BIOTEKNOLOGI

Dwiyana
Ela Kurniawati
Feri Tri Anugrah
Hedi Hermansyah

TANAMAN TRANSGENIK TOMAT FLAVR SAVR .

BIOTEKNOLOGI Bioteknologi merupakan teknologi yang memanfaatkan agen hayati atau bagianbagiannya untuk menghasilakan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bioteknologi modern memanfaatkan agen hayati atau bagian yang telah direkayasa secara in-vitro dalam menghasilkan barang dan jasa pada sekala industri. . Definisi seperti ini merupakan definisi bioteknologi klasik atau konvensional.

bir. Selain itu bioteknologi juga diterapkan paada teknik fermentasi dalam pembuatan roti. Bioteknologi tersebut dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan produksi dan menyempurnakan kualitas pangan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. dan keju.Bioteknologi sering digunakan oleh para petani yaitu memodifikasi tanaman dan hewan melalui perkawinan silang untuk mendapatkan turunan dengan sifat seperti yang diinginkan. .

• Tujuan memindahkan gen tersebut untuk mendapatkan organisme baru yang memiliki sifat lebih baik. .TANAMAN TRANSGENIK • Tanaman transgenik adalah suatu produk rekayasa genetika melalui transformasi gen dari makhluk hidup lain ke dalam tanaman yang tujuannya untuk menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat unggul yang lebih baik dari tanaman sebelumnya.

Metode Transfer Gen Transfer gen penembak an partikel Langsung Tidak Langsung Karbid silikon Elektropor asi .

Gen kan(r) ini. Coli (bakteri yang terbentuk secara alami dalam usus mamalia) disebut kan(r) dan gen dari tomat Flavr Savr dimadukkan ke dalam plasmid (cincin melingkar DNA) dan plasmid ini dimasukkan de dalam gugus sel tomat yang ditumbuhkan pada media yang mengandung antibiotik. Gen Flavr Savr dikode untuk untai RNA yang merupakan kebalikan dari suatu rantai RNA yang secara alami terjadi pada tanaman. ketika dibuat dalam sel. dihasilkan suatu substansi yang disebut APH (3’)II yang memiliki ketahanan sel terhadap antibiotik. sebuah gen dari E. . tujuan dari bakteri tersebut adalah untuk mengidentifikasi sel yang berubah secara genetik.TOMAT FLAVR SAVR Untuk membuat tomat transgenik. Oleh karena itu.

FDA menemukan tomat ini aman dan menyetujui tomat Flavr Savr pada 17 Mei 1994. setelah dilakukan penelitian oleh Calgene dan pembicaraan dengan FDA. Namun.Untai komplementer RNA dari gen tomat Flavr Savr terikat pada RNA polygalakturonase dan dua untai tersebut saling melepaskan ikatan untuk mencegah produksi polygalakturonase dan pelunakan tomat. • Produk akhir tomat Flavr Savr. pengenalan tomat Flavr Savr ke pasar pada pertengahan tahun 1990-an menciptakan cukup banya kontroversi dan resistensi konsumen. dapat diizinkan untuk sepenuhnya matang pada pokok pohon. Namun. Keamanan zat baru ini yang diperkenalkan ke dalam produk makanan merupakan isu yang menyita perhatian pemerintah dan masyarakat.• Untai RNA asli pada tanaman bertanggung jawab terhadap produksi enzim polygalakturonase. Polygalakturonase merusak pektin pada dinding sel tomat selama proses pematangan dan menyebabkan seluruh tomat menjadi lunak . .

Langkah-langkah transfer gen dalam pembuatan tomat Flavr Savr IKAN FLOUNDE R DNA ANTIBEKU DNA REKOMBI NAN TOMAT RG PEMBIBIT AN MENAMBAH KAN ENZIM LIGASE ISOLASI DNA DISENTRIFU GASI .

APH(3’)II terbukti tidak beracun dan tidak menyebabkan alergi terhadap manusia.UJI KEAMANANNYA Penelitian secara luas telah dilakukan untuk APH(3’)II pada tomat Flavr Savr dan menunjukkan bahwa zat kimia ini masih aman bila dikonsumsi dalam jumlah normal pada manusia. Hal ini dilakukan dengan membandingkan struktur molekul APH(3’)II dengan struktur molekul zat kimia beracun dan alergen menggunakan database komputer .

Perbandingan Kadar Nutrisi Tomat Transgenik Dengan Tomat Normal (per 100 gr) tomat Flavr Savr belum berubah secara signifikan bila dibandingkan dengan varietas tomat dengan riwayat penggunaan yang aman (konvensional. mengubah tomat non-genetik)" dan "seaman tomat yang dikembangbiakkan dengan cara konvensional " serta tidak memerlukan label khusus. .

• Secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian petani kecil. .MANFAAT TOMAT FLAVR SAVR • Memperpanjang masa simpan tomat selama proses distribusi tanpa mengubah rasa alami tomat. sehingga memiliki musim tumbuh yang lebih lama. • Meminimalisir biaya pengemasan saat dipasarkan ke daerah yang lebih jauh. • Merupakan salah satu inovasi baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. sehingga memungkinkan tomat dapat dikemas dan dikirim dalam jangka waktu lebih lama. • Menghasilkan tanaman tomat yang tahan terhadap cuaca dingin.

Coli sebagai media pertumbuhannya yang kemudian akan diinfeksikan oleh sel tanaman tomat. dan tahan terhadap kondisi cuaca kurang ideal. tahan terhadap serangan serangga atau jamur. Tomat Flavr Savr merupakan tomat hasil rekayasa genetika yang memiliki shelf-life lama dapat diciptakan dengan menyisipkan gen antibeku ikan Flounder ke dalam gen tomat. Gen antibeku disisipkan pada bakteri E. Tomat Flavr Savr dibuat tahan lama. Penelitian tomat Flavr Savr oleh Calgene dibawah pengawasan ketat dari FDA menunjukkan bahwa tanaman rekayasa genetika memiliki potensi yang aman untuk dikonsumsi manusia dan lingkungan. .KESIMPULAN Tomat transgenik atau dikenal tomat Flavr Savr pertama kali diteliti oleh para ilmuwan di Calgene pada tahun 1980.