SPECIAL EFFECTS

HISTORY AND TECHNIQUES

DIDIK WIJAYA

Anda diperbolehkan untuk mengirimkan lewat pos dan email dan memberikan buku elektronik ini kepada siapa saja yang Anda inginkan, selama Anda tidak mengubah, atau mengedit isinya dan format digitalnya. Sebenarnya, kami akan sangat senang bila Anda membuat duplikat buku elektronik ini sebanyakbanyaknya. Tetapi bagaimanapun, hak untuk membuat buku dalam bentuk cetak atas naskah ini dan menjualnya hanya ada pada Penerbit Escaeva. Anda dapat menemukan buku elektronik ini di website www.escaeva.com atau disertakan di dalam CD buku TOTAL TRAINING MAX SPECIAL EFFECTS Oleh Didik Wijaya

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

2

READ AND SHARE
Jika Anda merasa bahwa isi buku ini bermanfaat bagi teman, saudara, atau seseorang yang Anda kenal, di sini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan: 1. Kirimkan file ini kepada mereka 2. Kirimkan link www.escaeva.com kepada mereka, sehingga mereka dapat men-download nya sendiri 3. Cetak sendiri dengan printer Anda dan bagikan kepada mereka

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

3

DAFTAR ISI

APA ITU EFEK SPESIAL? FUNGSI EFEK SPESIAL SEJARAH EFEK SPESIAL TEKNIK EFEK SPESIAL COMPUTER GENERATED IMAGERY (CGI) SPECIAL EFFECTS VS VISUAL EFFECTS SPECIAL EFFECTS ANIMATION PENGARUH BURUK EFEK SPESIAL DI DALAM FILM KESIMPULAN DAFTAR FILM PERAIH ACADEMY AWARDS untuk kategori BEST ACHIEVEMENT IN SPECIAL EFFECTS / VISUAL EFFECTS SEKILAS BUKU TUTORIAL TRAINING MAX: SPECIAL EFFECTS

5 6 7 13 15 17 18 19 20

21

28

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

4

APA ITU EFEK SPESIAL?
Special Effects atau Efek Spesial di dalam bahasa Indonesia, sering disingkat SFX atau SPFX banyak digunakan di dalam dunia film, pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini, efek spesial tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial. Apapun bentuknya, efek spesial digunakan untuk meningkatkan dampak suatu obyek terhadap indera manusia. Obyek tersebut bisa berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan. Dengan demikian, diharapkan efek spesial bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap obyek tersebut. Efek spesial merupakan kombinasi dari seni dan teknologi. Dari sisi teknologi, tidak cuma penguasaan teknologi yang digunakan, namun juga pengetahuan bagaimana indera manusia menangkap gambaran yang akan diterima oleh otak. Sedangkan sisi seni, berperan tentang bagaimana teknologi tersebut digunakan untuk mencapai hal tersebut. Yang akan dilakukan para ahli efek spesial adalah bagaimana menipu indera manusia, terutama audio-visual, bahwa seakan-akan hal tersebut terjadi. Misalnya kita ingin membuat efek hujan. Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik hujan yang benar menurut mata manusia. Setelah itu dengan teknologi apapun yang dimiliki, kita berusaha meniru karakteristik hujan tersebut. Yang terpenting bukan seberapa riil wujud hujan tersebut terjadi, tetapi sejauh mana karakteristik hujan dipenuhi. Teknologi yang digunakan bisa bermacam-macam. Beberapa orang akan membuat hujan dengan air yang disemprotkan ke atas. Para animator di Disney, awalnya membuat efek hujan dengan menggunakan lembaran tipis yang berlubang sangat banyak, kemudian digerakkan secara cepat di depan kamera. Atau, kita juga bisa membuat efek hujan dengan menggunakan komputer. Yang terpenting adalah bukan seberapa canggih efek hujan tersebut dibuat, tetapi seberapa besar karakteristik hujan tersebut tercapai. Catatan: Selanjutnya, di dalam pembahasan buku elektronik ini, yang dimaksud oleh efek spesial adalah efek spesial yang ada di dalam film.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

5

FUNGSI EFEK SPESIAL
Ada beberapa kegunaan penggunaan efek spesial. 1. Efek spesial digunakan untuk memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat yang biasa, misalnya perjalanan luar angkasa ke planet Mars. Belum pernah ada manusia yang sampai ke planet Mars. Untuk itulah efek spesial digunakan untuk menciptakannya. 2. Efek spesial juga digunakan bila saat menggunakan alat yang beneran malah sangat mahal biayanya. Misalnya apabila kita ingin membuat ledakan yang sangat dahsyat, menghancurkan banyak sekali gedung, mobil, dan infrastruktur lain. Bila ingin menghemat biaya, efek spesial dapat menjadi andalan. 3. Efek spesial juga digunakan bila penggunaan syuting manusia atau alat beneran akan membahayakan aktor tertentu. Misalnya adegan ledakan, tentu aktor tidak ingin mati konyol waktu membuat film, sehingga ledakan dilakukan oleh efek spesial. 4. Efek spesial juga digunakan untuk meningkatkan kualitas film yang sudah diambil, dengan cara menambahi, mengurangi atau mengubah elemen yang di dalam film. Di dalam rilis terbaru Star Wars Episode VI: Return of The Jedi, tahun 2004. Jika Anda perhatikan ada pengubahan di adegan akhir. Awalnya sebelah Yoda adalah Sebastian Shaw. Kemudian di rilis 2004, Sebastian Shaw digantikan oleh Hayden Christensen (yang memainkan Anakin Skywalker/Darth Vader di Episode II (2002) dan III (2005)).

(1983)

(2004)

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

6

SEJARAH EFEK SPESIAL
1895 Pada awalnya efek spesial berkembang di dunia sulap dan pertunjukan. Setelah 1895, Lumiere Brothers menemukan sinematografi di Paris, saat itulah efek spesial di dunia film mulai muncul. Di tahun yang sama, saat industri film dimulai, Alfred Clarke membuat film The Execution of Mary Queen of Scots atau The Execution of Mary Stuart (1895) , yang diketahui menggunakan teknik efek spesial pertama di dunia. Adegan di dalam film yang menggunakan efek spesial adalah pemenggalan kepala aktris pemeran wanitanya. Saat kepala aktris tersebut akan dipenggal. Kamera dihentikan. Semua aktor diminta diam, tidak bergerak sedikitpun. Pemeran wanita diminta meninggalkan tempatnya dan posisinya digantikan boneka. Selanjutnya kamera dilanjutkan mengambil gambar pemenggalan kepala boneka. Teknik ini dikenal dengan nama Substitution Shot.

Execution of Mary Queen of Scots (1895) 1898 Tahun 1898, pesulap Perancis George Melies memulai membuat film dari aksi sulapnya. Ia menggunakan berbagai teknik seperti, multiple exposure, miniatur dan stop-motion animation. Hal ini menjadikan ia dijuluki “Grandfather of Special Effects”. Ia memproduksi lebih dari 500 film, termasuk La Voyage Dans la Lune (1902), atau A Trip to The Moon (1902).

A Trip to The Moon (1898) 1903 Edwin Porter memulai penggunaan matte untuk menggabungkan dua gambar yang berbeda di dalam film The Great Train Robbery (1903).

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

7

1907 Norman O. Dawn menggunakan teknik glass shot. Teknik ini menghemat biaya, karena hanya membangun sebagian set film dan mengisi sisanya dengan lukisan

Glass Shot Di tahun 1907, Richard Murphy juga mempelopori penggunaan animatronik, yaitu elang mekanis di dalam The Eagle's Nest (1907), yang merupakan cikal bakal penggunaan robot yang lebih canggih dalam ET dan Jaws. 1916 Frank Williams menciptakan travelling matte yang bisa membuat karakter yang bergerak digabungkan dengan background lain. Teknik ini selanjutnya disempurnakan sebagai teknik blue-screen. 1925 Willis O’Brient mengerjakan The Lost World (1925) sebagai Technical Director, dimana ia menganimasikan 49 binatang purba seperti Dinosaurus dengan teknik stop motion. Steven Spielberg pun terinspirasi untuk membuat Jurassic Park (1993) dari film ini. Kemudian 1933, O’Brient juga mengerjakan Kingkong(1933) yang merupakan teknik stop motion paling detail di jamannya.

The Lost World (1925)

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

8

Di tahun 1925, muncul epik terkenal yaitu Ben-Hur(1925). Film ini menggunakan hanging miniature, untuk mengisi bagian atas dari coliseum dengan penonton palsu dalam adegan kejar-kejaran kereta kuda yang spektakuler.

Ben-Hur (1925) 1928 Linwood G. Dunn mempopulerkan penggunaan optical printer, yang masih digunakan di dalam dunia efek spesial sampai tahun akhir tahun 1990-an, saat komposisi digital mulai mengambil alih 1968 Setelah masa produksi selama 3 tahun, 2001: A Space Odyssey (1968) muncul. Film ini memunculkan teknologi pertama dari motion control kamera dan teknik slit-scan untuk membuat efek spesial adegan Stargate Sequence. Film ini menetapkan standar baru di dalam dunia efek spesial.

1976 Futureworld (1976) menggunakan 3D CGI pertama kali.

Futureworld (1976)

1977 Tahun 1977, Star Wars yang disutradarai George Lucas mengawali teknik penggunaan blue screen yang lebih baik dari sebelumnya. Ia menggunakan komputer (motion-control) untuk perletakkan kamera sehingga sangat presisi

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

9

untuk mengkomposisikan gambar dalam travelling matte. Sehingga saat film yang sudah diberi efek spesial tetap bersih (dibandingkan dengan teknik blue screen sebelumnya yang lebih blur dan memiliki bercak).

The Millenium Falcon – Star Wars (1977)

1982 Film ini merupakan film pertama yang diangkat dari kegilaan terhadap video game. Film ini juga film action pertama yang memiliki lebih dari 20 menit grafis 3D dan animasi komputer. Film ini ditolak sebagai nominasi Academy Awards karena film ini dianggap “curang” karena menggunakan animasi komputer.

Tron (1982)

1985 Karakter CG lengkap pertama muncul sebagai besutan Steven Spielberg dalam film Young Sherlock Holmes (1985). Karakter ini seperti ksatria jaman pertengahan yang terbuat dari pecahan kaca jendela. Untuk 30 detik animasi karakter ini dibutuhkan waktu 6 bulan untuk menyelesaikannya. Lihatlah di gambar di bawah ini bagaimana sederhananya karakter 3D jadoel ini.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

10

Young Sherlock Holmes (1985) 1991 Melanjutkan film pertamanya, seri kedua sang penghancur Terminator 2: Judgment Day (1991) memiliki 5 setengah menit efek spesial yang dibuat dengan CGI. Setelah era optical printer, semua efek di dalam film ini dibuat dengan komposisi digital.

T-1000, cyborg logam cair dalam Terminator 2: Judgment Day 1993 Tahun 1993, karib George Lucas, yaitu Steven Spielberg, menyutradarai Jurassic Park (1993). Film ini menggunakan CGI (Computer Generated Imagery) untuk menciptakan dinosaurus. Yang dilakukan adalah aktor berakting seakan-akan dinosaurus itu ada. Kemudian film ditransfer secara digital dan dimasukkan ke dalam komputer. Di dalam komputer baru ditambahkan dinosaurus. Teknik

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

11

kompositing yang digunakan di dalam film ini merupakan terobosan besar di dalam dunia efek spesial. Selain CGI, film ini juga menggunakan animatronik dinosaurus ukuran raksasa. 1995 Dua tahun kemudian, muncullah film yang seluruhnya dibuat dengan komputer yaitu Toy Story (1995). Di dalam sebuah essay dikatakan bahwa sejak inilah sebuah era dimana penonton semakin tidak mengetahui mana yang nyata dan yang tidak saat menonton sebuah film.

Toy Story (1995)

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

12

TEKNIK EFEK SPESIAL
Ada banyak teknik yang digunakan di dalam efek spesial. Mulai dari teknik film di tahun 1920-an sampai sekarang marak digunakan CGI (Computer Generated Imagery). Penggunaan teknik spesial efek tidak terbatas hanya satu di dalam pembuatan film. Lumrah, kalau sebuah film menggunakan berbagai kombinasi teknik efek spesial. Secara tradisional, efek spesial dibedakan menjadi dua, yaitu Optical Effects dan Mechanical Effects (atau sering disebut In-Camera Effects). Perbedaannya adalah pada waktu penggunaannya. Optical Effects mengacu pada manipulasi gambar setelah syuting selesai. Sedangkan Mechanical Effects lebih mengacu pada penggunaan efek spesial saat pengambilan gambar. Mechanical Effects-lah yang pertama kali muncul, yaitu dengan digunakannya miniatur, rear projection, pyrotechnics, stopmotion dan matte paintings. Optical effects muncul kemudian menggunakan bluescreen, compositing, multiple exposures melengkapi teknik efek spesial di era awal perkembangannya. Kemudian digital compositing, animatronics, prosthetic makeup, dan computergenerated imagery (CGI) melengkapi sebagai teknik modern di dunia efek spesial.

Robot ED-209 di film Robocop (1987) menggunakan teknik stop motion

The Grinch menggunakan prosthetic makeup (aktor Jim Carrey)

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

13

Gollum dalam TLOR dibuat dengan CGI

Pembuatan Kingkong (2005) menggunakan teknik Greenscreen. Kingkong selanjutnya ditambahkan dengan CGI

Yoda, Jedi Master di Star Wars awalnya menggunakan animatronics, tetapi di Star Wars episode I, II, dan III menggunakan CGI.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

14

COMPUTER GENERATED IMAGERY (CGI)
CGI (Computer Generated Imagery) adalah aplikasi di bidang komputer grafis (biasanya 3D komputer grafis). CGI digunakan di dalam film, tv, iklan dan media cetak, dan video games. CGI banyak digunakan di dalam efek visual karena memiliki kualitas yang biasanya lebih tinggi dan lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan teknik lain, seperti miniatur. Teknik ini juga dapat menghemat banyak biaya karena sanggup membuat adegan tidak dapat dibuat dengan teknik lain. Perkembangan CGI yang makin marak, makin murah dan makin canggihnya teknologi yang dipakai mengakibatkan CGI dapat dijangkau oleh perusahaan kecil yang mampu membuat film kelas dunia. CCGI 2 dimensi pertama kali digunakan didalam film Westworld (1973). Sedangkan CGI 3D pertama kali digunakan di dalam film Futureworld(1976). Film selanjutnya yang menggunakan teknologi CGI adalah Star Wars (1977). Karakter lengkap CGI pertama kali dibuat oleh Pixar di dalam Young Sherlock Holmes (1985). Langkah CGI makin mantap setelah The Abyss (1989) memenangkan Academy Award for Visual Effects. Efek visual di dalam film ini dibuat oleh Industrial Light & Magic. CGI kemudian mendapatkan peran makin banyak di dalam film Terminator 2: Judgment Day (1991). Film ini juga menghasilkan Oscar untuk ILM. Selanjutnya Jurassic Park (1993) berhasil menghidupkan dinosaurus dengan CGI. Film ini menandai awal penggunaan CGI, untuk menggantikan miniatur, stop-motion animation dan teknologi konvensional lainnya. Tahun 1995, Toy Story (1995) yang dibuat oleh Pixar bekerja sama dengan Walt Disney diluncurkan. Film ini menjadi tonggak sejarah dimulainya film yang keseluruhannya dibuat dengan komputer. Kemudian mulai tahun 2000an, CGI menjadi elemen penting di dalam efek spesial. Tahun 2001, Square Pictures membuat film Final Fantasy: The Spirit Within (2001) yang menampilkan gambar CGI manusia dengan detail yang sangat tinggi. Dibuat dalam waktu 4 tahun, film ini tidak berhasil sukses secara komersial. Teknik serupa diulang dalam pembuatan film pendek Final Flight of The Osiris yang menjadi suplemen film The Matrix. Sayang, setelah itu Square Picture dibubarkan.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

15

Final Fantasy: The Spirit Within (2001)

Di tahun 2001, Jimmy Neutron: Boy Genius (2001), film CGI layar lebar pertama yang dibuat dengan alat dan software rumahan Newtek’s Lightwave 3D. Dibuat oleh Nickelodeon dan DNA Production di Dallas, Texas. Ini berarti, software yang dijual bebas untuk pengguna rumahan pun dapat dibuat untuk membuat film CGI.

Jimmy Neutron: Boy Genius (2001)

CGI di dalam film biasanya dirender didalam ukuran 1,4-6 megapixel. Toy Story, misalnya dirender dalam ukuran 1536x922 (1,42 MP). Waktu untuk merender satu frame biasanya berkisar 2-3 jam. Waktu ini lebih lama sepuluh kalinya kalau adegannya makin kompleks. Waktu render ini tidak berubah banyak dari waktu ke waktu. Walaupun komputer semakin cepat, namun kebutuhan gambar yang makin baik dan kompleksitas yang makin tinggi juga meningkat. Tak terbantahkan, di masa depan CGI akan semakin memegang peranan penting di dalam dunia film, televisi, dan hiburan.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

16

SPECIAL EFFECTS VS VISUAL EFFECTS
Ada beberapa istilah yang sebaiknya diketahui, karena beberapa istilah ini sering rancu, yaitu mengenai Special Effect dan Visual Effect. Bahkan Academy Award juga mengubah nama penghargaan di salah satu kategori dari Best Achievement in Special Effect, menjadi Best Achievement in Special Visual Effects, akhirnya sekarang menjadi Best Achievement in Visual Effects untuk mengakomodir perubahan jaman. Visual Effects merupakan istilah sub-kategori dari Special Effect, dimana gambar dan film dimanipulasi di dalam post production. Biasanya visual effects berurusan dengan integrasi antara adegan manusia beneran (live-action shot) dengan CGI atau elemen lain seperti miniatur, dll. Dengan demikian, efek yang dibuat dengan komputer yang masuk di dalam proses editing dikenal sebagai CGI (Computer Generated Imagery) Effects atau Visual Effects – bukan Special Effects. Sedangkan Special Effects merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk efek yang digunakan pada saat syuting dilakukan.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

17

SPECIAL EFFECTS ANIMATION
Efek yang dibuat dengan komputer yang masuk di dalam proses editing dikenal sebagai CGI (Computer Generated Imagery) Effects atau Visual Effects – bukan Special Effects. Namun di dalam CGI ada pula istilah lain yang mungkin sedikit membingungkan, yaitu Special Effects Animation. Special Effects Animation merupakan cabang dari animasi (yang merupakan lingkup fungsi CGI). Bidang ini mengambil spesialisasi untuk membuat semua obyek yang bergerak, kecuali karakter. Untuk karakter, bidang ini disebut Character Animation. Special Effects Animation dapat membuat obyek mulai dari mobil, gedung, hujan, angin, api, laser, air, dan fenomena alam lainnya. Jadi, ketika Anda menggunakan software 3D untuk membuat efek-efek tertentu, dikatakan Anda sedang membuat Special Effects Animation. Tetapi setelah efekefek tersebut diintegrasikan didalam film dalam post production, hasilnya adalah Anda sedang membuat Visual Effects.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

18

PENGARUH BURUK EFEK SPESIAL DI DALAM FILM
Kita sekarang hidup di era efek spesial, dimana efek spesial menjadi pemikat seseorang untuk menonton film. Efek spesial dibuat begitu meyakinkan, sehingga kita melihatnya seakan-akan nyata. Bahkan sesuatu yang kita yakin tidak mungkin terjadi, misalnya hewan yang berbicara, kita bisa mempercayainya saat kita melihat film tersebut, karena gerakan otot, rahang, dan mulut binatang tersebut yang begitu meyakinkan. Ini tidak menjadi masalah bagi kita sebagai orang dewasa. Tetapi untuk anak-anak, hal ini bisa menjadi sangat berbahaya. Berapa banyak kita dengar, seorang anak jatuh dan patah tulang, bahkan mati karena meniru ingin terbang seperti jagoannya. Anak yang menyaksikan Power Ranger, kagum pada jagoannya. Power Ranger tidak pernah terluka, walaupun jatuh dari ketinggian, tertembak, terpukul, tertendang karena semuanya dibuat dengan efek spesial. Anak yang meniru berkelahi dengan gaya Power Ranger, kemungkinan besar akan terluka. Jika Anda pernah menonton Twister(1996), tentu Anda ingat bagaimana Helent Hunt menyelamatkan diri dengan mengikatkan diri pada pipa besi, berada di ditengah pusaran angin dan selamat. Di Amerika, ada beberapa anak yang mencoba meniru adegan tersebut dan menunggu angin puyuh datang. Alhasil, mereka kehilangan nyawanya. Jadi, bagaimana efek efek spesial di dalam film mempengaruhi kita sangat dipengaruhi bagaimana cara kita menerimanya. Dan, jangan lupa, dampingi anak Anda saat menonton film, bahkan film yang ditujukan untuk anak-anak.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

19

KESIMPULAN
Efek Spesial telah membawa dunia baru untuk kita lihat. Hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan seakan menjadi nyata di depan kita. Efek spesial telah merevolusi dunia hiburan. Perkembangan efek spesial sangat mengagumkan. Setiap kali duduk menonton film, kita selalu terkesima dengan efek spesial yang terbaru dan lebih canggih. Kreativitas orang di belakang efek spesial inilah yang memungkinkan semuanya terjadi. Revolusi efek spesial di layar lebar baru saja terjadi, apa Anda hanya menjadi penonton atau ikut serta di dalamnya?

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

20

DAFTAR FILM PERAIH ACADEMY AWARDS untuk kategori BEST ACHIEVEMENT IN SPECIAL EFFECTS / VISUAL EFFECTS
The Rains Came (1939) Tahun 1939 merupakan tahun pertama penganugerahan Best Achievement in Special Effects Academy Award, dimenangkan oleh film ini, mengalahkan beberapa nominasi lainnya seperti Gone with the Wind (1939), Only Angels Have Wings (1939) dan The Wizard of Oz (1939).. Film ini bercerita tentang bencana alam,seperti badai, gempa, dan air bah.

Mighty Joe Young (1949) Film ini menggunakan teknik animasi stop-motion animation untuk menghidupkan karakter gorila.

Destination Moon (1950) Film ini boleh disebut sebagai film pertama dalam genre fiksi ilmiah.

When Worlds Collide (1951) Cerita film adalah tentang sebuah bola api raksasa akan menghantam bumi.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

21

The War of the Worlds (1953) Film ini banyak menginspirasi film seperti Independence Day (1996) dan pembuatan ulang War of The Worlds (2005). Tema cerita di dalam film ini berupa penghacuran kota dan tempattempat penting di bumi.

The Ten Commandments (1956) Efek spesial yang mencengangkan di dalam film ini adalah membelah Laut Merah. Film ini juga menggunakan berbagai teknik seperti miniatur, pyrotechnics, matte paintings, rear-projection, dan bendungan setinggi 32 kaki.

Mary Poppins (1964) Di tahun ini, penghargaan Academy Award menjadi Best Achievement in Special Visual Effects. Film ini menggabungkan manusia dengan animasi kartun.

Fantastic Voyage (1966) Salah satu film fiksi ilmiah klasik, yang menceritakan petualangan manusia yang mengecil masuk ke dalam tubuh manusia lewat pembuluh darah.

2001: A Space Odyssey (1968) Film Stanley Kubrick ini mengetengahkan salah satu keadaan luar angkasa yang sangat realistik

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

22

Star Wars Episode IV: A New Hope (1977) Di tahun ini, penghargaan Academy Award berganti nama - Best Achievement in Visual Effects. Film karya George Lucas memenangkan kategori ini. Film ini mengetengahkan penggunaan motion-controlled camera pertama kalinya. Kemudian di tahun 1997, Geroge Lucas meluncurkan "Special Edition" yang menampilkan tambahan karakter CGI dan efek visual lainnya.

Superman (1978) Film pertama tentang manusia baja Superman. Film ini mengawali penggunaan judul dengan CGI.

Alien (1979) Ridley Scott mendapatkan Oscar untuk Best Achievement in Visual Effects. Salah satu efek yang paling diingat di dalam film ini adalah waktu alien muncul dari dalam dada astronot.

Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back(1977) Kelanjutan dari trilogi orisinal Star Wars.

Raiders of the Lost Ark (1981) Salah satu efek visual yang menarik di dalam film ini adalah Nazi yang meleleh saat membuka Tabut Perjanjian.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

23

E.T. the Extra-Terrestrial (1982) Film ini memunculkan karakter alien yang sangat unik. Adegan yang sangat dikenang di dalam film ini adalah saat pemeran utama Elliot mengendarai sepeda yang kemudian terbang membentuk siluet di bulan.

Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983) Kelanjutan dari trilogi orisinal Star Wars. Pada tahun tersebut, film Return of The Jedi memiliki 700 efek visual dalam satu film, terbanyak di jamannya.

Cocoon (1985) Mengisahkan tentang alien baik hati yang memberikan hidup abadi kepada manula. Efek visual yang sangat menarik menggambar pesawat alien baik hati di akhir film.

Who Framed Roger Rabbit (1988) Film ini merupakan gabungan animasi buatan tangan dengan manusia. Walaupun gambar tangan, penggunaan shading, lighting dan bayangan membuat karakter animasi mirip 3D saat berinteraksi dengan obyek dan manusia.

The Abyss (1989) Efek visual bawah laut di film ini membuahkan Oscar untuk kategori Best Achievement in Visual Effects.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

24

Terminator 2: Judgment Day (1991) Film ini mengalahkan Backdraft (1991) dan Hook (1991) untuk merebut supremasi utama di bidang efek visual. Terminator 2 merupakan film pertama yang mengetengahkan multiple morphing effects dari karakter CG.

Death Becomes Her (1992) Film ini mengalahkan Alien 3 (1992) dan Batman Returns (1992). Penuhg dengan CGI effects, mulai dari kepala Meryl Streep yang berputar 180 derajat sampai lubang di perut Goldie Hawn.

Jurassic Park (1993) Film Steven Spielberg ini mengalahkan The Nightmare Before Christmas (1993) dan Cliffhanger (1993) untuk merebut Best Achievement ini Visual Effects. Film ini menggunakan gabungan animatronik dan CGI.

Forest Gump (1994) Film ini memiliki visual efek yang sangat mengagumkan, yaitu menggabungkan sejarah (stok film lama) dengan aktor Tom Hanks. Antara lain, pertemuan Gump dengan tiga orang presiden AS (Kennedy, Johnson, dan Nixon), penghilangan kaki aktor Gary Sinise, dan bermain pingpong (bola dan penonton CGI)

Babe (1995) Babi kecil yang bisa berbicara. Mulut binatang dibuat sangat sinkron dengan ucapannya sehingga seakan-akan benar-benar berbicara.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

25

Independence Day (1996) Film laris tahun 1996 ini mengalahkan Twister (1996) dan Dragonheart (1996). Salah satu adegan yang mengagumkan adalah saat penghacuran Gedung Putih.

Titanic (1997) Pemenang Academy Award for Best Visual Effects, mengalahkan Starship Troopers (1997) dan The Lost World (1997). Salah satu film termahal yang pernah dibuat, dan hampir membuat produsernya bangkrut. What Dreams May Come (1998) Film tentang visualisasi kehidupan setelah mati ini mengalahkan Armageddon (1998) dan Mighty Joe Young (1998) untuk merebut penghargaan tertinggi efek visual.

The Matrix (1999) Wachowski brothers membesut film fiksi ilmiah dengan efek kungfu udara, slow motion, bullet time dan lainnya membuat film ini mengalahkan Star Wars: Episode I - The Phantom Menace (1999) dan Stuart Little (1999)

The Lord of the Rings Trilogy: (2001-2003) Film fenomenal karya sutradara Peter Jackson. Ketiga film ini berturut-turut selama 3 tahun memenangkan penghargaan Best Achievement in Visual Effects. Selama tiga tahun tersebut film garapan Peter Jackson mengalahkan Artificial Intelligence: AI (2001), Pearl Harbor (2001), SpiderMan (2002), Star Wars: Episode II - Attack of the

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

26

Clones (2002), Master and Commander: The Far Side of the World (2003), dan Pirates of the Caribbean: Curse of the Black Pearl (2003).

King Kong (2005) Remake dari film klasik 1933 ini menggunakan King Kong hasil CGI. Sama seperti trilogi The Lord of The Ring, Kong diambil gerakannya dengan Motion Capture yang diperankan Andy Serkis (sebelumnya memerankan Gollum CGI). Film ini mengalahkan The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005) dan War of the Worlds (2005).

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

27

SEKILAS BUKU TOTAL TRAINING MAX: SPECIAL EFFECTS Didik Wijaya Penerbit Escaeva Terbit: OKTOBER 2006
Saat ini kita telah banyak dibanjiri oleh berbagai film, terutama dari Holywood, yang dipenuhi berbagai efek spesial canggih. Begitu hebat dan menariknya efek yang ditampilkan, sehingga sering sekali kita terkesima. Pertanyaannya adalah, sampai kapan kita hanya menjadi penonton? Buku ini menyajikan berbagai teknik pembuatan efek spesial tersebut. Dengan menggunakan 3dsmax kita akan mencoba membuat berbagai efek spesial tersebut. Memuat 25 Tutorial 3dsmax untuk membuat berbagai teknik efek spesial film (CD berisi file latihan + bonus animasi short film “Dragon Slayer” karya penulis Didik Wijaya disertakan).

Bab 1.

Preview

Tutorial yang akan dikerjakan DEDAUNAN TERTIUP ANGIN Di dalam tutorial ini Anda akan membuat efek daun-daun yang gugur dan terbang dipermainkan angin.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

28

2.

ASTEROID Tutorial ini membahas pembuatan asteroid yang menembus atmosfer bumi dan terbakar

3.

MAKHLUK PERUT BUMI Bab ini membahas pembuatan makhluk yang bergerak di bawah tanah

4.

SENAPAN MESIN Anda akan membuat helikopter yang menyerang robot raksasa dengan senapan mesin

5.

TEMBAKAN ENERGI Pertama-tama robot akan menyerap energi dari luar dan kemudian menembakkannya.

6.

KERUMUNAN BINATANG Ratusan, ribuan serangga yang hendak menyerang suatu obyek dapat Anda buat dengan mudah di sini. LEDAKAN Tutorial klasik tentang ledakan, komplet dengan efek api, asap, dan getaran kamera.

7.

8.

PENGEJARAN Pengejaran pesawat yang dibuat dengan partikel

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

29

9.

LOGAM CAIR Ingin membuat efek logam cair? Bab ini akan menjelaskannya untuk Anda.

10.

LASKAR PERANG Bagaimana kalau kita ingin membuat serbuan laskar perang yang banyak jumlahnya? Di bab ini, jelas ada. MENGHENTIKAN WAKTU Efek klasik The Matrix, menghentikan waktu dan berputar 360 derajat.

11.

12.

MENEMBUS PADANG RUMPUT Di sini Anda akan membuat padang rumput yang dilalui makhluk asing. Rumput yang dilewatinya tersibak. BOM ATOM: JAMUR RAKSASA Tidak salah lagi. Tipe ledakan jamur seperti ini hanya bisa muncul kalau ledakannya sangat dahsyat. BOM ATOM: KEHANCURAN TOTAL Yang ini lebih mengerikan lagi. Bagaimana kalau seluruh kota dihancurkan?

13.

14.

15.

JEJAK PELURU Satu lagi dari The Matrix. Efek jejak peluru. Bagaimana membuat efek jejak peluru dengan mudah? Di sini tempatnya

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

30

16.

ANGIN PUYUH Anda ingin membuat angin puyuh, yang menghantam peternakan?

17.

MISIL Warning! Red Alert! Missile Incoming!

18.

MANUSIA API Salah satu efek yang menarik di dalam buku ini, yaitu membuat manusia api terbang.

19.

MEMBELAH LAUTAN Anda ingin bisa membelah laut? Walaupun Cuma ilusi, tapi cukup menarik bukan?

20.

SUPERNOVA Bintang yang meledak akan menghasilkan fenomena yang disebut sebagai supernova.

21.

BUNGA BERMEKARAN Mari kita menjadi sedikit romantis. Mari kita membuat kebun bunga yang dalam sekejap tumbuh dalam arah yang kita inginkan. DARI DEBU MENJADI DEBU Bab ini akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah cincin menjadi hancur menjadi debu

22.

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

31

23.

TSUNAMI Di dalam bab ini, Anda akan membuat efek visual tsunami

24.

RATUSAN PANAH Mari kita ke jaman feodal di Jepang. Perang di jaman ini akan memakai panah. Tidak cuma satu, tetapi ratusan panah yang akan ditembakkan. DEBU KENDARAAN Bagaimana kalau membuat animasi yang otomatis? Di sini dengan sedikit Expression, kita akan membuat animasi jejak asap mobil, yang akan disesuaikan otomatis dengan gerakan mobil.

25.

Tersedia di toko buku Gramedia dan Gunung Agung di kota Anda Pembelian langsung ke Penerbit Escaeva akan mendapatkan diskon khusus. Cara pemesanan lihat di website http://www.escaeva.com

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

32

TENTANG PENULIS
Didik Wijaya adalah seorang Computer Graphic Artist yang telah menulis berbagai buku laris, seperti: • Tip dan Trik Macromedia Flash 5.0 dengan ActionScript • Tip dan Trik Macromedia Flash MX dengan ActionScript • Premiere Magic. Selain buku komputer, ia juga menulis sebuah buku pengembangan diri berjudul Running to Riches. Ia juga aktif sebagai pengajar, kolumnis di majalah komputer terkemuka dan pembicara di dalam berbagai seminar. Saat ini, ia sedang mengembangkan studio animasi independen bernama Escalight (http://www.escalight.com)

SPECIAL EFFECTS HISTORY AND TECHNIQUES WWW.ESCAEVA.COM

33

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful