You are on page 1of 7

Nugget ayam

Bahan:
200 gram daging ayam cincang (bisa diganti daging sapi, ikan, udang), saya beli fillet trus
cincang sendiri dan ternyata hasilnya lebih lembut. Cocok sih buat Vio yang lagi males ngunyah.
2 lembar roti tawar tanpa kulit (aslinya harusnya 3 lembar)
125 ml susu (bisa juga pake kaldu)
1 siung bawang putih, cincang halus
1/4 buah bawang bombay, cincang kasar
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt sdt gula
Merica secukupnya
50 gram bahan tambahan, bisa sayur atau keju (kurangi penggunaan garam kalau pake keju ya).
Minyak secukupnya untuk menumis bawang
Bahan pelapis
Terigu secukupnya
1 butir putih telur
tepung roti secukupmya
Cara membuat;
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi, cara ini untuk mengurangi bau
bawang putih yang biasanya langu.
2. Masukkan roti tawar dan tumisan bawang ke susu/kaldu, kalau saya sih biar cepet ya diblender
aja sampai halus.
3. Campur ayam cincang dengan campuran susu dan roti tawar, lalu masukkan telur, aduk sampai
merata, tambahkan gula garam, merica. Kalau pakai bahan tambahan, masukkan juga. Kalau
saya, lebih suka pakai keju parut atau puree yang lembut biar tekstur pas dipotong tetep bagus.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang atau pinggang tahan panas yang dioles mentega tipis-tipis
serta dialasi daun pisang atau silpat atau bisa juga alumunium foil. Ratakan dengan cara diketukketuk perlahan. Kukus selama 30 menit. Sebelum mengukus, pastikan air dalam dandang sudah
panas. Untuk ukuran api, ikutin kata Vettty Vera aja, yang sedang-sedang saja hehehehe..
5. Sebelum 30 menit bisa juga sih di cek tusuk, tusuknya pake tusuk gigi aja ya, ga usah pake
trisula, apalagi ujung celurit, ih ngeriiii… emang mau nyari rumput apa?. Kalau pas ditusuk
celurit, eh tusuk gigi nggak ada adonan nempel, berarti sudah bisa dimatiin apinya.
6. Tunggu dingin, lalu masukkan chiller (bawah freezer itu loh).
7. Besok malemnya, baru keluarin dari chiller lalu potong-potong. Sejujurnya nggak perlu
semaleman sih, cukup 4 jam aja sampai adonan agak keras, tapi kalo motongnya siang-siang
pasti mengganggu jadwal nonton drama Korea di Indosiar kan? :p Jadi ya lagi-lagi semua
dikerjain malem, dengan catatan kalau nggak ngantuk. Kalau ngantuk ya besok malemnya lagi.

gula. gugling aja. 1 siung bawang putih cincang halus 1/4 bawang bombay. Goreng di minyak panas yang banyak dengan api sedang. saya pakai sedikit-sedikit. Aduk sampai merata. oregano sejumput Keju cheddar semaunya. gula. cuma pake sekitar 30 gram (1/6 blok keju Kraft). aheyyy… lama juga ya ternyata :p. saya pake ultra lowfat kemasan kecil. 3. jangan lupa kecilkan api biar nggak . lihat deh nugget di foto saya ujungnya gosonggosong gitu karena goreng sambil BBM-an *don’t try at home* Bola-bola Bahan 2 genggam pasta elbow. minyak atau butter untuk menumis. semacam brokoli 125 ml susu cair. cincang halus Garam. Masukkan garam. Saya lagi bokek dan pelit. Hati-hati penggunaan garam ya. Inilah makanya proyek bikin nugget ini cuma akan saya lakukan ketika banyak duit. Masukin potongan itu di plastik klip per porsi. Bisa diganti sayur apa aja. sesempetnya. makanya hati-hati dan jangan meleng. masukkan pasta elbow yang udah direbus dan wortel parut. sebagian diparut. merica secukupnya. karena nantinya kan pake keju yang udah asin. Tumis bwang bombay dan bawang putih sampai wangi. cuma ikut-ikutan iklan aja hehehe). Bahan pelapis: 1 butir telur kocok lepas 100 gram tepung roti (atau secukupnya aja sih. semakin banyak semakin enak. jadi garemnya sih sebaiknya dikit aja. 9. rebus sampai aldente (kalau ga tau artinya. saya pake parutan keju. saya juga nggak tau. kalau saya agak gede-gede aja potongnya biar hemat putih telur *selalu saja alasan penghematan hahaha…*. Untuk yang sudah di freeze. 8.Pokoknya saenakna welah. Gulingkan potongan ke terigu-kocokan putih telur-tepung roti. sebagian dipotong ala Jokowi (kotakkotak maksudnya):p *mumpung masih hot nih pemilihan gubernur DKI* 1/2 wortel diparut kasar. 10. merica. tambahkan sedikit susu atau air biar nggak terlalu kering. masuk freezer deh. Potong sesuai selera aja bentuknya. Tepung roti itu sifatnya cepet banget mateng dan gosong. Tuh. saya nggak nyetok kaldu sekalian ngabisin stok susu. kalau kurang ditambah lagi biar nggak ada yang nyisa hehehe… Langkah pembuatan: 1. Bisa diganti dengan air biasa atau kaldu juga. Ulangi proses telur-tepung roti untuk lapisan yang lebih tebal. Paling aman ya bentuk stik sih. diamkan dulu sebentar di suhu ruang. Besok malemnya lagi baru deh digoreng. 2. hati pasti ceria hahaha… 11. Tambahkan susu sampai adonan lembab. panjang tapi gampang dipegang.

Vio anak saya. Masukkan keju parut. ga ada sisa-sisa yang krem-nya. 7. Bentuk bulat adonan. gula. Saya bilang. Setelah rata dan semua tercampur.gosong. 4.karena warnanya ungu *ngibrit sebelum dilempar sendal swallow*. Ya pokoknya sampe rata aja. Begitupun dengan adonan yang dicampur bubuk coklat. gimana caranya biar adonan yang dicampur taro powder berwarna ungu semua. anak kandung saya karena sebagaimana emaknya yang cantik jelita. *mengulang kata rata sebanyak 3 kali :p hihihi…* 2. matikan api lalu masukkan keju Jokowi tadi :p 5. Tips dari saya sih nggak ada *face palm*. Masukkan margarin lalu aduk rata kembali. ternyata pake tangan lebih cepet. Saya beli taro powder karena satu hal penting errrrrr…. Sebenernya digoreng sebentar pun nggak papa asal bagian luar udah coklat. hepi bener dia :D. Bagi adonan menjadi 2. Bisa diulangi untuk hasil pelapisan maksimal jadi lebih krispi. Celupkan adonan yang udah dibola-bola ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti. mau pake spatula kok ga nyampur-nyampur. 3. maizena sampai rata. Campur tepung terigu. Lebih cepet kalau adonan kecelup minyak semua (deep frying—cieeee ngerti bahasa Inggris juga nih :p) Cookies Bahan: 170 gram terigu protein rendah 30 gram maizena 50 gram gula pasir 100 gram margarin (suhu ruang) 2 butir kuning telur Bahan tambahan (optional) 10 gram taro powder 1 sdt bubuk coklat (cocoa powder) Cara membuat: 1. dia juga suka ungu *ngomong-ngomong ceritanya lebih panjang daripada cara membuatnya :p*. Vio ikut-ikutan ngaduk yang adonan ungu. ini saya aja yang kecentilan sih sebenernya hahaha… Kalau saya sih ngaduknya pake tangan kosong. Diamkan setidaknya 30 menit di kulkas agar tepung roti menempel sempurna 8. sebaiknya dibentuk ketika adonan masih lembab dan hangat biar gampang. karena ternyata Vio lebih memilih yang berwarna ungu daripada yang warnanya coklat. Kalau nggak pake taro powder atau bubuk coklat bisa juga. Mencampur adonan dengan bubuk taro dan bubuk coklat ini pe er tersendiri karena agak susah untuk membuatnya rata. Ini penting loh ya. . mau pake samurai kepanjangan. karena kalau udah kering susah dibentuk jatuhnya malah lepas-lepas elbow-nya. satu bagian ditambah taro powder (bubuk talas) dan satu bagian lagi ditambahkan bubuk coklat. masukkan kuning telur dan aduk rata lagi. 6. Goreng sampai kecoklatan. setelah merata.

harus direndam dan disikat. tangan saya kecil. Lebih bagus direndam air hangat biar lebih cepet bersih (jangan air panas ya). inget yaaaa…. masing-masing cetakan punya kelebihan dan kekurangan.5 genggam pasta Orgran. Setelah adonan siap. Siapkan Hada Labo buat dandanin adonan biar makin cling ahahah…enggaklah ya. karena kalau dari logam resiko karatan.4. turunkan suhu jadi 180 derajat. 40 gram keju cheddar parut Keju mozarella secukupnya. Harganya biasanya paling murah.” *jedarrrrr* 1 siung bawang putih. mari kita dandanin. ternyata lebih cepet prosesnya dibanding pake cookie stamp.Cookie stamp: Sesuai namanya. Manggang cukup 15-20 menit aja. Saya pake cookie plunger. kira-kira sekepalan tangan. Manggang cookies ini nggak perlu pakai api atas. Jadi ya dua setengah genggam ini sama dengan satu setengah genggam tangan yang agak besar. tapi so far saya paling suka ini. . lalu gilas dan cetak dengan cetakan cookies. tapi nggak akan maksimal. saatnya pindahkan adonan ke loyang dengan bantuan scrapper biar bentuknya ga berubah. Bedanya apa sih cookie plunger. karena saya bikin adonan tipis biar jadinya banyak hahaha…. 1 buah telur ukuran kecil . Gampang dibersihkan. 5. Kalau kata Ambu Melina Adhi. bisa juga pake kertas roti. terdiri atas cookie cutter dan cookie stamp yang terpisah. Lakukan hal yang sama dengan rolling pin. apalagi kalau dipakenya satu abad sekali hihihi… Keburu mumi di Mesir sono bangun kali kalau kelamaan ga dipake :p. jangan lupa loyangnya dialasi dengan bakingpaper atau silpat atau sebelumnya dioles dulu dengan margarin biar ga nempel. Tujuannya biar adonan nggak lengket. Ambil adonan secukupnya. siapkan plastik cling wrap. dan nugget. Kalau nugget ga perlu di stamplah ya. saya bela-belain ngulek nih. cookie stamp. sia-sia. Kalau saya sih paling suka yang dari plastik. Ya menurut saya sih bisa aja. Schotel Bahan 2. Mozarellanya buat taburan ya. “Ya Allah semoga tangan ponakan saya normal nggak kayak tangan emaknya. . Banyak yang nanya bisa dipake cetakan nugget. ada stamp alias stempelnya. setelah adonan masuk.Cookie cutter: sesuai namanya. cincang halus 2 siung bawang merah ukuran sedang (harusnya pakai bawang bombay setengah ya). pake per. biar ga kerasa banget bau bawang merahnya. parut juga. berkat colek-colek Ambu di BBM tujuh turunan yang lalu *saking lamanya dan baru dipraktikkan–praktik yaaa. Cookie cutternya aja bisa buat motong roti tawar. bukan praktek :)*. Kayaknya ini pertama kali saya bikin kukis yang paling berhasil deh. Panaskan oven sekitar 10 menit suhu 200 derajat. Tentang tangan kecil ini. . paling praktis. Alasi talenan dengan cling wrap. dan cetakan kue kering yang unyu-unyu kayak saya. Agak ribet sih bersihinnya. talenan. jadi inget doa adek saya pas saya hamil Vio. Ohya. Cookie plunger ini mengadopsi plunger buat nyetak fondant itu loh. dan cookie cutter? Saya pernah posting di sini. 6. toh nanti pas dikasih breadcrumb juga ga bakal keliatan. 7. rolling pin (untuk menggilas). Setelah semua adonan dicetak. Biasanya scrapper cookie itu yang tipis melebar.Cookie plunger: relatif susah membersihkan sisa adonan. ya fungsinya buat motong aja.

Sebelumnya. Yaaaa…walaupun agak gak . kupas. pizza dkk. karena semuanya kan sudah matang. tapi saya kan nggak punya ayam cincang. jangan lupa panaskan oven. Masukkan ayam cincang alias ayam parut yang membuat tangan saya menderita tadi. Aduk sampe merata. tambah gula.. 1 sdm butter. Dikit juga ga papa sih. masukkan 3/4 keju cheddar parut. dan merica secukupnya. garam. langsung diparut pake parutan keju. kukus lalu haluskan Keju mozarella secukupnya. Biar wangi dan lebih sehat. tapi jangan terlalu lembek. fokus ke skutel yaaa… * Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. ga punya grinder dan semacamnya. parut. jangan disisihin ke rumah tetangga apalagi :p. lalu taburkan cheddar parut. Kalau untuk kentang panggang. Ehemmm…seperempatnya buat taburannya nanti. Manggang ini biar mozarellanya leleh dan baunya jadi seksi aja hihihi… perkedel Bahan 2 buah kentang ukuran sedang. biar tambah cantik aja skutelnya. Tambahkan kaldu. masukkan pasta yang sudah ditiriskan. Masak sampai ayam berubah warna dan matang. Taburi mozarella parut di seluruh permukaan adonan skutel.1 kotak kaldu ayam yang resepnya bisa diintip di sini Gula. saya pasti pake butter. Setelah tercampur rata. Tambahkan sedikit butter dan garam. tapi hasilnya bagus sih. Kecilkan api. Terakhir. bukan BOS dan sejenisnya *gaya beneeeeuuurrr*. Yuuk fokus. Beuuhhh… bisa dimakan abis sama anak tetangga. mirip ayam cincang di supermarket hihihi… Yaaaa… sementara tangan menderita karena nahan dingin dulu deh sebelum bisa beli blender 7in1-nya mbak Happy Salma :p. Cara membuat: Rebus pasta sampai empuk. masukkan telur. Jadi saya sih ayam beku dikeluarin dari freezer. aduk cepat jangan sampai telur menggumpal. potong kotak 1×1 cm buat isian. Ya intinya sih ayam cincang ya. Tiriskan lalu sisihkan. Tata di pinggan tahan panas. agak tekan-tekan. garam. merica secukupnya Butter untuk menumis 100 gram fillet dada ayam. Cuma butuh sekitar 10-15 menit skutel di oven. Ga usah jauh-jauh sih ya nyisihinnya. lumayan dinginnnnnn…. Lumayan. Seperempatnya buat apa? Yakin ya kalau sambil masak tadi kejunya ga dicemilin *ngomong sambil ngaca :p*.

ini bukan jaminan 100 persen ga bakal meletus sih ya. Ambil satu sendok adonan. isi dengan potongan mozarella. masukinnya dikit-dikit aja biar ga keenceran Cara membuatnya sangat mudah tentu saja. kalau nggak gampang. Di sini agak susah sih menurut saya. pasti mozarella meleber dan masuk ke minyak. Setelah agak dingin. 3. tapi kan cuma 1 sdm ya. goreng lagi dengan api sedang sampai agak kecoklatan. lengket ke bola kentang lain lalu pas dipisahin satunya malah ikutan bolong. Pertama dengan minyak yang banyak dan panas sekitar 3 menit. kalau adonan nggak padet. Celupkan bola kentang ke dalam bahan celupan. GGgrrrhhhh ga akan beli merk itu lagi… Sejimpit garam . sebel! Inget banget pas beli gula tepung itu maju mundur karena setengah kilo kok mahal banget. 2. lalu bulatkan. Goreng di minyak yang panas dan banyak. tapi seenggaknya lumayanlah yaaa… Cookies 2 Bahan 110 gram terigu protein sedang 80 gram margarin (Saya pakai Blueband cake and cookies. Bumbu 1 sdt garlic powder yang kata orang Lembang namanya bubuk bawang bodas :p 1/2 sdt merica 1/2 sdt gula pasir Bahan celupan 2 sdm tepung terigu 2 sdm tepung maizena Sejimpit garam Air matang secukupnya. tapi sepertinya mantep BOS Filma) 40 gram gula tepung. Apinya jangan terlalu besar karena takut bola-bola meletus. Huaaaa…. Lakukan pada semua bola kentang 4. tapi suami saya yang baik berkenan membelikannya biarpun membebani belanja bulanan. Aduk rata. makanya ini butter ngendon di kulkas ga abis-abis. yaitu goreng bola-bolanya dua kali. Ada cara yang agak ribet sih. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan butter dan semua bumbu. saya pake gula pasir karena gula tepung yang masih tersegel ada belatungnya. Serba salah kannnn….menyehatkan buat kantong sih. lalu angkat. Jangan lupa agak padat biar nggak pecah pas digoreng. saya mending makanan di warung nasi Padang hihihi… 1.

Versi saya ini sedikit berbeda dengan resep Asrida karena saya menghemat bowl yang harus dicuci. kebetulan memang tahan panas. gula. Satu bagian menjadi adonan dasar. Tujuannya agar semua potongan mendapat cherry merata. tapi saya mau bikin bola-bola nasi yang butuh putih telur.1/2 sdt kayu manis bubuk Bluberi kering. Beri beberapa guratan tanda potongan nantinya. Kecilkan suhu jadi 170. yayyy… dari awal sampai akhir cuma butuh satu bowl saja hihihi… 3. masukkan loyang ke oven. dan kacang mete. Hasilnya ga cantik. agak kegosongan *kebiasaan* dan ngoles kuning telurnya ga rata. kismis secukupnya Kacang mete dan almod secukupnya (cuma buat hiasan) Cherry merah dan ijo (buat hiasa di atasnya juga) Olesan (egg wash bahasa kerennya mah) 1 buah kuning telur (harusnya 1 buah telur kocok rata. saya pasang lagi bowl di atas timbangan digital dan baru nimbang terigu. kismis. Setelah 15 menit oles kuning telur yang sudah dikocok. Saya pake garpu aja ngocoknya. Saya pakai piring putih itu langsung buat manggang. Masukkan garam. Setelah tercampur. cranberi) di atas adonan dasar. aduk rata. dan garam. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai habis. 4. baru susun cherry merah hijau. Saya memanggang sekitar 25 menit. cranberi kering. Kocok margarin sampai lembut. Kocok sampai lembut dan rata. . Atur lagi setengah adonan menutupi buah-buahan kering. jadi dihematlah telurnya hehehe…) Cara membuat: 1. bagi jadi 2. Jadi setelah margarin. 2. tata di loyang. Panaskan oven suhu 200 derajat selama 10 menit. Panggang selama 20-30 menit tergantung tebalnya adonan. tekan-tekan adonan dengan garpu dan ratakan. masukkan gula. almond. Atur semua buahbuahan kering (bluberi.