ini. setelah dikepung beberapa bulan maka takluklah Konstantinopel. Inilah Pedang Malam. Dengan pedang malam ini timbul energi yang luar biasa dari pasukan Muhammad Al Fatih. Sjarah mencatat Muhammad Al Fatih yang baru berusia 21 tahun berhasil menggapai sukses besar. lembut qolbunya bagai selembar sutra dalam menghadapi rakyat yang dipimpinnya Qiyamul lail.. Tak ada yang berani yang menawarkan diri ! lalu Muhammad Al Fatih tegak berdiri.o Juli (1) o Mei (1)  o SULTHAN MUHAMMAD AL-FATIH (855-886 H/1451-1481 M). BALANCE LIFE MUHAMMAD AL-FATIH BALANCE LIFE MUHAMMAD AL-FATIH Sultan Muhammad Al Fatih sangat tegas terhadap musuh. inilah senjata utama Muhammad Al Fatih dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini. “Siapakah yang layak menjadi imam shalat jum’at?” tak ada jawaban. ditegakkan setiap malam.. sejak akhil baligh hingga hari ini pernah meninggalkan meninggalkan shalat wajin lima waktu. yang selalu diasahnya dengan tulus ikhlas dan khusuk. menerobos benteng Konstantinopel. silakan duduk!!” Subhanalloh……!!! Maha suci Allah ! tak seorangpun pasukan islam yang duduk. Apa artinya? Itu berarti. Semua tegak berdiri. Suatu hari timbul soal ketika pasukan islam hendak melaksanakan shalat jum’at yang pertama kali di kota itu. Februari (1) Mengenai Saya Pradipta Hendrawan Lihat profil lengkapku Template Awesome Inc. Beliau meminta kepada seluruh rakyatnya untuk bangun berdiri. shalat tahajud.

Namun ada yang pernah meninggalkanya. pasukan islam Al Fatih. maka sungguh ia telah beruntung. Belum. Siapakah dia??? dialah. Betapa kualitas karakter dan keimanan mereka sebagai muslim sungguh bernilai tinggi. Dengan mengedarkan matanya ke seluruh rakyat dan pasukanya Muammad Al Fatih kembali berseru lalu bertanya: “ Siapa diantara kalian yang sejak masa akhil baligh sampai hari ini pernah meninggalkan shalat tahajud di kesunyian malam? Yang pernah meninggalkan atau kosong satu malam saja. Allah Yang Maha Mencipta Berkata dalam KitabNya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. tidak pernah kosong/absen semalampun. Beliaulah yang pantas menjadi imam shalat jumat hari itu. @akhirudindc 5 Poin Pendidikan dalam Islam Hal pertama . sungguh jujur. dua roka’at sebelu shubuh dan shalat rowatib lainaya. silakan duduk!!” Apa yang terjadi…???? Terlukislah pemandangan yang menakjubkan sejarawan barat dan timur. Semua yang hadir dengan cepat duduk!!” Hanya ada seorang saja yang tetap tegak berdiri. Karena hanya Al Fatih seorang yang sejak remaja selalu mengisi butir-butir malam sunyinya dengan bersujud kepada Allah SWT. Artinya. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Sultan Muhammad Al Fatih.!!!!! ! Lalu Muhammad Al Fatih kembali bertanya: “ Siapa diantara kalian yang sejak baligh dahulu hingga hari ini pernah meninggalkan shalat sunah rawatib? Kalau ada yang pernah meninggalkan shalat sunah sekali saja silakan duduk!!!”. bisa jadi. Atau bahkan. itu semua malah menjadi penghalang Kesuksesan Sejati. Luar biasa…. sang penakluk benteng super power Byzantium Konstantinopel. Tak sekalipun mereka melalaikan shalat fardhu.. tidak pernah meninggalkan shalat sunah setelah maghrib. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga. pasuka islam sejak remaja mereka ada yang teguh hati.meninggalkan shalat fardhu. bahkan sebenarnya itu semua tak sepenting nilai ketaqwaan.” (QS 3:185) . Sebagian lainya segera duduk. atau mengumpulkan kekayaan terbanyak. Mungkin itu semua hanyalah jalan menuju ke Kesuksesan Sejati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. kesuksesan adalah cita-cita yang panjang dengan titik akhir di Negeri Abadi? Belumlah sukses jika anakmu menyandang gelar atau jabatan yang tertinggi.

namun janganlah sampai ada yang tak mau punya cita-cita Akhirat. Setidaknya. dalam buku dua orang pemikir Islam. Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun. Ada dua hal yang perlu kau amati: Pertama. dan hormati keunikan pemberian Allah SWT. Di tahap ini kita mulai mendidiknya dengan kita sendiri menjalankan ibadah. maka janganlah tertipu dengan tolok ukur yang semu. yang ketiga adalah melalui . Anak-anak yang merupakan amanah pada kita ini. menurut Sahabat Ali bin Abitahalib ra. Pendidikan anak dalam Islam. Pahami keunikan masing-masing. juga dibesarkan dengan tahapantahapan. Bolehlah mereka memiliki beragam cita-cita dunia. dari lahir sampai kira-kira 7 tahun. Yang kedua. Pancangkanlah cita-cita untuk anak-anakmu di Negeri Abadi. Tiap manusia unik. Kedua. setelah memancangkan cita-cita untuk anak-anakmu. amal ketaatan pada Allah dan juga dengan selalu menjaga hati dan badan kita secara prima. amati sifat-sifat khasnya masing-masing. Tahapan sebelum kelahirannya merupakan alam arwah. maka cobalah memulai memahami anak-anakmu. 3. ada lima Metode Pendidikan dalam Islam. Begitulah kita coba memperlakukan mereka sesuai dengan sifat-sifatnya dan tahapan hidupnya. yang kedua adalah dengan Pembiasaan atau Aadah. yaitu Muhammad Quthb (Manhaj Tarbiyah Islamiyah) dan Abdullah Nasih ’Ulwan (Tarbiyatul Aulad fil Islam). Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain). Allah SWT mengkodratkan segala sesuatu sesuai tahapan atau prosesnya. Tidak ada dua manusia yang sama serupa seluruhnya. ajarkanlah mereka tentang cita-cita ini.Begitulah hidup ini hanya kesenangan yang menipu. dapat dibagi menjadi 3 tahapan/ penggolongan usia: 1. Yang pertama adalah melalui Keteladanan atau Qudwah. Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas. 2. Hal ketiga adalah memilih metode pendidikan. Itulah kebaikankebaikan dan pendidikan pertama kita pada buah hati kita. Ketiga tahapan pendidikan ini mempunyai karakteristik pendekatan yang berbeda sesuai dengan perkembangan kepribadian anak yang sehat. fahami di tahap apa saat ini si anak berada.

Dapat menjaga waktu. Benar ibadahnya. Ketujuh Bidang Tarbiyah Islamiyah tersebut adalah: (1) PendidikanKeimanan (2) Pendidikan Akhlaq (3) Pendidikan Fikroh/ Pemikiran (4) Pendidikan Fisik (5) PendidikanSosial (6) Pendidikan Kejiwaan/ Kepribadian (7) Pendidikan Kejenisan (sexual education).Pemberian Nasehat atau Mau’izhoh. kira-kira gambaran pribadi seperti apakah yang kita harapkan akan muncul pada diri anak-anak kita setelah hal-hal di atas kita lakukan? Mudahmudahan seperti yang ada dalam sepuluh poin target pendidikan Islam ini: Selamat aqidahnya. Mempunyai kemampuan untuk mempunyai penghasilan. Tuntunan Rasulullah SAW dalam mendidik anak: Dan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dan Al-Imam Muslim. Jernih pemahamannya. Dia Akan Mengganjar kita dengan pahala terbaik. Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ke-lima. sesuai jerih payah kita. ke empat adalah Isi Pendidikan itu sendiri. ‫شكللشكمم جراعع جوجممطسشئموشل جعمن جرلعيشيلتله‬ “Setiap di antara kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban” Untuk itu -tidak bisa tidak-. sebagai amanah dari Allah SWT. meskipun yang terpenting adalah Keteladanan (sebagai metode yang paling efektif). Hendaknya semua kita pelajari dan ajarkan kepada mereka. Dapat melawan hawa nafsunya sendiri. yang keempat dengan melaksanakan Mekanisme Kontrol atau Mulahazhoh. Setelah bicara Metode. Teratur urusan-urusannya. Insya Allah. Hal-hal apa saja yang perlu kita berikan kepada mereka. seorang guru atau orang tua harus tahu apa saja yang harus diajarkan kepada seorang anak serta bagaimana metode yang telah dituntunkan oleh junjungan umat ini. Setidak-tidaknya ada 7 bidang. Berguna bagi orang lain. Beberapa tuntunan tersebut antara lain: · Menanamkan Tauhid dan Aqidah yang Benar kepada Anak . sedangkan yang terakhir dan merupakan pengaman hasil pendidikan adalah Metode Pendidikan melalui Sistem sangsi atau Uqubah. Kuat jasmaninya. dan Semoga kita kelak bersama dikumpulkan di Negeri Abadi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. Jangan tinggalkan satu-pun dari ke lima metode tersebut. Kokoh akhlaqnya. Ammin.

dan telah kering lembaran-lembaran”. dan mengampuni yang lebih ringan daripada itu bagi orang-orang yang Allah kehendaki” (An. Ini sangat penting.Suatu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa tauhid merupakan landasan Islam. Salah satunya berbunyi. Dalilnya antara lain. “Pada suatu hari aku pernah berboncengan di belakang Nabi (di atas kendaraan). maka dia akan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam At-Tirmidzi dengan sanad yang hasan.(Luqman: 13) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah memberikan contoh penanaman aqidah yang kokoh ini ketika beliau mengajari anak paman beliau. mohonlah kepada Allah. ‫جيا شبجنيي جل شتمشلرمك لبايلل إلين الششمرجك جلشظملشم جعلظشيشم‬ “Hai anakku. kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan sampai dan mencelakakanmu). kalaupun seluruh umat (jin dan manusia)berkumpul untuk mencelakakan kamu. karena banyak kaum muslimin yang salah dalam perkara ini. tidak akan bermanfaat hal itu bagimu. Sebaliknya. kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan bermanfaat bagimu). Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: ‫إلين ايلج جل جيمغلتفشر أجمن شيمشجرجك لبله جوجيمغلتفشر جما شدوجن جذلجك لجممن جيجشاشء‬ “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. Jagalah Allah. Jika engkau meminta tolong. Termasuk aqidah yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini adalah tentang di mana Allah berada. Apabila seseorang benar tauhidnya. dan beragam pendapat lainnya. Jika engkau memohon. Ketahuilah. Ibnu Abbas bercerita. aku akan mengajari engkau beberapa kalimat: Jagalah Allah. Sebagian mengatakan bahwa Allah ada dimana-mana. tanpa tauhid dia pasti terjatuh ke dalam kesyirikan dan akan menemui kecelakaan di dunia serta kekekalan di dalam adzab neraka. yaitu di atas langit. Ketahuilah. Padahal dalil-dalil menunjukkan bahwa Allah itu berada di atas arsy. kalaupun seluruh umat (jin dan manusia) berkumpul untuk memberikan satu pemberian yang bermanfaat kepadamu. beliau berkata kepadaku: “Wahai anak. tidak akan mampu mencelakakanmu sedikitpun. di dalam Al-Quran pula Allah kisahkan nasehat Luqman kepada anaknya. Perkara-perkara yang diajarkan oleh Rasulllah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Ibnu Abbas di atas adalah perkara tauhid. “Ar-Rahman beristiwa di atas ‘Arsy” (Thaha: 5) . niscaya engkau akan dapati Allah di hadapanmu. Pena telah diangkat.Nisa: 48) Oleh karena itu. niscaya Allah akan menjagamu. Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar”. Sebagian lagi mengatakan bahwa Allah ada di hati kita. janganlah kamu mempersekutukan Allah. minta tolonglah kepada Allah.

mereka sudah terbiasa dengan ibadah-ibadah tersebut. “Bebaskan dia. ‫صشلي‬ ‫صللوا جكجما جرأجميشتشمولني أش ج‬ ‫ج‬ “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat” (HR. maka ajak pula mereka untuk menghadiri shalat berjama’ah di masjid. “Dimana Allah?”. Hendaknya mereka mulai menghapalkannya. Begitu pula dengan akhlak. karena sesungguhnya dia adalah wanita mu’minah”. Hadits serta Doa dan Dzikir yang Ringan kepada Anak-anak Dimulai dengan surat Al-Fathihah dan surat-surat yang pendek serta doa tahiyat untuk shalat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. Begitu pula dengan doa dan dzikir sehari-hari. mengucapkan salam. serta beragam akhlaq lainnya. “Ajarilah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. Dan menyediakan guru khusus bagi mereka yang mengajari tajwid. Adapun dari hadits. insya Allah ketika dewasa. · Mengajari Anak untuk Melaksanakan Ibadah Hendaknya sejak kecil putra-putri kita diajarkan bagaimana beribadah dengan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. (HR. menghormati yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda. . Budak tersebut menjawab. “Allah di langit”. · Mendidik Anak dengan Berbagai Adab dan Akhlaq yang Mulia Ajarilah anak dengan berbagai adab Islami seperti makan dengan tangan kanan. shalat. menghapal Al-Quran serta hadits. Bila mereka telah bisa menjaga ketertiban dalam shalat. “Siapa aku?” budak itu menjawab. “Engkau Rasulullah”. puasa serta beragam ibadah lainnya. Mulai dari tata cara bersuci. Dengan melatih mereka dari dini. Tanamkan kepada mereka akhlaq-akhlaq mulia seperti berkata dan bersikap jujur. dermawan. menjaga kebersihan. Muslim dan Abu Daud). Al-Bukhari). mengucapkan basmalah sebelum makan. dan pukullah mereka ketika mereka berusia sepuluh tahun (bila tidak mau shalat-pen)” (Shahih. keluar masuk WC dan lain-lain. Lihat Shahih Shahihil Jami’ karya Al-Albani). seperti doa ketika makan. dll. berbakti kepada orang tua. Rasulllah kemudian bersabda.Makna istiwa adalah tinggi dan meninggi sebagaimana di dalam riwayat Al-Bukhari dari tabi’in. · Mengajarkan Al-Quran. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada seorang budak wanita. Beliau bertanya pula.

kemudian gambar-gambar itu akan mengadzab dia di neraka jahannam”(HR. mobil. zhalim. padahal perkara tersebut adalah haram. ‫صشوشرموجن‬ ‫إلشن أججشيد الينالس جعجذابسا لعمنجد الل جيموجم امللقجشياجملف ة جاملشم ج‬ “Sesungguhnya orang-orang yang paling keras siksanya di sisi Allah pada hari kiamat adalah para tukang gambar. (Shahih. seperti merokok. pent. rebana dan yang lainnya. Al-Bukhari dan Abu Daud). gendang.). · Menanamkan Cinta Jihad serta Keberanian . Dan al-ma’azif adalah setiap alat yang bernada dan bersuara teratur seperti kecapi. Adapun gambar pemandangan. (HR. guru terbaik umat ini (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) telah bersabda. “Lonceng itu serulingnya syaithan”. Muslim). sehingga mereka membiarkan anak-anak bermain-main dengannya. Oleh karena itu hendaknya kita melarang anak-anak kita dari menggambar mahkluk hidup. ‫لججشيشكوجنين لممن أشيملتي أجمقجواشم جيمطسجتلحللوجن جامللحجر جواملجحلرميجر جواملجخممجر جواملجمجمعالزجف‬ “Sungguh akan ada dari umatku yang menghalalkan zina. judi. ‫صيوجرجاها جنمتفسطسا جفشتجمعشذشبشه لفي جججهينجم‬ ‫ جيمججمعشل لجشه لبشكشل ش‬، ‫صشوعر لفي الينالر‬ ‫صموجرعة ج‬ ‫شكلل شم ج‬ “Seluruh tukang gambar (mahluk hidup) di neraka. maka kelak Allah akan jadikan pada setiap gambar-gambarnya menjadi hidup. Maknanya: Akan datang dari muslimin kaum-kaum yang meyakini bahwa perzinahan. Muslim). minum khamar dan musik sebagai perkara yang halal. minum khamr. seruling.· Melarang Anak dari Berbagai Perbuatan yang Diharamkan Hendaknya anak sedini mungkin diperingatkan dari beragam perbuatan yang tidak baik atau bahkan diharamkan. drum. pesawat dan yang semacamnya maka ini tidaklah mengapa selama tidak ada gambar makhluk hidupnya. khamr dan alma’azif (alat-alat musik)”. Bahkan lebih dari itu –kita berlindung kepada Allah-. mengenakan sutra asli (bagi laki-laki.” (HR. Bahkan lonceng juga. Muslim). Termasuk ke dalam permasalahan ini adalah musik dan gambar makhluk bernyawa. sutra. sebagian mereka menjadikan dua perkara ini sebagai metode pembelajaran bagi anak. karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. mengambil hak orang lain. mencuri. Banyak orangtua dan guru yang tidak mengetahui keharaman dua perkara ini. HR. durhaka kepada orang tua dan segenap perbuatan haram lainnya. dan memuji-mujinya sebagai cara belajar yang baik! Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda tentang musik. Adapun tentang gambar.

Anak laki-laki menggunakan pakaian laki-laki dan anak perempuan menggunakan pakaian perempuan. menasehati putra-putri Islam dengan lembut dan penuh kasih sayang. Wallahu a’lam bishsawab. bahkan ketat dan menunjukkan aurat. Semoga bisa bermanfaat. dan sahabat-sahabat beliau seperti Abu Bakr. Tanamkan pula kepada mereka kebencian kepada orang-orang kafir. untuk selalu bersabar. Utsman. Dan hendaknya pula mereka ingat. horor serta menakuti mereka dengan gelap. Dan tidak boleh menakut-nakuti mereka dengan cerita-cerita bohong. Tentang hal ini. Umar. Jauhkan anak-anak dari model-model pakaian barat yang tidak syar’i. · Membiasakan Anak dengan Pakaian yang Syar’i Hendaknya anak-anak dibiasakan menggunakan pakaian sesuai dengan jenis kelaminnya. Abu Daud) Untuk anak-anak perempuan. terutama bagi orangtua dan para pendidik. Ali dan Muawiyah telah membebaskan negeri-negeri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. Hendaknya para orang tua dan pendidik bisa merealisasikannya dalam pendidikan mereka terhadap anak-anak. ‫جممن جتجشيبجه لبجقموعم جفشهجو لممنشهمم‬ “Barangsiapa yang meniru sebuah kaum. biasakanlah agar mereka mengenakan kerudung penutup kepala sehingga ketika dewasa mereka akan mudah untuk mengenakan jilbab yang syar’i. Mereka akan ditolong dengan seizin Allah. Demikianlah beberapa tuntunan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mendidik anak.” (Shahih.Bacakanlah kepada mereka kisah-kisah keberanian Nabi dan para sahabatnya dalam peperangan untuk menegakkan Islam agar mereka mengetahui bahwa beliau adalah sosok yang pemberani. Didiklah mereka agar berani beramar ma’ruf nahi munkar. Tanamkan bahwa kaum muslimin akan membebaskan Al-Quds ketika mereka mau kembali mempelajari Islam dan berjihad di jalan Allah. maka dia termasuk mereka. apalagi sampai mengumbarumbar kesalahan mereka. Jangan membentak atau mencela mereka. . dan hendaknya mereka tidaklah takut melainkan hanya kepada Allah. HR.